Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (Surya-Diesel) Untuk Daerah Terpencil

Beberapa waktu yang lalu aku menuliskan beberapa tulisan tentang pembangkit listrik mandiri (Swadaya Listrik). Nah, kemarin (Minggu, 02/04/2006) MetroTV dalam acaranya IptekTalk mengetengahkan pembangkit listrik tenaga hibrida, yaitu dengan menggunakan gabungan sel surya (solar cell) dengan generator diesel. Uniknya, PLTH ini telah dibangun di 25 lokasi tersebar di Indonesia.

Nara sumber acara ini adalah Dr. Aminuddin Chalid (Dir LEN Industri) dan Dr Arya Rezavidi (BPPT) yang dipandu oleh Denia A. Samad. Terbetik bahwa PLTH ini telah dibangun di 25 lokasi, salah satunya di Kabupaten Gorontalo dan Parangtritis Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, yaitu PLTH, maka untuk membangkitkan listrik digunakan lebih dari 1 macam pembangkit. Tetapi yang agak berbeda adalah kombinasi ini menggabungkan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) dengan yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable). Dalam talk show tersebut sumber energi renewable diwakili oleh sel surya sedangkan yang unrenewable diwakili oleh diesel yang menggunakan bahan bakar solar.

Dari pembicaraan tersebut, di salah satu PLTH, ditengarai sel surya sanggup menghasilkan 40 KW sedangkan diesel dapat menghasilkan 125 KW. Tampak bahwa sumber energi yang terbesar masih dihasilkan oleh diesel.

Sel surya yang mengambil energi dari matahari ini hanya dapat menghasilkan listrik ketika ada matahari, yaitu pagi sampai sore. Syukurlah bahwa beban puncak penggunaan listrik adalah malam hari. Sedangkan listrik yang dihasilkan sel surya disimpan di baterai sehingga dapat dipergunakan malam harinya.

Tapi memang beban puncak melebihi kemampuan pembangkitan listrik sehingga kekurangan disuplai oleh diesel. Jadi diesel baru akan bekerja ketika beban puncak yang biasanya malam hari. Dan karena diesel tidak bekerja full-time, maka efisiensinya naik. Umur pakai diesel jadi lebih panjang, yaitu mencapai 10 tahun.

Memang operasional diesel lebih mahal walau pun investasi atau pengadaannya relatif lebih murah. Sedangkan sel surya lebih mahal pengadaannya walau pun biaya operasional amat-sangat murah. Tercatat dari pembicaraan kemarin, biaya pengadaan sel surya mencapai USD 4/W. Jadi kalau mau membangkitkan daya 40 KW, maka diperlukan dana 40,000 x USD 4 = USD 160,000. Wuih, mahal amat yak? Tapi hampir tidak memerlukan biaya operasional.

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Energi, Personal. Tandai permalink.

88 Balasan ke Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (Surya-Diesel) Untuk Daerah Terpencil

  1. handoko berkata:

    saya ingin mengetahui dimana saya bisa mendapatkan perangkat listrik tenaga surya untuk rumah dan generator tenaga surya. Sebelumnya terima kasih atas perhatiannya

  2. Arifin berkata:

    Saya pingin tahu bagan lengkap pembangkit sel surya untuk perumahan dan bagaimana cara mendapatkan perangkatnya tolong jika anda bisa membantu, terimakasih atas bantuannya

  3. dedy berkata:

    mohon bantuannya kepda rekan rekan yang mengetahui dimana yg menjual / membuat produk ini..
    saya akan beli produk ini dalam jumlah yang besar.
    ( Peluang bisnis untuk anda ).

    Terimakasih.

  4. dedy berkata:

    oh lupa . no saya yang dpat di hubungi :
    021- 9359 0008 atau 0815 99 5 0008 email : dedy_liem@yahoo.com

  5. away berkata:

    tenaga magnetik ? energi potensial berat ? energi potensi angin ? energi panas suhu tubuh ? sudah dipakai teknologi jam tangan

  6. Edwin Suryadi berkata:

    Kalau ada bahkan dari pemilik blog ini, harap dibantu cara mendapatkan alat pembangkit tenaga surya ini berhubung saya sebagai guru di kepulauan yg luasnya hanya 2km mengalami kesulitan jika mengajar Teknologi Informasi pada siang harinya. Harap kirim ke alamat email saya. Terima kasih.

  7. suyono berkata:

    Saya ingin tanya bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga surya dari bahan yang digunakan hingga dapat menghasilkan tenaga listrik. Terima kasih

  8. iril berkata:

    saya mau tanya dimana saya bisa belajar merakit pembangkit tenaga surya

  9. richard berkata:

    jika anda membutuhkan pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan (untuk penerangan dan kebutuhan lain-nya), kami menjual perangkat dan kelengkapan-nya dengan bermacam-macam daya dan tingkat kebutuhan. Untuk informasi dan pembelian silahkan menghubungi kami :Bintang Energy (0812-9956151, richard-jakarta)

  10. Dyan Kartika Sari berkata:

    Tolong beri keterangan tentang latar belakang, pengertian, cara kerja, sistem, manfaat yang didapatkan, kelebihan serta kekurangan dari PLTS!!!!!

    Dan apa manfaat yang paling besar yang telah ada untuk sekarang ini???

    Terima Kasih.

  11. opik berkata:

    mau nanya apa saja yang diperlukan untuk membuat sel surya, rencananya akan saya gunakan untuk tugas akhir saya, kira2 berapa budget yang dibutuhkan serta bisa didapat dimana saja peralatan serta bahan yang akan digunakan, tolong di beri tahu, infotmasinya bisa langsung dikirim ke e-mail saya meetyopi_12@yahoo.co.id
    sekian, terima kasih

  12. agung sugiartono berkata:

    saya mahaiswa tingkat akhir, mohon bantuan informasi tentang pembangkit hibrida ini.dan juga cara pembuatan-nya.karena saya sedang berniat membuat pembangkit surya, untuk saya gunakan pada tugas akhir. trimakasih.

  13. Anggela berkata:

    Saya mau tanya dimana saya bisa mendapatkan pembangkit listrik tenaga matahari ini. Saya mau pake untuk menggantikan diesel rumah walet. kira2 berapa harganya>

  14. koeniel berkata:

    salam kenal. tadi lagi surf mencari-cari info pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan. saya bercita-cita punya rumah yang environmentally friendly.

    selamat menjadi garam!

  15. dewo berkata:

    @Dear Koeniel,

    Salam kenal juga. Terima kasih.

  16. Anggun pd berkata:

    thanks bwt referensinya. lumayan buat tugas geografi

  17. andi subagyo berkata:

    tolong beritahu cara pembuatan pembangkit listrik tenaga surya

  18. sukarjan hadi s berkata:

    adakah plts dijual di kalimantan? dimana, dan berapa kira2 anggaran untuk pasang plts-nya. atau tlg saya minta alamat pt solare indonesia. karena saya lebih tertarik karena sistimnya tdk pakai inventer. kemungkinan memang lebih irit. kira2 berapa harganya. tanks

  19. MONSI berkata:

    bagaimana prinsip kerja secara otomat pada pembangkit listrik tenaga hibrida

  20. Ignatius berkata:

    Salam kenal Pak Dewo,

    Saya sangat tertarik dan sangat membutuhkan literatur mengenai cara pembuatan pembangkit listrik tenaga surya, dimana saya bisa mendapatkannya? dan juga dimana bisa diperoleh bahannya beserta perkiraan biaya untuk pembuatannya.

    Thanks sebelumnya untuk perhatiannya.

  21. Dear Ignatius,

    Salam kenal juga. Informasi mengenai solar sel dapat diperoleh di: sini.
    Semoga dapat membantu.

    Salam.

  22. intan berkata:

    salam kenal …
    mohon bantuan saya mahasiswi tingkat akhir di PTS Bandung ingin mengangkat judul TA dengan hybrid tenaga surya dan diesel.. bisa bantu untuk idenya>>>

    terima kasih…

  23. van berkata:

    salam kenal,
    mohon bantuan saya mahasiswa yang ingin menelit tentang pembangkit yang menggunakan 2 sumber energi yaitu PLTH dan sekalian sama alat2 yg digunakan serta tempat untuk mendapatkan perangkatnya

    Trims

  24. Zul berkata:

    Informasi untuk membeli pembankit tenaga surya klik linnk berikut ini http://indonetwork.co.id/wira_perdana_mandiri/group+16382/solar-home-system.htm

    Atau ke http://www.google.com dan ketik “pembankit listrik tenaga surya” dalam search bar

    Terima Kasih.

  25. Zul berkata:

    sorry mestinya “pembangkit listrik tenaga surya”

    Thanks

  26. Zul berkata:

    Link ini juga terdapat banyak dafta perusahaan yg berkecimpung di bidang PLTS http://www.solarbuzz.com/CompanyListings/Indonesia.htm

    Cheers

  27. demitri berkata:

    saya mau buat makalah tentang PLTS ini.terutama mengenai solare.jadi saya ingin banyak tahu tentang solare ini.tolong kirimkan prinsip kerja atau cara kerja dari solare ini ya…atau kalau bisa kirim aja lewat email dm3_04@yahoo.co.id thanx ya..

  28. Global Power berkata:

    Bilamana ada yang membutuhkan panel2 listrik, box panel, komponen panel, genset ataupun penangkal petir elektrostatik bisa klik alamat kami:

    http://www.g-powers.com
    http://www.globalpowerengineering.blogspot.com

    terima kasih.

  29. christanto berkata:

    beri dong informasi ttg cara buat/pesan alat tenaga listrik tenaga surya

  30. k sumardi berkata:

    anda butuh informasi lengkap solar sell, battery, dan inverter mohon email ke sclsby@yahoo.com

  31. Iklil berkata:

    Saya ingin tahu banyak tentang pembagkita listri tenaga surya. Kalau ada informasi cara membuatnya, atau ada kontak pihak yang bisa diajak diskusi secara langsung, saya berterima kasih.

  32. Paul Sutanto berkata:

    Bagi yang tertarik dengan Energy Alternatif kami memproduksi Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Air dan mensupply Listrik Tenaga Surya.

    Bandung, 10 Nopember 2007

  33. Paul Sutanto berkata:

    Bagi yang tertarik dengan Energy Alternatif kami memproduksi Pembangkit Listrik Tenaga Angin, Air dan mensupply Listrik Tenaga Surya.

    Bandung, 10 Nopember 2007
    Paul Sutanto
    alpensteel@yahoo.co.id

  34. dedy arif sampurna berkata:

    saya ingin tau cara pembuatan listrik tenaga matahari
    tlong dong beri tau saya bahan2 yang digunakan dan cara pembuatanya saya ingin membantu penarang rumah saya karna kami slalu menggunakan jenset kan boros karna rumaha kami tidak terjangkau oleh PLN

  35. sinta berkata:

    minta tolong, beri informasi tentang jam tenaga surya. gimana caranya mengisi batrenya, musti dipanaskan berapa lama di bawah sinar matahari.
    thax…

  36. yudi berkata:

    tolong dong kasih tahu dimana belinya, soalnya aku ada di kalteng yang sering banget mati lampu karena kurangnya pasokan listrik ke rumah – rumah. tolong doooooonggggg.

    send to
    p_yudi_p@yahoo.co.id

  37. christanto berkata:

    tolong dikirimkan spesifikasi alat ini dan harganya ke email saya ya.

  38. javart berkata:

    pembangkit listrik tenaga surya ya,,,,,,,,,,,,,

    itu memang bagus, untuk alternatif energi listrik juga dapat mempengaruhi faktor ekonomi indonesia yang saat ini sedang mengalami inflasi yang cukup tinggi…………………..

    siapapun yang menjadi presiden indonesia yang baru nanti, tolong dong agar perkembangan teknologi indonesia terus ditingkatkan agar kita tidak diremehkan oleh negara2 lain.
    salam ETNIEZ.!

    siswa sman2bekasi,

  39. javart berkata:

    pembangkit listrik tenaga surya ya,,,,,,,,,,,,,

    itu memang bagus, untuk alternatif energi listrik juga dapat mempengaruhi faktor ekonomi indonesia yang saat ini sedang mengalami inflasi yang cukup tinggi…………………..

    siapapun yang menjadi presiden indonesia yang baru nanti, tolong dong agar perkembangan teknologi indonesia terus ditingkatkan agar kita tidak diremehkan oleh negara2 lain.
    salam ETNIEZ.!

    ketua kirttegun !!!!! cha-you.

  40. Paul Sutanto berkata:

    Kami mendesign sistem PLTSurya. Bagi yang berminat silahkan hubungi email kami alpensteel@yahoo.co.id.
    Paul Sutanto – Bandung

  41. agung berkata:

    dari semua pembangkit listrik nonconvensional, yang mana yang paling murah dan paling effisien ya ????

  42. Iwan berkata:

    dimana saya bisa mendapatkan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah dan generator tenaga surya.
    dan bagaimana saya bisa merakit pembangkit listrik tenaga surya

  43. Paul Sutanto berkata:

    Untuk merencanakan PLTS, pertama2 hitung dulu kebutuhan listrik per hari by kwh. Sebutkan semua peralatan yang mengkonsumsi listrik. Berapa watt hour pemakaiannya per hari. Setelah itu baru bisa di rancang size PLTSnya…

  44. Johanes berkata:

    Mas Dewo, saya ingin tau tentang PLTS ini karena Sumut diprediksi 2009 sering mati lampu nih. saya ingin punya tapi sulit ga sih menggunakannya?Trus apa murah biayanya? Kemudian bisa konsumsi listrik berapa watt?Thax ya mas

  45. rina berkata:

    saya ingin membuat makalah tentang PLTS solare, tolong kirimkan proses kerja,mekanisme kerja, atau sistem PLTS khusus solare. secara lengkap tentang solare.

  46. rina berkata:

    saya ingin membuat makalah tentang PLTS solare, tolong kirimkan proses kerja,mekanisme kerja, atau sistem PLTS khusus solare. secara lengkap tentang PLTS solare. tolong kirim cepat ya…,atau kirim aja ke email rhieamel@yahoo.com , thanks ya.

  47. ghojiz_aj berkata:

    tolong kirimkan info/ hp. yang bisa dsihubungi ke e-mail saya ghojiz_aj@yahoo.co.id

  48. faozan berkata:

    sy mo nanya dmn sy bs dapetin 1 set perangkat pembangkit listrik tersebut dan brp hrgnya, atau brp budget yg hrs sy siapkan untuk membuat PLTS yg sederhana buat keperluan sehari2??

  49. Yuki berkata:

    Tolong kasih tau saya dimana saya bisa mendapatkan set alat untuk menghasilkan listrik tenaga surya.

  50. sudarman berkata:

    tolong info penjualan perangkat pembangkit listrik tsb di wilayah kalimantan tengah.. untuk keperluan setiap ada pemadaman listrik trims,,

  51. wahyu berkata:

    saya mau tanya, dimana ya saya bisa mendapatkan perangkat dan generator pembangkit listrik tenaga surya, mohon untuk di tindak lanjuti karna ini akan segera di realisasikan. terimakasih sebelumnya

  52. killbill1 berkata:

    sementara pembangkit model begini yang gak feasible dan mahal hanya cocok untuk daerah yang terisolir dan tidak mendapat aliran listrik PLN. Ingat juga biaya investasinya, biaya operasinya, biaya pemeliharaannya, biaya lain2nya…

  53. RAHMAD berkata:

    SAYA MEMBUTUHKAN 105 SET PEMBANGKIT LISTRIK ALTERNATIFDENGAN KAPASITAS MASING-MASING +/- 500 WATT PER SET (PER RUMAH), BAIK TENAGA ANGIN, TENAGA SURYA maupun KOMBINASI DARI KEDUANYA.

    MOHON RINCIAN PRODUK, PENAWARAN HARGA BERIKUT SISTEM PEMBAYARAN DAN HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN LAINNYA.

    PROJECT DIMAKSUD DIDANAI OLEH SALAH SATU I-NGO YANG INVOLVE DALAM REHAB – REKON PASCA TSUNAMI DI ACEH UNTUK PEMAKAIAN DI DAERAH KEPULAUAN TERPENCIL.

    MOHON BANTUAN DAN KERJA-SAMANYA.

    WASSALAM,

    RAHMAD,
    HP : 0812 6904 8424, Email : rxkudri@yahoo.com

  54. verry berkata:

    Saya membutuhkan pembangkit listrik alternatif untuk kampung saya. ada 148 keluarga, rata2 bersedia karena berpenghasilan cukup.
    tolong info untuk sistemnya, dan tentunya rincian biaya yang mesti kami siapkan.
    lokasi project : pulau Bangka
    terima kasih

  55. orie berkata:

    saya pengin tahu lebih dalam lagi mengenai pembangkit listrik tenaga surya. terutama prinsip kerja nya. dan peralatannya yang dipakai serta saya bisa membelinya dimana?
    terimakasih.

  56. randi berkata:

    Saya pingin tahu bagan lengkap pembangkit sel surya untuk perumahan dan bagaimana cara mendapatkan perangkatnya tolong jika anda bisa membantu, terimakasih atas bantuannya

  57. Bejo berkata:

    Kalau saya ketahui biaya operasi listrik tenaga surya adalah nol atau gratis, namun melihat investasi awalnya yang sangat tinggi yang terdiri dari sel surya, batery, dan inverter apa bila energinya digunakani sama seperti PLN. Belum lagi perawatannya yang tidak murah. misalnya saja : umur sel surya sendiri yang tiap tahunnya makin turun efisiensinya sehingga harus ada penggantian, belum lagi umur batery yang tiap tahun juga sama akan turun efisiensinya, setahu saya bisa tahan 1,5 tahun itu sudah paling bagus. Jadi kalau melihat saat ini memang energi surya sangatlah menggiurkan, hanya saja belum cocok untuk rakyat Indonesia yang belum bisa untuk merawatnya. Jangan hanya bisa memiliki alat tersebut dan setahun kemudian sudah tidak dapat memproduksi listrik.

  58. Linda berkata:

    Saya mohon bantuan info alamat penjualan solar cell di daerah jakarta.
    terima kasih

  59. bagus setyawan berkata:

    saya ingin mengetahui dimana saya bisa mendapatkan perangkat listrik tenaga surya untuk rumah dan generator tenaga surya. Sebelumnya terima kasih atas perhatiannya

  60. Rujianto berkata:

    saya masyarakat di pedesaan ingin mengembangkat usaha pembangkit listrik tenaga surya agar kami yang di desa bisa menikmati listrik, dan dimana saya bisa mendapatkan perangkat tersebut . sebelumnya saya mengucapkan terimakasih.

  61. dwi cahyono berkata:

    Hallo salam kenal . saya sudah menggunakan solar cell dgn satu modul. bisa membangkitkan lampu dc 10 w dari jam 6 sore sampai 6 pagi tidak ada masalah. baterai 70 ampere Alhamdulillah banyak membantu, wilayah jawa tengah sering mati lampu
    Permasalahan, tidak ada rangkaian penyetabil, kalau siang lampu saya nyalakan, kadang redup kadang terang dalam hitunngan sepersekian detik tapi malam hari gak ada gangguan . Ada yang bisa bantu saya. Makasih banyak

  62. andriyanto berkata:

    ada yang bisa membantu saya mengenai solar cell ini, buat bahan Tugas Akhir

  63. arief berkata:

    Saya sedang membutuhkan perangkat tenaga surya, lengkap dengan instalasi untuk kapasitas output sebesar 5000 – 10000 watt, apabila ada yang memiliki informasinya dapat menghubungi saya di no.0818 64 9998 (Bandung) terima kasih

  64. E.I Sapoetra berkata:

    Kepada yth :
    rekan rekan milis

    jika saudara berminat dengan listrik alternativ bisa kontak saya di 024.70413510 / putra_kurnia_karya@yahoo.co.id atau untuk meyakinkan saudara bisa membaca blog : dewo.wordpress.com/2006/07/14/kemana-mencari-solar-cell/ – 241k –
    dengan senang hati saya akan membantu

    salam

    poetra

  65. mamat berkata:

    pemanfaatan surya sel itu dapat menghemat energi, trus klau mau beli surya sel dimana yaa bossss…..n harganya berapa…?????

  66. ahmad farhan berkata:

    lam knal ya.
    aq mw TA tentang Pemanfaatann Photovoltaik dan Penggunaan Genset
    aq mw tnya caranya menghitung Biaya investasi dan operasional sistem photovoltaik SHS?
    trus biaya investasi dan operasional PLTD khusunya genset?
    dan analisis kedua pembangkit tersebut dari segi teknis dan operasioanal?
    thansk ya pertolongan anda sangat membantu!!!
    kirim ke FaRhaN_moets@yahoo.co.id

  67. noungky berkata:

    Saya dapat project penyediaan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari dari pemerintah kabupaten untuk pengembangan kawasan perikanan. PLTS ini di gunakan untuk kantor, indoor hatchery, perumahan karyawan, dll. Bagi produsen/distributor mohon kiranya bisa mengirimkan spesifikasi & harga yang ditawarkan serta telp&alamat yang bisa kami hubungi. Thank’s. (noungky_albadii@yahoo.co.id)

  68. mandor berkata:

    kalau cuma ngomong aku jg bisa

  69. offiandi berkata:

    tolong beritahu cara pembuatan pembangkit listrik tenaga surya

  70. offiandi berkata:

    apa peralatan yang di butuhkan untuk pembuatan pembangkit listrik tenaga surya..?

  71. jamjam berkata:

    SAYA MEMBUTUHKAN +/-100 SET PEMBANGKIT LISTRIK ALTERNATIFDENGAN KAPASITAS MASING-MASING +/- 900 WATT PER SET (PER RUMAH), BAIK TENAGA ANGIN, TENAGA SURYA maupun KOMBINASI DARI KEDUANYA.

    MOHON RINCIAN PRODUK, PENAWARAN HARGA BERIKUT SISTEM PEMBAYARAN DAN HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN LAINNYA.

    RENCANA MAU DI PASANG DI PERUMAHAN MOHON BANTUAN DAN KERJA-SAMANYA.

    WASSALAM,

    JAM JAM

    email : jazzjamz@yahoo.com
    hp : 05119010723

  72. DINO AGUSTINO,ST berkata:

    SOLUSI PENGHEMATAN MAINTENANCE DAN TARIP POWER LISTRIK PLN,BBM POWER LISTRIK GENSET, AKI UPS/SOLAR CELL HITECH 2008. KAMI MITMA,CORP BEKERJASAMA DENGAN PERUSAHAAN JERMAN BER-ISO INTERNASIONAL SIAP MEMBACK UP SEGALA PERMASALAHAN KELISTRIKAN ANDA BAIK SKALA RUMAH TANGGA 1 PHASE MAUPUN INDUSTRI 3 PHASE. PLEASE CALL US NOW : 08123236390 / 0341-7323670 / 0341-452266 mitramarc1@yahoo.com / MItma_euroarc@telkom,net atau Profil produk di : THUMPER INNOVATION.COM / THUMPER MITRA TEKNIK MANDIRI INFO

  73. DINO AGUSTINO,ST berkata:

    APABILA ANDA MEMAKAI SUMBER LISTRIK TENAGA SURYA, GENSET, PLN MAUPUN UPS GUNAKANLAH PRODUK THUMPER GERMANY 2008 SERIES SYSTEM SEBAGAI SINUS ELECTRIC POWER BOOSTER ELECTROMAGNETIC YANG DAPAT MENINGKATKAN ARUS LISTRIK / AMPERE YANG MENGALIR DALAM KABEL INSTALATIR KE PERALATAN ELEKTRONIK SEHINGGA AKAN MENGHEMAT KONSUMSI LISTRIK / LOW POWER CONSUMPTION DAN SECARA OTOMATIS PEMAKAIAN PRODUK THUMPER GERMANY AKAN MENGHEMAT TARIF PLN/BULAN , BBM MAUPUN MAINTENANCE PERALATAN PEMBANGKIT GENSET,SOLLAR CELL,UPS MAUPUN INSTRUMENT ELEKTRONIK. DAN MASIH TERDAPAT 7 KEISTIMEWAAN LAIN DARI PRODUK THUMPER GERMANY DIANTARANYA SEBAGAI REDUCED/PENINDAS ARUS RIAK,CACAT HARMONIK, MENAMBAH POWER FACTOR, DLL PLEASE CALL US NOW : 08123236390 / 0341-7323670 / 0341-452266 mitramarc1@yahoo.com / MItma_euroarc@telkom,net atau Profil produk di : THUMPER INNOVATION.COM / THUMPER MITRA TEKNIK MANDIRI INFO

  74. dddd berkata:

    cicing gudig ci

  75. dddd berkata:

    Tidak ada gunanya ,,,,,kampoengan

  76. Daniel Ary Kbarek berkata:

    saya membutuhkan infromasi lengkap tentang produk pembangkit listrk tenaga air, angin dan matahari (Suya) beserta rincian harganya

  77. Daniel Ary Kbarek berkata:

    saya butuh informasi lengkap tentang rincian produk energi alternatif dan harganya, karena kitamau mencoba mengembangkannya di beberapa desa pesisir di papua yang hingga saat ini masih hidup dalam gelap

  78. dannie agustian berkata:

    saya ingin membuat listrik tenaga surya ini untuk sekala rumah tangga kira2 apa saja yang diperlukan untuk merealisasikannya? Kemudian analisis biaya untuk plts ini, dari bahan sampai keinstalasi pembuatannya?

  79. FAJAR berkata:

    di kota semarang belum ada yg menjual listrik tenaga matahari dan cuma tanya kalau membeli kira kira harganya berapa ?

  80. rudy berkata:

    dilampung kayaknya banyak daerah yg belum terjangkau listrik.kalo murah boleh kita cb pasarkan.tlg infonya ya mas…tks

  81. budi berkata:

    dimana saya harus mencari daftar harga dari photofoltaiknya saja beserta penggunaan dayanya

  82. fadlur berkata:

    saya merancang mesin baru yaitu mesin diesel pembangkit listrik tanpa bahan bakar .tapi saya belum membuat nya saya ingin menjual rancangannya seharga 50 juta us dollar. mungkin ada yang berminat untuk memproduksinya mesin ini sangat mudah dibuat mesin ini sangat membantu karena di indonesia sangat membutuhkan cara menghemat bbm.jika ada yang berminat hub 085642855937/085729622163

    • Adi berkata:

      yang bener aja masa sih gak pakek bahan bakar…. mana belum dibuat lagi…. tapi kalo memang bener coba kirimkan sekilas saja tentang teori anda ke alamat mail saya (suhaidi_mth@yahoo.co.id) berkebetula saya bergerak dibidang pengembangan energi alternatif kalau memang ide anda brilian kenapa harus ragu…

  83. Tn.Aril berkata:

    SAYA MEMBUTUHKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN KAPASITAS MASING-MASING +/- 500 WATT PER SET (PER RUMAH).

    MOHON RINCIAN PRODUK, PENAWARAN HARGA BERIKUT SISTEM PEMBAYARAN DAN HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN LAINNYA.

    PROJECT DIMAKSUD UNTUK PEMAKAIAN DI DAERAH TERPENCIL ATAU DESA TERTINGGAL.

    MOHON BANTUAN DAN KERJA-SAMANYA.

    Terima Kasih.

    Aril,
    Hp : 085865932733

  84. syaiful berkata:

    tolong minta dadtar harganya untuk menindak lanjutkan untuk kelanjutanya tolong hubungi saya di no 081806059373

  85. Arye berkata:

    Apakah ada Pembangkit Listrik tenaga wanita ???

  86. e.i sapoetra st.mt berkata:

    saya merancang oksigen untuk tambak tanpa genset / diesel dan listrik tanpa pln silahkan kontak sy di 081226139378

  87. Adano berkata:

    PLTH bagi saya suatu kebodohan.
    Paling tidak hanyalah salah satu cara untuk berbisnis.
    Kalau kita concern sama Renewable kenapa tidak Tenaga Matahari saja tampa ada embel Hybrida dngan solar! 125KW pake diesel+40KW ?????

    Yang ada itu , kalain coba beralih dari diesel ke Surya…
    Jangan bicara efficienci diesel

Tinggalkan Balasan

