Panel Surya Tidak Lagi Mahal

080302atenaga_matahari.jpgBerkat Pak Budiharyono (guru mata pelajaran elektronik di SMK Armada, Magelang), kini panel surya tidak lagi mahal. Berawal dari rasa prihatin akan kurangnya pasokan listrik dan juga karena anggapan bahwa negeri tropis seperti Indonesia yang berkelimpahan cahaya matahari seharusnya tidak perlu kekurangan energi listrik, maka beliau membuat panel surya dengan biaya murah.

Budi mampu menghasilkan 1 unit panel yang dapat memproduksi daya 1.000 watt dengan biaya Rp. 700.000. Uraian lengkap mengenai hal ini dapat dilihat (video) di “Panel Energi Surya, Sumber Listrik Murah” (Liputan6)

~~~

Update:
Menurut klarifikasi dari SMK Armada, harga pembuatan yang hanya Rp 700.000 seperti yang dimuat oleh SCTV adalah tidak benar. Informasi lebih lanjut mengenai hal ini dapat diperoleh dengan menghubungi SMK Armada Magelang secara langsung di:
Telepon: (0293) 314240 pada jam kerja
E-mail: elkaarmada@yahoo.com

About these ads

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Energi, Teknologi. Tandai permalink.

223 Balasan ke Panel Surya Tidak Lagi Mahal

  1. mbelgedez berkata:

    Ndak salah tuh, 1000 watt ???

    Berapa biji Accu diparalel tuh, jadinya kalok 1000 watt ???

  2. rizkivmaster berkata:

    Wah2 betul juga. Indonesia seharusnya tidak ada masalah tentang kelistrikan, karena banyak sumber daya alamnya. Hanya karena kita saja yang tak mampu mengolahnya dan mungkin gara2 kurang modal. Tafi saia ragu, afa bisa mencapai 1000watt ?

  3. Rommy berkata:

    wah kalo mampu 1000W mending saya beli panel surya ini daripada pake listrik PLN yang terus naik dan ga jelas pelayanannya……..jadi ga ada lagi pemadaman massal. emang sunatan……………….

  4. Ahmad Fathullah berkata:

    bagaimana caranya saya bisa mesan alat tersebut untuk dipasang dirumah dan dimana saya bisa menghubungi pembuatnya? bisa gak panel tersebut dibuat secara massal sehingga menjadi murah ?

  5. Hedwig™ berkata:

    saya juga ragu, solar panel selebar itu dapat menghasilkan 1000 Watt :o

    • andre goh berkata:

      Bisa saja, bila intensitas cahaya daerah magelang tinggi dan siklus panas matahari rata rata lebih dari 8 jam ( antara 09.00 – 16,00 )

  6. @ Dear Mbelgedez (#1),

    Saya sendiri sejak awal ragu dengan klaim 1.000 watt-nya. Tapi saya tuliskan apa adanya seperti yang ada di sumber berita. Kita ikuti terus perkembangannya.
    ~~~

    @ Dear Rizkivmaster (#2),

    Sebenarnya tidak hanya sinar matahari yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, tapi juga angin dan air. Kalau air sih sudah banyak dimanfaatkan. Tapi angin dan matahari belum begitu populer.

    Diharapkan dengan adanya panel surya murah ini, penggunaan sel surya dapat lebih popular dan dapat meningkatnya pasokan listrik. Ditambah lagi dengan kesempatan pembangkitan listrik secara individu/independent. Kan asyik jadinya karena tidak perlu tergantung pada PLN.
    ~~~

    @ Dear Rommy (#3),

    Betul banget.
    ~~~

    @ Dear Ahmad Fathullah (#4),

    Iya, akan asyik jika setiap rumah memiliki pembangkit independent. Sayangnya cara pembuatannya tidak dijelaskan. Kita perlu menggali dan meneliti lebih lanjut tentang klaim panel surya 1.000 watt dengan biaya Rp 700 ribu :D
    ~~~

    @ Dear Hedwig (#5),

    Hehehe… saya juga sudah ragu. Tapi saya tuliskan apa adanya sesuai berita.

    Salam.

  7. prabowo berkata:

    oooh ya tapi bisa gak dibuat lebih murah lagi kira-kira Rp 300 sampae 400 ribuan gituu.. biar lebih merakyat lagiii…yang pada akhirnya PLN …tau

    • SATRIA6191 berkata:

      Bisa kok tinggal pakek transistor, ini saya sedang membuat skripsi tentang Transistor sebagai pesaing solar cell. habisnya sekitar 480ribu untuk 144watt.

    • dedydolit berkata:

      sangat bisa…. ku buat panel surya cuma habis 150rb. itu hanya panel surya nya saja….

  8. uwiuw berkata:

    wah kita bisa pesen dimana nih ? diatas 700 jg ngak apa-apa asal bisa dicustomized agar sesuai dengan kebutuhan mereka yang mobile

    siapa tau bisa ?

  9. chocovanilla berkata:

    Wah, kalo benar diterapkan “INDONESIA AKAN TERANG BENDERANG”. Ada sponsor biar bisa merata ke pedesaan gak, ya? Berarti gak perlu tiang listrik to? Pemerintah seharusnya malu pa bangga, ya?

  10. siapaindra berkata:

    perlu dipertimbangkan juga efektivitas alat ini apabila digunakan di malam hari dan pada musim hujan….

    artinya kalau sinar matahari tidak ada, apakah kita mesti balik lagi menggunakan cara konvensional??

  11. phuongnana berkata:

    This post is very hoting, and this blog is high ranked in
    the top blogs report
    . You can
    earn some money with a good blog
    like this.

  12. Edi Psw berkata:

    Kalau musim hujan gini Panel Surya apakah masih bisa fungsi? Kalau hujan terus nggak ada panas gimana?

    • dedy berkata:

      panasin aja pake kompor…kalo udah 15 menit baru diangkat, jgn lupa di tambah bawang goreng biar gurihhhh

  13. @ Dear Prabowo (#7),

    Hehehe… iya bener. Kalau bisa sih lebih murah lagi biar bisa terjangkau.
    ~~~

    @ Dear Uwiuw (#8),

    Bisa hubungi yang bersangkutan di SMK Armada Magelang.
    ~~~

    @ Dear Mbak Chocovanilla (#9),

    Hehehe… Yang jelas kita tidak perlu bayar listrik lagi.
    Kecuali pemerintah memajaki :(
    ~~~

    @ Dear SiapaIndra (#10) & Pak Edi Psw (#12),

    Saat ada sumber energi (cahaya), maka panel surya akan mengisi aki untuk cadangan pasokan listrik saat tidak ada sumber energi. Jadi saat malam atau mendung, kita mendapatkan listrik dari aki.

    Jika pun aki habis, maka kita terpaksa menggunakan pasokan dari PLN. Jadi sebaiknya kita punya cadangan pasokan listrik, misalnya dari PLN atau pun dari genset.

    Mengenai hal ini, saya sudah menuliskan di:
    “Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (Surya-Diesel) Untuk Daerah Terpencil”

    Salam.

  14. rumahkayubekas berkata:

    Wah sudah seharusnya kalau gitu kita mulai beralih ketenaga surya ya Pak,
    Salam kenal,

  15. @ Dear RumahKayuBekas,

    Iya betul.
    Energi surya adalah energi yang given. Kita dapat mempergunakannya dengan bebas.

    Salam kenal juga.

  16. FraterTelo berkata:

    sungguh bisa menjadi lentera di tengah kegelapan dan kegalauan orang bangsa kita yang semakin lama semakin merana karena kesulitan mendapatkan energi listrik. Sementara, tadi malam di tempat saya juga, lampu-lampu mulai redup tidak seperti biasanya. Mungkin karena daya listrik yang semakin berkurang. Semoga alternatif sumber energi macam ini semakin banyak dikembangkan orang kita.

  17. @ Dear FraterTelo (#16),

    Betul sekali. Seharusnya kita tidak pernah kekurangan sumber energi. Mari kita dukung pengembangan sumber energi alternatif.

    Salam.

  18. SMK ARMADA MAGELANG berkata:

    Kami para guru program keahlian elektronika SMK Armada Magelang mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian bapak dewo untuk membahas temuan kami….
    Tapi kebanyakan dari para komentator salah presepsi tentang sel surya tersebut….dan untuk harga kami mohon maaf dari pihak SCTV salah dalam menginformasikannya….
    untuk lebih jelasnya hub. (0293) 314240 pada jam kerja atau email ke elkaarmada@yahoo.com

  19. Dear Pengurus Program Elektronika Armada,

    Terima kasih atas response Anda.
    Mohon klarifikasi mengenai daya output dan juga harga dari panel surya tersebut.

    Semoga sukses. Salam.

  20. mas_yudhi berkata:

    bisa minta nomor HP Prof. Budiharyono

  21. SMK ARMADA MAGELANG berkata:

    Hub SMK ARMADA MAGELANG
    telp. (0293)314240

  22. Daryono berkata:

    Pemanfaatan energi surya adalah cara yang ramah lingkungan , tidak ikut menambah global warming lha wong sinar matahari tiap hari sudah nyorot memanasi bumi.Untuk pembangkit listrik menggunakan Panel Energi Surya ada dua komponen yang bikin mahal , yaitu sel surya nya sendiri saat ini masih mahal dan yang kedua adalah baterai (untuk penyimpan listrik).Baterai nya harus mampu untuk diisi dan dibuang muatannya (charge-discharge) berulang ulang atau deep cycle . Kalau menggunakan baterai mobil yang harganya lebih murah, tidak akan tahan lama karena baterai mobil tidak tahan charge-discharge.

  23. dedi berkata:

    salam kenal semua,
    teknologi PLTS di Indonesia untuk saat ini masih cukup mahal, namun dapat dijadikan alternatif listrik masa depan, sebagai ilustrasi harga yg aku kutip dari cheat sebelah sbb :
    harga 1 modul sekitar 2jt-an, controler 500.000, battery basah 120AH 1,4jt inventer 500watt harga 800rb total sekitar 4.9jt.
    dengan keadaan battery full kondisi normal mampu menyimpan listrik selama2,4 jam, dengan perhitungan 120AH X 10 = 1200 : 500 = 2.4jam atau 144menit.

    saat ini aku sedang mencoba mengembangkan suatu cara agar listrik yg terpasang (misal 900watt) kemampuannya menjadi 2000wattsecara legal tapi membayar ke PLN hanya 200watt saja, kan bisa menghemat banyak, namun berhubung kemampuan ttg listrik sangat minim untuk sementara msih bersifat trial n error, mungkin ada yg bisa bantu?

    • Arif Budiono berkata:

      Rumahnya di instalasi jadi dua jalur saja pak, satu dari PLTS untuk daya rendah misal penerangan (Lampu mesti yang hemat energi juga (misal LED), satu dari PLN untuk daya tinggi misalnya kulkas, AC, pompa air, komputer.

  24. @ Dear Dedi,

    Akinya saja diperbanyak sehingga bisa mensuplai daya lebih banyak dan lebih lama.

    Salam.

  25. lody berkata:

    pak saya anak poltek unsri.dimanaka saya bisa mendapatkan produk bapak.saya ingin membeli surya cell.sebanyak 4 buah.saya ingin membuat mobil mini tenaga matahari.mohon bantuanya.lody 081368172202

  26. Cantrik berkata:

    Sekarang kita pakai hitungan kasar saja. Kalau investasi 1000 watt pembangkit surya hanya 500ribu, maka investasi pembangkit listrik surya bertenaga 1 MW hanya memerlukan biaya 500 juta. Investasi pembangkit listrik tenaga batu bara 1 MW 1,4 milyard. Investasi PLTD solar 1 MW 14 milyard. Artinya tinggal kebijakan pusat saja berani atau tidak untuk melakukan gebrakan…. Sukses SMK Armada Magelang… kembangkan terus pembangkit suryanya….

  27. Ping balik: Kredit Pemilikan Panel Surya Untuk Rakyat Miskin « Kritis Bukan Berarti Oposisi

  28. e_soep berkata:

    salu untuk SMK ARMADA MAGELANG, oh ya…saya pernah membaca artikel dan saya coba buktikan, di dalam transistor 2N3055 kalau di lepas topinya n dihadapkan ke sinar matahari, maka salah satu kakinya akan mendapat tegangan (+) sedang bodynya (-) senilai 0,2 volt sedang ampere nya saya blum coba…siapa tau ada temen2 yang sudah pernah uji coba menggunakan Transistor tersebut…saya mohon infonya di e_soep@yahoo.com

  29. alex berkata:

    Salut untuk penemunyaaa……………..berapa harganya?

  30. YanNOE berkata:

    Wah,..Wah2,..!! Gimana tU cara buat ? Bìsa donk dipraktekin,..!!

  31. eko berkata:

    Masak 700 rb? Saya baca di Harian SINDO, untuk 1000 watt harganya 7 juta. Tapi itu udah termasuk murah dibanding yg lain.

  32. wahyu berkata:

    Kenapa tidak dikomersialkan ? Banyak ide dari anak bangsa ini ,termasuk motor dg bahan bakar air, tapi nggak kedengaran kelanjutannya. Jangan2 cuman angan2 …. Moga2 ada tindak lanjut real. Saya juga tertarik. kalau sudah dikomersialkan, mohon saya dihubungi. Makasih/

  33. kikh berkata:

    bgmn kl jt membuat komunitas yg meneliti tentang panel surya gaq bs d d gunakan bersama

  34. hhe.,bwt TA saya udah buat pake transistor 2N3055.,murah harga per transistor cuma rp 1.200.di TA,saya membuat sistem penapakan sinar matahari yang mencari matahari secara otomatis.jadi dengan menggunakan transistor yang mengeluarkan 0,4 volt.jadi dengan 30 buah transistor bisa membuat 12 volt dan cukup untuk mengisi accu.dan kemudian di convert dari DC ke AC,menggunakan NE 555.

    Salam dari SMK negeri 8 malang

    • agus berkata:

      Transistor 2N3055???
      Masih saja ada yang ingin membuat panel surya dengan Transistor 2N3055 ?????
      Transistor ini di produksi bukan untuk membuat Panel Surya.
      Tidak akan berhasil ???

  35. max berkata:

    hmmm… panel surya bisa menerangi rumah selama berapa hari?

    bukankah dengan keadaan di jakarta sekarang ini yg ga menentu cukup untuk menampung daya dari matahari?

    secara perubahan atau siklus musim tahunan yg biasa nya 2x dlm setahun sekarang sudah tidak dapat di jadikan patokan.

    gw lebih setuju menggunakan tenaga angin sepeti di negara Belando sana… tapi kita banyakan angin polusi sich… he he he

    peace ah

    salam dari JAKARTA

  36. fadli berkata:

    Saya masih ragu, panel dengan seukuran itu mampu menghasilkan daya 1000 Watt.. dari Video yang ditampilkan di situs liputan 6 kita bisa memperkirakan luas keseluruhan ke4 Modul Surya tersebut = 1mx2m = 2 m2… sementara Intensitas optimum energi matahari secara vertikal adalah 1000watt/m2 dengan asumsi clearness index=1 (ga ada awan, ga ada polusi, debu,dll).. ini berarti PV modul buatan pak BUdi tersebut memiliki efisiensi sebesar 50% (karena dengan luas 2m mampu mnghasilkan daya 1000W) angka yang fantastis!!!!!! mengalahkan Modul Surya Mitsubishi, BP solar, Kyocera yang mungkin memiliki efisiensi sekitar 13-15% (max 300W untuk luas 2m).. kalo memang betul demikian adanya, pemerintah sebaiknya memanfaatkan penemuan bapak Budi ini.. segera bangun pabrik solar cell besar2an dan export ke luar negeri.. saya jamin pasti akan laku keras dan indonesia bisa jadi pengexport no.1 modul surya . …(itu kalo beneran mampu menghasilkan 1000W dengan ongkos produksinya cuman 700rb).^_^

    Salam

    Fadli

  37. fadli berkata:

    Sekedar informasi:
    Saat ini, perusahaan kami merupakan satu2nya produsen solar modul di Indonesia.. efisiensi modul yang kami hasilkan sama berkisar 12-14% dari bahan cell polycristalline silicone.

    Salam

    Fadli

    • Faizba berkata:

      Sorry ikut2an nyambung nih,mo tanya bolehlah…
      1. Apakah solar cell custom tersebut sdh terdaftar SNI-nya
      2. Berapa harga untuk per wp-nya
      3. Merk-nya apaan nih than custom dimana?
      4. Posisi saya ada di tanah abang

      Tq…

      Best regard,

      Faizba

  38. max berkata:

    gw setuju kalo panel surya sudah bisa optimal dipakai, secara di jakarta mulai thn ini bakal sering terjadi pemadaman listrik utk menutupi kekurangan daya dari PLN.

    mudah2an realtianya bisa cepat tetapi melihat keadaan sekarang akan lama deh…..

    satu2nya daerah yg ga akan terkena dampak mati lampu bergilir itu di menteng, tempat gw bekerja, seperti kemaren pagi -siang, daerah cikini dan klp gading sekitarnya mengalami mati lampu dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang…. tapi daerah menteng sekitarnya tidak mati, padahal daerah plaza rias-rias berdekatan dengan kantor gw……. kediaman org2 penting…..

    peace

  39. dwi cahyono berkata:

    Ada yang punya rangkaian pembatas tegangan atau lainnya untuk modul sollar cell nga kirim ke dw1_c4H@plasa.com

  40. SMKN 8 malang Mekatronika berkata:

    Sodara,
    pemanfaatan energi matahari harus selalu di kembangkan,karena indonesia adalah daerah TROPIS

    uNtuk PT PLN sebaiknya membuat PLTS yang banyak,karena perbandingan jika membuat PLTS yang hanya memakan biaya produksi saja.kalau mampuat PLT yang menggunakan energi fosil akan memakan biaya lebih.
    selain biaya konsumtif dari PLT itu juga dalam biaya produksi.

    saya melihat PT PLN membuat cara pembayaran tagihan listrik yang prabayar di kep seribu.sebaiknya PT PLN memanfaatkan energi matahari di sana sehingga masyarakat kep seribu bisa menikmati listrik.agar tidak selalu mati saja listriknya karena kekurangan pasokan bahan bakar dari pertamina atau rusaknya PLT.

    hhe peace to PLN.saya ingin kerja di PLN kalau sudah lulus

  41. dedi jukardi berkata:

    Selamat dan sukses untuk Pak Budiharyono dan team SMK ARMADA MAGELANG , semoga penelitiannya tambah sukses saya tidak peduli dengan harga dan besaran watt yang di hasilkan , yang saya merasa banggakan adalah kreativitas bapak dan anakl asuhan bapak karena selama ini institusi sekaliber BPPt pun belum menghasilkan karya yang membanggakan untuk kepentingan bangsa ini kecuali menghabiskan anggaran.
    Teruskan perjuanganmu pak !!!! Keluarkan bangsa ini dari Kegelapan

  42. SMKN 8 malang Mekatronika berkata:

    bos untuk pembatas tegangan cuma di kasih dioda aja…thanks..

  43. PONKY berkata:

    AYO KEMBANGKAN TERUS.. JALAN SUDAH JELAS TERBENTANG.. ENERGI LISTRIK MEMANG BISA DIDAPAT
    DARI MANA SAJA…

    YANG MASIH SANKSI.. ADA 3 JENIS MANUSIA:
    1.MANUSIA tOLOL KARENA TIDAK SERBA TAHU.
    2.PEMERINTAH KORUP
    3.KAKI TANGAN PEMERINTAH KORUP,ALIAS PENGUSAHA LISTRIK YANG BAKAL TERSAINGI & KEBONGKAR BOBROKNYA

  44. Budi Sudarmanto, S.TP berkata:

    well, energi alternatif jadi makin diminati. terkait dengan kolektor surya ini, sayangnya, pemerintah tidak segera memberdayakan masyarakatnya dengan sosialisasi praktis pembuatan kolektor surya (solar cell) atau energi alternatif lainnya. Semestinya, pemerintah memberikan semacam training upaya penghematan energi menggunakan solar cell atau yang lainnya ini bagi para fasilitator program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) seperti PPK, P2DTK, MP dll. kenapa demikian? fasilitator program pemberdayaan ini biasanya adalah mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang secara ekonomi terbelakang, juga secara infrastruktur masih minim. masyarakat tidak hanya butuh berita solar cell, tapi cara membuatnya.

  45. yeryanexe berkata:

    mas,saya mo nanya nih,beli panel surya d daerah jawa timur dmna ya,n kira2 hargaxa brpa?

  46. e-kodok berkata:

    waahhh.. salut deh atas penemuannya…udah bikin yang banyak saja..biar ga tergantung PLN lagi.. apa an PLN..nyari untung saja kerjaannya…Coba deh teknologi beginian tolong dimanfaatkan… saya kira yg banyak berpotensi adalah tenaga surya dan tenaga gelombang air laut.
    kalo tenaga hidrogen..wah entar airnya abis nguap -dampaknya kekurangan air deh.kalo angin-wah jarang2 ada angin tempat aku.ntar ga dapet2 listrik. kalo suray..tiap hari tersedia.dan dampaknya ga ada tuh…paling tagihan PLN berkurang.kalo gelombang lau-ga ada juga tuh dampaknya terutama buat lingkungan.
    SALUT buat SMK Armada dan SMK lainnya dan siapa saja yg mengembangkan teknologi ini yang niatnya untuk kemakmuran rakyat(itu baru bener)

  47. krucilik berkata:

    Saya tertarik ingin membuat pembangkit listrik tenaga surya, kira2 kalo untuk membuat pembakit 5000 Kwh butuh berapa biayanya?

    Bisa tolong diberi perincian biayanya (kalo menguntungkan sapa tau bisa dijual ke tetangga sebelah listriknya :p)

    kalo mau balas tolong kirim email aja yah pak.

  48. nila berkata:

    saya sangat tertarik sekali…. kalo di jakarta dimana saya dapat beli alat pembangkit energy surya yang siap pakai a

  49. hopotumon berkata:

    yang sudah siap pakai juga ada…tapi harganya Rp4.500.000,- itu paket yang menurut saya ideal, bisa dipakai untuk macem2. cocok untuk perumahan.
    coba buka di http://anekasurya.com
    semoga tahun depan harganya turun…
    kalau sudah turun sampai rp1jutaan/paket… saya pamu beli 4 paket sekaligus…!!! (insya4jjI)

    goodbye PLN…!!!

  50. brd berkata:

    sangat menarik ….
    apa sudah tersedia untuk dibeli

  51. wow berkata:

    menghasilkan 1 unit panel yang dapat memproduksi daya 1.000 watt dengan biaya Rp. 700.000.
    saya konfirmasi langsung ke p.Budiharyono (by phone) ternyata dengan output (hanya) 500watt sudah mencapai Rp15.000.000,- itu juga belum termasuk baterai/aki.
    ternyata kenyataan tak seindah berita nya

  52. iBro berkata:

    Bisa sih, selebar itu dapet 1000 watt … tapi cuma nyala 5 menit, mau ? dijamin aki kempot …
    hehehe

  53. Dandim berkata:

    Ya bagus juga pak jadinya lama2 biaya listrik dan transport bisa gratis kelak. Semoga ke depannya ada pesawat tenaga surya. hehehe….

  54. Dandim berkata:

    Maju terus …!!

  55. doni berkata:

    teliti sebelum komentardan membeli dan jangan heboh dulu karena berita kita perlu banyak belajar.bahan untuk buat panel surya didunia terbatas brooo…australia, prancis aja udah ngembangin tapi…belum bisa cape 50%.tr7us yang energi hidrogen didasrnya aja udah rugi tenaga untuk mendapatkan hidrogennya hub.. orang2 UGM ditekniknya………….salam energi

  56. suastika berkata:

    benar gak ya Rp.700.000;
    masalah benar atau tidak tdk jadi masalah yg jadi masalah Negara kita yang tdk mampu memberi listrik untuk negaranya. padahal listrik kita beli/ kita bayar, uang nya kemana tuh. seharus nya sesuai pemekaran daerah dan bertambahnya keperluan listrik negara menambah perusahaan listrik nya.
    sekarang listrik diperlukan lebih banyak kok perusahaan PLN ga buat lagi untuk menyeimbanginya….aneh
    tiap hari mengaku rugi PLN…uang rekening yg kita bayar kan kemana??

    sekarang ada kebinjakan kelebihan pemakaian kena denda??? what//……kita memang dilarang untuk maju ama pemerintah
    kita di tuntut sesuai standart rumah thn 60an kale.

    yang paling lucu hari efektif kerja di pindah ke sabtu minggu…kebijakan yg aneh… perusahaan tdk bisa mengurus administrasi perbankan hari sabtu dan minggu karena bank libur….trus kemana hari week N bersama keluarga boss??

    anak jd nakal karena ga diperhatikan orang tuanya..karena ortunya kerja di hari minggu..

    hehehehe………

  57. Cipto berkata:

    Kaya beginian kalo memang bener oleh pemerintah beli hak produksinya terus produksi masal. Heran solusinya naikin harga melulu, gak kreatif banget!

  58. Yudhi Anggraito berkata:

    kalo saya berminat bagaimana cara membelinya
    Kirim penawaran doong

  59. koplo berkata:

    ah. . . . ., ngapusi nek regane Rp 700.000, apakah sudah dicoba kehandalanya, berapa lama mencobanya ?, berani garansi tidak, garansi servis atau reture, trimakasih

    salam

    koplo

  60. singgih sampurno berkata:

    pak bagaimana membuat sel surya ? karena saya belum tahu apa yang harus saya siapkan untuk pembuatan sel surya tersebut

  61. oyoroji berkata:

    halo semua!
    Di Malang sekarang jg bolak-balik lampu mati. Panel surya itu semakin sering diplubikasikan semakin berkembang.. dari pada ikutan lomba robot internasional mending ikutan lomba energi alternatif, lebih ngefek dan realistis sama nasib kita2 yang sering kena pemadaman..
    Sy jg sering mikir pake panel surya, cm masalahnya.. di rumah saya banyak kucing.. kl musim kawin tambah rame di atap. soalnya rumah pendek. Takutnya dah beli mahal2 nanti rusak..

  62. matt berkata:

    buat pemerintah mana dukungannya tuuuchhh…?????

  63. OtoOno berkata:

    Jangan tanya deh mana dukungan pemerintah…Jangan pernah berharap dari pemerintah…Mereka sibuk ngurusin perut masing2. Jadi kita yang harus gebrak meja pemerintah biar mereka bangun dari mimpinya selama ini.
    Saya sangat tertark dengan teknologi tenaga surya. Kan mubazir kalo energi yang segitu banyak gak dimanfaatin. Mahal diawal gak apa2 yang penting hemat untuk selanjutnya dan yang terpenting gak terbengong2 kalo ada pemadaman hehehehe alias tetep bisa browsing and maen game walau lampu matek…

    Pissss

  64. kla je berkata:

    muinat banget,warga tulungagung dan sekitar akan sangat terbantu dengan adanya semua itu,tapi harus kemana kumencari,agar rakyat tak lagi bingung dengan listrik,karena kenaikan bahan lain udah cukup mencekik…
    bagus lagi kalo diproduksi masal…ya too..
    tapi tetep bertahan kok,karena hanya itu yang bisa dilakukan…
    pisss…

  65. Nurkalim berkata:

    Kita disini banyak membicarakan tentang kemampuan rakyat biasa yang seperti kang onno purbo , smk magelang dan inovatif dari rakyat sementara pegawai pemerintah saja tak tahu apa itu email, browsing. Jadi percaya deh komentar kita tak pernah tahu. Orang pemerintah itu kerjanya cari duit bukan kerja apalagi bikin prestasi

  66. jadul berkata:

    penguasa korupsi,
    pejabat minta upeti,
    polisi suka pungli,
    pengusaha hanya mikir perut sendiri,
    PLN hanya cari untung sendiri,
    rakyat indonesia seperti hidup dijaman kompeni.
    wahai pemerintah sudah merdekakah rakyatmu ?
    berdayakanlah anak bangsamu yang punya prestasi tanpa banyak birokrasi dan upeti!!!!!

    Maju terus SMK Armada, alfa edison pasti bangga karena penerusnya biar kita tidak tergantung lagi ama PLN !!!!

  67. Mr. Solar Cell berkata:

    Salam Matahari!!

    Untuk mengetahui sytem dan perangkat pembangkit listrik tenaga surya anda bisa klik di:

    http://www.anekasurya.com

    Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya tentang kelebihan dan kekurangan.

    Silakan mencoba semoga wawasan anda bertambah!!

    Salam

  68. M.Taufik Hidayat berkata:

    Thanks but is to fr from Kebumen nd to expensive
    Dynamic Inc.

  69. M.Taufik Hidayat berkata:

    Dynamic Inc.

  70. setyo budi berkata:

    saya sangat butuh listrik dari panel surya untuk rumah tangga dan lembaga mohon diberi info yang cukup

  71. asep berkata:

    bagaimana cara mendapatkan panel tersebut?itu 1 set/panelnya saja?balas lewat emailq ya!!!!!!

  72. Chandra berkata:

    Apa iya dengan Panel Surya Rp.700.000,- bisa jadi 1000 watt?? Minta skemanya dong?? Aku juga ingin membuktikan kalau dengan dana segitu bisa jadi listrik, bukan jadi guyon… Kalau bisa juga dengan rincian bahannya kahn bisa di tebak jumlah totalnya…. :D

  73. harya berkata:

    dear SMK, dengan luas panel surya tsb apa bs menghasilkan 1000 watt, tentunya perlu dibuktikan dgn kuat dunx. Dan pengukuran biaya sbesar 700rb tuh, saya mash sangsi, makanya anda bilang, jika berminat bs menghubungi lsgs. Seperti penjual brg di glodok nh, gembor2-kan harga yg murah, tahunya harga aslinya bukan segitu, he2x…

    ^,^

  74. teknokita berkata:

    Siiip maju terus teknologi indonesia.
    Kembangkan terus risetnya.
    Jangan langsung memklaim produk kapsitas segini, harga segini.
    Produk harus benar2 teruji,jika hujan lebat tidak terjadi kerusakan sell.bahan sell tidak mudah rusak dimakan usia,tahan terhadap jamur dan lumut.
    Dan HATI-HATI terhadap tetangga yang suka teknologi bisa-bisa dicuri.Mengingat barang yang harganya tidak murah dan ditempatkan di luar ruangan.

    salam riset
    toro.yl2g@gmail.com

  75. Bram berkata:

    Terus terang saya tidak percaya dengan Rp. 700.000,- dapat menghasilkan listrik 1.000 watt. Panel berukuran 150wp berkisar harga 3 juta. Power Inverter Charger 1.200 watt berkisar Rp. 1.500.000,- Battery 80AH berkisar Rp. 900.000,- DC Disconnect sekitar Rp. 600.000,-. Total adalah Rp. 6.000.000,-. Ini yang saya habiskan untuk listrik cadangan dengan harga sekarang (jaga2 dapat giliran mati lampu dari PLN). Untuk sistem seperti ini 5 tahun lalu saya menghabiskan sebesar Rp. 18.000.000,-. Yang perlu perawatan disini adalah battery, apabila kita menggunaka battery mobil tipe biasa (bukan maintenance free), battery hanya bertahan 3-4 bulan saja.

  76. prasetyo berkata:

    Bagaimana pesennya, ada biaya birokrasi ndak, ( pln kan yang masih di sayang sama negara ), jaminan garansi bagaimana? selama inikan menangani tender dari pemerintah yang notabene tender pemerintahkan masih banyak “sulapnya” dan “lumutnya”.Dan bahan-bahan dari mana, apa masih didatangkan dari luar negeri atau lokalan (
    chinaan.
    ya… beginilah indonesia yang tidak mau maju dan berkembang soal iptek dll.
    tapi kita terus salut sama usaha anda.

  77. serno27 berkata:

    kalo emang bener 700 rb bisa dapet 1000 wat mari sama sama kita pasang ga usah lagi berhubungan sama PLN yang tiap tahun inginnya naikin harga listrik…

  78. Andry berkata:

    Panel surya 1000 watt Rp. 700.000 ? berapa lama jemurnya tuh. Itu baru panel surya-nya aja kan? regulatornya belum, akinya belum, Inverternya juga belum. Inverter 1000 watt dengan gelombang sinus harganya 2 jutaan lebih dikit (merek cyceron).

    Diitung-itung jatuhnya 4 jutaan lebih lho. sempet mau bikin listrik sendiri pake dinamo sepeda motor (pengganti panel surya) jatuhnya 4 jutaan, apalagi pake panel surya (lebih mahal). Tapi gak jadi bikin, istri keberatan dengan 4 juta lebih hihihi…. Padahal kan abis bikin, PLN cuma sebagai cadangan, kalo listrik mencukupi, gak perlu PLN tuh.

  79. Handayani berkata:

    dear all

    Salam kenal semua, aku ada masalah penting nech tolong dong dibantu. Aku lagi perlu tahu informasi harga untuk baterai basah 200 AH, 110VDC dam kwh digital merk edmi genius type 2000-A601-140-L-J240. Bagi yang tahu tolong dong saya dibantu. terima kasih

    Regards

    Handayani

  80. u.mar berkata:

    kalau memang benar, ayo dong diproduksi secara massal, jika khawatir patenkan dulu aja.

  81. DHENI RAHAYU berkata:

    wah Qreeenn

    kalo gitu bisa hemat nih biaya listrik nya

  82. DHENI RAHAYU berkata:

    wah Qreeenn

    kalo gitu bisa hemat nih biaya listrik nya

    kalo bisa diproduksi sebanyak mungkin

    biar seliruh masyarakat indonesia bisa menikmatinya

  83. bibeh berkata:

    bleh tuh harganya….!
    dijual dmana…..?
    kbetulan saya lagi butuh panel surya

  84. muh arid mawardi berkata:

    kami butuh info harga dan prosedur utk memiliki untuk masyarakat di sulawesi barat yang belum menikmati penerangan listrik PLN…thank you by Arid

  85. mulyadi berkata:

    untuk panel surya yg mampu produksi smp 1000 watt, brp hrgx trs bs dikirim ke luar jawa ga

  86. irawan berkata:

    pak say diberikan kalkulasinya yang bener dong untuk daya 900watt tolong berikan harga detailnya yaa..
    dari panel…?, inverterdan stabiliser…?accu…?serta instalasinya…trims
    tak tunggu di emailsaya…irawanpujodanarto@yahoo.com

  87. heru berkata:

    Pak kalo di lampung bgmna bisa mendapatkannya ?

  88. aries santika berkata:

    salam kenal pak Budi,
    ini hal yg sangat menarik ,mudah2an hasil karya bapak bisa di nikmati dan membantu orang banyak dalam hal energi yg sangat di butuhkan…,yang mana semakin lama semakin mencekik…
    kalo tidak keberatan ,saya mohon info lebih detail secara tehknis dan installment nya ,kemudian juga mengenai biaya dsbnya,
    support after sale service nya….
    sebelumnya saya mengucap terima kasih…

    ( saya domisili di bali pak )

  89. gusti berkata:

    wah hebat. mestinya indonesia banyak yg kreatif kayak gini. Kalo ada di jkt aku mau beli yg bisa 1000w gimana caranya ya.tolong informasinya di email aku ya. makasih.

  90. yp berkata:

    Klo gtu jadi berapa yang benernya? tuch elkaarmada ngga bales2 email, takut ketauan nipu ya? sebel!!!

  91. kusuma berkata:

    itu buat sendiri???
    bahan-bahannya apa aja y?????

    trimakasih….

    MERDEKA….

  92. atmaja berkata:

    slamat pak budi…
    klau tidak keberatan, , ,
    saYa mnt info pembuatan panel tersbut…….
    saya tunggu
    terima kasih…..

  93. Christianus berkata:

    apakah bisa digunakan pada waktu malam hari…apakah peralatannya sebesar yg ada digambar…thks….

  94. Rizal berkata:

    Waduh murah banget pak.
    Kalo boleh bagi ilmunya dong pak.
    Demi rakyat indonesia yang masih belum menikmati listrik di seluruh nusantara kita.
    MERDEKA…
    Serius neh pak ini benar2 teknologi yg di tunggu2.
    Dtunggu jawabannya.

  95. bambang berkata:

    seneng juga ya. dari kecil saya angen2 ngolah solarsel mmau juga klo ada short cutbikin gituan. bravo

  96. david berkata:

    Salam pak.

    Mohon info lengkap untuk panel 1.000 W, untuk daerah jakarta

  97. fattah berkata:

    keren pak…teknis penggunaanya gmana ya pak??

  98. habib berkata:

    cara buatnya gimana…….?
    ko bisa murah…..
    padahal bahannya mahal tu….
    klo boleh tahu..pakai….silikon…ato..bahan..lain..?

  99. rickythunger berkata:

    berapa harga sebenarnya solar cell utk 1000 watt?sy sdh pakai buatan sharp 2×200 watt rencana masih mau tambah kalau murah

  100. Endi@com berkata:

    tolong dong kirim cara membuat dan peralatannya. jika saya mau pesan gimana caranya, karena kami berada dipalembang (sungai Lilin), Thank very much

  101. pujiyanto berkata:

    bagi saya mang bgs klo da solarcell, palagi yg makai orang yg jauh dr listrik PLN. cuma ku pengen tau cara pesen solarcell.

  102. syamsul huda berkata:

    maaf apa memang murah, kalua murah saya mau beli bisa menghasilkan 3000watt, biaya habis berapa terima kasih.

  103. Lambang berkata:

    Bagus sekali, bisa dikirim harga dan cara pemesanan

  104. Mohammad Sodik berkata:

    Salam untuk Pak Budi & rekan2 SMK Armada Magelang.
    Ini berita yang saya tunggu2. Tolong diberikan prosedur pemesanan dan harganya untuk kebutuhan daya 900W & 1300W.
    Terimakasih

  105. riwanlky berkata:

    Harganya murah sekali ya. Di pasaran sekarang ini sih 1 Watt per hour harganya sekitar Rp. 50.000 – 55.000. Kalau 1000 Watt harganya Rp 700.000, berarti 1 Watt harganya Rp. 700. Kalau harga seperti itu sangat terjangkau.

  106. nawir berkata:

    Ada beberapa type solar cells. Ada Mono, Poly, dan juga Amosphous/ atau disebut juga dengan thin film. Jadi mungkin saja yang disebutkan itu ada type baru yang lebih murah. Bagus kan. Untuk type solar cells dapat dibaca juga di http://www.panelsurya.com

  107. ekaisar berkata:

    klo mau beli panel surya dimana ya..?

  108. Kolor berkata:

    ngawur juga nih berita..?? 700 ribu pa 700 juta thu.? di pasaran 700 rb cm dpt solar panel kecil+baterai+lampu hemat energy..hehe..
    belum kalau digunakan dalam skala besar..harus tambah kocek buat inverter, aki jg..

  109. Benson berkata:

    Apakah bisa diberikan penawaran 1 set lengkap utk 50 wp atau 500 watt?thx
    08123203746

  110. mustofa berkata:

    tolong kirim keterangan tentang harga dan cara pemesanan kalo memang bisa dipesan

  111. Didi Sulaiman berkata:

    Pak E Setio Dewo yth..

    Salut untuk terobasan yang Bpk ciptakan…

    Kalau ada 100 orang yg pya bakat spt bapak tentunya krisi listrik bisa di tanggulangi..

    Pak E…. mw tanya nih…berpa sebenarnya biaya untuk panel surya komplit untuk daya 1300 watt dengan pemakaian 12 Jam /hari????

    maturnuwun pak E….

    • @Pak Didi & Pembaca,

      Kayaknya harus langsung menghubungi Pak Budiharyono di SMK Armada untuk dapat mengetahui biaya & pemesanannya.

      Mohon maaf jika saya tidak dapat membantu.

      Salam.

    • agung berkata:

      untuk semuaanya,saya ada produk panel surya 900w,1300w,2600w dan sementara sampai 7000w bisa dipakai 24jam (malam tetap nyala). berminat silakan hub: 085649934772

  112. dody berkata:

    bang emma beritanya menggebu koq habis gitu ditanyai gimana benernya n brp harga yg bener eh… koq dilempar ke p budi… kalo mo buat sensasi ya jgn gini rekk… sblm msk ke blog ya dikonfirm dulu yg bnr beritanya mana ada sel surya 1kw cuman 700rebu yang bener ae bung… sampeyan dodolan brg iki yo laris koyo dodol krupuk

  113. jaelani berkata:

    material untuk membuat solar cell nya, import apa lokal???

  114. andi rahman berkata:

    slam kenal. saya mempunyai bidang bisnis swalayan, kapasitas terpasang saya saat ini 44oowatt x 2. dan kendala saya dalam hal pembayaran listrik yg mahal. bisakah saya memesan panel surya untuk kebutuhan 4400watt? dan berapa biaya yg harus sy keluarkan
    trimakasih

  115. amek berkata:

    tolong dong kirimkan bagaimana cara membuat penel listrik tenaga surya yang sedarhana dan juga bahan-bahannya

  116. Oei Leonardus Widadi berkata:

    saya ingin tahu lebih lanjut mengenai cara pembuatannya, untuk di kenalkan ke daerah terpencil di pedesaan.

  117. Fachryh berkata:

    Wah itu ide bagus, Tapi ada yang bisa bantu saya…?
    Di tempat saya banyak UPS bekas, saya bermaksud memodifikasinya menjadi pembangkit tenaga listrik mini. akan tetapi saya kesulitan mencari cara untuk mengisi aki tanpa mengunakan listrik dari PLN. jadi bagaimana cara untuk mengisi aki pakai panel surya..?
    apa langsun dihubungkan saja kutub-kutup panelnya atau ada alat tambahan lagi…?
    Tolong bantuan infonya….?

    • agus berkata:

      Pada prinzipnya Panel Surya dapat langsung digunakan untuk mengisi Accu.
      Sesuaikan kapasitas Accu dan Panel Surya. ( Kalau ingin tepat tentunya harus di hitung ) . Kalau Accu sudah penuh jangan di charge terus agar Accu tidak rusak.
      Selamat mencoba!!!

  118. hotman berkata:

    tolong dong kirimkan bagaimana cara membuat penel listrik tenaga surya yang sedarhana dan juga bahan-bahannya

  119. julia berkata:

    selamat, sy ikut bahagia. sukses terus ARMADA.

  120. motor udhug berkata:

    fuih……….kalo cuma 700rb aku juga mau! tapi apa bener?! jngan2 700$ lagi…lha beli ups 400watt aja dah 400rb!

  121. Fadli berkata:

    Sekedar sharing:
    Kalo liat foto di atas, kayaknya ga mungkin deh panel surya itu kapasitasnya 1000 W.
    Dari warna dan struktur cell-nya (Kalau sy ga salah) jenis sel surya yang dipakai pada foto di atas adalah polycystalline silicone yg efisiensinya berkisar 12%-16%.
    Dengan standar radiasi matahari adalah 1000 watt/m2, maka untuk menghasilkan daya sebesar 1000Watt dibutuhkan modul dengan luas sekitar 6,5 – 9 m2 (belum termasuk frame modul).

    Untuk harga modul surya berkisar 3,5-5 USD/watt, tergantung jenis sel surya dan efisiensinya.
    Jadi untuk 1000Watt membutuhkan biaya sekitar paling sedikit 3500 USD = 35 juta-an.. Mungkin ada yang lebih murah dari itu,tapi barang second, atau grade rendah, atau jenis thin film..

    Dalam pembangkit listrik tenaga surya yang kita hitung adalah energinya. 1000Watt modul surya tentunya tidak bisa beroperasi selama 24 jam, rata-rata di indonesia cuma 4 jam sun availability.. berarti 1000Watt modul surya dapat menghasilkan energi sekitar 4000 Wh/ hari.

  122. sunioto berkata:

    Sekarang ini banyak sekali situs2 yang menampilkan
    solar energy, Green Power Science, Earth4Energy juga
    di Indonesia seperti panel surya, aneka surya, dan banyak lagi, dan kita bisa belajar banyak, karena Bumi
    kita sudah sangat terancam oleh Global Warming, dan
    sekarang dengan berkembangnya Green Energy, kita mengambil bagian dalam mengurangi polusi di bumi ini,
    dari mengikuti situs2 tsb.sepengetahuan saya, komponen2
    yang mengubah tenaga surya menjadi listrik tsb.meliputi,
    solar cell,charger,accu 80-120AH,Inverter 1200 watt,
    dan Accessories lain2nya,dan harganya cukup tinggi.

  123. teguh_s2 berkata:

    murah sekali………..trus apa benar 1000 watt,kl saya butuh 15 ribu watt berarti saya perlu 15 unitn di paralel bisa khan,kl bis pesan dong………………………biar aku ga usah pusing2 mikirin genset.

    • putramelayu berkata:

      Saya juga ikut mesan dong, ditambah bonus deh dari saya jika benar seperti yang ditemukan oleh Prof nya SMK ARMADA narsis.

  124. putramelayu berkata:

    Mana perkembangan selanjutnya dari SMK ARMADA, sudah 2 tahun semenjak berita ini di expos ternyata gak ada update-nya dari SMK magelang, atau hanya bikin sensasi agar sekolahnya jadi terkenal n menjadi sekolah unggulan dan bisa manjadi mahal untuk mendaftarnya. Tolong pertanggung jawabkan berita ini baik dari SMK ARMADA maupun yang nulis di blog ini.

  125. ANDREY berkata:

    LISTRIK TENAGA SURYA SEDERHANA

    Dengan memanfaatkan power transistor ( transistor jengkol ) jenis NPN seperti 2N3055. Dari 1 transistor jengkol bisa menghasilkan tegangan 0,5-0,6Vdc.

    Buka penutup casing transistor jengkol dengan cara menggergaji bagian yang menonjol ( yg ada tulisan type dan no kodenya ), lalu arahkan bagian yang telah terbuka ke matahari dan ukur tegangannya dengan voltmeter dengan posisi seperti gambar di bawah ini. Kaki basis merupakan kutub negative dan kaki emitter yg dijumper dengan kaki colector merupakan kutub positif. Arus yang dihasilkan memang sangat kecil, akan tetapi dengan menghubungkan 3 transistor jengkol secara seri akan diperoleh tegangan 1,8V dan bisa untuk mencharge 1 battery type AAA/UM4

    • putramelayu berkata:

      Ampere yg dihasilkan berapa Om, jangan hanya menghitung volt nya aja, tapi ampere juga sangat berpengaruh. kalau ampere nya 0,001 kapan mau penuhnya tu battery.

  126. arfian berkata:

    klo mau pesan dimna saya cari ???????????

  127. Ecko berkata:

    wah keren juga nih panel surya

  128. iBro berkata:

    Wah, kalau listrik yang dari transistor itu dari jaman jebot juga udah ada ….
    Silakan aduk-aduk majalah elektronika lama tahun 80-90an …

  129. nusantara berkata:

    benar atau tidaknya info panel surya yang bisa menciptakan 1000 W buat saya ini adalah luar biasa.seharusnya diakomodir lalu deserahkan ke daerah2 yang belum ada listrik atau yang sedang berkembang.pokoknya luar biasa.

  130. MM berkata:

    Wah pembodohan publik nih…. matiin kek berita bohong kayak gini.

    Jangan lepas tangan gitu.

    • putramelayu berkata:

      Saya setuju, SMK ARMADA hanya cari sensasi agar sekolahnya jadi terkenal, tapi hasilnya NOL BESAR.

  131. dani berkata:

    karena panel surya sih gak semahal ya tapi perawatan ya yg mahal lah ya harus ya sebanding dengan kuwalitas lah ya harus ya jamin lah lah sama kuantitas ya sih gak di ragukan lagi lagi lah ya sihkuntitas sih gak di ragukan lagi lah ya ya sih ya sola ya harus ada penyimpan tega surya terus di alirkan ke tv terus ke sayao ke ac kali ya sama pemanas lah ya sama sower lah harus ya sih ya

  132. johnny berkata:

    Dari komentar2 diatas sepertinya dapat dibagi menjadi dua bagian:
    1…Yang ingin membuat Solar Cell
    2…Yang ingin memanfaatkan Solar Cell
    Memanfaatkan Solar Cell mungkin lebih mudah dibandingkan membuat Solar Cell, hanya butuh dana dan membelinya. Kalau saya lihat dari gambar diatas , sepertinya SMK Armada hanya memanfaatkan Solar Cell bukan membuat Solar Cell ( kalau salah mohon dikoreksi). Yang sebaiknya kita lakukan adalah melakukan penelitian kemudian membuat Solar Cell yang efisiensinya lebih baik daripada yang ada sekarang dan memproduksinya.

  133. johnny berkata:

    Mungkin ada kelompok yang ke tiga yaitu…….yang ingin menjual Solar Cell

  134. wahyu setyo aji berkata:

    wah…………………………………………….
    ternyata panel surya sangat menarik untuk di coba…………………………………………

  135. setyo berkata:

    pakai PLTL (pembangkit listrik tenaga lalu lintas)sayang kan ….energi kendaraan di jalan raya cuma di biarkan saja.kan bisa kita ubah menjadi energi listrik yg ramah llingkungan,kita cukup mengandalkan kendaraan lalu lalang di jalan selama 24 jam.dan kita ubah menjadi energi listrik……………………………ayoooo PLN dan pemerintahh……bisa niru penemuan ini apa ngga?????????????????????????.cukup mengeluarkan biaya perawatan saja

    • johnny berkata:

      Tidak 100% ramah lingkungan, kalau energi yang dihasilkan, disebabkan oleh lalu lalang kendaraan. Kendaran yang bergerak membutuhkan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ( kecuali kendaraan yg bergerak menggunakan tenaga surya ). Mungkin cara kerja system ini seperti cara kerja senter kocok yang banyak dijual di toko elektronik.
      Kalau jalan macet ???????????????

  136. fiars berkata:

    saya mau pesan!!!!!!!!!!!

  137. johnny berkata:

    Sekedar berbagi pendapat:
    Untuk membuat Panel surya disamping dibutuhkan peralatan dengan teknologi canggih, juga dibutuhkan ilmu pengetahuan yg mendalam dari berbagai bidang ( Kimia & fisika )
    Tanpa menguasai ilmu pengetahuan, tidak mungkin seseoarng akan berhasil membuat Panel Surya. Untuk rekan2 yang hanya ingin mendapatkan listrik dari sinar matahari sebaiknya memanfaatkan Panel Surya yang sudah dibuat oleh pabrik2 besar dan sekarang sudah banyak di jual. Agar energi yang dihasilkan per harinya lebih besar, dapat digunakan solar tracker. Mudah2an membantu. Thx

  138. paijo_69 berkata:

    salut buat pakar-pakar yg terus giat melakukan penelitian untuk kemajuan bangsa ini..
    meski sbg org awam yg g’ mudeng babar blas masalah teknulugi, tp gw pingin ikutan memberi sedikit inspirasi tentang energi alternatip.
    mungkin suatu saat nanti bisa dilakukan penelitian untuk dibuat PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Dalam)
    menurut gw sumber daya yg tersedia di negeri kita cukup berlimpah, terbukti dengan banyaknya tayangan film2 horror /pemburu hantu, tukang sulap yg cukup merebak di stasiun2 tv kita..
    salam energi alt3rnat!p
    xixixixi…

  139. Putramelayu berkata:

    Usul yg sangat jenius bro, ane dukung.

  140. benjo berkata:

    paling mangthabs kl udah ada PLTB (Pembangkit listrik tenaga birahi). Di indonesia banyak gak kpake tuh, kdang mo buang aja msti byr 100-300rb /jam…

  141. angga in Mamuju new provinci berkata:

    tolong donk bg yang taw cara merangkai panel surya, karena kebetulan didaerah saya listrik belum masuk jd tolong share ke FB saya di gerard alfian,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ortu jg pengen bgt punya panel surya cm gk taw dmn hrs beli tuh alat. atas infonya makasih

  142. sapto berkata:

    bos apa itu rangkaian apa bisa frekuensinya sama PLN 50-60Hz,trus cara dapatnya dimana dan gimana ?

  143. yonas berkata:

    mau beli lempeng colar cellnya saja, bisa beli dimana? beri gambar, ada berapa ukuran, spec & harga, oya …tanya, utk output sesuai 220volt di kasih power inverter bisa ya?!

  144. A. Ibnu Hasan berkata:

    saya membutuhkan panel surya untuk pengembangan energi… dan kmungkinan dalam partai besar.. kira 2 bisa tidak.. klo bisa hub saya di 085643335668

  145. robbie berkata:

    keliatannya ada orang pln yang gencar menyerang SMK yang bersangkutan,, jadi tontonan seru neh, hehehe

  146. timotius berkata:

    @smk armada magelang :berapa sebenarnya harga panel surya?berapa output daya listrik yg dapat dihasilkan?

  147. Ping balik: 2010 in review | ♫ Dewo ♪

  148. syarifudin berkata:

    engga lagi mimpi tuh jual plts 1000wt bisa rp 700 rb,sy juga dagang plts jd ikut teler

  149. arief berkata:

    hemmmmm kalok 2n3055 itu sebenar nya sudah dulu ada, saya kira itu bukan suatu temuan tp suatu informasi ,coba lah mengunakan tenaga cahaya yang minim dan bisa membangkitkan ac22ov(kita mengunakan led yang yang bisa mengeluakan cahaya dan cahaya itu di ubah menjadi sumber pembangkit listrik)

  150. Atieq berkata:

    Percaya bisa sampai 1000 watt, tapi gak percaya bila hanya menelan biaya Rp.700.000. Mungkin yang benar Rp.70.000.000

    Terserah benar apa nggaknya tapi kenapa yang banyak berfikir tentang Energi Murah kok orang kecil, kroco, rakyat jelata ini …? sedang pemerintah dari tahun ke tahun selalu menaikkan TDL.

    Mana dong kebijakan pemerintah ngembangin Energi Alternatif kaya Sel Surya ini..?

  151. Zindro berkata:

    Kelihatannya info kurang akurat.
    Kalo dari gambar ada 4 pcs solar panel, anggap aja 50Wp x4pcs.
    1000W hour merupakan hitungan kasar, belum mencerminkan kondisi lapangan sebenarnya.
    1000W masih mungkin dg syarat hanya bisa selama 1 jam atau kurang per harinya.
    Kalo memang bisa 1000W dg biaya murah, PLN juga akan tertarik buat mengganti energi fosil.

    Mengenai harga no comment deh :-)

  152. Leondanny berkata:

    Komentar dan antusiaisme yang guobloooknya gak ketulungan, ini sih informasi yang tidak jelas sekelas gosip. “Ternyata semua kilauan itu bukanlah emas”.
    Rinciannya adalah hoax meskipun idenya benar dan terdengar sedap ditelinga. Bodohlah sangat ilmuan german, jepun, dan usa itu. Mereka perlu belajar dari pak budi yang genius tentang trobosan teknologi yang effisien dan ekonomis tentang solar energy.
    Bayangin aja solar energy 1000w=rp.700.000! bhua…ha…ha…ha… Yang benar saja gitchu loh… Kalo semua orang di indonesia pandai cakap manis di bibir macam ni maka menara eifel cepat pindah kemari. Ya udah deh gue pesen solar energynya dua mangkok porsi besar n gak pake kecaaaap.

  153. feky berkata:

    mungkin yang dimaksud harga Rp 700.000,00- adalah untuk biaya membuat inverternya kali.

  154. aditya berkata:

    Jual Panel Surya, solar panel, Lampu PJU Tenaga Surya, PLTS tenaga surya kunjungi web kami http ://www.anekaolusidaya.com

  155. aditya berkata:

    Jual Panel Surya, solar panel, Lampu PJU Tenaga Surya, PLTS tenaga surya kunjungi web kami http ://www.anekasolusidaya.com

  156. Ir. Rudy D berkata:

    Wah saya jadi tertarik sama SMK Magelang, Kalo emang bisa Pak Budiharyono (guru mata pelajaran elektronik di SMK Armada, Magelang) mau kerja sama dengan saya kebetulan saya ada rencana pilot project PLTS di pelosok (daerah hinterland kepulauan riau) saya punya budget untuk bapak Rp. 20 juta / KK ( 50 Watt x 24 jam setara 1,2 kWH / hari). Waktu jaminan pemeliharaan 180 Hari kalender (garansi), kalau Bapak bersedia tolong hubungi saya 0812 7028 4129.

  157. Aydin Farhan berkata:

    sy punya sepeda roda 3 tenaga Listrik built up dgn di cash, rencana sy pengen modifikasi ke tenaga surya dengan manaruh panel surya pada ke tiga rodanya.. berapa biaya yg diperlukan ???

    Salam
    http://speedline-inc-investingclub.com

  158. dodok berkata:

    ehm maaf ya gan sebelum berkomentar sebaiknya dibaca dulu seluruh postingan dan komentar dari rekan2 sebelumnya soal harga solar cells 700 ribu bisa 1000 watts. sudah dibalas oleh para guru SMK ARMADA MAGELANG. yang isinya:

    SMK ARMADA MAGELANG says:
    Maret 11, 2008 pukul 04:55

    Kami para guru program keahlian elektronika SMK Armada Magelang mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian bapak dewo untuk membahas temuan kami….
    Tapi kebanyakan dari para komentator salah presepsi tentang sel surya tersebut….dan untuk harga kami mohon maaf dari pihak SCTV salah dalam menginformasikannya….
    untuk lebih jelasnya hub. (0293) 314240 pada jam kerja atau email ke elkaarmada@yahoo.com

    bisa aja SCTV salah informasi seharusnya Rp7,000,000-00 (7 juta) ditulis 700 ribu.
    saya sendiri sudah menerapkan teknologi solar cells ini dirumah saya. dan untuk semua lampu-lampu di rumah saya tidak mengunakan PLN. Lampu saya mengunakan led bulb 12 volt dc yang hemat energi dan tahan lama. untuk yang lainnya bertahap jika ada uang lebih mau tambah lagi solar cells untuk menaikan daya. saya dapatkan panel solar cells harga sangat murah memang sih bukan buatan pabrik hanya home industri jadi tidak ada SNI nya . saya sudah mengunakan dari tahun 2003 sampai sekarang tidak ada masalah.
    voltnya: 18 volt
    ampernya :3,6 A
    Wattnya: 60 Watts
    saya beli dgn harga 1,7 juta(kalau tidak berubah) untuk panelnya saja dan ada juga charger controller solar cells untuk 10 ampere hanya 250 ribu. selanjutnya bisa intung sendiri deh biaya lainya seperti aki, cable dan lampunya. mungkin rekan2 yang berminat bisa saya bantu.email saya : savitelectric@gmail.com

    salam kenal

  159. ahmad berkata:

    pak dodo.. saya juga baca2 di forum detik (sains) ada bbrapa orang yg beli panel surya murah lewat ebay.. katanya madein china.. tapi yg jual orang di amerika.. sangat murah karna ada cacat fisik tetapi tidak mengurangi kemampuan alat… kalau bapak?

    • dodok berkata:

      Terima kasih pak Ahmad… sebenarnya sudah banyak solar cells dijual diinternet seperti ebay, di indonesia sendiri banyak sudah banyak penjualanya, ada yang kodisinya baru , second maupun cacat fisik yang tentunya tidak mengurangi kemampuanya.
      ditempat saya beli mereka membeli colar cells dari USA yang masih pecahan solar cells dan lalu mereka rakit sendiri jadi tidak terlalu tinggi biaya kirim karena beratnya panel solar cells yang sudah jadi. makanya mereka bisa jual murah untuk kemampuanya saya yakin sama dengan yang di luar negeri karena bahannya dari sana juga hanya saja perakitanya. nah kalau ditanya SNI nya mereka blom ada. maklum home industri dulu mereka buat untuk dipake sendiri. karena banyaknya orang yang bertanya dan berniat mengunakan solar cells dangan harga murah. mereka coba bantu

      Terima kasih

  160. adi berkata:

    jika bagus kita juga mau pesan

  161. tenaga surya berkata:

    MAU CARI PAKET SHS TENAGA SURYA ATAU LAMPU TENAGA SURYA….kunjungi http://tenagasuryaku.wordpress.com .

  162. tenaga surya berkata:

    Lampu PJU Tenaga Surya merupakan solusi terbaik untuk penghematan energi. Mau tahu klik kami.

  163. chandra berkata:

    Saya sudah pernah beli dari ebay dan merakit sendiri solar panel, biaya yang diperlukan untuk solar panel total 900rb untuk kapasitas 60 watt belum termasuk inverter dan accu

  164. batere ups berkata:

    Jual panel surya harga murah kwalitas bagus. call 085336886677 segera untuk jual panel surya atau jual solar sell dengan harga grosir

  165. admin berkata:

    apa harga tsb harga di pasaran bos ?

  166. Ir.marsianto berkata:

    Menurut pendapat saya solar cell + accu + inverter untuk kebutuhan daya 1300 watt 220vac anda harus membeli sekita 150.000.000.- ini yang benar
    1. solar cell 1300 wp per 100 wp Rp.2.500.000 x 13 = 32.500.000.-
    2.battrey 12.VDC 100 Ah per unit Rp.1.000.000 x 13= 13.000.000.-
    3 inverter sinus wave 2000 watt dc to ac = 4.500.000
    inverter modif sinus wave : Rp.500.000.-
    harga total 1300 = 50.000.000.-

    solar cell itu tergantung pada cuaca apabila dalam 1 hari terjadi hujan atau mendung pengisian pada battery menjadi lumpuh dan akan terjadi mati listrik anda tidak akan nyala .
    perhitungan battery :
    13000 Ah X 12 VDC = 156.000 W – 75 % = 39.000.watt : 1300 watt per jam = kapasitas 3 Jam tanpa diisi oleh solar cell pada malam hari. dengan investasi Rp. 50.000.000.- itu termasuk tidak rfrsien dan sangat mahal sekali dan tidak usah dibicarakan sebenarnya ini produk untuk arus lemah mobil mainan anak dan charger hp karena saya ikut terlibat dalam technilogy ini .. berlin germany.

    ada solusi yaitu anda memakai battery 220 VDC yang bisa langsung digunaka pada peralatan 220VAC tanpa menggunakan inverter. sudah ada di toko 2 jakarta timur
    dan gunakan charger radiasi magnet dan lagi diproduksi massal harganya sangat murah .

  167. Ir.marsianto berkata:

    mohon maaf tulisan saya banyak yang kurang hurufnya

  168. Ir.marsianto berkata:

    untuk rekan – rekan yang dirumahnya atau ingin free energy home . yang tepat , akurat dan handal dengan biaya ekonomis akan saya kasih masukan . 1300 watt 220 VDC arus searah bukan bolak – balik /220VAC PLN . battery 220VDC bisa langsung digunakan pemakain peralatan 220 VAC .
    A.. buat battery / accu mobil : 45 AH 220 VDC = 9.900 – 75 % = 2.475 Wh
    B. Battery/Accu mobil : 45 AH 220VDC = 9.900 – -75% = 2.475 WH
    * automatic energizer charger radiasi magnet = 4 A 4.5 VDC output charging kutub negatif
    ini semua sudah ada ditoko toko – toko mulai hari ini semoga membantu anda

  169. Aceng Suparman berkata:

    Saya sudah beli inverter output 1000 watt/220V AC input ke inverter pakai accu 12 volt 60 amp,semula diperuntukkan hanya khusus untuk pompa air jetpump 600 watt, tenyata tidak bisa di pakai langsung drop (ga bisa samasekali).yg ingin ditanyakan:bagaimana kalau pakai alat tersebut (automatic energizer charger radiasi magnet=4A4.5VDC) bisa ga? kalau bisa berapa harganya!. terimakasih,… ditunggu infonya ya

    • putramelayu berkata:

      Besar kemungkinan inverter yg anda pakai 1000 watt hanya 45% jadi watt sebenarnya dari inverter tersebut hanya 450 watt.
      Automatic energizer charger radiasi magnet=4A4.5VDC, dari speknya 4.5VDC berarti tegangannya hanya 4.5 volt DC sedangkan jetpump membutuhkan tegangan 220 volt AC.

  170. dedydolit berkata:

    artikel yang menarik…. saya juga senang bereksperimen. satu bulan yang lalu saya pernah membuat panel surya yang sangat murah ( menurut saya ). saya hanya menghabiskan uang 150rb. dan saya mendapat kan output 15 volt 4 ampere ( pada saat cuaca mendung ). saat cuaca cerah saya mendapat output antara 25 volt sampai 30 volt 6 hingga 8 ampere. menurut agan, panel surya buatan saya cukup murah atau mahal biayanya? panel surya buatan saya hanya berukuran 10 cm x 25 cm.

  171. dedydolit berkata:

    jika tertarik bisa langsung bertemu dengan saya atas nama Dedy Irwanyanto di MA DARUL ULUUM SUMBERBERAS MUNCAR BANYUWANGI pada jam kerja. Saya guru MTK dan Fisika.

  172. dedydolit berkata:

    maaf bos, yang di atas salah. tuh ulah adik ku…. yang benar, ku pernah buat panel surya tapi hanya mendapat kan 3 volt tidak sampai 1 ampere. maaf info nya………………………….

  173. hendra berkata:

    satu set apa panelnya aja

  174. Mr. Bronis berkata:

    Sepertinya apa yang di katakan Dedydolit itu benar benar nyata. coba cek ke alamat http://membuatpanelsuryaitumudah.blogspot.com/2012/03/membuat-panel-surya-sendiri.html
    di situ terperinci penjelasannya secara detail. pun sama, kita bisa berdiskusi secara langsung ke orang yang bersangkutan.

  175. dwi berkata:

    maaf. Tlg dong. Gimana caranya membuat panel tenaga surya.alat apa aja yg dibutuhkan.

  176. Pulau Tidung-aja berkata:

    Sekarang,pastinya harga sudah naik.

  177. KALO INI SI G BEGITU TERTARIK, JK HUJAN TERUS MENERUS BS MATI,

    YG AQ PERNAH DENGAR TU DARI BAPAK GURU,

    AIR KRAN BS MENGHIDUPIN LISTRIK 1RUMAH, TIVI LAMPU POMPA AIR DLL,

    AQ MIKIR,

    APA PAKE DINAMO POMPA AIR,
    DIUBAH 12 VOLT 450WATT DG GANTI KAWAT YG BESAR,

    TRUS STLAH, 12VOLT DIALIRKAN MENJADI DC,TRUS MASUK INVENTER 220

    NA, JK BEGITU NANTI TINGGAL NAIKIN AIR PAKE LISTRIK TADI, UDAH NYARI KEMANA2 DIGOOGLE BELUM KETEMU,

  178. jeri berkata:

    Saya Mau Tanya untuk pemakaian listrik 1300 Watt (13 titik lampu 24 watt,mesin air,tv 21 inch 2 buah,rice cooker,kulkas) perlu aki berapa ampere.saya Mau pakai sistem arus AC.Berapa total harganya dengan inverternya yg digunakan sampai kota bengkulu.

  179. Hen's berkata:

    SALAM SUPER : ).., SAYA SEORANG FASILITATOR TEKNIK PNPM-MP,, BILA HAL ITU BENAR ATAU SIAPAPUN YANG MEMILIKI INFO MENGENAI PEMBANGKIT LISTRIK YANG MURAH DAN EFISIEN HARAP HUBUNGI SAYA DI 081347626189.., TERIMA KASIH…tapii…YANG PASTI TIDAK MEMBERATKAN ANGGARAN DAN EFISIEN ..hehe..TRM KASIIH..

  180. Ujang berkata:

    Sangat bgs skli untk pngtahuan

  181. Ujang berkata:

    Sngat bagus skli buat pngtahuan.

  182. Yufo Straightout berkata:

    cara nya bagaimana pak.. terima kasih..

  183. Madukara Keys berkata:

    Wah boleh tuh buat oprekan dirumah cuma biar jelas klo bisa cara perakitan juga fhoto serta info materialnya ditampilin juga biar bisa diakses dari hp nggak musti dari pc..

  184. danves berkata:

    we are: sy mau detilnya tuk plts…ada gak mas? era 10an tahun mkn akan terwujud..karena terbentur modal yg gede?

  185. setyo berkata:

    untuk di pasarkan ndak gan?
    Kalo memang di pasarkan kayaknya peluang tu gan n aku sendiri ini lg nyari2 produsen solar cell yg harga nya ekonomis,
    tlng di email ke alamat ane gan

  186. mkhuda berkata:

    sayangnya belum diaplikasikan secara maksimal oleh masyarakat..

  187. Georgee Kp berkata:

    setau saya solar cell hanya utk ngisi accu sbg sumber tenaga pd wktu siang. klo utk mlm apakah accu tsb tdk dpt diisi kembali setelah di konversi melalui inverter kemudian dgn menggunakan charger baterei di konek ke accu utk pengisian accu tsb hingga dayanya bisa di gunakan lebih lama

    • Betul, solar cell akan mengisi baterai/aki di saat matahari tersedia. Pada malam hari, baterai/aki bisa diisi dengan fasilitas lain. Idealnya baterai/aki bisa mencukupi kebutuhan listrik malam hari sehingga hanya perlu di-charge keesokannya.

  188. arjunarais berkata:

    Dipedalaman Kalimantan banyak menggunakan aki sebagai penerangan rumah tangga atau tambak ikan, baik melalui PLTS atau di charger akinya.Sebelumnya mereka menggunakan lampu PLC. Namun cukup boros karena juga ditambah beban inventer. Sedangkan pakai lampu led dipasaran dgn tegangan aki 12 Volt, 1. Harga mahal, 2. Cahaya fokus (tidak menyebar).
    Akhirnya saya buatkan mereka lampu Led HPL 3W-12Volt, yang terangnya menyebar dan cahayanya = 10 watt PLC. Harganya cuma saya jual @ Rp 32.500
    Akhirnya mereka senang karena aki bisa dipakai 3X lbh lama dari menggunakan lampu PLC.
    Minat hubungi : 081332619292

  189. tory berkata:

    untuk menghasilkan 1000w tentunya pakai inverter ,mengubah dc 12v dari battery tampungan menjadi ac 220v-1000w

  190. tenaga surya berkata:

    Maksutnya 1 lembar 1000 watt/unit atau 1000 watt namun di pararel ,,hehhheee agak bingung soalnya dikatakan satu unit namun di gambarnya kok beberapa unit digabungkan jadi 1. btw salut untuk teknisinya Indonesia sebentar lagi gak akan kalah dgn negara maju lainnya di bidang kelistrikan :2thumbUP:

  191. apasaja berkata:

    goblok lu semua, 1000watt ac itu dari inverter, jadi dia cuman bangkitin 12vdc dari solar cell.

  192. Sutrisno berkata:

    Kalau lihat gambarnya, panel suryanya buatan luar. Akinya saya kira juga hasil beli. Kayaknya 700 ribu itu hanya ongkos merangkai.
    Harga solar modul paling murah saat ini 0.8 US$ per watt peak, jadi kalau utk 1000 watt peak berarti harganya paling murah 800 US$ atau 8juta rupiah. Solar modul tersebut dalam kondisi cuaca cerah, sehari akan menhasilkan 4 jam x 1000 watt = 4000 watt jam. Jika listrik itu akan ditampung dalam aki yang tegangannya 12 Volt akan memerlukan aki 4000 watt jam/12 Volt =333.3 Amper jam (AH). Kalau aki yang kita gunakan 100AH diperlukan aki sebanyak 3,3 buah atau dibulatkan ke atas menjadi 4 buah. Kalau dibulatkan ke bawah, artinya ada listrik yang tidak tertampung. Kalau perlu justru akinya kita tambah untuk menampung listrik yang tidak terpakai pada hari itu, atau untuk cadangan jika terjadi cuaca mendung.
    Harga Aki GS Astra 100AH/12V Rp. 1.222.000,- jadi akinya saia sudah 5 juta, belum inverter 1000watt/12V buatan Taiwan harganya Rp.1.800.000,-
    Baru harga panel 1000 wattpeak, aki 100AH 4 buah dan inverter 1000 watt/12V nilainya hampir 15 juta rupiah.
    Jadi kalau nilainya hanya 700 ribu itu hanya harga kabel dan ongkos merakit.

    Salam
    Sutrisno

  193. nasrul fakhrudin berkata:

    dimana membeli solar sellnya saya mencari solar sell didaerah sumatra susah sekali

  194. rio berkata:

    wah buat saya big bulshit, alias omong kosong besar, dari dulu bilang bisa bisa bisa, kalo emang bisa pasti udah maju indonesia nie, menurut saya berita itu dipaksakan.

  195. Kia berkata:

    Kia Slim sini untuk menginformasikan kepada publik yang membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, tujuan rumah tangga, melunasi hutang buruk atau melunasi hutang Anda, membangun rumah atau untuk proyek pembangunan lainnya yang bersifat strategis. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah 3%. Jika Anda membutuhkan pinjaman untuk semua ini tujuan lain atau untuk tujuan lain silakan hubungi email kami sekarang: kia_credit@blumail.org

  196. agung H berkata:

    indonesia ooooh…..indonesia…..kenapa begini?

  197. Dengan adanya Panel Surya (Solar Cell) mudah-mudahan bisa memasok kebutuhan listrik di daerah-daerah pelosok yang tidak terjangkau oleh grid dari PLN, sehingga masyarakat pinggiran pun bisa menikmati terangnya lampu di malam hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s