Gold Di Travian

Salah satu kunci sukses bermain Travian adalah pemanfaatan emas (gold) secara optimal. Dengan emas ini kita bisa melakukan banyak hal terutama untuk menunjang strategi bermain Travian kita.

Sayangnya kita hanya dibekali 20 emas saat pertama kali bermain. Asyiknya adalah kita bisa mendapatkan tambahan emas dengan beberapa cara. Tapi sebelum kita bahas bagaimana cara mendapatkan emas, kita akan bahas terlebih dahulu manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari penggunaan emas di Travian.

Fungsi Emas

Dengan emas, kita dapat mengaktifkan fungsi-fungsi pendongkrak performa permainan kita. Misalnya untuk meningkatkan produksi kayu, tanah liat, besi dan gandum sebesar 25% dari kapasitas produksi saat itu. Untuk menambahkan kapasitas tersebut, kita harus mengeluarkan emas sebanyak 5 emas untuk masing-masing sumberdaya.

Peningkatan kapasitas produksi ini berlaku untuk 7 hari ke depan. Jadi nikmati peningkatannya selama 7 hari tersebut. Pilih sumberdaya yang ingin ditingkatkan secara bijaksana, karena agak memberatkan jika kita mengaktifkan peningkatan kapasitas produksi untuk ke-4 sumberdaya. Karena untuk mengaktifkan keempat-empatnya, kita membutuhkan 20 emas. Hiks…

Jadi pilihlah sumberdaya yang benar-benar sudah kedodoran produksinya.

Sebagai petunjuk terutama untuk menunjang strategi: kita dapat meningkatkan kapasitas produksi kayu dan tanah liat untuk pembangunan desa. Jika ingin membangun pasukan, tingkatkan kapasitas produksi besi dan gandum.

Oh iya, jangan lupakan kapasitas penyimpanan lumbung dan gudang saat kita mengaktifkan fungsi peningkatan kapasitas produksi sumberdaya. Karena jika hasil produksi gandum melebihi kapasitas lumbung atau hasil produksi kayu, tanah liat dan besi sudah melebihi kapasitas gudang, maka kelebihan produksi itu tidak akan disimpan, alias mentok seukuran kapasitas lumbung dan gudang, dan kelebihan tersebut akan terbuang sia-sia.

Idealnya kapasitas lumbung dan gudang ini adalah sebesar produksi sumberdaya selama 2 hari atau lebih. Paling mepet adalah sebesar produksi 1 hari. Tapi dengan kapasitas lumbung/gudang sedemikian mepet, kita harus paling tidak online sehari sekali dan memanfaatkan sumberdaya secepat mungkin.

Meningkatkan Pertahanan & Serangan

Emas juga dapat digunakan untuk meningkatkan nilai pertahanan desa kita dan juga untuk meningkatkan daya serang pasukan kita. Tentu kita harus memperhatikan strategi permainan kita. Jika kita bermain agresif dengan sering menyerang desa lain, maka akan lebih afdol jika kita mendongkrak daya serang pasukan kita sebesar 10% dengan merelakan 3 emas.

Jika kita bermain defensif karena sering diserang oleh desa lain, relakan 3 emas untuk meningkatkan pertahanan kita sebesar 10%. Dan masing-masing peningkatan ini berlaku untuk 7 hari ke depan. Tentu saja jika 7 hari ini sudah terlampaui, kita dapat memperpanjangnya dengan menambahkan 3 emas lagi untuk masing-masing peningkatan.

Menyelesaikan Konstruksi dan Penelitian Dengan Sekejap

Ini adalah fungsi dari emas yang paling saya sukai. Dengan hanya memberikan 2 emas, kita dapat mempercepat penyelesaian konstruksi bangunan dan penelitian dalam waktu sekejap.

Asyiknya adalah jika kita sedang membangun sebuah bangunan atau meng-upgrade level bangunan sekaligus melakukan penelitian di beberapa bagunan yang bisa melakukan riset, maka ketika menggunakan 2 emas ini, semuanya jadi selesai saat itu juga. Sangat berharga kan 2 emas tersebut?

Saya paling banyak menggunakan emas untuk fungsi ini. Dan pemanfaatannya dapat dengan segera meningkatkan populasi. Ujungnya adalah semakin cepatnya peringkat kita di aliansi mau pun di dunia Travian.

Perdagangan Dengan Pedagang NPC

Ini termasuk fungsi yang asyik. Terutama jika produksi sumberdaya kita tidak seimbang. Atau jika pemanfaatan sumberdaya kita tidak seimbang. Artinya kita kelebihan di satu/dua sumberdaya dan kekurangan di satu/dua sumberdaya. Tentu saja keadaan ini tidak ideal dan seringkali menghambat pembangunan konstruksi dan pasukan atau meng-upgrade-nya.

Seringkali kita agak kenes mendapati stok kita ada yang njomplang satu. Padahal kita membutuhkannya untuk pembangunan atau pun upgrade. Sedangkan satu sumberdaya yang lain sudah memenuhi gudang/lumbung.

Menjual kelebihan produksi untuk mendapatkan sumberdaya yang kurang adalah salah satu solusi. Tapi seringkali perdagangan terjadi dalam waktu yang lama. Terutama jika kita menawarkan sumberdaya yang desa lain juga berlebihan. Bisa saja barang yang kita tawarkan ngendon di pasar dalam waktu lebih dari 3 hari. Padahal kita sudah sangat membutuhkannya segera. Membuat rasio perbandingan yang merugikan memang bisa saja kita lakukan, terutama untuk mempercepat perolehan sumberdaya yang kita inginkan.

Tapi tentu saja sangat jarang orang yang mau rugi kan? Soalnya pernah juga rasio perdagangan merugi tapi tetap saja tidak ada yang beli. Hihihi… Nah, di sinilah fungsi emas ini menjadi sangat menolong.

Mengaktifkan fungsi ini berarti kita dengan segera menjual sumberdaya yang berlebih untuk mendapatkan sumberdaya yang kita inginkan sesegera mungkin. Asyiknya adalah perbandingan perdagangan adalah 1:1. Artinya NPC tidak akan mengambil keuntungan. Dan kita pun tidak bisa mengambil keuntungan dari perdagangan ini. Eh, bukankah kita yang butuh ya? Tentu kita tidak membutuhkan keuntungan perdagangan kan?

Dengan merelakan 3 emas, kita bisa merancang perdagangan yang kita inginkan. Tapi 3 emas ini hanya berlaku untuk sekali perdagangan. Jadi kita harus merancang perdagangan dengan baik, terutama karena kita bisa memperdagangkan beberapa sumberdaya sekaligus.

Plus Account

Ini adalah fungsi emas yang paling mahal sekaligus paling mewah. Karena dengan merelakan 15 emas, kita akan mendapatkan fungsi-fungsi super, yaitu: pembangunan berulang (kita dapat memerintahkan pembangunan 2 konstruksi sekaligus. Eksekusinya tetap satu-satu sih), kalkulasi sumberdaya (travian akan menghitung berapa lama sumberdaya terpenuhi untuk membangun/mengupgrade bangunan sesuai kapasitas produksi sumberdaya saat itu), peta yang lebih besar (fasilitas peta standar cuma 7×7, sedangkan plus akan membuatnya 13×13 dengan pewarnaan desa lain yang berbeda untuk aliansi/NAP), arsip laporan & pesan, pengurutan perdagangan (berdasarkan sumberdaya tertentu dan rasionya), penyelesaian otomatis (menuliskan nama desa dengan mengetikkan sebagian dan sistem akan melengkapinya), filter laporan, simulasi perang yang lebih lengkap & canggih, pembuatan link sendiri supaya dapat diakses dengan cepat, grafik statistik (perkembangan akun secara kronologis untuk ranking, kekuatan pasukan, dll), pusat data secara umum (untuk melihat kapasitas produksi dan penyimpanannya dari semua desa kita), plus buku catatan tempat kita mencatat apa pun yang kita inginkan.

Hem… banyak sekali kan manfaat dari Plus Account ini? Semuanya bermanfaat demi menunjang performa kita. Tapi sayang, sekali lagi sayang, harganya mahal sekali. 15 emas! Dan kemewahan ini cuma berlaku 7 hari.

Mendapatkan Tambahan Emas

Untuk mendapatkan segala kemewahan yang sudah dibahas di atas, kita perlu memiliki emas yang cukup. Sayangnya kita cuma punya modal 20 emas saat memulai permainan Travian. Dan itu akan segera habis jika kita sering menggunakannya, atau jika kita memakainya untuk fitur yang mahal. Bayangkan jika pertama kali saja kita sudah menggunakannya untuk Plus Account yang seharga 15 emas itu.

Menahan penggunaan emas juga bukan hal yang bijaksana. Coba saja jika desa kita diserang oleh banyak desa sekaligus sedangkan pasukan kita tidak mampu membendungnya, maka emas ini dapat dengan segera menolong kita. Akan kenes jika ternyata kita tidak memiliki cukup emas untuk menolong desa kita.

Syukurlah kita bisa mendapatkan emas dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membeli emas. Dulu saya pernah membeli emas via OneBip. Mekanismenya adalah kita mendaftarkan diri di situs Onebip lengkap dengan nomer selular saya. Kemudian saya membeli emas via sms. Kredit (pulsa) saya akan dikurangi Rp 15.000 untuk mendapatkan 20 emas.

Sayangnya Onebip tidak bisa digunakan untuk server Indonesia. Saya menggunakannya dulu saat bermain di server internasional. Tapi sekarang pun nampaknya Onebip sudah tidak bisa digunakan untuk membeli emas lagi. Padahal cara ini sangat praktis ya?

Tapi usah berkecil hati. Masih ada satu cara lagi kok, yaitu dengan mengundang orang lain untuk bermain Travian. Undangan ini sudah menyertakan ID akun kita, sehingga ketika orang lain yang kita undang memutuskan untuk ikut bermain Travian dengan mengklik undangan, maka Travian akan menyimpan ID kita tersebut. Saat desa orang lain tersebut mencapai populasi 75, maka kita akan mendapatkan komisi 20 emas.

Undangan yang mengandung ID kita itu bisa kita kirimkan via email ke teman-teman atau dengan memuat link tersebut ke blog/website kita. Jadi ketika pengunjung web/blog kita mengklik undangan tersebut dan memulai bermain Travian, kita tinggal menunggu komisinya ketika desa pemain baru tersebut mencapai populasi di atas 75. Asyik kan?

Penutup

Emas di dunia Travian sangat berguna. Tidak hanya untuk mempercepat atau meningkatkan performa desa kita, tapi juga dapat digunakan untuk situasi yang mendesak, misalnya ketika desa kita diserang habis-habisan.

Pemanfaatannya tentu harus bijaksana, terutama karena emas ini bukan diperoleh dari sistem permainan kita, melainkan harus didapat dari eksternal, yaitu dengan membeli atau dengan mengajak orang lain bermain Travian. Jadi kita harus mengkombinasikan strategi permainan Travian dengan strategi perolehan emas di eksternal game Travian. Ini menjadikan permainan travian jadi lebih menarik lagi.

Sekedar penggugah semangat para pemain Travian, saya ingin menunjukkan sedikit perolehan emas saya. Saya yakin ini bukan suatu prestasi yang hebat karena saya yakin banyak pemain lain yang memperoleh emas lebih dari saya. Tapi bagi pemain pemula atau pemain lama yang kurang bisa mendapatkan emas, saya harap screenshot di bawah ini dapat memicu semangat Anda.

Salam Travian. Semoga sukses di dunia Travian!

gold-travian

About these ads

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Blog, Dewo, Game, Internet, Iseng, Travian dan tag , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Gold Di Travian

  1. Edwin berkata:

    Dh,
    Pak Emanuel, boleh dong ajarin cara mainnya biar bisa dapat banyak pasukan,saya tiap kali pasukan baru dikit udah di serang jadi habis.Ada yg bilang waktu di serang pindahin ke tempat lain,tapi krn ga online 24 jam kadang ga tahu kapan diserangnya.
    Mohon petunjuk/trik2nya Pak.tks sebelumnya.

  2. @ Edwin,

    Nampaknya Anda perlu menerapkan strategi defense karena diserang terus. Beberapa yg patut dilakukan:

    1. Tingkatkan pertahanan: tinggikan level pagar, tinggikan level cranny, buat jebakan.

    2. Ketika akan diserang, titipkan pasukan di desa lain. Desa lain ini bisa desa rekan sealiansi. Atau jika punya oasis, titipkan pasukan di oasis. Jika tidak 24 jam online, maka sebaiknya memang selalu menitipkan pasukan di desa lain. Tentu harus mensupply gandum juga ke desa yg ketitipan. Biar pasukan kita tidak mengganggu persediaan gandum di desa yg ketitipan.

    3. Buat pasukan defense sebanyak2nya untuk menahan gempuran musuh.

    Sering kali kita dianjurkan untuk menerapkan “strategi benteng kosong.” Startegi ini adalah dengan meninggikan poin 1 di atas & jika ada pasukan, ketika akan diserang, segera titipkan pasukan di desa lain.

    Oh iya, gabungan antara tingginya level pagar + pasukan defense dengan level pertahanan (perisai) yg tinggi menjadi kombinasi pertahanan yg hebat. Apalagi jika menggunakan bangsa Galia.

    Semoga membantu.

  3. @ Edwin,

    Sebagai tambahan, jika Anda tidak bisa selalu online, atau lama tidak online, maka Anda bisa bekerja sama dengan pemain lain untuk menjadi sitter bagi desa Anda.

    Sitter akan online utk menjaga & mengembangkan desa Anda. Makanya lebih baik segera masuk suatu aliansi agar dapat banyak teman main Travian. Mereka pasti mau membantu.

    Salam.

  4. Max berkata:

    Mang gimana cara punya oasis ???

  5. Samuael berkata:

    Pak Emanuel ,boleh tanya gak
    Kenapa ya padahal landang sudah rata-rata tingkat 5 ke atas tapi kok produksi gandumnya sedikit ya????

  6. arra berkata:

    mas aq gabung ke aliansi mas dunk boleh g???
    cz aq ru mlai main, aq ru main sktr 4 hri
    tp aq dh ckp berkembang,
    aq desa galia,
    kra2 ap yg hrs d bngun pertama sma level na??
    mksh sblm na

  7. fachrurrozi berkata:

    Mas..aku kan tadi beli gold di unipin,kok belum masuk yaa ke akun aku ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s