Tips: Tabung Gas LPG 3 KG

Tabung gas 3 kg meledak? Nampaknya daftar meledaknya tabung gas bakal tambah panjang. Bahkan tidak hanya tabung 3 kg yang diberitakan meledak, tapi juga tabung 12 kg.

Daku sendiri menggunakan tabung gas Elpiji 3 kg. Bukan karena kerahiman pemerintah yang membagi-bagikan kompor & tabung dalam rangka konversi, tapi karena kebaikan keluarga tercinta yang menghibahkan tabung gas 3 kg plus kompor 2 tungku lengkap dengan selang & regulatornya dalam rangka pindahan beberapa bulan yg lalu.

Pengalaman pakai tabung 3 kg ini memang mendebarkan. Memasangnya harus penuh ketelitian & perhatian. Kami harus mengandalkan telinga & hidung. Telinga untuk mendengarkan desisan dan hidung untuk mencium bau gas yg bocor.

Permulaan pakai aman-aman saja. Tapi setelah penggunaan tabung ke-2 dan seterusnya, memasang tabung jadi hal yang menyebalkan. Tidak lain karena telinga mendengar desisan gas yang jelas-jelas menandakan adanya kebocoran. Pernah diberi karet cadangan oleh warung dekat rumah yg baik hati. Tapi tidak menolong juga karena desisan masih saja terdengar walau pun sudah diganti karetnya. Sempat bela-belain beli karet tabung yang berisi 5 buah. Namun apa daya ternyata desisan masih saja terdengar.

Akhirnya daku bela-belain beli besi pengunci/pengaman regulator. Memasangnya juga tidak mudah. Perlu kepresisian dan kekuatan tangan untuk mengencangkannya. Dan harus extra hati-hati karena selama mengencangkannya, gas tetap mendesis keluar. Jadi semua pintu & jendela harus dibuka. Tidak lupa mematikan listrik atau segala hal yang bisa menimbulkan percikan api yg dapat menyebabkan tabung meledak atau terbakar.

Dan ternyata masih mendesis juga. Hiks…

Di tengah maraknya isu meledaknya tabung gas ini, rupanya banyak pihak saling tuding & mengambinghitamkan kambing yang sudah hitam itu. Seperti belakangan pihak pertamina yang membela diri bahwa tabung tidak bermasalah karena sudah melalui tahap pemeriksaan dengan dicelup ke tangki air untuk mendeteksi kebocoran. Dan menganggap kebocoran adalah karena aksesoris yang tidak berstandard SNI.

Berdasarkan pengalaman daku menggunakan tabung 3 kg ini, faktanya kebocoran sering kali terjadi karena pipa tabung. Karena daku menggunakan regulator dan selang yang baik dan berstandard SNI. Kalau kita perhatikan mulut pipa yang digunakan untuk menyambung ke regulator ini seringkali kudapati tidak rata bagian luarnya. Bahkan seringkali daku menemukan bagian luar pipa ini dibalut oleh karet gelang! Jadi tabungnya memang tidak bocor, tapi pipa mulut tabung ini yang bermasalah sehingga bisa menimbulkan kebocoran saat disambung ke regulator.

Jadi penggantian karet & pemberian pengunci regulator tidaklah efektif! Paling tidak itu yang daku alami selama ini.

Yang daku lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan melapisi pipa mulut tabung ini dengan selotip pipa air yg berwarna putih itu. Jika ketika disambungkan dengan regulator masih mendesis, maka tebalkan lapisan selotipnya. Dan desisan itu pun hilang. Tidak perlu ganti karet dan pengunci regulator.

Tapi sebaiknya sebelum melakukannya, periksa juga karetnya. Jika karet ini tidak rata atau kasar bentuknya, atau jika sudah keras atau getas, lebih baik ganti saja karetnya. Baru kemudian dilapisi selotip di pipa bagian luarnya.

Semoga bermanfaat. Mungkin pembaca ada sharing atau tips lain yang bisa dibagikan? Silakan dituliskan di bagian komentar. Salam…

~~~

Catatan: Gambar diambil dari SINI

About these ads

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Dewo, Keseharian, Personal, Tips dan tag . Tandai permalink.

20 Balasan ke Tips: Tabung Gas LPG 3 KG

  1. mr. sectiocadaveris berkata:

    @om dewo
    sebenarnya menurutku tabung gas, baik yg 3 kg maupun yang 14 kg atau lebih sekalipun tidak berbahaya. yang penting kita sebagai masyarakat paham benar cara menggunakannya dan petunjuk keselamatannya. di keluarga kami sudah menggunakan tabung gas 14 kg sejak lama dan tidak pernah ada bahaya apapun, bocor pun tidak pernah. kebanyakan di masyarakat kita hanya kurang paham bagaimana cara menggunakannya, mereka terkadang masih memperlakukan tabung gas seperti kompor minyak tanah saja, yang bisa dibuka tutup seenaknya.

    • @Mr. Sectio,

      Sepengetahuan saya, tabung 12 kg itu relatif aman karena pengelolaan & pengendaliannya dilakukan langsung oleh pertamina. Kami sekeluarga dari dulu banget sampai sekarang pemakain tabung besar ini dan jarang sekali bermasalah. Kalau pun ada, paling tinggal ganti karet & masalah terselesaikan. Rumah saya di Semarang pun pakai tabung besar & tidak pernah bermasalah.

      Sedangkan tabung 3 kg ini pengadaan & pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta. Banyak ditemukan tabung palsu & oplosan. Atau secara fisik sudah tidak layak pakai.

      Pada pengalaman saya, ternyata pipa mulut tabung inilah yg seringkali bermasalah. Bentuknya kasar sekali. Masalah ini tidak pernah saya temui di tabung besar.

      Salam.

  2. lovepassword berkata:

    Ada rumor tetapi juga faktanya sebagian ada karena sebagian ditangkep polisi : sebagian tabung 3 kg karena murah maka dibeli oleh tengkulak ditimbun di gudang lalu dipindahkan isinya ke tabung non subsidi, Mereka untung dari disparitas harga lpg 3kg yang subsidi dan 12 kg yang non subsidi… plus kadang isinya juga dikurangi gak 12 kg. Untungnya kabarnya sampai milyaran itu sebulan.
    Proses pemindahan isi gas ini oleh2 pihak yang tidak bertanggung jawab ini – sangat mungkin membuat mulut2 tabung jadi semakin bermasalah.

    Ini sangat bahaya karena meledak di warung soto juga bahaya, kalo gudang penyimpanan LPG ilegal meledak ya satu kampung bisa rontok semua. Tapi rasanya pemerintah terlalu adem ayem.

    Karena ini jelas proyek pemerintah, maka pemerintah ya tidak bisa diam saja. Gimana mau ngurus nuklir , kalo ngurus elpiji jebol saja gak mampu. hi hi hi..

    SALAM

    • @Lovepassword,

      Iya, saya juga lihat beritanya di TV modus operandi pemindahan gas alias pengoplosan. Benar-benar tidak bertanggung jawab ya? Dan kayaknya bahan pipa mulut tabung gas 3 kg tidak sebaik yg di tabung 12 kg sehingga membuat tabung 3 kg cepat aus & bocor.

      Hem… kita patut pesimis tentang kebecusan pemerintah dalam mengurus nuklir, walau sebenarnya tidak boleh begitu juga sih. Lebih baik kita mendukung terus upaya kemajuan & perbaikan. Hihihi…

      Salam.

  3. j4p berkata:

    Plat pada tabung 3kg emang jauh lebih tipis dibanding tabung 12kg. Tapi yang bikin bocor dan meledak BUKAN tabungnya tapi KARET HITAM di dalam tabung tidak dapat menahan tekanan gas.

    SOLUSI:
    Congkel karet hitam tsb, rendam dalam air biasa selama kurang lebih 5-10 menit.
    Bila saat direndam karet tsb mengeluarkan gelembung udara, bisa dipastikan karet tsb KEHILANGAN ELASTISITASNYA & tidak dapat menahan gas / bocor. Tunggu hingga karet tidak mengeluarkan gelembung udara lagi (10 menit-an) baru dipasangkan lagi ke tabung. Usahakan karet yg terpasang dengan baik dan benar.
    Saat akan memasang regulator, isi ruangan tempat karet hitam tsb dengan air sampai penuh. Pasang regulator, jika terdengar suara blup-blup, segera lepaskan regulator karena ada kebocoran antara karet & regulator.
    Lepas karet hitam tsb dan pasang lagi ke tabung dan isi tabung dengan air. Bila masih bocor, coba ganti karet hitam tsb.

    Selamat mencoba!
    JAP.

    P.S.:
    Kenapa karet tsb tidak dapat menahan gas? Karet KEPANASAN sehingga KERING & KEHILANGAN ELASTISITASNYA.
    Lha kok KARET bisa KEPANASAN?? CUACA yang terlalu panas bisa membuat karet menjadi KERING!!
    Apakah karet tsb ukurannya atau bahannya tidak sesuai standart? SALAH!!
    Karet tsb ukuran & bahannya SESUAI STANDART!!

    • @Bro J4p,

      Terima kasih tips-nya. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

      Sedikit berbeda dengan pengalaman saya karena yg saya dapatkan biasanya karet masih lentur & baik. Bahkan saya pernah mengganti dengan karet after-market. Tapi ternyata tetap saja bocor. Hiks…

      Tapi kalau kita dapat karet yang getas, berarti penanganan & penyimpanannya buruk ya? Karena pasti tabung tersebut dijemur. Atau bisa juga karena stok lawas.

      Salam.

    • j4p berkata:

      tambahan!!
      kalau beli regulator beli yang bermerk KOSANGAS atau RINAI KOSANGAS.
      Bahan bagus & ukuran sangat presisi.
      Sayang per locking-nya gampang putus setelah 5 tahun :( tapi tetap masih bisa dipakai walau harus diakal.

    • @Bro J4p,

      Wah, terima kasih info-nya.
      Ini tips dari pengguna berat pertabungan-gas. Jadi layak dipercaya. Hihihi…

      Salam.

  4. nDaru berkata:

    Sayah makek tabung yang bukan dari pertamina…itu lho, yang regulatornya diputar beberapa kali..lebih aman meski harganya agak lebih mahal..lha daripada resiko je

  5. Berita meledaknya Tabung GAS LPG semakin menjadi-jadi.

    KAMI Menjual Pengaman TABUNG GAS LPG Segala Ukuran.
    Bagi yang berminat, segera pesan ke kami.
    Keterangan lebih lanjut, Hub :
    Hp : 085655387438
    email ; sunnysby@gmail.com
    Harga Rp. 35.000
    Thanks…

  6. atiker berkata:

    ÖZKA LPG istanbul sancaktepe de
    ATİKER LOVATO WENTGAS GASİTALY FEMA NLP
    markaları ile 2008 den bu yana hizmet veren
    her üründe birebir parça değişim garantisi
    verebilen tek firmadır montaj yapılmış olan
    parçayı sorgusuz sualsiz tamir süresi vermeden
    anında yenisi ile değişir hemde hiçbir ücret almadan !!

  7. yuli berkata:

    stebetulnya
    kita tidak perlu takut memakai gas elpiji,saya telah mempunyai
    pengalaman selama 25 th membantu mensosialisasikan pemakaian gas elpiji
    dan memberikan solusi atas masalah-masalah yg terjadi untuk melindungi
    para konsumen pemakai gas elpiji. Masalah yang dihadapi biasanya karena
    ketidaktahuan pemakai cara pemasangan perangkat gas elpiji dari tabung,
    regulator,selang sampai ke kompor gasnya secara benar. Tipsnya adalah
    pertama pada waktu membeli periksa kelenturan dan keutuhan karet pada
    mulut tabung gas. Kedua merawat dan selalu mengontrol perangkat gas
    elpiji,untuk mencegah terjadinya kebocoran gas.Ketiga untuk mendeteksi
    gas elpiji yng keluar akan tercium bau amoniak/tdk enak segera cabut
    regulator matikan tombol kompor gasnya dan bawa keluar rumah agar gas
    yang keluar hilang terbawa angin, karena sifat gas yang bergerak
    dibawah lantai. Jika ada api segera keluarkan juga ke tempat udara
    terbuka dan tutup dgn keset basah.

  8. andikaQren berkata:

    Bro j4p ..saya mau tanya..saya kan baru beli regulator merk Rinnai Kosangas tulisannya “Rinnai with Kosangas” buatan malaysia ..apa itu barang bagus?….Sama atau tidak kualitasnya dengan yang merk kosangas?..Terima Kasih…

    Trus sedikit lagi bro …kira2 kenapa api di kompor saya yang tungku sebelah kiri sangat besar nyalanya dibandingkan dengan yang sebelah kanan?…Waktu dulu saya pernah ganti spuyer tungku sebelah kirinya karena yg lama patah semenjak itu apinya terlihat lebih besar …Apa jangan2 ukuran lubang spuyer tsb tidak sama dg yg aslinya..Mohon masukanya Bro..Terima Kasih…

  9. Ping-balik: Konversi Ke Kompor Biogas Yuk? | ♫ E • S • D ⚡

  10. CAHYADI RACHMAT berkata:

    kalo perlu karet tabung gas yang berkualitas pake aja produk “noko rubber” karena terbuat dari bahan super”camel black rubber”telp 022-5421742.dijamin kagak meledak!!terima grosir dan eceran

  11. Asep N S berkata:

    panjang sekali rentang informasi, tentang tabung 3 Kg milik orang miskin yang terlalu sering diakomodir oleh penguasa,pengusaha dan sikaya… .Akhirnya banyak warga miskin tidak terdistribusi dgn baik…. TABUNG MELEDAK!!! sangat miris terdengar di telinga … mungkinkah ini satu pertanda ( kata BANG ALI : “DO’a Orang Miskin Dan terANIAYA itu CEPET DIKABUL…]…apa bener orang miskin yg tidak terdistribusi berdo’a seperti itu…HANYA TUHAN yang TAHU…,hemat saya… persiapan awal teknis & non Teknis kurang sempurna.. ,standarisasi Produk tidak jelas akurasinya ,proses sosialisasi dikejar target,para petugas distribusi banyak mengeluh karena honor kurang/telat..,.Dari beberapa hal diatas saja sudah mendukung ketidak layakkan selanjutnya… benar sekali kata yuli diatas tentang cara pensosialisasian awal seperti itu dan itu adalah standar, sekarang adalah tahap after sales dari pengusung project tsb, PEMAHAMAN & PEMELIHARAAN adalah tindakkan lanjutan.. saya sedang melakukan ini… walaupun blm dpt suport yang realistis, melihat lokasi yang harus dijangkau & warga dengan banyak menyimpan pertanyaan, keresahan, dan menabung sejuta kegundahan ketika mereka harus was was berhadapan dengan tabung gas…SENTUHAN & TIPS yang seperti ini..sangat berguna bagi mereka… TINDAKKAN NYATA dilapangan sangat dibutuhkan,TANPA HARUS MENUNGGU PROPOSAL,CHECK VALIDASI,DE EL EL<masyarakat menunggu…siapapun kita berkewajiban melindungi diri dan keluarga dari JILATAN API NERAKA, mungkin jika hal ini terjadi karena kelalaian KITA semua, maka kita harus ikut menyelamatkan mereka dan kita dari JILATAN API KONVERSI, dengan segenap kemampuan kita SEMOGA KITA TERHINDAR dari JILATAN API NERAKA… PEDULI KONVERSI : 081573441697/082115719748/02292432196…… WE ARE SAVE!!?? SAVE WE ARE……!!! Salam buat kawan semua… thanks 4 ur tips…

  12. budi setiyawan berkata:

    Dijual REGULATOR otomatis merk BIOGAS dan selang tahan panas dari PT.Guna Indah Makmur, harga Rp.350.000/set, garansi 1 tahun, asuransi kebakaran selama masa garansi..hubungi Budi Setiyawan 085746159060

  13. Lalu Hudia Fauri berkata:

    Mantap bro…….

  14. cici berkata:

    kalo tabung gas direndam terus dalam bak berisi air untuk penggunaan sehari-hari dg tujuan jika bocor dpt liat gelembungnya boleh g?aman ap g? bikin tabung berkarat atau karet jadi getas g?trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s