Gitar-gitar Tak Berdawai

Weks… emang ada gitar tak berdawai ya? Lalu bunyinya bagaimana dong? Eh, ternyata memang ada loh! Berikut adalah beberapa gitar tak berdawai tersebut.

1) Misa Digital Guitar

Gitar berjejuluk Misa Digital Guitar ini lebih tepat disebut sebagai sebuah MIDI Controller dari pada gitar beneran. Hanya bentuknya diadaptasi menjadi sebuah gitar.

Yang unik adalah karena gitar ini me-utilisasi touchscreen untuk memicu bunyinya. Dengan tingkat sensitivitas tinggi, efek suara bisa dibangkitkan berdasarkan kuat penekanan dan luas area tekan atau dengan menggeserkan jari pada area touchscreen ini.

Lebih asyik lagi karena gitar ini diotaki oleh kernel Linux 2.6.31 (Gentoo) yang open source. (Tulisan sebelumnya: Misa Digital Guitar. Ada demonya loh!)

2) Rock Band 3 Fender Mustang Pro Guitar Controller

Kalau ini jelas bukan gitar main-main, karena dibuat oleh produsen gitar ternama kaliber dunia Fender. Seperti Misa Digital Guitar, gitar Fender Mustang Pro ini juga merupakan sebuah MIDI Controller. Namun tidak seperti Misa, FMP masih memiliki dawai untuk dipetik. Sedangkan fretboard-nya dipenuhi tombol pengganti dawai. Jumlah tombol fret ini ada 102 buah.

Yang paling unik adalah karena gitar ini bisa dimutilasi menjadi 3 bagian sehingga bisa praktis dibawa kemana-mana. Dan tentu saja tidak perlu ribet nyetem snar-nya ya? Hehehe…

Bagi sebagian orang, kecanggihan FMP ini masih kurang greget karena gitaris tidak bisa melakukan bending dan kesulitan dalam memainkan chord, apalagi untuk pergantian chord yang cepat. Ya tapi tujuan gitar ini dibuat memang untuk memainkan game Rock Band 3, tentu tidak bisa menggantikan gitar regular. Tapi ada potensi kayaknya.

3) Guitar Hero Guitar Controller

Guitar Hero memang sebuah game musik yang fenomenal. Dialah yang memperkenalkan game musikal berbentuk gitar sehingga seolah-olah pemainnya merupakan gitaris top dunia.

Guitar Hero berkolaborasi dengan gitaris-gitaris dan band-band rock top dunia sehingga lagu-lagunya bisa menjadi game. Dan pemainnya bisa merasa memainkan lagu-lagu sulit dari para dewa gitar atau group band kaliber dunia dengan mudahnya.

Asyiknya GH ini sudah mem-bundle controller guitar-nya saat pembelian. Tidak tanggung-tanggung, GH mengambil model gitar-gitar dari produsen gitar top Gibson macam SG, Les Paul, X-Plorer, dll. Hanya saja bentuk gitar controller ini lebih sederhana dibandingkan Misa atau pun FMP. Ya secara cuma game controller saja.


~~~

Catatan: Gambar-gambar diculik dari engadget.com, misadigital.com, wikipedia.org.

About these ads

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Dewo, Gitar, Musik, Personal, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Gitar-gitar Tak Berdawai

  1. hiks dari dulu denuzz ingin punya guitar hero controllers … dari kecil … tapi sampe segede ini gak kesampaian … hehe

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

  2. Usup Supriyadi berkata:

    ternyata gitar memang ada yang tak berdawai, biola juga ada ya yang tak berdawai? soalnya kan ada syair, “biola tak berdawai” hueuehhe

  3. Pendar Bintang berkata:

    Saya baca, tapi saya nggak ngeh masalah gitar cuma jadi tahu aja oooh ternyata ada gitar tak berdawai gak cuma biola yang tak berdawai, he he he

  4. yusuf berkata:

    Mantap gitarnya. ga perlu repot repot beli benang gitar. eh kalo ga salah lagunya Kangenband juga gitar tak berdawai?

  5. mr. sectiocadaveris berkata:

    postingan di atas membuatku jadi pengen punya gitar listrik lengkap dgn effect dan amplinya… tapi harganya masih belum ramah di kocek,..hiks

    • @Mr Sectio,

      Dicicil aja, bro. Versi murah Ibanez ada juga loh, namanya Ibanez Gio. Untuk efek gitar bisa pake Zoom G1u atau G2nu (G2.1nu) kemudian dihubungkan ke laptop. Jatuhnya lebih ekonomis plus bisa langsung rekaman loh! Hehehe…

      Salam.

    • Oh iya, semoga kesampaian beli ya…
      GBU

    • Usup Supriyadi berkata:

      sepertinya saya juga harus mulai mencicilnya, meski tak bisa memainkannya. :mrgreen:

    • mr. sectiocadaveris berkata:

      @om
      iya ini saya lagi nabung om, mudah2an tahun depan atau tahun depannya lagi dah bisa punya satu set (*ngarep*),…tahu ngga om kalau di jakarta cari gitar listrik yang bagus itu di mana? he he.. :mrgreen:

    • @Kang Usup,

      Hihihi… nanti kalau sudah beli baru belajar/berlatih. Oh iya, sekarang banyak loh video tutorial. Di youtube banyak tutorial oleh para dewa gitar seperti Joe Satriani.

      Atau mau dijadikan penghias rumah?

      ~~~

      @Mr Sectio,

      Wah, kalau di Jakarta banyak banget. Paling gampang ya di Gramedia. Atau di toko Yamaha, MG, Nuansa Musik, Delta, dll. Banyak deh. Bisa pake CC kok. Hihihi…

      Oh iya, jangan beli sembarangan karena banyak juga beredar gitar palsu, gitar bermerk terkenal tapi ternyata buatan abal-abal. Mending beli di tempat2 terpercaya spt di atas.

      Salam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s