Talenta = Bakat ???

Banyak orang menerjemahkan talenta sebagai bakat. Dan mereka mengganggap bakat itu bawaan dari lahir, bahkan ada yg menyebutnya sebagai turunan. Benarkah demikian? Seseorang pemain musik yg hebat disebut sebagai orang yg sangat berbakat di bidang musik. Orang yg cakap di suatu bidang disebut berbakat di bidang tersebut. Bagaimana dengan pencopet? Benarkah mereka berbakat sebagai copet? Benarkah bakat mencopet itu bawaan dari lahir? Atau turunan dari orang tuanya?

Saya lebih memandang bakat itu sebagai kecakapan, dan kecakapan dapat diperoleh dengan belajar dan berlatih. Pemain musik itu pasti belajar dan berlatih dengan tekun & ulet sehingga bisa bermain musik dengan baik. Jika bakat itu bawaan lahir, seharusnya pemain musik itu sudah harus bisa main musik sejak lahir. Di sini yg perlu digarisbawahi adalah ketekunan & keuletan. Inilah yg menentukan keberhasilan proses belajar dan berlatih kita. Tanpa ketekunan & keuletan, kita tidak akan pernah bisa menggali potensi diri kita sendiri dan mengaktualisasikannya menjadi suatu hal yg berguna, baik bagi kita sendiri mau pun bagi orang banyak.

Tetapi saya tidak memandang bakat sama halnya dengan talenta. Tuhan memberikan talenta bagi manusia. Dan saya mengartikannya sebagai kesempatan dalam mengaktualisasikan diri kita, tentu dengan bakat kita. Dan hendaknya talenta [kesempatan aktualisasi diri] ini kita pergunakan dengan sebaik-baiknya karena kita harus mempertanggungjawabkannya pada Tuhan. Bukankah orang yg tidak mengembangkan talentanya dan tidak menjadikannya berguna/berarti bagi kita sendiri mau pun bagi orang banyak akan dihukum Tuhan? Jika tidak, Tuhan akan mengambil talenta [kesempatan] itu dari kita dan memberikannya pada orang lain yg mampu menghargai dan mengembangkan talenta.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

18 Balasan ke Talenta = Bakat ???

  1. saifuddin berkata:

    Sorry. Tapi harus diakui, orang yang tadinya sudah punya bakat akan lebih cepat berhasil, daripada yang tidak punya bakat sama sekali. Paling tidak ada perbedaan waktu untuk bisa sampai kepada yang dituju. Yang punya bakat lebih cepat, sedangkan yang tidak punya bakat akan memerlukan waku yang lama. http://www.syaifudin.com

  2. Ping balik: Memindahkan Korban Mutilasi « Emanuel Setio Dewo

  3. teguh sunaryo berkata:

    Tidak semua orang yang tekun dan telah terlatih (terdidik) ternyata sukses. tentu selain izin Tuhan, maka variable apalagi yang mempengaruhi orang sukses jika bukan bakat ? Apakah nasib ? Bagaimana posisi “Talenta versi anda” dengan “nasib versi anda” juga ? Mohon dijelaskan makna dan definisi Bakat, Talenta, Nasib, Takdir dan Minat. terimakasih

  4. max berkata:

    ora mudeng nih thread ^_^

  5. joe berkata:

    talenta itu uang. uang harus dikembangkan klo ga ya rugi, ga balik modal

  6. fajar gegana berkata:

    Bakat? Didunia billiard tidak ada yg namanya bakat, seseorang akan menjadi pandai ketika lebih serius dalam belajar atau bertanding. Bagi saya ,tidak ada yg namanya bakat.

  7. asep berkata:

    Yang saya tahu TALENTA adalah anugrah Allah yang diberikan untuk memperlengkapi orang yang bergantung harapa padaNya, dan itu berkembang tidaknya/berbuah tidaknya bergantung pada diri kita masing-masing untuk meresponi Talenta tersebut. berbagai bidang saya jalani ; perbangkan, teknik, seni, grafis, agrobis, pertukangan, administrasi, dari semuanya itu tidak ada yang asal-asalan dan memberikan keberhasilan. untuk menekuninya sesuai panggilan mau konsentrasi yang mana?.. That is choise..

  8. ola salakay berkata:

    bakat itu sama dgn potensi????sama jg dengan talenta? atau berbeda???saya jd bingung.
    tlong jelaskan pada blog ini.perbedaannya sperti apa.Thnx ya!!!

  9. puji berkata:

    Talenta itu bahasanya Artis, di dalam bahasa indonesia tidak ada.

  10. dede berkata:

    gan, referensinya mana…meskipun ini dunia maya, tapi nilai akademik juga harus ada donk… jadi ndak ngasal…ndak asal cuap-cuap….
    tapi thanks buat masukannya tentang talenta.

  11. satria banten berkata:

    123 ngbut bsma seni

  12. Afandi berkata:

    Iya, banyak kata-kata yang sering pergunakan, namun arti sebenarnya kita tidak benar-benar paham. Apalagi sering setiap orang mengartikan sendiri kata-kata tertentu.
    Menarik.

  13. Ping balik: Membuat Mini Album (Proyek Monumental 2014) | Emanuel Setio Dewo

  14. murni berkata:

    Talenta adalah hasil dr jenetik atau latihan,talenta dapat dimiliki oleh siapa saja..karna talenta beda hal nya dengan karunia roh,,,,karunia roh hanya dimiliki orang kristiani……kekuaran 31:1-6 tentang talenta dan roma 12:3,6….coba deh dibaca hehehe…sire

  15. realyounges529 berkata:

    mari kita hargai pendapatan orang jangan terus menghakimi dan mari kita ambil hikmahnya

  16. mr.blue berkata:

    Talenta… Mirip cheat klo di game.. Atau op (over power).. Awalny iya syaa berpikir semua bisa diraih dengan usaha keras… Tapi jika kita usaha keras atau ada orang yg bisa mampu tanpa usaha keras itu talenta/bakat menurut sya.. Teman sya, hafal beberapa halaman dengan cepat bahkan tidak menunjukan kesulitan… Itu talenta menurut sya… Suara yg indah dengan tehnik bernyayi yg natural tidak bisa dibeli dan diusahakan itu talenta menurut sya.. Tampang cool dan kepribadian yang menarik lawan jenis.. Itu talenta atau gift tuhan mungkin… Sekuat apapun usaha, sekras apapun berjuang kita yg org biasa cuman bisa jadi “figuran” dan dipaksa buat terima kenyataan… Mngkin kawan2 mengerti jika tumbuh hidup berdampingn dengan org yg bertalenta atau diberi “gift” tuhan… Cheat yg ditanamkan tuhan untuk mereka yg jdi kesayangn ny… Tentu kta yg org biasa ngg boleh menyalahkan dan membenci mereka karena ketidak mampuan dan kelemahan kita.. Stay calm and work hard biarpun tak sempurna mereka, tpi proses usaha keras yg kita jalani itu yg berharga dan disebut “pengalaman”… Jika kurang tepat maaf… Cmn asal komen ajh..thanks admin dan komentator lain ny

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s