Memasak Sisfo Kampus 2006

Tim Sisfo Kampus saat ini sedang “memasak” software Sisfo Kampus. Kali ini didesain benar-benar fleksibel dan lebih kaya fitur. Beberapa fitur penting diperbaharui. Kalau Sisfo Kampus 1.x mengambil basis Supra & IBS dan Sisfo Kampus 2.x (Sisfo Kampus 2005) mengambil basis Universitas Negeri Gorontalo, maka Sisfo Kampus 3.x (Sisfo Kampus 2006) mengambil basis Ukrida (Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta).

Mengapa mengambil basis Ukrida? Dasar pemikirannya adalah bahwa setiap perguruan tinggi (dan juga entitas bisnis lain) memiliki proses dan alur bisnis yang unik. Walau pun mungkin masih dalam 1 bidang bisnis, bahkan meski pun masih dalam 1 kepemilikan, sering kali 2 entitas ini berbeda dalam proses dan alur bisnisnya. Ini tidak dapat dipungkiri. Kita perlu melakukan customization dalam proses implementasinya.
Setiap kali implementasi Sisfo Kampus di suatu perguruan tinggi, kami menemukan hal-hal unik yang dinilai patut ditambahkan untuk memperkaya fitur dan modul Sisfo Kampus. Ini didukung oleh desain Sisfo Kampus yang modular dan fleksibel. Memang Sisfo Kampus sejak awal didesain sebagai framework software manajemen perguruan tinggi. Jadi desainnya sangat terbuka terhadap penambahan atau pengurangan proses/modul.

Nah, dalam implementasi di Ukrida, Tim Sisfo Kampus menganggap bahwa framework Sisfo Kampus yang lama dinilai sudah out-of-date atau boleh dibilang “agak” ketinggalan jaman. Maklum, selama ini basis framework masih tetap menggunakan basis pemikiran dan desain tahun 2003. Cukup lama framework ini tidak diupdate. Padahal perkembangan teknologi & teknik pemrograman & software telah jauh berlari meninggalkan kita.

Oh, iya, sebagai tambahan, framework 2006 memiliki modul Personalia (khususnya payroll) dan Akunting. Penambahan ini benar-benar membuat framework 2006 seolah melompat jauh dan menjadikan Sisfo Kampus menjadi software manajemen yang solid dan terpadu. Dan bahkan: lebih lengkap dibandingkan dari software sejenis.

Selain itu framework 2006 (3.x) ini sudah didesain untuk dapat mengakomodasi multi-entitas (banyak institusi yang dapat dikelola). Ini sejalan dengan rencana jangka pendek Sisfo Kampus ke dua, yaitu sebagai Global Solution. Dan framework juga didesain untuk mudah diintegrasikan dengan e-Learning sesuai dengan rencana jangka pendek Sisfo Kampus yang ke tiga, yaitu sebagai Knowledge Solution. Diharapkan pengembangan framework 2006 dapat mempercepat proses menuju tahap Global Solution dan Knowledge Solution.

Fitur-fitur penting yang sedang dipikirkan untuk dikembangkan adalah:

  1. Dukungan terhadap piranti mobile, misalnya dengan WAP dan juga aplikasi SMS.
  2. Modul e-Learning. Saat ini sedang dipelajari mekanisme integrasinya dengan Sisfo Kampus.
  3. Modul Perpustakaan. Ketinggalan? Terus terang: “Iya”.

Jangan lupa kunjungi dan dukung Sisfo Kampus OSS di www.sisfokampus.net. Terima kasih.

Iklan

9 pemikiran pada “Memasak Sisfo Kampus 2006

  1. Halo om Dewo,

    Sudah beberapa kali saya coba akses situs sisfokampus.net tapi selalu gak bisa dibuka. Apakah sedang ada perbaikan or ada something wrong gitu…….?

  2. @ Dear Taufik (#1),

    Maaf karena ada masalah di hosting kami. Sekarang sudah aktif kembali. Sedangkan proyek Sisfo Kampus di sourceforge memang tidak aktif.
    ~~~

    @ Dear Hery (#2),

    Iya betul, ada masalah dengan server/provider tempat kami hosting. tetapi sekarang sudah baik kembali.
    ~~~

    @ Dear Abdul Roup (#3),

    Hallo Mr Abdul Roup,
    Nice to know you.
    FYI, we already wrote a tutorial for installation of Sisfo Kampus on http://www.sisfokampus.net. But you can also join to our Training Center for more comprehensive knowledge about Sisfo Kampus. We do train regularly of how to install and use Sisfo Kampus.

    Hope this information help you.

    Regards,
    Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.