Bagaimana Mencetak ke Printer Dot-Matrix dari Browser (Bagian 2: Skenario)

Skenario singkatnya begini: dengan tidak mempersoalkan alasannya, perusahaan tempat Anda bekerja berkeinginan untuk memanfaatkan internet sebagai backbone operasionalnya. Maunya semua aplikasi harus berbasis web (web based). Dari front-office sampai back-office harus berbasis web. Dengan gagah berani Anda bersama tim menyanggupi mega-proyek ini. Dan kini mega-proyek ini telah berjalan selama beberapa waktu. Sayangnya ketika ingin membuat cetakan nota pembelian semua anggota tim bingung bagaimana cara mencetak di kertas pre-printed yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Kertas pre-printed adalah sejenis kertas yang telah memiliki format text atau gambar tertentu yang telah tercetak di kertas sehingga kita hanya perlu melengkapi isiannya saja. Misalnya seperti formulir pendaftaran calon mahasiswa. Nah, kalau di formulir pendaftaran calon mahasiswa ini isian dilakukan dengan tulisan tangan, maka di kertas pre-printed isian dilakukan oleh printer. Biasanya digunakan perusahaan untuk mencetak nota pembelian, kwitansi, rekapitulasi transaksi, dan lain-lain. Tidak jarang pencetakan juga harus dilakukan rangkap. Dan biasanya kertas pre-printed ini didesain untuk pencetakan modus text. Kadang kala perusahaan juga harus mencetak laporan yang sangat panjang menggunakan kertas continuous. Mengakomodasi kebutuhan ini, kita perlu menggunakan printer jenis dot-matrix.

Sayangnya aplikasi berbasis-web kita tidak dapat dengan mudah mencetak dalam modus text dari browser di komputer client kita karena secara default sistem operasi dan browser mencetak dalam modus grafik. Kalau mau nekat menggunakan modus grafik, pencetakan jadi lebih lambat dan upaya agar penempatan karakter yang akan dicetak di posisinya merupakan hal yang sangat berat di modus grafik. Masak untuk mendesain 1 bentuk cetakan harus memakan waktu yang lama dan banyak membuang kertas untuk mencoba dan mengepaskan posisi text?

Kebutuhan

Tim Sisfo Kampus dalam mengembangkan metode ini menggunakan sistem operasi Windows XP (Home & Professional) dengan browser Mozilla FireFox 1.0.6 dan 1.5. Agar dapat mencetak di printer dot-matrix, kita perlu mendownload program dwoprn.exe di situs Sisfo Kampus. Fungsi dari program dwoprn.exe ini akan dijelaskan lebih lanjut di bab 3.

Untuk mencetak, Tim Sisfo Kampus menggunakan printer Epson LQ 2170 & LQ 1170 ESC/2. Seharusnya metode ini kompatible dengan printer-printer dot-matrix yang mendukung command Esc dari Epson.

Skenario Teknis

Berikut adalah skenario teknis untuk menggunakan metode ini:

1) Download program dwoprn.exe dan setup Windows dengan mengasosiasikan file dengan extensi dwoprn ke program dwoprn.exe. Cara setup dijelaskan lebih lanjut di bagian 3.

2) Buatlah file text biasa dan simpan dengan extensi dwoprn, misal: “test.dwoprn”. File text ini dapat berisi perintah-perintah Escape printer dot-matrix. Perintah-perintah ini dapat dilihat pada buku manual printer dot-matrix.

3) Jika hanya untuk mengetes program, Anda dapat membuat file ini dari editor teks biasa. Tetapi dalam konteks program berbasis-web, file dwoprn ini dibuat dari PHP.

4) Setelah file dibuat dengan PHP, maka downloadlah file dwoprn ini dari browser. Gunakan metode download dari Bagian 4 atau 5. Ketika file ini terdownload, maka karena file ini telah diasosiasikan ke program dwoprn.exe, maka secara otomatis file ini akan dieksekusi oleh program dwoprn.exe.

5) Cara pembuatan file dwoprn dan bagaimana mendownloadnya ada 2 cara. Masing-masing akan dijelaskan di Bagian 4 dan Bagian 5.

Log:

18/01/2006: Start

27/01/2006: Penambahan seksi Kebutuhan, Skenario Teknis

10 pemikiran pada “Bagaimana Mencetak ke Printer Dot-Matrix dari Browser (Bagian 2: Skenario)

  1. I’m sorry… Lagi kesulitan nulis source code di wordpress. Layout jadi boros. Jalan satu-satunya harus pakai screen shoot dari editor. Sayangnya jadi tidak bisa di-copy and paste oleh pembaca.

    Have a tricks?

  2. sulitnulis source code di wordpress. Layout buoros. Jadinya musti pakai screen shoot dari editor. jadi nggak bisa di-copy and paste oleh pembaca.

  3. Ada program jadi dari IBM namanya “Mapping Suite”, tidak hanya dari web, tapi juga bisa dari multi database, multi platform, multi BI, multi ERP

    memang harganya tidak murah.

    Jika tertarik untuk tahu teknis lebih lanjut bisa hubungi saya di avandhy@perkom.co.id untuk sekedar bertukar informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.