Bagaimana Mencetak ke Printer Dot-Matrix dari Browser (Bagian 3: Program DwoPrn)

Bagian ini akan membahas apa itu program dwoprn.exe. Tapi sebelumnya kita harus mendownload aplikasi simpel ini di situs resmi Sisfo Kampus di bagian download. Aplikasi ini open source di bawah lisensi GNU/GPL. Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana cara penggunaannya? Jangan terlewat, kodenya ditampilkan di artikel ini!

Jika Anda telah mendownload dwoprn dalam bentuk executable file (dwoprn.exe), maka lebih baik dan lebih mudah jika Anda meng-copy file dwoprn.exe tersebut ke root drive C (C:\dwoprn.exe). Tetapi jika Anda ingin melihat source code dan mencoba meng-compile sendiri, di bawah ini adalah source code program dwoprn. Jangan lupa mendownload unit RawPrint terlebih dahulu.

Source code dwoprn

Tampak dari kode di atas bahwa program ini akan membaca file yang dikirimkan kepadanya lewat parameter dan kemudian menuliskannya ke device printer. Penulisannya menggunakan rutin yang disediakan oleh RawPrint.

File yang akan dicetak dikirimkan ke dwoprn.exe lewat konsol DOS Prompt:

C:\dwoprn.exe Cetakindong.txt

File yang ditangani oleh aplikasi dwoprn ini adalah file text biasa yang dapat berisi command printer dot-matrix. Oleh Epson command ini disebut sebagai Escape (Esc) command. Dengan command ini kita dapat memformat ukuran kertas, orientasi kertas, margin, font, dan masih banyak lagi. Silakan membaca buku petunjuk yang disertakan di printer dot-matrix Anda.

Menghubungkan File ke DwoPrn

Nah, agar sembarang file text dapat langsung dicetak dengan aplikasi dwoprn ini, baik lewat double-click mau pun mekanisme download, maka kita perlu melakukan sedikit setup di Sisop (sistem operasi) Windows Anda. Cara berikut ini adalah setup menggunakan Sisop Windows XP, seharusnya setup di versi Windows yang lain tidak akan jauh berbeda.

  1. Jalankan Windows Explorer. Bisa dengan kombinasi tombol [Win+E].
  2. Pilih menu “Tools” > “Folder Options…”
  3. Kemudian pilih tab “File Types.” Gambar di bawah ini adalah tampilan dari window dialog Folder Options:
    Dialog File Options
  4. Buat asosiasi baru dengan menekan tombol “New”. Kemudian akan timbul window dialog seperti di bawah ini. Jangan lupa menekan tombol “Advance”.
    File Options - New
  5. Isikan field “File Extension:” dengan dwoprn. Kemudian “Associated File Type:” dengan “New”. Tekan tombol “OK”.
  6. Setelah itu Anda harus memilih program yang akan diasosiasikan dengan file dwoprn, yaitu: C:\dwoprn.exe.
  7. Beres deh…

Menguji DwoPrn

Cara mengujinya gampang banget. Buatlah sebuah file text biasa (bisa dari notepad atau text-editor yang lain) dan beri nama file tersebut dengan extension dwoprn. Nama file tersebut misalnya: TestNgeprint.dwoprn. Isikan dengan sembarang teks secukupnya. Kemudian dari Windows Explorer jalankan file text dengan extensi dwoprn tadi. Caranya tinggal men-double click file tersebut. Apakah file dwoprn.exe langsung jalan? Seharusnya langsung jalan dan mulai mencetak file text tersebut.

Keterbatasan

Program dwoprn ini masih memiliki beberapa keterbatasan, yaitu:

  1. Hanya untuk platform MS Windows 32 bit (versi Windows 16 bit tidak bisa menjalankan aplikasi ini). Uji coba dilakukan dengan Windows 2000 Professional, Windows XP Professional dan Home. Belum tersedia untuk Linux.
  2. Hanya mencetak ke printer default dan tidak ada fasilitas untuk memilih printer. Jadi jika di PC Anda ada banyak terinstal printer (termasuk printer jaringan), maka tentukan printer dot-matrix yang dituju sebagai default printer.
  3. Belum bisa mencetak ke printer jaringan. Jadi printer harus tersambung ke PC Anda. (Sebenarnya ini adalah masalah pada unit RawPrint). Telah ditest bisa mencetak ke jaringan.

Penutup

Demikian telah kita bahas program DwoPrn.exe, setup (asosiasi file) dan cara menggunakannya dengan cara sederhana. Program ini dapat digunakan untuk mencetak file yang telah didownload oleh browser. Dalam hal ini contohnya file dwoprn yang telah diasosiasikan pada file DwoPrn.exe.

Cara mengumpan file ke DwoPrn dari browser akan dibahas lebih lanjut pada bagian 4, yaitu Mecetak Cara 1. Kalau ada keluhan, silakan tinggalkan komentar pada artikel ini. CU.


LOG:

  • 18/01/2006: Mulai menulis, sebenarnya sih hanya membuat link.
  • 01/02/2006: Menyelesaikan tulisan. Bersambung ke bagian 4.
  • Agustus 2006: Mencetak ke printer jaringan bisa dilakukan.

36 pemikiran pada “Bagaimana Mencetak ke Printer Dot-Matrix dari Browser (Bagian 3: Program DwoPrn)

  1. Sayang sekali bagian ke: 3 s/d 5 masih menggantung dilangit harapan,… kapan ya, kira-kira saya dikirimi bagian yang tergantung,…???.
    Semoga saja suatu saat ada e-mail nyasar dengan materi Bagian ke: 3 s/d 5,… he,he,he,….
    Selamat berkarya dan terima kasih

  2. Waduh…lagi asikk..baca…sambungan nya belum…selesai…

    Tolong ..pak….saya sangat tertarik…

    Terima kasih sebelumnya…

    Semoga sukses buat anda..

    Regards

    Wahyu S

  3. Saya sudah baca tulisan kamu ini. Sangat menarik. Saya tunggu sambungannya lebih lanjut. Saya bisa dihubungi dengan alamat email ini. Thanks. Sukses untuk Anda.

  4. tolong dong kirim artikel yang memuat tentang jenis-jenis printer,bedanya konektor printer yang menggunakan pararel port dan usb, kemudian trabelshooting printer

  5. bagaimana menggunakan dwoprn.exe bila dijalankan di server/di web apakah jalan atau tidak?

    yang kedua dwoprn belum bisa mencetak file pdf, kalo bisa saya butuh bantuan untuk dapat mencetak langsung dengan file pdf

    trimakasih

  6. Saya sudah coba mengintegrasikan dwoprn ke php, tapi kok console windowsnya cuma sampai “Buka file: namafile.dwoprn” habis itu kembali ke mode command com (c:\……\folder>). Saya coba Dengan metode lain menampilkan pesan error & berhenti (stag). Apakah dwoprn memang tidak bisa diintegrasikan ke web? Soalnya kalau dari command com (cmd) biasa bisa jalan dengan baik.

  7. Mas,mau nanya nih,kalau jenis font yang digunakan pada printer jenis dot matrix namanya apa?bagaimana caranya jika printer canon s200spx dapat menghasilkan print out yang fontnya seperti hasil print-an dari dot matrix?
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.