Lampu Lalu Lintas Tenaga Surya

Pemkot Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuat gebrakan dengan menerapkan tenaga surya untuk menghidupi 4 titik lampu lalu lintas (traffic light). Sebenarnya penggunaan tenaga surya untuk lampu lalu lintas ini telah dicoba sejak bulan Desember 2005, tetapi baru akan resmi pada Jumat tanggal 03/02/2006. Sebuah terobosan?

Tenaga surya sendiri telah dikenal dan diteliti sejak jaman dulu. Penelitian yang dilakukan oleh seorang fisikawan bernama Alexandre-Edmond Becquerel yang menemukan efek photovoltaic yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik pada tahun 1839, akhirnya menelurkan sel surya. Penelitian sel surya ini sendiri disebut sebagai photovoltaics.

Aplikasi sel surya ini telah menjamur, kita pasti sering berjumpa dengan alat-alat elektronik yang menggunakan sel surya ini, misalnya jam, kalkulator atau mainan anak-anak. Tidak hanya untuk memasok tenaga bagi peralatan elektronik kecil seperti di contoh tadi, sel surya juga digunakan untuk memasok peralatan yang besar. Contohnya: mobil bertenaga matahari (bahkan ada kontes/balap mobil tenaga surya yang diadakan tahunan) dan satelit.

Nah, pendayagunaan tenaga surya untuk mentenagai lampu lalu lintas di DIY ini patut diacungi jempol. Tetapi yang patut disayangkan mengapa baru sekarang? Kalah dong dengan kalkulator atau mainan anak-anak yang telah ditenagai oleh sel surya pada era 80-90an. Padahal studi energi matahari ini sudah dilakukan sejak lama sekali (dimulai tahun 1839!)

Jadi teringat ketika era tahun 89-90 sebuah perguruan tinggi Indonesia (aku lupa, mungkin ITS Surabaya) membuat mobil bertenaga surya dan telah melakukan tour Jakarta-Surabaya. Sayangnya waktu itu efisiensinya masih buruk sehingga masih harus dibantu oleh tim pendukungnya.

Efisiensi

Penerapan tenaga surya di DIY ini seperti yang dimuat di media-indonesia.com pada artikelnya Lampu Lalu Lintas di Yogyakarta Menggunakan Tenaga Surya, sayangnya tidak membahas masalah teknis lebih jauh. Tetapi di sana disebutkan bahwa dengan 14 panel surya dan instrumentasi yang didesain oleh PSE UGM mampu menghasilkan 1.500 Watt listrik per hari. Sedangkan ke-4 titik lampu lalu-lintas itu hanya mengkonsumsi 960 Watt. Sistem tersebut juga mampu menyimpan energi untuk 10 hari ke depan, sehingga jika pasokan listrik dari PLN sel surya terputus, sistem tenaga surya ini masih mampu menghidupi ke-4 lampu selama 10 hari tanpa pengisian.

Terdengar kalau sistem ini sangat baik. Meskipun miskin detail, tetapi kita patut mengacungi jempol. Semoga dengan sumber energi alternatif ini mampu membuat rakyat terlepas dari jeratan monopolistis PLN. Dan semoga kelak kita tidak perlu membayar listrik lagi.

Semoga penerapannya dapat dimanfaatkan di desa-desa terpencil dan pegunungan yang belum terjangkau listrik. Semoga penerapan ke masyarakat ini dapat menyusul sukses penerapan listrik tenaga angin dan air yang telah dipergunakan di desa-desa terpencil, walau pun masih sedikit dan belum menjangkau ke area yang luas.

Kesimpulan

Loh… sudah doa-doa (pakai “semoga-semoga”) tetapi ternyata belum selesai toh? Yap! Penerapan pembangkit listrik tenaga surya seperti halnya tenaga air dan angin, sebenarnya merupakan berkah. Tidak seperti tenaga fosil yang tidak-dapat-diperbaharui (un-renewable), juga tidak seperti dari nabati (mis: tanaman jarak, sawit, dll) yang dapat-diperbaharui (renewable), tenaga surya, angin dan air merupakan berkah yang sudah diberikan oleh TUHAN. Seharusnya kita lebih memanfaatkan berkat ini.

Ah, seandainya punya uang untuk menerapkan sel-surya di rumahku…

Update

Maret 2006 aku bertemu dengan Bp. Fransiskus Rasdi. Beliau adalah salah satu pembuat Mobil Surya dari ITS.

Gambar traffic light bertenaga surya di Yogyakarta bisa dilihat di blognya Markus, dalam artikel berjudul “One Week In Jogjakarta.”

Iklan

149 respons untuk ‘Lampu Lalu Lintas Tenaga Surya

  1. Kalau boleh, tolong beritahu dimana aku bisa lihat, mungkin buat sendiri dan mendapatkan alatnya untuk mendapat listrik dari tenaga surya.
    Aku mau menerangi tempatku di desa Karawang jawa Barat.

    Terima kasih

    Bili
    Hp. 0811.822.037

  2. saya lagi bingung nyari judul TA ( tugas akhir ), kalau saya lihat artikel anda mungking ini dapat dijadikan judul TA saya. Apabila anda bersedia silahkan E-mail saya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  3. Kebetulan banget saya lagi kebingungan cari tenaga listrik. Sebab saya sering ke pulau-pulau yang jauh dari listrik. Seandainya saya bisa mendapatkan secara mudah dan murah power supply dan solar cel nya saya tidak perlu lagi ngantri ke PLN. Tolong dong mas Dewo yang baik, dan pembaca yang lain, beritahu saya di mana saya bisa mendapatkan kompenennya.

    Terimakasih

  4. Wah Bener2 mantab deh jogya!! Jika dilihat dari potensial sumber energi renewable yang terdapat di Indonesia, memang paling besar adalah tenaga surya, namun sangat disayangkan penggunaannya di Indonesia masih sekitar 0.03 % dari keseluruhan potensial tersebut, coba bayangkan jika setiap rumah dapat memiliki solar cell maka dapat dipastikan perekonomian Indonesia akan membaik, Amieenn!! Mudah2an Informasi seperti ini dapat lebih dikembangkan agar memotivasi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi energi yang terdapat di negeri kita tercinta ini, MERDEKA!!

    Riesto

  5. aku andy.aku lg lg nyusun mengebai aplikasi sel surya.bisa minta gambar serta cara kerja atau seluruh isi artikel mengenai lampu lalulintas diatas

  6. saya seorang mahasiswa management informatika. saya punya impian ingin membuat mobil tenaga surya(jauh kali ya.) saya harap ada rekan-rekan yang mau membantu saya tentang artikel** tentang tenaga surya.
    sebelumnya, terima kasih ya.
    artikel itu akan saya gunakan untuk membuat program aplikasi lewat visual basic

    salam jaya indonesia

  7. Akhirnya aku menemukan info yang sebenarnya, yaitu bahwa benar yang membuat mobil tenaga surya itu adalah ITS. Dan sempat mampir di SMAN 1 Semarang (tempatku sekolah) pada tahun 1990.

    Bahkan aku bertemu dengan salah seorang pembuatnya (pimpro), yaitu Fransiskus Rasdi. Suatu mujizat? Atau kebetulan belaka? Hanya Tuhan yang sanggup melakukan itu!

  8. Usul, bagaimana kalau diadakan diklat atau cara pembuatan/merangkai pusat listrik tenaga surya mini untuk kapasitas 450VA karena kebanyakan masyarakat “mampu” menjangkaunya. Tetapi sulit untuk sharing teknologi karena ada makluk yang bernama Hak Paten. Menurut kami untuk masyarakat kecil freeware ( kayak software komputer) sangat membantu. Amal bahasa agamanya, mungkinkah ? ? ? ? ? ?

  9. #10. DA SHT

    Usul yang sangat baik. Seharusnya ini adalah inisiatif pemerintah untuk lebih memberdayakan masyarakat sehingga dapat mandiri. Tapi lagi-lagi memang banyak benturan & halangan. Selain masalah paten, juga masalah kebijakan yang monopolistik.

    Tetapi seharusnya LSM dan masyarakat bisa memulainya secara mandiri. Mulailah dari kita sendiri.

  10. Saya adalah Mahasiswa POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA semester 6 lg bingung coz Dosen nyaranin buat Tgs Akhir TRAFFIC LIGHT dengan konsumsi daya gunain Solar Cell and klo PLN mati otomatis solar cell yg bkrja.
    dmana gw bs dapatin data n cara2 n jg contoh barangnya????
    pusing bgt nih..tlgin gw dnk mas
    thks.
    bs call ke hp gw 0813-19986295

  11. saya adalah mahasiswa semester 8 unpas bandung. ingin mengajukan TA dengan judul pengganti listrik PLN pada lampu lalu lintas (menggunakan mekanisme beban). untuk itu saya butuh sekali data tentang traffic light yang menggunakan LED(Light Emiting Dioda) sebagai lampu seperti pada traffic light di jakarta (di bandung belum ada). untuk itu saya mohon informasinya tenta berapa daya yang dibutuhkan untuk setiap tiang lampu traffic light tersebut. mohon kiranya saya dapat dibantu. email saya di taufan_pradana2000@yahoo.com atau di 08128449488 (taufan)

  12. saya adalah mahasiswa semester 8 unpas bandung. ingin mengajukan TA dengan judul pengganti listrik PLN pada lampu lalu lintas (menggunakan mekanisme beban). untuk itu saya butuh sekali data tentang traffic light yang menggunakan LED(Light Emiting Dioda) sebagai lampu seperti pada traffic light di jakarta (di bandung belum ada). untuk itu saya mohon informasinya tenta berapa daya yang dibutuhkan untuk setiap tiang lampu traffic light tersebut. mohon kiranya saya dapat dibantu. email saya di taufan_pradana2000@yahoo.com atau di 08128449488 (taufan)terimakasih

  13. salam, saya ingin mempelajari lebih detail mengenai cara pembuatan sel surya tersebut, apakah bahannya gampang di dapat di pasaran dan murah harganya? kl bisa tolong kirimkan ke e-mail saya bahan dan alat serta cara perakitan dan pengerjaannya. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya.

  14. saya ingin membuat pembangkit tenaga listrik tenaga surya kal bisa kasih tau donk.. apa saya yang diperlukan. dan biayanya.. untuk pembangkit tenaga surya untuk keperluan rumah tangga

  15. Saya mahasiswa TE UGM, sedang nyicil TA, tolong yang tahu info traffic light dengan tenaga surya kirim ke email saya ya : rie_zahra@yahoo.com. Atau apapun info tentang trafficlight. Misal trafficlight yang adaptable, dengan sensor jarak atau dengan deteksi kebisingan. terimakasih bantuannya.

  16. Lampu Lalu Lintas Tenaga Surya

    Terhitung mulai 18 Agustus 2006, di pertigaan Pramitha (simpang tiga depan laboratorium Pramitha) dipasang lampu lalu lintas. Pertigaan ini memang lumayan padat, lebih-lebih jika jam berangkat atau pulang sekolah, dijamin macet. Kurang tau juga kenapa …

  17. saya seorang siswa sma. Saya ingn sekali mempelajari cara membuat listrik dari tenaga matahari. Maka dari itu saya sangt memohon agar saudara mau menuliskn cara, alat, bahan, dan perakitannya. Tolng dikirim ke so3r_ya_2006@yahoo.com. Saya mohon untk secepatnya dikiim secepatnya. Berita saya akan terapkan bagi lingkungan di skitar saya dan menjadi bahan referensi saya. terma kasiH…

  18. Aku ada foto traffic light dengan tenaga surya di blogku:
    http://markus.revti.com/index.php/2006/10/31/one-week-in-jogjakarta/

    ada yang aneh dengan artikel pak Dewo di sub judul “Efisiensi”, berikut kutipannya:
    “Sistem tersebut juga mampu menyimpan energi untuk 10 hari ke depan, sehingga jika pasokan listrik dari PLN terputus, sistem tenaga surya ini masih mampu menghidupi ke-4 lampu selama 10 hari tanpa pengisian”

    kalau sudah pakai tenaga surya kenapa masih pakai PLN?? tujuan dari pemakaian tenaga surya kan supaya tidak menggunakan listrik dari PLN alias enggak usah bayar2 lagi, cukup investasi awal beli solar cell nya.

  19. Saya tertarik untuk mengembangkan home solar system, dari mana harus mulai dan untuk perkengkapan, bisa saya cari di mana ?
    terima kasih.

  20. trims sebelumnya,mas …kalo boleh minta gambar rangkaiannya berikut alamat tempat pembelian solar sellnya lewat e-mailku …pengen aku masss…mudah-mudahan bisa saya mamfaatin dikampung saya yang jauh dari jangkauan listrik.Thank you deh mas….

  21. Saya tertarik sekali dengan listrik tenaga surya ini untuk penerangan jalan didepan rumah saya. Bolekah saya minta resepnya(peralatan yg dibutuhkan) untuk membuatnya sendiri. Terima kasih atas bantuannya.

  22. saya seorang siswi sma.saya sedang mengerjakan tugas makalah tentang energi.terus,saya tertarik dengan energi surya.dulu sempat terlintas mo membuat energi alternatif dari energi surya,tapi saya bingung mo mulai dari mana? tolong mas bisa g bantu saya memberikan informasi yg selengkapnya seputar energi surya?mulai dari cara,alat, bahan,serta perakitannya.soalnya g hanya makalah yg di suruh oleh guru saya,tapi di suruh bikin miniaturnya juga. informasinya dapat mas kirim ke najma_annisa@yahoo.co.id

  23. saya seorang siswi sma.saya sedang mengerjakan tugas makalah tentang energi.terus,saya tertarik dengan energi surya.dulu sempat terlintas mo membuat energi alternatif dari energi surya,tapi saya bingung mo mulai dari mana? tolong mas bisa g bantu saya memberikan informasi yg selengkapnya seputar energi surya?mulai dari cara,alat, bahan,serta perakitannya.soalnya g hanya makalah yg di suruh oleh guru saya,tapi di suruh bikin miniaturnya juga. informasinya dapat mas kirim ke najma_annisa@yahoo.co.id
    terima kasih atas bantuannya.

  24. Mas, boleh tolongin infokan dimana dapat alat(solarhart)
    yang dapat menghidupkan lampu hias lebih kurang 1000 watt
    Kebetulan saya ada PR dari Bos, sudah 2 bulan saya nyari belum ketemu.
    Buat dipasang ke pohon ditengah2 kebunnya si Boss.
    khusus malam hari saja, jadi kita pakai timer & switch
    Tolong dibantu ya mas , Thanks

  25. saya adalah mahasiswa UPI bandung. ingin mengajukan TA dengan judul rancang bangun simulasi lampu lalu lintas cerdas berdasarkan kepadatan mobil dengan mikrokontroler AT89C52, untuk itu saya butuh sekali data tentang lampu lalu lintas dan juga sensor optocopuler. saya mohon informasinya. mohon kiranya saya dapat dibantu. email saya di imang_gasela@yahoo.com atau di terimakasih

  26. Mas saya sedang mengerjakan Tugas Akhir yang berhubungan dengan Lampu lalulintas tapi saya kekurangan informasi mengenai lamanya penyalaan dari lampu lalulintas dan rumus yang digunakan untuk menentukan waktunya serta rangkaian untuk lampunya.jika anda bersedia saya minta informasi yang anda ketahui. kirim ke primata_zero@yahoo.com terima kasih

  27. Mas, saya juga kepengen mencoba untuk membuat PLT Matahari. Kalo memang tidak keberatan, boleh ngga saya tau alat2 yang dibutuhkan, mencarinya dimana, Estimasi Biaya, dan Cara membuatnya serta perhitungan Watt yang dihasilkan. Tolong Di email ke fritz_hartawan@hotmail.com…Terima kasih sebelumnya….

  28. Saat ini saya lagi sibuk dalam kegiatan ilmiah, saya ingin mebuat suatu alat alternatif dengan pemanfaat tenaga surya, kalo bisa, tolong email saya dari cara, alat, dan perakitan untuk mengubah tenaga surya menjadi tenaga listrik. Makasih y sebelumnya,,,
    Email saya: f4dly_nur@yahoo.co.id

  29. kalau saya sih ingin nawarin kalau ada yang mau masang internet werles hanya 350.000 bln unlimitrd untuk keterangan lebih lanjut bisa call:02193172386 atau bisa email:usman_smit@yahoo.com

  30. DH,
    membaca tulisan anda, saya pengen tahu, tentang data sebuah LED dioada yang banyak dipasaran, yang dipakai untuk menyalakan sebuah LED itu tegangan atau arusnya, spesifikasinya berapa?bagaimana cara perhitungan arus atau tegangan yang diperlukan bila 5 buah led di pasang secara seri atau paralel
    trims,

  31. Sepertinya sdr dewo tidak bisa memenuhi keinginan pengunjung blognya sendiri. kalau saya amati banyak yang bertanya, banyak yang minta usul atau saran dan pandapat. atau sekedar informasi. Tapi jarang ada yang ditanggapi. apa sdr dewo menanggapinya langsung ke email pribadi ? Kalau begitu syukur deh. tapi kalau tidak ? saya gak tau seperti apa kelanjutannya .

    Banyak wilayah nusantara yang belum di jangkau oleh listrik. tapi alternatif-alternatif yang lain selain PLN sepertinya kurang berkembang. di sekitar jalan tol jakarta sadang-padalarang banyak kita temui lampu lampu jalan yang dihasilkan oleh tenaga surya. artinya sebenarnya teknologi ini sudah ada di indonesia. dan saya pernah melihat ada lampu taman dengan tenaga surya, jadi tinggal tancam di taman kalau malam langsung nyala, kalau siang dia mati. tapi sepertinya kurang popoler atau kurang bagaimana juga saya gak tau pasti.

    Saya sendiri pernah mencarinya di internet . dan dengan kapasitas 80 watt. di hargai dengan 8 juta rupiah. tentunya dengan kapasitas seperti itu hanya bisa untuk lampu penerangan. tapi menurut saya dengan kapasitas 80 watt. terlalu mahal dengan harga segitu.

    saya sendiri belum tau apakah ada yang lebih murah.
    pls info…

    norman_caltex@yahoo.com

  32. Dear Norman (#46),

    Maaf Pak Norman jika saya tidak selalu dapat menjawab pertanyaan atau pun menanggapi pendapat dari pengunjung. Selain karena keterbatasan pengetahuan juga karena keterbatasan waktu saya.

    Tetapi forum ini dibuat untuk bisa saling mengisi dan berbagi informasi. Jadi jawaban atau tanggapan tidak harus dari saya. Bisa saja dari Pak Norman juga.

    Mengenai pencarian produsen Sel Surya, saya sudah menuliskannya di: “Kemana Mencari Solar-Cell?” Di sana ada beberapa informasi mengenai supplier Solar Cell. Silakan kunjungi tread tersebut.

    Mengenai harga sel surya yg mahal, itu memang karena selain bahan bakunya mahal, juga karena produksinya belum mencapai tingkat ekonomis. Apalagi karena kebanyakan panel sel surya adalah import. Tetapi rekan di forum diskusi ini ada yg sudah berhasil membuatnya, misalnya dari Sdr Sandy. Silakan turut berdiskusi mengenai hal ini, siapa tahu harga dapat ditekan dan didapat nilai ekonomi yg tinggi.

    Salam.

  33. mas.. tlng bantu ya mas..
    tlg emai-kan komponen, cra kerja, dan dimana saya bisa dpt kan komponen2nya. tlng informasinya ya mas.. thx a lot!!!

  34. uh
    bagus tuh lampu lalu lintas pake cahaya matahari
    gmn cara buatnya dan gmn cara kerja nya apa menggunakan solar cell ya??
    sollar cell dmn tuh belinya

  35. Aku jual lampu traffic light mulai dr jenis bohlam dan LED technology, b’bagai jenis box unit, controller sampai dengan pemasangan… Klo bro skalian da yg mo ditanyakan email ke mas_aagung@yahoo.co.id. Trims

  36. Ada yg punya ide tenaga angin untuk pompa sirkulasi di kolam ikan di rumah ga..? soalny pemakaian listriknyakan nonstop tuh dan yg ada saat ini masih impor dan mahal, dgn daya klo ga salah 400 watt, padahal untuk pompa sirkulasi konsumsi dayanya kan ga besar..??

  37. klo boleh tau, gmn sich prinsip kerja dari traffic light dg tenaga surya??
    proses transmisi energinya bagaimana??

    trus,apakah ada aplikasi sederhana??
    barangkali bisa jadi masukkan bagi saya untuk mengerjakan tugas akhir nanti. terima kasih byk..
    harap bls di email saya:pythecantropus_romances@yahoo.com

  38. @Dear Adheetz (#65),

    Secara sederhana, prinsip kerjanya seperti ini:

    Solar Cell -> Aki -> Lampu

    Solar cell akan menangkap sinar matahari dan mengubahnya dalam bentuk energi listrik. Kemudian energi listrik ini disimpan ke Aki (penampung energi listrik). Dari aki inilah Lampu memperoleh energi untuk menyala.

    Secara sederhana, dimana panel solar cell menghidupi satu traffic light, maka tidak diperlukan transmisi energi. Tetapi jika satu panel solar cell digunakan untuk menghidupi banyak traffic light, maka sudah seharusnya diperlukan transmisi energi.

    Transmisi energi ini dapat menggunakan kabel transmisi yang menghubungkan aki ke beberapa traffic light.

    Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda. Semoga Anda dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik. Salam.

  39. saya sedang mengerjakan TA yg tiggal sminggu lagi sidangnya..tolong dong mas info mengenai traffic lightnya beserta gambar rangkaiannya yah k mail saya..makasih ya sebelumya…..

  40. krisis energi melanda negara kita dan didunia, dengan adanya teknologi solar system merupakan alternatif yang sangat baik, apalagi tempat saya berada tepat digaris khatulistiwa (pontianak) dengan limpahan cahaya sinar matahari yang sangat banyak. Cuma bagaimana kita dapat memperoleh system ini yang mudah dikembangkan dimasyarakat dan murah.
    salam

  41. ehm…saya mahasiswa teknologi informasi saya lagi bingung nich untuk buat tugas TA ,setelah saya membaca artikel anda saya sangat tertarik.
    kalo diijinkan saya ingin menjadikan artikel diatas sebagai bahan TA-ku…
    kalo boleh dan jika anda mengijinkan saya hendak meminta data selengkap-lengkapnya,untuk referensi saya…
    terimakasih sebelumnya.
    harap kirim ke imoer_reborn@yahoo.com atau ke
    reborn_gank@yahoo.co.id

  42. Dear All,

    Adik-adik semua dapat menjadikan artikel di sini menjadi bahan TA (tugas akhir) dengan bebas. Silakan manfaatkan artikel ini dan semua artikel yang ada di blog ini dengan sebaik-baiknya.

    Semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik semua. Amin.

  43. mas-mas…..
    yang saya butuhkan itu komponen-komponen dari lampu lalu lintas itu sendiri!!bukan cuma komen-komen g penting kaya gini!!!
    bagaimana rangkaiannya,bagaimana cara kerjanya,apa saja yang diperlukan untuk rangkaian itu sendiri???bagaimana membuatnya????????

  44. mba atawa mas tolongin saya dong saya lagi mau TA mau cari judul nih kalo ada judul yang menarik tentang teknologi mesin otomotif beritahu saya kalo boleh sekalian artikel2 nya kurang lebihnya terima kasih

  45. kita dah lebih canggih kok, lampu lalu lintas, tenaga Nasi sama ikan asin.

    POLANTAS suruh jaga di tiap perempatan, karena lampu lalin kalo nggak ada polisi nggak dihiraukan !

  46. salam, saya ingin mempelajari lebih detail mengenai cara pembuatan sel surya tersebut, apakah bahannya gampang di dapat di pasaran dan murah harganya? kl bisa tolong kirimkan ke e-mail saya bahan dan alat serta cara perakitan dan pengerjaannya. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya.

  47. salam, saya ingin mempelajari lebih detail mengenai cara pembuatan sel surya tersebut, apakah bahannya gampang di dapat di pasaran dan murah harganya? kl bisa tolong kirimkan ke e-mail saya bahan dan alat serta cara perakitan dan pengerjaannya. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya. tolong email ke saya pak larutan_5150@yahoo.co.id

  48. pak saya nama saya dedy kurniawan, dari medan saya pingin belajar banyak tentang ilmu sel surya ini saya masih pelajar smk jurusan teknik elektro. saya mohon kirimkan dong pelajaran pelajaran sel surya ini secara detail sama gambar rangkaian. saya berjanji akan mengembangkan ilmu sel surya ini walau masih taraf kecil ( sederhana) saya mohon kirim kan ke email saya = blues_arts@yahoo.co.id sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  49. PAK SAYA PENGEN TAU CARA KERJA UNTUK MEMBUAT LISTRIK TENAGA SURYA,APA SAJA ALATNYA DAN UNTUK DAERAH BALI ADA YANG JUAL NGGAK KALO ADA KIRA-KIRA BERAPA HARGANYA?,TOLONG DI BALAS KE agus-exa@hotmail.com,TOLONG INFORMASI SELENGKAPNYA!!!,ATAS PERHATIAN BAPAK SAYA UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH.

  50. Pak tolong kasi diagram alat apa saja yang digunakan untuk pemasangan tenaga surya serta kasi tahu instalasinya,terimakasih banyak jawaban bapak saya tunggu.

  51. mas, saya mahasisa politeknik negeri medan, saya lagi binggung ni nyari judul TA. kebetuan pas saya buka tentang traffic light, saya lihat ada judul mas yang bagus banget lampu lalu lintas dengan tenaga surya. boleh gak mas saya minta deskripsinya yang lengkap berikut cara kerja rangkaian. tolong kirimkan ke dcrot_crot@yahoo.com. sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  52. “Akhirnya aku menemukan info yang sebenarnya, yaitu bahwa benar yang membuat mobil tenaga surya itu adalah ITS. Dan sempat mampir di SMAN 1 Semarang (tempatku sekolah) pada tahun 1990.”

    Mas Dewo, saya lulusan SMAN 1 th 1990. Lho kita 1 almamater ternyata….
    Anda lulusan tahun berapa ?

    Buat yang mau bikin Sel Surya dari Transistor (Nas sandy kayaknya juga bikin) mungkin dari Transistor 2N3055. Potong Tutupnya (Topinya) dengan gergaji besi pelan-pelan. kemudian kakinya cek dengan Voltmeter, akan keluar tegangan jika ditauh dibawah sinar matahari. Cuma sayang tegangannya kecil dan Arusnya kecil juga. Jadi untuk meningkatkan tegangannya, Transisitor tersebut diseri dan setelah diseri, buat beberapa Transistor yg sudah diseri tsb untuk kemudian Transistor seri ini diparalel, tujuannya untuk meningkatkan arusnya. Coba saja !

  53. dear mr dewo,
    kemana saya bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang penggunaan solar cell ini seperti, bentuk, harga , cara pengiriman dan pembayaran karna saya sedang membutuhkan. dan adakan mr dewo mempunyai paket barang atau peralatan untuk laboratorium SMK teknologi.
    thanks atas balasan, mohon dibantu..

  54. saya mengambil tugas akhir tracker matahari menggunakn solar sel, tapi kemaren ada orang yang liat dan terus tanya masalah rumus untuk mencari daya yang diperoleh,rumusnya gimana ya pak?mohon secepatnya!katanya daya yang ada di buku sel suryanya kok ndak sama dengan yang dihitung,perbandingannya hanya 1/3 – nya ja!klo daya yang diperoleh diinginkan 2 Mwatt, butuh berapa luas sel suryanya?terimakasih jawabannya, dan saya tungu!

  55. Mas or mba aku lagi cari tugas soal teknik pemasangan lampu lalu lintas namun aku udah cari tapi tidak aku temukan jadi mba or mas bisa bantu nga aku untuk kirim aku brosur atau artikel yang berkaitan dengan pemasangan traffic line.

    Oke Thank You

  56. wah mas, anda baru saja menginspirasi saya yang hampir putus asa ,saya udah semester 7 (d3) gak, lulus lulus .bisa gak ya saya mohon bantuanya bila inovasi mas saya jadikan tugas ahir.mohon bantuanya gisa gak saya dapat artikel lengkap tentang lampu lalulintas tenaga surya mas.terima kasih

    cumaaku@gmail.com

  57. kalau ada yang tertarik untuk menggunakan tenaga surya sebagai tenaga alternatif untuk lampu jalan, solar home system, ataupun mesin pengering bisa hubungi saya di 0816 10 50 34. atau email ke nugraha69@yahoo.com. txs

  58. saya tertarik dengan listrik tenaga surya, tolong informasikan bagaimana cara membuat listrik tenaga surya.
    Apa saja alat, bahan dan cara pembuatannya, tolong infonya ke alamat email saya gugungunawan74@gmail.com
    terima kasih

  59. aduh saya udah ketuan dikampus.. skrg lagi dikejar TA. yang telah berhasil menyelesaian TA/penelitian tentang pengunaan solar cell untuk traffic lights terutama menggunakan LED boleh dong mohon bantuannya dapat kirimkan ke email sy: ichfany_ptk@yahoo.com.
    thx buat temen2 forum semua.. mari kita bangun bangsa..
    spesial buat mas dewo thx banget dah nyediain forumnya. moga makin sukses..
    LISTRIK UNTUK MASYARAKAT

  60. mas dewo ada gak arsip yang berhubungan ama TA sy.. buat temen2 forum yang telah berhasil menyelesaian TA/penelitian tentang pengunaan solar cell untuk traffic lights terutama menggunakan LED boleh dong mohon bantuannya dapat kirimkan ke email sy: ichfany_ptk@yahoo.com.
    makasih

  61. mas dewo,saya sudah mempunyai panel surya 3 buah yang saya paralel,untuk menyimpan powery saya menggunakan aqqu 100A,listriknya saya gunakan untuk TV,laptop,Print sementara untuk penerangan sy gunakan Lampu TL DC.suply listrik ini sy rasakanmasi kurang, ada ga perlengkapan panel surya yang bisa menyuplai energi lebih besar/cara mengoptimalkan energi ini? oiya utk perubah arus DC>AC sy gunakan Inverter 500watt yg sering ad di pasaran.

  62. @ Dear Oby (#104),

    Untuk memperbesar kemampuan pasokan daya, tentu harus diperbanyak sel suryanya. Selain itu aki sebagai penampung daya juga harus diperbesar supaya bisa mensuplai daya lebih lama lagi.

    Jika Anda ingin menggunakan daya lebih besar dari 500 Watt, selain dengan menambah sel surya & aki, Anda juga harus menggunakan inverter yg dapat mengeluarkan daya lebih besar dari 500 watt.

    Salam.

  63. mas,saya adalah mahasiswi politeknik negeri medan dan saat ini sedang mencari judul utk TA (tugas akhir) yang berhubungan dengan energy listrik karena saya mengambil jurusan tk.energi. saya minta tolong mas,berikan masukan buat saya secara detail baik judul,rancang bangunnya,alat dan bahan yg dibutuhkan,basic teori buku yg dipergunakan sebagai acuan karena saya sangat yakin dengan kemampuan mas yg sangat luar biasa. mas bisa kirim ke email saya di :
    anatawa_hikaru@yahoo.com
    saya tunggu ya mas,terima kasih

  64. bapak2 dan mbak2 bisa kirim ke email saya ndak tuk diagram pembuatan panel surya?
    Dikabupaten sragen tempo hari sudah dipasang paku jalan yang fungsinya tuk pembatas jalan klo malam hari lampunya menyala sedemikian indahnya dan banyak sekali ( klo ndak slah tuk uji coba pertama di Indonesia) tapi sayang blom serah terima dengan pemkab setempat saya lewat lagi udah banyak yang mati , beberapa hari kemudian saya baca di surat kabar teryata kacanya banyak yan gpecah. Jadi tehnologinya udah betul cuman perangkat atau bahannya aja yang kurang bagus, tidak mamupu menerima tekanan beban berat. tapi mestinya klo dipakai tuk keperluan rumah tangga , tehnologinya dapat digunakan tuh, karena saya melihat awalnya cukup banyak lampu yang terpasang ( walau kecil tapi hampir 10 km lebih lampu itu terpasang)

  65. buat mas dewo, minta informasinya tentang tenaga surya, baik pembuatan, alat2 , de el el…soalnya saya buta banget tentang tenaga surya. klo bisa saya mau bikin soalnya di perumahan saya di pontianak, ga ada listriknya, maklum masih kabupaten. boleh percaya boleh engga, pontianak itu sering mati lampu jadi saya juga pengen bikin buat rumah orang tua saya…please…makasi banyak ya buat informasinya……gbu

  66. mas saya pengen coba bikin tenaga surya nya, buat soudara2 saya yang tinggal di pedesaan. kasian sekali mereka mas paling ngak saya mau bikin 1 aja dulu buat percontohan. alat2 nya apa aja ya mas. dan harganya terjangkau ngak mas. trima kasih mas nuwun

  67. BUAT YANG MEMERLUKAN CARA MEMBIKIN SEL SURYA

    kemaren iseng ngubek-2 4shared n nemu ini

    http://www.4shared.com/file/23840603/a6609630/E-Book_-_Free_Energy_Homemade_Solar_Cells.html

    e-book, tentang pembuatan Solar Cell. tapi jangan nanya ke aq ya bagaimana n dll mendapatkan bahan-2nya. karena aq juga lom baca sampai tuntas. Bahasa Inggris.

    Video tentang perakitan panel surya juga ada di youtube. tapi cara pembuatan step by step sel suryanya ga ada di youtube. coba cek ke metacafe. lom sempat cek soalnya. thx

    Jadi sebenernya gini. kalo mau dicari tuh pasti ketemu, hanya saja, mau gag buat nyarinya. Ataukah sudah terbiasa “tangan di bawah”? alias Males. trus nunggu sampai ada yang menjelaskan secara rinci, kalo perlu sampai datang ke rumahnya untuk ngasih workshop???
    Maap kalo agag kasar. Terima kasih.

  68. hi.. mas dewo, boleh minta scema pembangkit listrik tenaga surya yang lengkap?, btw aku punya rangkaian elektronika yang sederhana mengubah 9-12 volt DC to 220V AC apa itu bisa di aplikasikan dengan sistim solar cell ini? kalo ada mas bisa kirim di email saya : bliz@telkom.net, thanks

  69. pak boleh kah saya dikirimkan cara pembuatan solar sel dan bahan – bahan yang diperlukan serta jika bisa diagram pembuatannya, dikarenakan di papua apalagi tepatnya di pedalaman pasokan listrik dari PLN belum ada, terimakasih atas bantuannya.

  70. Halo…… pak tadi saya meminta bantuan bapak tuk mengirimkan skema pembuatan solar sel serta bahan – bahannya, tapi saya lupa mmberi alamat email saya.

    ini alamtnya : cruchiel yahoo.com

    Terimakasih atas bantuannya…………………

  71. Bagai mana membuat soar cel dengan bahan-bahan sederhana untuk kepentingan di desa terpencil yang tidak ada aliran PLN dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk keperluan lampu TL, dan pompa listril keci dengan air dangkal kurang lebih 1,5 meter dan dimana alamat perusahaan di surabaya yang menyediakan paket2 tersebut. terimakasih

  72. sebetulnya udah ada coba aja jln2 ke glodok lindeteves yg baru ,waktu itu saya pernah saya tanya2 dan lihat ada macem paket2 50`150 watt,yg jelas kapasitasnnya masih jauh yg 80 watt hrg jadi 6 jtan ,tp bg yg hanya perlu untuk penerangan itu cukup .prinsipnya klo tdk salah panel surya itu merubah sinar menjadi teganga selanjutnya disimpan pd battre 12 V jika ingin merubh 220V tinggal di converter kan ,yg jadi masalah hrg panel surya masih agak mahal bgmn

  73. Dear Brother…..ternyata kau udah ngomongin tenaga surya duluan ya… RT/RW ku lagi mo bikin penerangan jalan..And aku lagi cari lampu taman tenaga surya..Sdh ada sedikit info sih..tp yg kudapet watt nya kecil , jadi cuma redup gitu..Tp pantes kucoba dulu deh…Ada info ttg dijualnya lampu penerangan jalan gak ???

  74. buat di jalan sayang mas, ntar di tilap org lagi he he he secara di jakarta, papan penerangan di jalan tol aja bisa raib setengahnya ……

    peace

  75. saya mahasiswa semester 6 Politeknik Negeri Ujung Pandang. saat ini saya sedang mengerjakan Tugas Akhir saya dan saya mau minta tolong sama Bapak informasi tentang traffic ligh dan solar sell dan juga penyimpan daya.
    trima kasih sebelumnya. tolong info secepatnya n kirim langsung ke E-mail Ku ( samry_christian@yahoo.co.id)

  76. saya masih bingung kok bisa ya letak diatas atap dan disinari matahari bisa ngidupin semua alat listrik dirumah,yang saya bingungkan bagaimana cara membuatnya sih?sblumnya terimakasih mas dewa,dimana saya bs bljr?

  77. Harga unit traffic light saat ini :
    Box Traffic Light dia 20 cm : 550 rb per aspek
    Box Traffic Light dia 30 cm : 700 rb per aspek
    Box Traffic LED dia 20 cm : 800 rb per aspek
    Box Traffic LED dia 30 cm : 1.100 rb per aspek
    Controller Micro Processor : 15 Jt
    021 3905373

  78. saat ini saya sedang mengerjakan Tugas Akhir saya dan saya mau minta tolong sama Bapak informasi tentang solar cell dan proses perancangannya.
    trima kasih sebelumnya. tolong info secepatnya n kirim langsung ke E-mail Ku…safril_dan@yahoo.com

  79. saat ini saya sedang mengerjakan Tugas Akhir saya dan saya mau minta tolong sama Bapak informasi tentang solar cell dan proses perancangannya.
    trima kasih sebelumnya. tolong info secepatnya n kirim langsung ke E-mail Ku…safril_dan@yahoo.co.id

  80. Saya mahasiswa FT-UMJ, sedang nulis TA. saya sangat tertarik dengan solar cell. Saya lagi bingung nentuin berapa jumlah sel surya yang dibutuhkan untuk menghidupkan daya 30W lampu led jalan raya. tolong dibantu perhitungannya. terima kasih ya mas sebelumnya!

  81. MAS DEWO… MINTA TOLONG DONG SAYA DI EMAILKAN DIMANA SAYA DAPAT MENCARI DAN MENGUNAKAN SELL SOLAR UNTUK KEPERLUAN RUMAH TANGGA DENGAN HARGA YANG MURAH. MINTA TOLONG JUGA GIMANA CARA MEMBUAT SENDIRI SOLAR . TERIMA KASIH SEBELUMNYA MAS DEWO

  82. mas.saya baru pertama kali buka situs ini.langsung saja.mas saya minta tolong,bisa mas jelasin cara keja lampu penerangan jalan dengan menggunakan sensor cahaya.mohon bantuannya.trima kasih.jawabannya kirim ke mail bleeding_ass@yahoo.com

  83. saya menbutuhkan impormsi yg jelas masalah harga solar cell ( PLTS)untuk PJU dan penerangan rumah untuk saudara2 kita yg belum ada listriknya mohon bantuanya yg megetainya no Tel yg dapat dihubungin(081387885123) Trimakasih.

  84. bagi anda yang pengen buat solar cell bisa menggunakan transistor jenis pedal yang sering dipakai sebagai power amplifier jenis 2N3055 / MJ2955, transistor tersebut bisa mengeluarkan energi listrik sekitar 0.7V tiap transistor, tinggal dirangkai seri saja untuk mendapatkan volt yang tinggi/ paralel untuk mendapatkan arus yang gedhe, caranya : cari transistor yang sudah gak dipakai/ mati di bengkel elektronik, kalo perlu minta aja sama si bengkelnya. gak usah beli. kalo sudah dapat silakan gergaji bagian topi dari transistor tersebut sampai keliatan dalamnya.kalo sudah terbuka tinggal panaskan pada matahari, silakan cek pake multimeter kaki kaki Emiter dan Basisnya.Untuk kutubnya maaf saya lupa.moga bermanfaat. salam dari Bantul Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.