Diary Jalan-jalan ke Batam

Senin 13 Februari 2006 aku dan Sisi berangkat ke Batam. Dimulai sejak pagi sekali. Sampai di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng kepagian. Dalam penantian check-in di loket Garuda kami melihat Dorce yg sedang shooting. Dia berjalan dan menabrak rambu. Yah, Dorce memang seorang yg konyol. Kemudian kami melihatnya sedang makan di kantin bandara. Mungkin dia sedang membuat materi untuk acara “Dorce Jalan-jalan” yg diputar di TransTV setiap Minggu.

Planet Holiday Batam

Hari 1

Pesawat berangkat ke Batam jam 8:30 dan memakan waktu 1:27 jam. Tidak dinyana ternyata Dorce & crew satu pesawat dengan kami. Berarti betul dugaan kami kalau Dorce membuat acara jalan-jalan untuk TransTV. Makan pagi (atau siang ya?) di pesawat sungguh enak. Menunya steak. Sampai Bandara Hang Nadim Batam Sisi sempat foto bareng Dorce.

Sisi & Dorce

Rupanya kami sudah dijemput sopir dari Planet Holiday. Kami check-in dan menempati kamar 715 yang memiliki view ke depan sehingga kami bisa melihat kota dengan baik. Kami juga bisa melihat kolam renang dan jacuzzi yg terletak di lantai 5. Setelah itu kami ditraktir makan siang oleh Bu Yuni (Marketing Manager). Sayang Bu Yuni sedang puasa sehingga tidak ikut makan siang. Sambil menikmati suasana ruang makan yang teduh kami makan siang. Sengaja kami tidak makan yang berat-berat karena masih kenyang makan di pesawat Garuda. Terus terang meal yang disediakan Garuda sangat enak.

Planet Holiday adalah sebuah hotel berbintang 4 yang terletak di pusat kota. Letaknya amat-sangat strategis dan dikelilingi oleh usaha pendukung, seperti BII dan Mandiri yang letaknya di depan hotel. Di seberang ada McDonald dan tidak jauh dari sana terdapat sentra bisnis Nagoya. Paling tidak ada 2 mall menengah di dekatnya, yaitu Mall Batam dan Ramayana.

Tetapi di sini Planet Holiday juga memiliki banyak pesaing. Di sekelilingnya banyak terdapat hotel pesaing, mulai dari hotel kecil sampai yang besar yang berbintang 4. Contoh nyata adalah ada 2 hotel besar di belakang Planet Holiday, yaitu Hotel Oasis dan Island View.

Sore harinya kami jalan-jalan ke Nagoya. Nagoya adalah salah satu sentra perdagangan di Batam. Cukup dengan jalan kaki dari hotel karena Nagoya Business Center ada di seberang Holiday Planet. Cukup menyenangkan karena dekat dengan McDonald. Akhirnya kami memutuskan makan malam di McDonald.

Malamnya kami request film “Doom” ke hotel. Sayangnya ada masalah sehingga kami tidak dapat menikmatinya karena film tidak jelas di TV. Setelah diurus mekanik dan tidak dapat diatasi dengan segera, si mekanik mengusulkan kami pindah kamar. Kami setuju dan pindah ke kamar 708. Sayang view kamar ini adalah di belakang hotel. Di sini siaran TV dan film dari DVD dapat ditampilkan lebih baik.

Hari 2

Setelah sarapan kami santai di kamar sampai akhirnya Bu Yuni menelepon kalau sudah disediakan sopir untuk jalan-jalan. Pertama-tama kami melewati kawasan industri di Batam. Ini lah pusat industri yang sebagian besar adalah perusahaan asing. Asyiknya adalah para pekerja wanita mendapatkan asrama yg memang dibangun di dalam kawasan industri ini. Banyak perusahaan asing yang menyewa gedung asrama untuk ditinggali para pekerjanya.

Setelah itu baru kami melanjutkan perjalanan ke jembatan Barelang yang seperti jembatan San Fransisco mini. Eh, sok tahu! Padahal aku kan belum pernah ke Sans Fransisco. Jika kita menyusuri jalan ini sampai ujung, maka kita akan melewati 5 jembatan yang menghubungkan 5 kepulauan Riau. Di Pulau Galang kami mampir ke Kuil Quan Am Tu, yaitu vihara peninggalan manusia perahu dari Vietnam.

Pada kesempatan yg sama ada 2 rombongan yang sepertinya dari Singapura yg juga berkunjung ke kuil ini. Mereka berdoa menyembah patung Dewi Kwan-Im. Sayang tidak diperbolehkan mem-foto di tempat doa, padahal menarik untuk difoto.

Kami sempat keliling areal memorial tragedi masa lalu ini. Ada klinik/rumah sakit PMI, rumah penampungan, penjara, depo bahan bakar, gereja dan 3 perahu yang diabadikan sebagai monumen. Mungkin ini sisa dari sekian banyak perahu yg digunakan oleh manusia perahu dari Vietnam.

Perahu Vietnam

Setelah keliling areal, kami memutuskan pulang. Tapi Sisi menyempatkan diri mampir ke Batam Mega Mall yang berseberangan dengan pelabuhan penyeberangan ke Singapura. Walau pun namanya Mega Mall, tapi tidak seperti Mega Mall di Jabotabek karena tidak sebesar itu. Tetapi dibandingkan dengan mall lain di Batam, bolehlah Mega Mall ini yg terbesar. Enaknya di lantai 3 mall disediakan kanal penyeberangan ke pelabuhan. Jadi dari pelabuhan bisa langsung masuk mall. Demikian juga sebaliknya, dari mall langsung ke pelabuhan.

Kembali ke hotel langsung tidur.

Sorenya kami kembali jalan-jalan ke Nagoya. Melewati pasar tradisional, mirip Tanah Abang mini karena yg dijual kebanyakan adalah bahan2 pakaian. Sempat menyambangi Pusat Shopping Samarinda yang mirip super-miniatur Glodok. Di sini dijual piranti elektronik dan handphone. Memang harganya lebih murah, tapi sangat jarang ditemukan handphone keluaran baru. Di sini juga tidak banyak macam piranti elektronik yg dijual. Handycam dan PDA atau bahkan komputer tidak ditemukan. Jadi males…

Sempat mampir masuk ke Ramayana. Harga kebanyakan lebih mahal dari pada Jakarta. Kemudian kembali jalan ke Mall Batam dan makan di Kentucky Fried Chicken. Kami memutuskan untuk makan malam di McD atau KFC dengan pertimbangan kebersihan, kesehatan dan keselamatan. Lagi pula tidak ada makanan khas di Batam. Semuanya adalah pendatang. Habis itu jalan lagi pulang ke hotel. Dari Mall Batam ke hotel cuma membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit jalan kaki.

Hari 3

Bangun agak siangan karena memang kami tidak merencanakan kemana pun. Sehabis sarapan kami santai di kamar. Jam 11an kami check-out hotel dan berangkat ke Bandara Hang Nadim naik taxi tanpa argo. Perjalanan pulang lancar. Akhirnya kami tiba kembali di Jakarta-Bekasi.

Terima kasih Tuhan karena telah menyertai kami selalu. Terima kasih Garuda Indonesia Airlines dan Planet Holiday Hotel.

About these ads

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Jalan-jalan. Tandai permalink.

13 Balasan ke Diary Jalan-jalan ke Batam

  1. Pipit berkata:

    Gong, baca diary mu enak juga ya liburan ke Batam. Banyak hal yang belum pernah dilihat dan yang pasti nambah pengalaman dan wawasan. Sukses, ya.

  2. dewo berkata:

    Iya Mbak Pipit. Terima kasih. Sukses selalu.

  3. Ferry berkata:

    hi… hi… hi… klo sebentar di Batam enak tp klo lama buooozzzeeeenn booooo

  4. Hendra J Winata berkata:

    enak yah jaln2 di batam kapan2 kesana lg yah batam selalu akan menjadi tempat terbaik untuk anda dan keluarga berwisata

    trims for visit to batam

  5. dewo berkata:

    Terima kasih Pak Hendra J Winata,
    semoga saya bisa melancong lagi ke Batam.

    Salam.

  6. wiwi berkata:

    napa gak nyobain seafood di A1 , Oki or Oke yang terkenal mantafff???

  7. fortu berkata:

    UDAH PERNAH COBA SEAFOOD di GOLDEN PRAWN?? huh! itu the best seafood restarant at batam. ga nyesel kalo mampir, emang harganya sih lumayan mahal dibanding seafood di jakarta, tapi WORTH IT LAAA..

  8. hans berkata:

    mas dewo gimana sih nampilin kotak komentar di blog ???

  9. Didit berkata:

    Pak, udah pernah nyoba hotel lain nya kagak ?
    Karena pilihan hotel di sana kan banyak

    Kayak di Novotel, Harmoni, Panorama atau I Hotel [yg baru]

    Waktu acara Dorce dia nginep di Novotel kalau kagak salah

    Thx for the info

  10. @ Dear Mas Didit,

    Sayangnya saya tidak mencoba hotel lain.
    Mungkin kapan-kapan jika ke sana lagi.

    Salam.

  11. nofi berkata:

    Dear pak Emanuel,
    Thx atas sharing di blognya. Tapi nga ada preview mengenai hotelnya. Apakah hotel planet holiday itu bagus, dari segi kebersihan ataupun fasilitas kamarnya? saya minggu depan akan ke Batam, akan sgt membantu kalo bisa di share kondisi hotelnya. Ma kasih ya

  12. norzie berkata:

    Hmm..bestnye..tapi bagaimana dengan pilihan makanannya? Ada orang bilang makanan lautnye..super number 1!

  13. RONIE berkata:

    BELUM NYOBAIN PANTAI PUTRINYA YABAGUS LOHHH,,
    ADA SEJARAH NYA TUH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s