Gempa Akibat Percobaan Nuklir?

Kemarin sore (19/07/2006) saya sempat sms-an dengan Neti tentang gempa Selat Sunda. Maklum, Neti yang sekarang berdomisili di Tangerang sangat merasakan gempa ini. Ada yang menarik dari sms-an ini karena beredar berita yang mensinyalir adanya uji coba nuklir yang mengakibatkan gempa dan tsunami. Tadinya saya bersikap skeptis dengan isyu ini. Tapi pagi ini saya mencari berita-berita tentang gempa dan menemukan sebuah berita yang memperkuat dugaan ini. Berikut petikan dari berita yang bertajuk: “Mendesak, Sistem Peringatan Dini Tsunami.”

Sementara itu Kepala BPDP Rustianto mengatakan naiknya intensitas gempa dicuriagi karena eksplorasi berlebihan oleh manusia terhadap sumberdaya alam terutama yang berada di permukaan bumi, yang memperpendek terjadinya tsunami.

“Kegiatan eksplorasi minyak, percobaan nuklir di bawah laut, dan lain-lain ditengarai menyebabkan ketidakseimbangan alam. Akibatnya, sering terjadi gempa bahkan tsunami. Tetapi ini baru hipotesis yang masih diperdebatkan,” ujarnya.

Belum dapat dipastikan apakah betul gempa & tsunami yang terjadi belakangan ini dengan intensitas yang sering disebabkan oleh eksplorasi minyak dan percobaan nuklir bawah laut. Saya akan mencoba mengeksplorasi isyu ini lebih lanjut. Jika ada informasi tentang hal tersebut, Anda bisa mengemail saya di: setio.dewo[at]gmail.com.

Terima kasih.

Update 24 Juli 2006

Penjelasan tentang dugaan percobaan nuklir ditulis dalam artikel “Percobaan Nuklir di Selatan Pulau Jawa… Upst”. Rupanya penglihatan yang menyerupai ledakan dan bola api ternyata adalah aurora atau fenomena alam yang dapat disebabkan oleh medan magnet sebelum gempa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.