Menonton TV ala Dewo

TV Tablet PCNonton TV memang enak kalau dari TV layar lebar, misalnya TV plasma dengan ukuran di atas 29″. Lebih enak lagi kalau ditunjang oleh gelegar suaranya yang membahana dengan ditunjang home theatre yang ciamik. Apalagi jika siarannya digital, wow… Tapi walah… Berapa dong harganya? Tidak hanya puluhan juta, tetapi bisa menembus ratusan juga.

Kalau aku sih punya sensasi sendiri menonton TV. Cukup dengan layar 10,4″, tetapi ditambah dengan gaya tersendiri. Lho? Nonton TV pakai gaya? Kecentilan amat sih? Hihihi… iya, biar lain dari pada yang lain. Ingin tahu gaya-gayanya? Simak ya? Silakan kalau ada komentar yang kreatif dan inovatif.

Untuk bisa nonton TV dengan gaya ala Dewo, kita harus mempersiapkan beberapa perangkat, yaitu:

  1. Tablet PC. Bisa merek apa aja, tetapi minimal sudah Centrino dan ukuran LCD-nya jangan besar-besar, cukup di bawah 12 inch. Sebenarnya berlawanan dengan pakem yang semakin besar layar semakin asyik, tetapi gaya nonton TV ala Dewo justru mensyaratkan sebaliknya! Karena menonton dari layar LCD bisa dilakukan dengan jarak dekat dan resiko radiasi (seperti yang ada pada layar tabung/CRT) lebih rendah.
  2. TV Tuner. Bisa yang external dengan interface USB atau bisa juga internal dengan interface PCMCIA/PC Card. Lebih asyik jika TV Tunernya untuk siaran digital. Jangan lupa antena dan remote control.
  3. Headphone. Ini kalau perlu saja. Soalnya banyak Tablet PC yang punya suara di bawah standar. Lebih asyik kalau pakai headphone. Tapi kalau sudah merasa cukup dengan suara cempreng Tablet PC ya tidak usah pakai tidak apa-apa.
  4. Cemilan. Hihihi… biar nonton TV lebih berkesan.

Nah, setelah perangkat disiapkan dan sudah dapat berjalan dengan lancar, mari kita bergaya. Nih, gaya-gayanya:

  1. Gaya notebook. Ini adalah gaya paling standard. Setiap notebook bisa bergaya begini. Tetapi notebook yang bentuknya lebih kecil lebih asyik lagi karena bisa dibawa ke tempat tidur dan sambil tiduran sambil nonton TV. Menonton TV sambil kerja pun bisa dilakukan dengan santai. Notebook bisa ditaruh di perut. Hati-hati dengan beberapa kasus notebook meledak! Bisa-bisa meledak di perut.
    Gaya Notebook Biasa
  2. Gaya Tablet PC 1. Ini adalah gaya standard dari TV Tablet PC. Layar diputar dan dilipat penuh dan bisa ditenteng-tenteng. Lebih asyik jika menggunakan TV Tuner internal karena lebih portable/mobile. Kalau ukurannya besar kan jadi berat, jadi ideal untuk tablet dengan layar kecil.
    TV Tablet PC
  3. Gaya Tablet PC 2. Ini gaya kedua dari TV Tablet PC, yaitu dengan memutar layar tetapi tidak dilipat penuh sehingga masih bisa berdiri sendiri di atas meja. Jadi yang nampak adalah layarnya saja. Untuk mengubah-ubah channel dapat digunakan remote dari TV tuner. Akses ke program-program lain masih bisa dilakukan via stylus dari Tablet PC.
    Gaya Tablet PC 1
  4. Gaya Maksa. Wow… ini gaya paling maksa. Maklum, kadang kita ingin menonton dari jarak agak jauh. Tetapi dengan gaya-gaya di atas kurang mendukung, terutama karena layar kurang tinggi. Jadi kita bisa mengembangkan gaya maksa di bawah ini. Caranya cukup membuka layar sampai maksimal, kurang lebih sampai 180 derajat. Kemudian letakkan Tablet PC dengan posisi berdiri. Hemm… lebih beresiko, tetapi kan gaya!
    Gaya Maksa

Nah, demikianlah gaya-gaya nonton TV maksa ala Dewo. Keunggulan dari penggunaan notebook/Tablet PC sebagai alat nonton TV memang banyak, selain karena portabilitas/mobilitasnya yang tinggi, juga dapat menghemat tempat. Maklum kos-ku kan sempit, masak mau bawa TV besar? Lagi pula kan aku tidak punya TV layar lebar 😀

Ada ide lain?

8 pemikiran pada “Menonton TV ala Dewo

  1. Hihihi…
    Yang bikin mahal Tablet PC-nya. Untuk TV Tuner Gadmei USB harganya Rp. 340.000. Mungkin bisa kurang kalau belinya di M2M atau kalau nawarnya jago.

    Salam.

  2. Gaya maksamu itu lho, nek njungkel kan repot juga (aku lihat jadi ngguyu dewe). Klo aku amati nonton TV ala Dewo itu bahasa diplomatisnya … nek bahasa jujurnya … gak punya TV gedhe…he…he…he…. Tapi oke en kreatif…..

  3. dulu saya pernah punya tv tuner merk haupauge untuk desk top saya.
    saat ini pengen juga sih beli yang untuk note book, cuman belum sekarang.

    enjoy!

  4. […] Berpisah Dengan Tablet Januari 12th, 2007 — dewo Hari ini Tablet PC-ku terjual. Wah… sedih juga sih. Soalnya sejak 04/08/05 (tepat ultahnya Sisi) Tablet PC ini telah menemaniku kemana saja. Dataku juga sudah bergiga-giga terutama hasil foto dan video amatirku. Tenang saja, tidak ada video ala DPR kok. Tidak ada lagi gaya menonto TV ala Dewo. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.