Apocalypto

ApocalyptoSudah nonton Apocalypto? Keren deh. Ini filmnya Mel Gibson. Apocalypto artinya permulaan baru. Dan jika ada permulaan baru, maka ada yg harus diakhiri. Nah, film ini berkisah tentang perjuangan seseorang di akhir dari masa kejayaan bangsa Maya. Pokoknya harus nonton! Rugi kalau tidak!

Dari pada aku membahas ceritanya di sini dan membuat kamu tahu ceritanya dan ogah menontonnya sendiri, lebih baik aku menuliskan hal lain dari film ini. Yang jelas aku sangat kagum dengan film ini. Terutama karena pengambilan latar belakangnya yg historis tanpa perlu mengusik kebenaran sejarah itu sendiri. (Duh, jadi ingat “Da Vinci Code”) Dan detail dari nilai historis dan kebudayaannya sangat baik terekam. Coba deh simak catatan-catatan yg ada dalam DVD ini.


Menu Maya CultureKalau kamu beruntung dapat DVD bajakan asli (maksudnya bajakan yg membajak dari DVD aslinya), maka kamu akan mendapati banyak hal tentang bangsa Maya di menu “Maya Culture” plus kualitas film yg sangat baik (maksudnya bukan diambil dari bioskop). Di sini ada 2 sub menu, yaitu “Timeline” dan “Inside Maya Culture.”

Asyiknya adalah bahwa resources di sini cukup lengkap. Kita dapat mengerti sejarah bangsa Maya di sini. Memang tidak terlalu detail. Tapi cukup luas area cakupannya. Coba saja lihat “Inside Maya Culture.” Kebudayaan Maya cukup lengkap tersaji di sini. Terlihat kalau pembuatannya amat-sangat serius & teliti.

Tapi sangat disayangkan karena tulisannya kecil dan terlalu cepat berganti screen sehingga belum selesai aku membacanya layar sudah segera berganti. Dan sayangnya ini tidak dapat di-navigasi secara manual. Jadi kalau mau membaca dengan teliti harus kita pause dulu.

Kesimpulannya adalah bahwa pembuatan film ini benar-benar melalui pengkajian yg sangat dalam. Terutama di nilai historis. Dan jangan terganggu jika bahasa dalam film ini adalah bahasa Maya. (Hihihi… tidak tahu apakah bahasanya beneran atau bohongan. Kayaknya sih beneran. Konon pakai bahasa Yukatek.) Tapi secara default film ini telah menyertakan bahasa Inggris. Lebih membantu karena ada pilihan bahasa Indonesia. Benar-benar DVD bajakan yg sempurna.

Mel GibsonSebenarnya aku tidak suka film yg berbau primitif. Tetapi karena embel-embel label

From The Producer and The Director of “The Passion of The Christ”

ditambah “Walt Disney Studios”, “Touchstone Pictures” dan tidak ketinggalan “Mel Gibson” yang semuanya adalah jaminan mutu, maka kutekadkan membeli DVD ini bersama dgn film “The Illusionist.” Dan ternyata amat-sangat tidak mengecewakan. Bahkan sudah kutonton 2 kali.

Sedangkan film kedua, yaitu “The Illusionist” kunilai biasa-biasa saja. Atau karena nontonnya sesudah film “Apocalypto”? Bisa jadi. Kebanting gitu. Tapi film ini cuma kutonton sekali saja.

Ya sudah, kapan-kapan cerita-cerita lagi kalau sudah dapat DVD bajakan keren yg lain. Oh ya, film berikutnya yg masuk daftar hunting adalah: “Spiderman 3”, “Ghost Rider”, “Fantastic Four: Rise of Silver Surver” dan tidak ketinggalah “Harry Potter 5.”

Hmm… kapan ke Mangga 2 lagi ya? Tapi etis tidak sih membahas film yg didapat dari hasil membajak? Tapi bukankah membajak itu bisa membuat kita kreatif? Ah… kabur dulu…

Note: DVD dibeli pas istirahat presentasi Pintar Media. Baca bahasan presentasi ini di: Presentasi Pintar Media.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.