Vista yg Menyebalkan

Anda pengguna MS Vista? Bagaimana pendapat Anda tentang Vista? Asyik atau tidak? Beberapa hari ini aku menggunakan Vista. Kesan pertama memang mengesankan. Tampilannya oke ditambah animasi yg dramatis. Tetapi ketika akan memulai pekerjaan, kesan indah tampilan Vista jadi buram. Banyak kekesalan yg aku alami.

Keluhan-keluhan dari aku dan CIO semakin membuat Faozy memperbesar api kompor. “Ganti ke XP saja, Pak!” Begitu kompornya. Weks… lha wong sudah invest mahal-mahal beli Vista malah suruh balik ke XP. Tak u’uk ya…


Paling tidak ada beberapa masalah yg kualami bersama notebook baru plus Vista ini, yaitu:
1) Tidak kompatibel dengan TV Tuner Gadmei-ku. Alhasil cara menonton TV ala Dewo gaya baru tidak bisa dilakukan. Sampai saat ini aku belum dapat driver untuk Vista. Syukurlah karena Axioo-ku masih kompatible. Hemm… TV yg mahal.

2) AntiVir tidak bisa diinstal. Kata Vista karena tidak kompatibel. Weks… Alhasil aku harus memakai Norton Antivirus bawaan dari notebook. Padahal selama bertahun-tahun aku selalu mengandalkan AntiVir dan belum pernah ada masalah dengan virus. Mencari versi Vista di website resmi AntiVir pun tidak ada. Ayo dong AntiVir, buat versi Vista-nya.

3) Setelah instal beberapa program, lha kok tidak bisa select multiple files/folders dari Windows Explorer? Padahal sebelumnya tidak ada masalah. Entah kenapa dan apa yg aku lakukan sehingga fasilitas select multiple files ini tidak jalan. Akhirnya googling dan menemukan solusi di: Cannot.Select.Multiple.Files. Jika Anda mengalami hal yg sama, silakan coba tips darinya.

4) LAN. Jaringan sudah tersambung dan bisa terkoneksi ke internet. Tapi kok tidak bisa sharing? File sharing sdh dinyalakan tapi tidak bisa diakses oleh kompie lain. Demikian juga dengan laptopku yg tidak bisa mengakses kompie lain termasuk server. Tetapi uniknya ketika aku masukkan SD Card-ku ke slot cardreader 5-in-1 di laptop, ternyata isinya bisa di-browse CIO yg sisop-nya juga Vista. Weks… problem yg aneh. Hmm… atau karena firewall yah? Tapi sudah kuset dan kuganti tingkat security-nya tapi tetap saja belum bisa. Yo wis, kayaknya aku harus googling lagi.

5) Baterai cepat habis. Kayaknya sih karena prosesor Core 2 Duo yg boros baterai karena punya 2 inti prosesor. Tapi Intel dan banyak reviewer justru menyebutkan bahwa Core 2 Duo ini lebih hemat 40% dari Centrino biasa. Akhirnya kita harus mengambinghitamkan si Vista. Kayaknya sih tuduhan ini beralasan karena Vista menggunakan resources banyak sekali. Semua kapasitas prosesor digunakan. Padahal ketika aku menggunakan baterai, maka kecepatan prosesor diturunkan. Akibatnya tentu saja kinerja laptop jadi lebih lambat.

6) Apa lagi ya?

Tapi yg jelas tampilan dari Vista memang oke. Apalagi program Switch Between Windows. Kita bisa melihatnya secara 3 dimensi. Tapi sebenarnya SUN pernah menelorkan prototype program desktop 3 dimensinya yg jauh lebih oke dari milik Vista. Sayangnya masih prototype dan belum disebar. Hemmm… padahal program dari SUN ini keren banget. Lihat saja di situs resminya.

Ya sudah, keluhanku segitu dulu. Kapan-kapan mengeluh lagi. Hehehe…

3 pemikiran pada “Vista yg Menyebalkan

  1. well, vista is the most sophisticated operating system. but, i do not use vista. why? because there are a lot of features in XP that can be maximized for our productivity.

  2. Vista… saya bukan pengguna, tidak tahu ceritanya, baru tahu ada keluhan dari blog mas dewo ini. Selama ini sudah cukup dengan yang ada sih yah. Nulis terus aja mas… biar bisa cerita juga saya tentang vista itu gimana… 🙂

  3. Saya pengguna Mac OS X Leopard, jadi….selamat tinggal pengguna jendela. Silahkan atasi masalah yang dialami OS baru Anda.

    Saya mau senang-senang ama si kucing yang bandel ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.