Soner M600i

Soner M600iSebenarnya sudah ngebet banget dengan Soner (Sony Ericsson) M600i sejak pertama kali peluncurannya. Bentuknya yang sederhana dan modis membuat aku kepincut. Maklum aku suka dengan model yang minimalis. Nah, kemarin (Senin 23 Juli 2007) aku jalan-jalan mencari M600i tersebut. Sayang ternyata M600i sudah discontinued alias sudah tidak diproduksi lagi.

Sebenarnya kriteria aku membeli gadget baru adalah:

  1. Memiliki keyboard qwerty. Kalau tidak full tapi yang half saja seperti M600i atau jajaran blackberry ya tidak apa-apa.
  2. Fungsionalitasnya tinggi. Artinya kita bisa melakukan banyak hal dengan gadget tersebut. Kalau bisa untuk menjalankan bisnis juga sudah bisa.
  3. Termasuk smartphone. Sudah punya sistem operasi. Tidak harus MS Windows Mobile (PPC) tetapi Symbian atau Linux boleh juga.
  4. Memori expandable. Wah, kalau sudah termasuk smartphone ya harus bisa diupgrade memory externalnya dongz.
  5. Touchscreen. Gara-gara pernah pakai PDA, inginnya sih layarnya sudah touchscreen. Biar tidak bete mencet-mencet keyboard/tuts gitu.
  6. Bentuknya modis. Relatif sih. Kebetulan aku senang gaya minimalis.
  7. Murah. Ini penting banget secara sekarang sudah tanggal tua banget. Eh, minggu depan gajian ya? Wah, ternyata masih 2 minggu lagi 😦

Kandindatnya: Soner M600i, Nokia E6i, Dopod 838 Pro, Blackberry, dan Samsung i600. Sayang yang lain-lain selain M600i terlalu mahal di atas 3 juta. Sayangnya lagi M600i sudah discontinued.

Akhirnya aku keliling-keliling Mall Mangga Dua Square semalaman mencari jika ada sisa stock. Karena tidak ada, akhirnya merelakan diri jika ada second-nya. Dan tidak sia-sia, akhirnya aku menemukan second M600i. Body masih mulus dan layar masih oke tampilan dan touchscreennya. Memang sih screen protector-nya sudah agak baret, tapi tidak ada masalah dengan layarnya.

Semalaman aku lembur mempelajari Soner M600i. Tuts-nya yang kecil-kecil dan dual function menuntutku untuk beradaptasi. Tapi sepertinya adaptasi tidak lama. Mengetik juga harus mulai latihan supaya bisa cepat menulisnya.

Sementara segini dulu tulisanku tentang gadget. Kapan-kapan kalau sempat dan niat akan dilanjutkan untuk mereview gadget M600i. Hihihi… padahal dulu pas beli gadget juga janji begini tapi tidak pernah ditindaklanjuti. Hihihi… Dasar.

Happy gadget…

49 pemikiran pada “Soner M600i

  1. Ketiganya, baru kasi komen.
    Kenapa gak coba N95 boss Dewo ???
    mungkin gak perlu bawa gadget banyak2 deh….
    hi…hi…hi… sok tau banget de gue….

  2. Loohh…?
    belum tau to ??
    Mankanya main2 juga dunk ke blog nya Darmo Gandul. Ada tuh disana critanya kenapa sampai aku jam 07.00 pagi ada di ktr…

  3. Dear Bro Mbelgedez,

    Nokia N95 mahal banget Boz. Lagi pula tidak ada keyboard qwerty-nya. Blog-nya Bro Darmo Gandul alamatnya apa?

    Salam.

  4. Salam Mas Dewo, beli second harga berapa nih..
    Harga M600i sekarang sekitar 1,9jt BARU GRESS!!
    Ada salah satu distributor resmi SE yang import lagi itu HP karena banyak yang minat.
    Harganya emang ngedrop banyak karena SE mau ngeluarin SE P1i.

  5. Kalau aku sih biasanya beli HP kalau sudah ada di pasaran lebih dari 15 bulan, biar harganya reasonable dulu.
    Pengen ganti HP sih, tapi bingung, mau SE M600 apa W950. Sama2 symbian 9.1 UIQ3.0 cuma beda QWERT keyboard & internal Flash 4Gb.
    Kalau mas Dewo pilih yang mana?

  6. Dear J4p,

    Sewaktu saya akan beli M600i saya juga ditawari W950 yg juga sdh touchscreen. Tapi alasan saya memilih M600i adalah karena keyboard qwerty-nya yg sangat menunjang kegiatan saya di dunia maya termasuk ngeblog. Komentar ini saya tulis lewat M600i. Demikian juga dengan beberapa artikel baru di beberapa blog saya.

    Salam.

  7. om dewo
    asyik-y pake soner apa sich? 😐 aq jg penen m600. tp koq krg sreg ma data acces-na( mau yg 3g,edge,gprs). lg-an sonerc stegah ati jg buat handhel-na
    Aq pake k790i

  8. Mau nanya nich.. M600, qwertynya itu kan half.. jadi kalo mau ngetik huruf ‘w’ itu apa harus pencet 2x (seperti mau nulis huruf ‘c’ pada hp biasa kan harus 3x tekan tuh)..
    Bayangan saya, itu tombol bisa kiri-kanan, maksudnya kalo nulis ‘q’ yang dipencet sebelah kiri dari tombol (1x pencet), kalo ‘w’ sebelah kanan 1x pencet..
    Gimana mas Dewo? mana yang bener?
    Thanks ya..

  9. Dear Sast0,

    Enaknya M600i selain keyboardnya adalah karena layarnya yg memiliki resolusi QVGA. Jadi lebih lega tampilannya.

    ~~~

    Dear Bumen98,

    Satu tombol di M600 memiliki 2 sampai 4 fungsi. Caranya dengan menekan sisi sebelah kiri atau sisi sebelah kanan dalam 1 tombol. Jadi tidak perlu dipencet 2 kali atau lebih seperti tombol di ponsel biasa.

    Salam.

  10. Saya adalah pemakai baru m600i, sblmnya saya lama menggunakan dopod 838,meskipun agak repot krn qwerty-nya harus digeser dulu,ketika p1i keluar saya mencari2 yg cocok utk smsan &pilihan jatuh ke m600i, tp baru 2hr digunakan, m600inya sdh bnr2 kacau, hny bisa masuk ke tampilan awal & tidak bisa diotak-atik lagi, muncul tulisan kedip: crystal demo…
    Ada yg bisa bantu disini

  11. di box M600i ada tulisan software OPERA 8, maksutnya apa udah include bahwa m600i built in opera atau gmn tuh? aku lihat2 browsernya ya seperti SE yang lain, bukan opera seperti tampilan opera pd umumnya.. jd gmn dunkz operanya mesti beli lagi atau gmn? kalau opera mini biasa itu udah biasa basis java, gak ada bedanya ma handset lain! plz kasih pencerahan ya..

  12. @ Zulfan Hamidy,

    Wah kayaknya m600i-nya bermasalah. Mungkin ada aplikasi/theme aktif yang ngaco. Kalau sudah begitu lebih baik lakukan hard-reset untuk mengembalikan ke posisi awal.

    ~~~

    @ Mas Hum,

    Iya, M600i sudah ada Opera 8-nya. Tapi Operana sepertinya sudah dibranding dengan Soner sehingga tampilannya biasa. Yang jelas, browsernya berbeda dengan browser standar bawaan K610i saya.

    Salam.

  13. bro dewo; saya jg baru 2 minggu ini pake m600i. so far memuaskan. melebihi harapan malah. cuma yg masih bingung masalah 3G-nya. kan ga ada kamera nih…jadi feature video call dah harus dihilangkan dari harapan. feature 3G apa lagi and gimana caranya sih yg bisa kita nikmati dari m600i ini? tx…

  14. salam kenal,
    saya juga pengguna m600
    kenapa saya pilih soner ini
    – bentuknya enggak malu2in
    – bisa edit file excel dan word serta pdf
    – udah touch screen (kalau stylusnya hilang, bisa gunakan congkel gigi..)

    pokonya sip habis..

  15. Mas Dewo, emang di w950 ga ada kbord qwertynya ya? lg pengen m600 niy, sayangnya ga ada kamera ya. Mas Dewo tau ga hp y touchscreen tp yang ada kameranya tapi ga terlalu mahal ? 🙂 banyak syaratnya yak? maklum deh

  16. @ Dear Adie (#19),

    Hehehe… rasanya sih cuma kecepatan koneksi 3G aja yang dapat kita nikmati.
    ~~~

    @ Dear MentosPutih (#21),

    Iya, beda 200ribu itu karena dapat subsidi dari XL. Sejatinya harga W950 di atas 3,5 juta.
    ~~~

    @ Dear YouNone (#22)

    Stylusku malah putus karena iseng kuputar untuk mengencangkannya tapi ternyata kekencangan sampai putus. Sekarang stylusnya ku-lem.
    ~~~

    @ Dear LeniJuwita (#23),

    Iya, W950 tidak punya keyboard qwerty.
    Hemm… hp touchscreen tapi ada kameranya tapi harganya tidak terlalu mahal? Apa ya? BTW, “tidak terlalu mahal” itu seberapa ya?

    Salam.

  17. hai mas dewo…gmna udh sembuh blm sakit kepalanya…he..he..btw msh inget kan ama diriku di pontianak..,kata kunci..sisfokampus:-D, gara2 sekilas liat mas dewo make soner M600i jg udh keinginan dr dulu nih..bwt miliki soner kek mas dewo punya..akhirnya aq jg berkeliling kota pontianak nyari ni hp…dan dgn nafas yg ngos2an aq g nemu ni hp..sama..discontinued from manufacturer..aq sbnrnya udh putus asa bwt nyari lg..akhirnya temenku nyaranin..lu coba aja di toko yg disebelahnya tukas temenku itu..aq melihat dr tampang toko hpnya aja g meyakinkan bakal ada hp yg kucari itu..sedangkan toko hp yg boleh dibilang terkemuka aja g ada stoknya…apalagi toko hp yg segini imutnya..tp yah dalam hatiku apa salahnya sih dicoba..pas iseng2 nanya..eh..ternyata hp M600nya ada di toko tsb..aq merasa mendapat menang undian aja..karena sampe darah penghabisan nyarinya..pas ditawar2 harganya pun aq dapatkan lebih murah dari harga standarnya karena si pemilik toko bilang dia sedang cuci gudang stoknya..ternyata..penampilan luar tdk bisa dinilai hanya dengan kasat mata…tetapi mesti dicoba utk mendapatkan jawaban yg sebenarnya..thanx mas dewo..u r my inspiration..;-)

  18. Ada rencana cr m600i ato w950i sebenarnya untk ortu.
    apa m600i ato w950i bisa buka / edit word,excel,n paling g powerpoint
    . Mohon tanggapan

  19. mas dewo aku sering chat di hp ku yang dulu (w850) apps nya mig33 sekarang aku pakai m600i aku kira nanti aku semakin gampang karna m600i pake layar sntuh
    tetapi waktu dicoba appsnya tdk dukung layar sentuh,
    kalo bicara bisa , bisa2 aja tapi makenya tambah repot
    mas dewo aku mta sarannya dong

  20. Gua pake im3 trus pake M600i kebanggan, tapi dari dulu kalo cek pulsa kok tidak langsung tampak di layar. huh, apa memang begini ya?
    so. harus telpon via operator dah utk tau sisa pula gua.
    ada solusi??

  21. Gua pake im3 trus pake M600i kebanggan, tapi dari dulu kalo cek pulsa kok tidak langsung tampak di layar. huh, apa memang begini ya?
    so. harus telpon via operator dah utk tau sisa pula gua.
    ada solusi??

  22. aku pingin beli m600i tapi kok katanya sekarang udah gak keluar ya… aku cari2 di kotaku (solo) udah gak ada, ada info harus cari dimana? thx

  23. wah trnyata pd susah ya cri soner M600i nya..so klo gitu gue lucky dong ya..sebegitu mudahnya mendptkan ni hp..garansi resmi lg. Pngalaman make 1 bln..nich hp ok punya. Utk surfing di dunia maya ok..kbtulan gue pake cbn xl unlimited so cpat jg n gak psing mikirin billnya coz cma 385 rb per blnnya. Pokoknya siip..

  24. hai semua g mau tanya g terkena trouble shooting layarnya mati setiap dinyalakan dan hanya bergetar!!ada yg tahu??tp secara keseluruhan M600i mank bagus!

  25. Gua mo lelang w950i neh,barangnya masih garansi sampe 10/08, kondisi 99%, fullset, pokoke istimewa tanpa lecet,normal, baterai tahan 2-3,5 hari tergantung pemakaian.dijamin gak nyesel.bonus puluhan game+aplikasi yg sudah pasti kompatibel. Harga dimulai dr 2,1jt, jika ada yg berminat hub 085643644446.trims

  26. Mo numpang lewat……..
    Klo rekan2 smua kebetulan berada di jogja dan pngen cari penginapan yg murah, bersih, aman dan nyaman di kawasan wisata kaliurang disinilah tempatnya.
    1. Penginapan Bayu Murti 1,
    dg tarif umum: 40rb*
    tarif family 50rb*. fasilitas tv 21′,wellcome drink n snack, kmr mndi dalam, parkir luas.
    2. Penginapan Gaviota dg tarif 25rb (-tv) dan 35rb (+tv) dg fasilitas sama dg diatas.
    *tarif diatas berlaku untuk 12 jam.
    *tarif hari bìasa,hari besar menyesuaikan

    Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi :
    02744464446 atau
    085643644446
    Terima kasih.

  27. Bro Mansis, dulu saya pernah pake M600i, cuman rasanya keyboard kekecilan. Trus ganti ipaq 4515… ternyata lambat.. ganti XDA O2… slowly juga.. Trus dopod 838… keyboardnya mantap.. cuma browser-nya kurang yahud. Dan akhirnya sebulan yg lalu .. kembali ke M600i 😀

    Sekarang bener2 enjoy-lah.. malah istri juga mau dibeliin buat ngegantiin O2 Atom nya yg katanya ribet kalo nelpon ma sms 🙂

    Mungkin P1 lebih oke yah… cuman belom ada dana nih buat testdrive P1 😉

  28. boss dewoo…
    tolongin saya dong boss…
    gimana caranya kode reset buat soner m600i…
    harus tekan tombol apa aja bss..!!!

    pleaseee hellppp mee….

    -_-“

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.