Lenovo 3000 Y400

Lenovo 3000 Y400Hehehe… aku beli notebook baru. Selain karena Axioo-ku almarhum (harddisk-nya) dan juga karena Acer TM 3273NWXMi akan dihibahkan ke staff baru, akhirnya aku membeli notebook baru di 1st Computer Square. Kali ini aku memilih merek Lenovo. Merek ini adalah merek asal China yang telah membeli divisi PC dari IBM. Selain jajaran notebook asli brand Lenovo, Lenovo juga memproduksi dan menjual notebook seri ThinkPad warisan IBM. Tapi aku lebih memilih Lenovo yang bentuknya ciamik plus sub-wofer terintegrasi.

Spesifikasinya sedikit di bawah Acer TM 3273NWXMi. Serinya adalah: Lenovo 3000 Y400. Yang paling asyik adalah karena DVD Multinya memiliki mekanisme Slot-in RAMBO seperti mekanisme CD/DVD pada car audio system. Jadi tidak ada tray yang keluar, tetapi CD/DVD langsung dimasukkan ke celahnya. Keren kan? Ada lagi yang lebih keren, yaitu touch pad-nya yang datar/rata dengan casing-nya. Seolah-olah tidak memiliki touchpad.

Sub wofer built-in-nya kurang nendang. (Jangan ditendang, Mas Bro! Sayang!). Berikut adalah link-link penting berkenaan dengan notebook Lenovo:

Pokoknya COOL, man.

67 pemikiran pada “Lenovo 3000 Y400

  1. Salam pak dewo.komen2 anda memang top.ak pnya bengkel spd motor di sby.ak mo komen ttg mslh rem blkg tromol.gini,tromol didesain agar pd waktu jln hujan rem tetap pakem.kl pake disc akn trasa ngelunyur.mobil pun gt.kl ada double disk,pasti pk ABS/EBD dll

  2. Motor istriku SHOGUN SP,dobel disk n kopling.wkt hjan kupake ngerem trasa ga pakem,nah kl mtr2 indo udh bs adopsi teknologi dobel disk ky mbl baru deh wenak.trus,v-ixion disby udh bnyk yg pake.tp mo beli eman ama scopy z ku.scorpioku bs tembus 150km/jam

  3. Atu lg,karena tekno scopy diambl dr yamaha tricker 250 versi supermotto,sa’ indo ga ono sing ngalahno bantere,cbr150 pun kalah.bahkan dgn spek drag megapro stroke 6mili&karbu PE28 pun 200m scopy menang tipis. Go deh buat yamaha!!

  4. Buat bro yg pgn tau,top speed SATRIA FU150 147.cbr 150 segituan jg.vixion blm tau,ntar kl ak udh ngetes dw ta kasih tau.FU menang torsi bwh,cbr menang torsi atasnya.scorpio dr gear 1-5 ngisi smua.masuk gi2 3nya aja 110km/jam..

  5. Bong dah core 2 duo ? tray optical disc kaya gitu sering masalah dah dipencet tapi gak mo melet, ada sub-wofer nya ? wow keren… kalah dung harman kardon nya toshiba ?

  6. @ Dear Ferry ZK,

    Belum yang Core 2 Duo, tapi yang Core Duo.
    Sub wofer-nya kurang nendang secara sub wofer-nya notebook gitu loh.
    ~~~

    @ Dear Bune Lyntrias,

    Terima kasih Bune. Axioo-nya sudah kumasukkan museum pribadi, menunggu kelak dibangunkan kembali saat beli harddisk baru. Hehehe…
    ~~~

    @ Dear Dimazspeed,

    Email sudah saya kirim via japri.
    ~~~

    @ Dear Dwi Yanto,

    Hehehe… sebenarnya tentang notebook.

    Salam.

  7. bozz Dewo, mau tanya neh.. Notebook Axioo build quality-nya bagus ndak? Bagusan mana sama Acer?
    Aku agak alergi sama Acer, di kantor punya 4 notebook Acer, semuanya punya build quality yg payah. Rata2 baru 6 bln bodi di bagian engsel dah pada pecah. Analisa sementara sih emang engsel notebook Acer terlalu keras shg menyebabkan casing yang menjepit engsel tsb mudah fracture/retak.
    Hal yg sama tidak terjadi pada notebook Toshiba, Dell, Fujitsu & IBM (properti kantor semua).
    Makanya boss, mohon pencerahan ya…
    Bini butuh laptop, aku cari2 ada 2 pilihan: Axioo (tipe lupa) Core2 Duo 12.2″ harga sekitar 7,5jt & Toshiba second Core Duo layar 13.4″ harga juga sekitar segitu. Aku prefer notebook yg layarnya kecil, biar bini ndak cepet lelah kalau nenteng ini laptop.
    Kalau boss Dewo jadi saya, pilih yang mana?
    THx & GBU.

  8. @ Dear j4p,

    Axioo build qualitynya bagus kok. Terutama yang keluaran baru. Pengalaman kami menggunakan Acer tidak pernah ada masalah. Di kantor kami menggunakan 4 Acer dan sisanya campuran Toshiba, Dell, Lenovo, HP/Compaq, MSI, Axioo, Zyrex. Yang bermasalah justru yang MSI yang casingnya jebol. Mungkin karena pemakainya ceroboh.

    Tapi yang lain2 tidak ada masalah. Saya sendiri sudah beberapa kali pakai Acer dan cukup puas.

    Sebelum membeli Lenovo saya sempat tercuri perhatiannya oleh Axioo (seri lupa) yang 12 inch dengan warna-warni ngejreng (pilihan: kuning, putih, silver). Tetapi saya sudah menetapkan kriteria kalau saya butuh layar & keyboard besar seukuran notebook 14 inch. Maklum, saya kan programmer (dan blogger) yang lebih banyak menatap layar dan mengetik sehingga dibutuhkan layar & keyboard yang nyaman. Akhirnya saya memilih notebook Lenovo 14 inch yang punya perlengkapan eksotis.

    Kalau Mas J4p banyak mobile, memang lebih baik memilih notebook kecil & ringan. Axioo cukup bagus kok karena sebenarnya Axioo re-branding dari pabrikan notebook besar (dulu re-branding dari FIC. Kalau yang sekarang saya belum menyelidikinya). Sedangkan jika dibandingkan dengan Toshiba, tampaknya ada perbedaan sedikit dengan spesifikasinya:

    1. Prosesor Core 2 Duo (Axioo) vs Core Duo (Toshiba). Sebaiknya memilih yang Core2 Duo karena performanya lebih baik.

    2. Layar 12 inch vs 13,3 inch. Enakan yang 13,3 inchi. Lebih enak dipandang. Otomatis ukuran keyboard juga lebih besar yang 13.3 inch. Jangan lupa perhatikan layarnya, apakah sudah bright (mengkilap) atau belum. Layar yang bright (mengkilap) lebih bagus dan tentunya lebih mahal. Kalau tidak salah Axioo masih pakai layar biasa, belum yang bright.

    3. Baru vs Bekas. Axioo baru tentu lebih terjamin dengan adanya garansi. Sedangkan Toshiba bekas berarti harus siap-siap dana untuk pemeliharaan & perbaikan. Jangan lupa bahwa piranti kompie seperti harddisk itu punya masa hidup. Rata-rata harddisk punya masa hidup 3 tahun dan bisa berkurang jika sering dipakai.

    Kesimpulannya: kedua-duanya layak pilih. Axioo merek lokal memiliki jaringan purna jual yang sudah lumayan. Jadi tidak perlu ragu membeli Axioo baru. Tapi jika sering digunakan untuk presentasi di client, lebih baik membeli Toshiba yang punya merek “menjual.”

    Semoga dapat membantu. Salam.

  9. Woowww jawabannya lengkap & jelas.
    Tenkyu berat ya..

    GBU.

    PS: Kalau dah sampai smg jangan lupa dolan ke tempatku ya… Sayang rumah makan kami tutup dari tanggal 11/10 s/d 25/10,

  10. Mas, mau tanya?
    Saya punya lenovo sama persis kaya mas, tapi saya beli bekas.
    Mau minta driver buat audionya dong.
    Bisa dikirim lewat email ga?

    Pleasee bgt, soalnya kemarin malem abis di format ulang. Suara speakernya ga keluar, yang keluar cuma headsetnya aja? KAlo tau solusinya, sekalian deh.

  11. saya juga pake tuh notebok, apa mas punya masalah sama dg saya. saya ngrasain nih laptop kurang cepet dibanding dengan seri hp dengan spesifikasi sama.
    saya sekarang pake ram 2 Gb. tapi perbedaannya enggak terlalu jauh ketika pake ram 512

  12. @ Dear Darminto,

    Lambat-tidaknya tergantung aplikasi apa yang dijalankan. Jika aplikasi yg dijalankan cukup berat, maka memang rasanya daya bisa saja kurang. Tapi jika digunakan untuk menjalankan program biasa-biasa saja seperti office, maka sebenarnya daya di Lenovo sudah cukup kok.

    RAM besar sangat berguna jika kita menjalankan banyak program yg rakus memori sekaligus. Tetapi jika hanya utk menjalankan 1-2 program saja, maka kita tidak perlu memasang RAM terlalu banyak.

    Salam.

  13. Bos…saya jg pake lapiy ini memang enak pake ini semua yang liat pasti bilang “ih keren padnya jadi satu” he5x.

    Tapi saya punya 1 masalah….mgkn ada yang bisa bantu??cd recov saya entah d mana…kmrn baru install ulang nah skrg jdnya g bisa pk blututh, g bisa dgr suara, g bisa wifi d…ada yg bsa bantu thx be4 coz saya sdh coba donlod d web nya tp tetap tdk bisa…thx be4.

    hate_raiser@yahoo.com

  14. @ Dear Ghana,

    Notebook saya belum ada bluetooth-nya. Punya Anda sudah dilengkapi bluetooth ya?
    Untuk bluetooth & soundcard, jangan lupa instal driver bluetooth & soundcard. Di situs driver Lenovo ada kok driver-nya.

    Salam.

  15. Pak Dewo, saya juga pengguna lenovo 3000 Y400, udah sejak Mei 2007. Tadi malem ada kecelakaan, kabel adaptornya putus. Kebanyakan ditekuk2 sih.
    Any idea dimana saya bisa mencari adaptor pengganti? Mau tanya ke agen tempat saya beli, tapi masih kepagian nih.
    Spec adaptornya: input 100-240V 1,5A ; 50-60Hz ; output 19V 3,42A

    Nyari di Ambasador atau Ratu Plaza ada gk ya?
    Pls advise. Thanks

  16. @ Dear Pak Imam Santoso,

    Sebenarnya kalau hanya kabelnya yang putus, mungkin bisa diganti kabelnya saja. Tapi jika sudah parah dan tidak memungkinkan, sebaiknya ganti adaptor saja.

    Sayangnya saya tidak tahu membeli adaptornya dimana. Mungkin di Ambasador ada.

    Maaf karena tidak banyak membantu.

    Salam.

  17. Tidak apa2 Pak Dewo, karena akhirnya saya menemukan adaptor yang dimaksud di gerai LENOVO Mal Ambasador.
    Keluaran LENOVO dengan part number 41R4326. Spesifikasinya cuma beda di ampere outputnya, jadi 4,74A. Kalau saya baca di manual notebook-nya, ampere segini masih tolerable, terutama untuk graphic card machine yang discrete. Harganya 750ribu. Lumayan murah untuk ukuran harga dollar yg lagi fluktuatif begini.
    Oh ya, mungkin ini bisa jadi referensi bagi sesama pengguna LENOVO 3000 Y400, karena kelihatannya di seri ini kita2 masih dapet adaptor abal2 (bukan merk lenovo) dari distributornya. Jadi sangat mungkin mutu produknya kurang optimal. Punya saya kemarin itu kabel yang putus tepat di ujung adaptor menuju ke notebook. Jadi memang mencari adaptor penggantinya yang sulit. Takut norebooknya mbledug :))

    • Pak Imam…klo boleh saya minta copy cd bawaan lenovo anda, soalnya punya saya ilang nih, dah coba donlot tp ada yang gak sesuai..mohon bantuannya…trims

  18. Minta tolong informasi driver audio nya donk..saya dah coba driver2 dari http://www-307.ibm.com tetep tidak bisa, ada yang menginfokan kalau pake Realtek, tp saya jg sudah beberapa kali coba install driver Realtek tetep gak mau bunyi, trus kok touchpad nya gak bisa jalan ya? apa yang harus di setting lagi supaya touchpad nya jalan? driver padahal dah dapet.
    Terima kasih sebelumnya

  19. Saya punya notebook yg sama Y400, dan masalah saya sama dengan Oky, dimana touchpad tidak berfungsi sehingga terpaksa pakai external mouse.. Ada saran?

    @Oky, apakah saya bisa dikirimkan touchpad driver nya ke japri? Email address saya aulvinbasyir@yahoo.com, terima kasih sebelumnya.

  20. Boss…saya boleh minta copy cd bawaan lenovo anda? soalnya punya saya ilang & dah coba2 donlot ternyata ada beberapa yg gak sesuai, contohnya seperti bluetotthnya, trus ada 2 lagi yang saya gak tau speknya apa (aslinya saya gaptek nih tapi nekat coba2) soalnya di device manager tulisannya “Base System Device”…trims atas bantuannya

    • @Kambingcinta,

      Oh iya, yang saya punya juga sama. Pesan itu muncul setiap kali start Windows XP. Tapi saya abaikan saja karena sudah saya coba instal driver dari CD tapi tidak dikenali.

      Diabaikan saja kayaknya tidak bermasalah kok.

      Salam.

  21. Sesama pengguna lenovo Y400… mungkin di device manager base system device itu maksudnya Ricoh 5-in-1 card reader bro…

    Oya tipe laptopku Lenovo 3000 Y400 9454-23A, sekedar sharing kalo ada yg upgrade ke Vista or Windows Se7en audionya pake yang SoundMAX. (khusus tipe 9454-23A). Bisa download di http://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/document.do?lndocid=MIGR-67400

    Sementara yang pake Realtek (tipe selain di atas) http://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/document.do?lndocid=MIGR-67340

    Mudah-mudahan membantu bro…

    Oya sekarang Y400ku jalan lancar di Windows Se7en… ^_^

    Salam

    • @Hengky Purnomo
      utk lebih spesifiknya, Lenovo Y400 milik Sdr Hengky seri berapa ya? (dilihat di bagian bawah laptop, e.g: 9454-24A)
      soalnya beberapa seri menggunakan audio card dari manufaktur yg berbeda-beda.
      Kemudian yg tak kalah penting Sdr Hengky menggunakan operating system Windows XP, Vista, atau Seven?
      Salam

  22. Punyaku jg Y400, ada masalah wktu pke OS Vista.
    Smua driver (support vista) sdh di install, suara sdh keluar (pake realtek), bluetooth berfungsi, touchpad sdh bisa, driver memory card sdh di install, chipset jg sdh di install tapi di device manager masih ada hardware yg belum terkenali –> base system device (ada 2).
    Waktu nyoba jalanin tombol ‘lenovo shuttle center’ yang warna merah di pojok kanan atas laptop, tombolnya gak fungsi. Jadi gak bisa mengecilkan atau membesarkan suara lewat tombol ini. Kenapa ya? Apa ada driver khusus?

    • wah mas rizky..kbetulan saya mengalami problem yg sama dgn audio yg tdk keluar langsung dr speaker lenovo 3000 y400 saya.
      kalo pake jack utk headset ada suara di earphone / di speaker active (eksternal)
      namun jika jack tdk dicolok, suara tdk keluar sama sekali.
      dan jika pengaturan besar kecil volume dari keyboard (Fn + kanan/kiri) tdk pengaruh volume nya di speaker active/headset yang ada bila dicolok.
      problem ini timbul sejak sy install ulang win utk switch ke vista, dan akhirnya skrg pake win xp tapi trnyata masalahnya masih sama.
      padahal sudah install driver audio dari website lenovonya tapi masih tdk bisa..

      mohon bantuannya dari rekan2 sekalian utk masalah ini yah.
      sebelumnya terimakasih jika memang ada yg bersedia membantu.
      salam

  23. @mas rizky..kbetulan saya mengalami problem yg sama dgn audio yg tdk keluar langsung dr speaker lenovo 3000 y400 saya.
    kalo pake jack utk headset ada suara di earphone / di speaker active (eksternal)
    namun jika jack tdk dicolok, suara tdk keluar sama sekali.
    dan jika pengaturan besar kecil volume dari keyboard (Fn + kanan/kiri) tdk pengaruh volume nya di speaker active/headset yang ada bila dicolok.
    problem ini timbul sejak sy install ulang win utk switch ke vista, dan akhirnya skrg pake win xp tapi trnyata masalahnya masih sama.
    padahal sudah install driver audio dari website lenovonya tapi masih tdk bisa..

    mohon bantuannya dari rekan2 sekalian utk masalah ini yah.
    sebelumnya terimakasih jika memang ada yg bersedia membantu.
    salam

  24. Pak dewo tolong dong, kasus laptop saya juga sama neh, bluetooth, wifi, suaranya ga bisa. pusing sudah… dowload tapi pas di install tidak bisa juga………..
    di computer managementnya masih ada yg “?”
    ? Base System Device
    ? Base system Device
    ? Network controller
    ? PCI Device
    kalau ada yg punya cd drivernya boleh dong saya burning………

  25. mass aku mau tanya..mas pnya simpenan keyboard lenovo3000 y400 gak? krn pnyku kena air minta ganti ??plis jawabannya di tunggu

  26. Mbah DEwo..sy pny masalah pd LENOVO 3000 Y400 dng seri tdk tau..prosesorny centrino duo.knp suaranya tdk kluar dr speakerny n jack outputny.baik win7 atw winXP..kalau q arahkan ke icon speaker d pojok kanan bwah muncul pesan NO AUDIO OUTPUT DEVICE IS INSTALLED (pd WIN7)…apakan itu artiny soundcard g ad atw bgaimana.mklum awam..sy install win 7 starter..krn laptopny g supoort OS 64 bit..apakah seri lenovo it memang g support OS 64 bit atw perlu settingan d bios…gmn pencerahanny mengenai permasalah itu..thx

  27. halo mas dewo.

    salam kenal ya. saya juga pengguna lenovo Y400. akhirnya minggu lalu saya terpaksa me-reinstall karena kondisinya sudah mirip suaka virus hehehe. masalahnya cd driversnya sudah ngga ketemu, jadinya saya hunting di web. akhirnya dapat juga yang dicari tapi setelah semua driver di install, tinggal 1 hardware yang masih unrecognize yaitu base driver system. saya berusaha cari tapi karena kurang paham jadinya masih belum dapat.

    mohon bantuannya, kira-kira panjenengan ada advice ndak.

    salam.

  28. I like the helpful info you provide for your articles.

    I’ll bookmark your weblog and test again here regularly.

    I am slightly sure I will learn many new stuff proper
    right here! Good luck for the following!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.