Manusia Itu Punya Akal Budi

Saya percaya bahwa setiap manusia memiliki akal budi. Dengan bekal yang sangat berharga ini, manusia mampu menentukan setiap langkah dalam kehidupannya: apakah akan maju, mundur atau malah menyimpang? Akal budi yang baik akan mengarahkan manusia ke jalan yang lurus. Mungkin pada suatu saat manusia akan mundur atau menyimpang salah jalan. Tetapi akal budi inilah yang akan berupaya meluruskan kembali jalan hidup kita.

Akal budi ini adalah anugerah terbesar dari Tuhan untuk manusia. Inilah yang membedakan kita dengan hewan atau bahkan dengan tumbuhan. Dengannya kita dapat mempelajari dan mendalami keimanan. Dengan iman inilah manusia dengan akal budinya mampu mengenali Tuhan.

Tetapi banyak orang yang tertipu karena keterbatasan akal budinya dan menganggap pikiran manusia berseberangan dengan iman. Tetapi yang benar adalah iman itu sebagai penuntun akal budi agar perjalanan hidup manusia tidak menyimpang alias salah jalan. Dan dengan akal budi kita dapat memperdalam iman. Dengan iman, manusia mampu mengenal Tuhan dan berjalan lurus menuju kepada-Nya.

Jadi mana yang harus dirunut terlebih dahulu? Akal budi atau iman? Semoga kita tidak terjebak dengan polemik mana dulu antara telor dengan ayam, karena akal budi dan iman itu berjalan beriringan dan saling melengkapi.

Iklan

9 respons untuk ‘Manusia Itu Punya Akal Budi

  1. Pertamaxxx Mas Dewo 😉

    Kalau aku memilih Iman duluan karena Iman adalah suatu bentuk kepercayaan penuh ter-hadap sesuatu yang kita percayai. Dan akal budi yang menjadi media bagi kita untuk meng-Iman-i apa yang kita percayai. 😛

  2. Akal budi tanpa iman akan membuat orang berbuat seenaknya, nubras-nubras! Iman tanpa akal budi akan membuat kita mengolah apa yang sudah Tuhan berikan untuk kita. So musti balance lah.

    Ayam ma telor ya duluan ayam.

  3. Bro perdebatan duluan mana ayam dengan telor hanya perdebatan orang atheis, coz sama aja memperdebatkan apakah adam dilahirkan apa diciptakan, lha wong khan jelas adam diciptakan dalam bentuk sempurna manusia tidak melalui bentuk embrio atawa tidak ada proses sperma ketemu sel telur begitu juga ayam ketika pertama kali diciptakan.

    IMAN ADALAH LENTERA AKAL YANG MENERANGI JALAN YANG AKAN DITEMPUH !

  4. duluan telor atau ayam??
    kalo saya jawab telor dulu soalnya klo pagi sarapan pake telor, baru siangnya makan pake ayam….HeHehe Just Kidding

    klo iman sama akal budi? menurut saya ya duluan hati nurani. akal budi melakukan sasuai dengan hati nurani sedangkan iman adalah keyakinan atas apa yang kita percayai. entah berasal dari hati nurani atau akal budi.

  5. Mas, mungkin perlu dijelaskan dengan link, yang dimaksud dengan BUDI itu apa?
    apakah berasal dari kata BUDHI, atau malah temannya si wati yang selalu seksi.

    Menurut saya, iman (iman dalam arti mendungu buta) tanpa budi itu cuma bikin manusia jadi robot, jadi zombi yang mudah dikendalikan, diadudomba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.