Mouse di Vista

Wah rupanya sudah setahun lebih saya menggunakan Acer 3045 & Vista Business. Sejatinya saya sudah mengalihkan sisop Vista ini ke Ubuntu 8.04 menyusul Lenovo yang malahan sudah beberapa kali ganti distro. Hem… belakangan malah saya lebih sering boot ke Ubuntu dari pada ke Vista. Apakah saya pada akhirnya termakan iklan Ubuntu: “You’ll never go back”? Bisa jadi akan ke sana.

Tapi sebelum benar-benar nyebur ke Linux, saya sedikit ada cerita mengenai mouse di Vista. Pada awalnya, Acer 3045 sudah dibekali sebuah mouse mungil yang lucu dan keren. Tetapi kemudian mouse mungil dan keren tersebut almarhum alias tidak bisa menggerakkan panah di kompie. Demikian juga mouse satunya. Oh iya, dulu kami membeli Acer 3045 dua buah. Mouse-nya juga 2 buah. Dan keduanya almarhum dalam jarak yang dekat. Hem…

Tentu saja pada akhirnya kami membeli mouse baru. Tapi apa yang terjadi? Rupanya mouse baru tidak bisa bekerja, tapi di XP atau pun Linux bisa bekerja. Rupanya problem ada di Vista. Pada saat itu jalan pintas yang saya lakukan adalah dengan menukar mouse yang kompatibel dengan Vista. Dan masalah pun selesai. Hehehe… saya memang lebih menyukai menggunakan mouse biasa dari pada touchpad di notebook. Padahal touchpad di Acer 3045 ini cukup enak dan responsif.

Rupanya kemarin saya harus ganti mouse lagi. Saat mendapat mouse baru, rupanya mouse tersebut juga tidak bisa berjalan dengan semestinya. Padahal di Ubuntu dapat berjalan dengan sangat baik. Walau pun mouse bisa terdeteksi dan Vista mencoba mencari driver-nya baik di lokal mau pun internet, tapi mouse tetap tidak bisa dikenali. Bahkan di daftar hardware tercantum sebagai “Unknown device.” Weks… rasanya ada yang salah dengan Vista.

Ya sudah, mumpung ada waktu, akhirnya saya mencari-cari solusi di internet. Dan yang terjadi adalah bahwa rupanya banyak orang yang senasib dengan saya. Banyak thread forum yang tidak terpecahkan. Syukurlah saya menemukan sebuah thread yang setelah saya coba dapat memecahkan masalah. Sayangnya saya tidak sempat menyalin URL-nya. Tapi berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

1. Unplug dan kemudian plug mouse.

2. Ketika dikenali dan timbul dialog box “Update Driver Software – Launch Manager” untuk instalasi driver, pilih yang “Browse my computer for driver software.”

3. Jika poin 1 & 2 tidak bisa berjalan, maka langsung menuju Contro Panel » System » Advanced System Settings. Pada window “System Properties” pilihlah tab Hardware, maka akan muncul window “Device Manager.” Pilih device yang bermasalah (dalam hal ini adalah mouse yang unknown device). Pilih opsi “Update driver”, maka akan timbul dialog seperti di poin 2.

4. Kemudian akan timbul dialog box “Browse for driver software on your computer.” Pilihlah opsi “Let me pick from a list of device drivers on my computer.”

5. Timbul box “Select the device driver you want to install for this hardware.” Hilangkan tanda centang pada opsi “Show compatible hardware” sehingga akan muncul daftar brand di sebelah kiri dan daftar produknya di sebelah kanan.

6. Pilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan mouse Anda. Kalau saya memilih brand Logitech dan tipe USB MouseMan Wheel.

7. Teruskan proses instalasi driver ketika timbul dialog box yang mempertanyakan kompatibilitasnya.

8. Dan apa yang terjadi? Mouse saya kini dapat bergerak dengan lincah.

Wah, ini tulisan niat banget. Tapi saya rasa cukup berharga saya tuliskan jika seandainya ada yang memiliki masalah yang sama. Semoga bermanfaat.

10 pemikiran pada “Mouse di Vista

  1. Makacih buah tipsnya.
    Tapi saya masih belum tergoda pindah ke Vista…
    Masih setia pake xp & usus buntu bozzz…

  2. bro Dewo,

    visat versi berapa tuh? boleh dong, soalna gw juga banyak yg make vista, so fa orak opo2 nih, tapi takutnya kena juga deh, versi brapa ya bro vista mu?

  3. Sebenarnya dah lama pengen icip2 ubuntu, tapi saya masih blank sama sekali, dan kata temen saya yg udah biasa pakai ubuntu bisa boot 2 OS sekaligus, jd win tetap ada.
    atau bisa couching sama mas dewo nie? hehehe

  4. bro Dewo,

    gw batal pake Ubuntu setelah liat rekommended nya dan fasilitasnya.. mungkin ntar aja hehe

    bro, gw make mouse sembarang merk bisa, logitech optical juga bisa, dan yg terakhir baru beli catridge dari Hp trsu dpt hadiah mouse optical mini – gw rasa merk murahan deh, so far ok-ok aja bro.

    makanya gw kaget vista mu bisa bermasalah? vista yg gw make semua bawaan dari notebook, pernah install visat bajakan tapi ok2 aja.

    bro versi nya beda kali? coba cari yg terbaru, klo seperti yg bro jelasin di atas, berarti fitur plug-play nda jalan tuh? masa harus nyari manual kaya win 98.

    thanks bro bagi-bagi ilmu na ya…

    peace ….

  5. bro Dewo, gw ada pertanyaan,

    baru balik dari user nih, pernah liat virus yg muncul kayak screensaver yg isinya tentang apa lah gitu, klo gw dpt yg masalah pendidikan dan agama tapi klo di klik EXIT, balik lagi ke windows, ini dah 2 kali nih. yg pertama gw bantai aja, tapi yg kedua ini ada solusi ga? itu apps hidden dimana? mseti nyari di registri ya?

    gw make symantec norton antivirus license dan update trus bro..

    mohon masukkannya ya…..

  6. @ Dear Bro Max (#7),

    Waduh maaf Bro, di Linux tidak ada masalah seperti itu, jadi tidak tahu mengatasinya. Hihihi…

    Kebetulan aku tidak pengalaman di dunia per-virus-an. Selama ini aku pakai Antivir dan selalu up to date sehingga tidak pernah kena virus (dan jangan sampai kena virus).

    Maaf, saya tidak bantu. Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.