Selangkah Lagi: Kilas Balik Langkah Sisfo Kampus

Lima tahun yang lalu, saat aku mulai merintis Sisfo Kampus, aku menetapkan 3 sasaran utama yang harus dicapai oleh Sisfo Kampus. Mungkin para pembaca situs Sisfo Kampus akan tahu apa yang kumaksud. Tidak lain dan tidak bukan adalah tiga-solusi yang menjadi visi-misi Sisfo Kampus.

Apakah tiga-solusi ini sudah terwujud? Jika belum, sudah sampai mana?

Solusi yang pertama adalah Total Solution. Solusi ini berwujud sebuah sistem informasi yang mengelola kegiatan administrasi perguruan tinggi. Pada tahun 2003, mungkin Sisfo Kampus adalah satu-satunya SIM asli buatan Indonesia yang open source. Dan mungkin yang pertama kali aplikasi manajemen yang berbasis web di Indonesia.

Berangkat dari keunggulan ini, Sisfo Kampus dapat menciptakan momentum di dunia software manajemen dan internet sehingga menjadi pioneer di bidang ini. Bahkan beberapa vendor software menjadikan Sisfo Kampus sebagai kiblat dan dasar bagi pengembangan produk mereka. Demikian pula dengan banyak perguruan tinggi yang menjadikan Sisfo Kampus sebagai standar requirement pengembangan dan implementasi atau belanja software manajemennya.

Sampai pertengahan tahun 2008 ini Sisfo Kampus telah mencapai rilis ke-3 (code: Semarang). Dan versi 3.5 sedang dipersiapkan untuk dipublikasikan. Pada versi 3.5 ini, tampilan Sisfo Kampus telah mengalami banyak perubahan, terutama dalam rangka menjembatani dengan bundle software e-learning (moodle.org), perpustakaan digital (GDL) dan manajemen perpustakaan (Otomigen). Diharapkan integrasi ke-4 software ini dapat berlangsung dengan baik, terutama karena adanya fasilitasn single sign-on dengan LDAP.

Tidak hanya itu, instalasi Sisfo Kampus menjadi lebih mudah dengan adanya wizard yang disumbangkan oleh Sugeng (pengembang & pemelihara Sisfo Kampus).

Solusi kedua adalah Global Solution. Solusi ini berwujud sebagai SIM perguruan tinggi dengan mekanisme ASP (application service provider). Untuk menekan biaya implementasi/investasi dari perguruan tinggi, Sisfo Kampus menawarkan solusi SIM dengan sistem sewa.

Walau pun sistemnya adalah sewa, tapi Sisfo Kampus sudah dikustomisasi sesuai dengan SOP/alur proses perguruan tinggi. Yang menarik adalah semua kustomisasi ini nyaris tanpa biaya. Sisfo Kampus telah memberikan kebijakan bahwa semua biaya tersebut telah ter-cover di biaya berlangganan bulanan. Dan biaya bulanan ini tidaklah terlalu memberatkan perguruan tinggi. Apalagi ditambah dengan fasilitas Sisfo Kampus Membership sehingga pengguna dapat berkonsultasi kepada tim support Sisfo Kampus dengan layanan prioritas tinggi.

Global Solution ini telah dimulai akhir 2007 kemarin dengan memberikan layanan kepada 9 perguruan tinggi, tapi dengan kebijakan yang berbeda. Selanjutnya dengan bekerja sama dengan Aplika Nusa Lintasarta, Sisfo Kampus lebih mantap lagi dalam menjalani dan merealisasikan solusi kedua ini.

Sebagai Global Solution, Sisfo Kampus tidak hanya menawarkan SIM perguruan tinggi, tapi juga SMS gateway, portal perguruan tinggi, dan bundle software pelengkap, yaitu e-learning, perpustakaan digital & manajemen perpustakaan. Tapi untuk menambahkan layanan ini, perguruan tinggi perlu menambahkan sewa storage yang tentu akan membesar setelah penambahan layanan ini.

Solusi ketiga adalah Knowledge Solution. Sebenarnya cetak-biru solusi ketiga ini sudah dibuat sejak awal 2004. Sayangnya sangat sulit untuk merealisasikannya. Tetapi bukannya tidak mungkin untuk direalisasikan. Masalahnya cukup fundamental, yaitu keterbatasan SDM yang memiliki bekal keterampilan dan pengetahuan dan manajerial untuk mewujudkannya. Bahkan aku sendiri yang memimpikannya tidak punya bekal yang cukup untuk mewujudkannya.

Memang apa knowledge solution yang dimaksud?

Ingin tahu seperti apa knowledge solution? Ikuti terus serial tulisan “Selangkah Lagi.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.