Nge-Test Bandwidth Axis

Kali ini aku mencoba menggunakan alternatif koneksi berikutnya, yaitu menggunakan Axis yang memberikan penawaran menarik, yaitu jalur 3G (UMTS teoritis kecepatannya 384 kpbs) dengan biaya koneksi Rp 0.1/KB untuk 10 MB pertama (setiap hari) dan selanjutnya Rp 1/KB. Menarik baik bukan? (Sumber: Tarif Axis)

Mari kita bandingkan dengan Fren yang tempo hari sudah aku test 2x. Jika dibandingkan dengan Fren Prabayar yang tarifnya Rp 6/KB (atau Pascabayar Rp 2/KB), maka tawaran dari Axis ini benar-benar menggiurkan. Pantesan tempo hari pakai Fren pulsanya boros banget…

Sorenya aku membeli nomer Axis baru seharga Rp 8.000 dengan bonus pulsa 6.000. Hiks, padahal harga resminya Rp 6.000. Maklum, belinya di pinggir jalan. Itu pun bukan nomer cantik. Tidak lupa beli voucher pulsa Rp 20.000 buat tambahan nafas koneksi.

Pengesetan parameter WAP/MMS di ponsel dapat dilakukan OTA (over the air) dengan mengirimkan sms request ke 2288. Setelah itu akan diberikan pengaturan otomatis oleh Axis. Langsung saja aku coba untuk browsing dari SE M600i andalan. Setelah koneksi dapat terjalin dengan baik, tibalah saatnya untuk mengetest kecepatannya.

Platform pengetesan agak sedikit berbeda dengan pengetesan Fren tempo hari karena kali ini aku menggunakan Soner M600i plus kabel datanya. Yang masih sama adalah penggunaan Lenovo, Ubuntu 8.04 dan SpeedTest.net.

Kesan pertama saat koneksi terjalin adalah: WOW. Rasanya cukup cepat, melebihi koneksi Fren. Tapi perasaan belum boleh dijadikan patokan sebelum pengukuran yang sebenarnya. Woke, kita mulai pengukuran…

Pengukuran kulakukan 2x dengan pemilihan server yang berbeda. Yang pertama adalah menggunakan server Surabaya. Maklum, SpeedTest merekomendasikan server Surabaya untuk pengetesan. Server yang direkomendasikan oleh SpeedTest ditandai dengan warna kuning. Hasil test menggunakan server Surabaya menghasilkan angka 360 kbps untuk download dan 51 kbps untuk upload. Wah, cepat juga ya? Tidak salah kan perasaanku? Hehehe…

Test kedua menggunakan server Jakarta dan menghasilkan angka 358 kbps untuk download dan 51 kbps untuk upload. Masih WOW juga.

Sejatinya Axis menyediakan koneksi 3G (UMTS) dan 3.5G (HSDPA) di beberapa lokasi. Kebetulan di Tanjung Duren aku mendapatkan sinyal 3G antara 3-4 bar. Ini jauh lebih bagus dari pada XL 3G yang di sini cuma mendapat 1-2 bar. Itu pun lebih sering hilang dan kemudian beralih ke 2G.

Sayangnya aku tidak memiliki ponsel 3.5G sehingga aku tidak mengetahui ketersediaan jalur 3.5G Axis di Tanjung Duren. Secara teoritis 3G UMTS memiliki bandwidth 384 kbps. Dan koneksi Axis di sini mencapai 360 kbps. Nyaris maksimal. Sebagai catatan, kecepatan 384 kbps ini setara dengan tawaran Telkom Speedy untuk pelanggan rumahan.

Sip kan?

19 pemikiran pada “Nge-Test Bandwidth Axis

  1. ada paket bundling murah bro, cuman 220 rb sudah dpt kartu perdana 3 dengan puklsa total 15 rb + hp merk ZTE yg lumayan bagus dan tipis….

    ……

  2. Kayaknya baik ya? cuma kemaren semept coba 50rebong di sedot ga sampe 1 jam.. padahal cuma buat ceting sama browsing ke blog2 orang aja..wat hepen neh..? mkn ada setting rahasia dari axsis yang baik..? 😉

  3. udah tes ngenet pake tri lom mas dewo, klaimnya up to 1,8 mbps… lagi cari info sebelum korban iklan.

    numpang mampir…. mas

  4. kayaknya kalo sekarang sama aja mas. ibaratnya dulu jalannya masih baru, jarang ada yang lewat, sekarang sudah rame, banyak yang buka lapak juga, sama macetnya 😆

  5. memang benar yg admin katakan soal jaringan 3 G axis dan download nya yg hebat.saya juga mengalami hal yg sama.saya pakai axis pertanggal 10-05-2010 selalu pakai paket unlimited harian ( bebas quota ) . jaringan saya terkoneksi di angka 7.2 Mbps . speed naik turun 384-735 Kbps . saya download bisa tembus di angka 280-345 Kb/second. namun sekarang.mmmmm apa yg saya dapatkan selama ini tiba2 JEBLOK PLUS ANJLOK . memang jaringan saya masih tetap di angka 7.2 Mbps ( pakai huawei G 160 orange ),untuk browsing sih lancar2 saja. pertanggal 23 -06 2010 . untuk download.axis sudah hancur total.pakai IDM seperti biasa hanya mampu di angka 5-7 Kb/second. sabar tingkat tinggi lah akhir nya pakai axis. hanya mengoda perdana sebulan saja. selanjut nya konsumen disuruh sabar.segala setingan untuk mempercepat koneksi sudah saya tempuh.tetap saja JEBLOK . jadi.promo yang katanya unlimited dan paket puas itu adalah bohong belaka.hanya mampu untuk browsing dan sejenis nya. giliran download hancur lebur deh.
    sebaik nya kata2 promo tetek bengek ini disingkirkan atau diganti yg lebih profesional :

    AXIS MENGATAKAN : Hari gini aktif di dunia digital dong!

    Kalau kamu doyan internetan, apalagi download sana-sini, mending aktifkan Paket Puas Internetan Tanpa Batas dari AXIS.

    KATA2 APALAGI DOWNLOAD SANA-SINI ITU YG MEMBUAT SAYA MAU MUNTAH. DAN AKHIR NYA. SAYA BERHENTI TOTAL DARI AXIS .

    AXIS BENAR-BENAR NGGAK BAIK YA……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.