AHM Meraja Di Semester 1 2008

Menarik mencermati pertarungan dua produsen sepeda motor besar di Indonesia, yaitu antara AHM (Honda) dengan YMKI (Yamaha). Kedua produsen ini berkejar-kejaran dalam menorehkan prestasi penjualan. Dalam 2 tahun belakangan ini keduanya saling bergantian memimpin.

Dalam laporan penjualan semester 1 tahun 2008 ini, Honda kembali memimpin dengan meraih pasar sebesar 45.54%. Sedangkan Yamaha harus mangakui keunggulan rival terberatnya Honda dengan meraih posisi 2 dengan prestasi penjualan 39.93%. Sementara itu Suzuki masih seperti biasanya bertengger di posisi 3 dengan prestasi yang ketinggalan jauh. Kali ini Suzuki meraih porsi pasar sebesar 13.12%.

Bagaimana dengan produsen lain? Rupanya mereka masih harus berjuang ekstra keras karena kontribusinya masih di bawah 1% dari total penjualan nasional.

Tetapi yang menggembirakan adalah karena total penjualan semester 1 ini cukup fantastis, totalnya mencapai angka 3.088.673 unit. Ini berarti meningkat 45% dari periode yang sama di tahun yang lalu. Tercatat penjualan semester 1 tahun lalu menorehkan angka 2.116.996 unit.

Mengapa bisa sedemikian fantastis penjualan motor ini? Merujuk artikel di Tabloid Otomotif edisi 13:XVIII, beberapa narasumber berpendapat bahwa kenaikan ini adalah karena beberapa hal, yaitu karena keluarnya model-model baru yang menggoda dan juga karena kenaikan BBM.

Seperti yang sudah-sudah, kenaikan BBM memang sedikit-banyak menyumbangkan kenaikan penjualan motor. Mungkin masyarakat cukup panik ketika harga BBM makin menjulang dan lebih memilih menggunakan motor dari pada mobil yang lebih haus BBM.

Sedangkan kita tidak boleh memungkiri bahwa keluarnya model-model baru dari beberapa produsen memang cukup menggoda masyarakat untuk membelinya. Apalagi dengan sistem pembelian kredit yang sekarang sudah semakin mudah dengan uang muka yang sangat terjangkau. Menurut narasumber tabloid Otomotif, pembelian motor secara kredit mencapai 70-80% dari total pembelian.

Sedikit catatan untuk AHM, rupanya strategi AHM untuk kembali merajai kancah sepeda motor nasional cukup jitu, yaitu dengan menggelontorkan model-model baru inovatif. Tetapi apakah YMKI akan tinggal diam? Rasanya tidak. Mari kita tunggu produk-produk baru penggoda lainnya yang akan diterbitkan oleh ke-2 produsen besar ini.

~~~

Catatan: Data penjualan diambil dari Tabloid Otomotif edisi 13:XVIII (04 Agustus 2008) yang mengambil data dari AISI, judul artikel: “Pasar Motor Semester I 2008, Tiga Juta Unit Sudah Terjual” (hal 03).

13 pemikiran pada “AHM Meraja Di Semester 1 2008

  1. koq gak ada datanya Bajaj ya ? sumbernya dari AISI sih ya ?padahal gw yakin jualannya cukup bagus, dah banyak yg pake koq. dibandingin piaggio mah jauh kemana-mana

  2. honda mang manteph ngemeng2 bro dewo blog nya mantep ya mayan trus bwt bro mbelgedez napa sih sentimen amat ma honda udah gitu blog nya chupu abis tp gw bngung blog mantep ky fanderlart artiku dewo tuch g bersikap cenderung ke satu produk tp netral gw g percaya blog lw dhargain 1 m

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.