Review: Sony Ericsson G502

(Tulisan ini masuk ke dalam kategori Blogger’s Review.
Bagi vendor yang berminat me-review-kan produk dapat mengirimkan produknya untuk di-review.
Silakan menghubungi Dewo (0819 3250 9003, 0818 772626) untuk informasi lebih lanjut)

Sebelumnya ponsel Soner G502 sudah di-review oleh Bos Madzab Bocor Alus (Mbelgedez). Tapi kali ini saya akan me-review-nya dari sudut pandang yang berbeda, selain lebih teknis, juga lebih detail.

Oh iya, review kali ini memiliki format berbeda, yaitu adanya bagian “The Story Behind” yang akan menceritakan apa saja yang terjadi di balik tulisan review ini. Diharapkan bab “The Story Behind” ini dapat memberikan pengantar bagi setiap review.

The Story Behind

Sebenarnya ponsel Soner G502 ini dibeli dalam hari yang sama saat saya membelikan Ibu Nokia 5000 hari Jumat kemarin (05/09/2008). Cuma saja jamnya berbeda. Saya membelikan Ibu siang hari sedangkan G502 baru saya beli malamnya.

Dan yang asyik adalah karena saya dan Bune membeli seri ponsel yang sama. Tadinya saya berharap mendapatkan warna hitam, tapi ternyata warna hitam tidak ada stoknya. Akhirnya kami sama-sama mendapatkan warna Brilliant Hazel.

Sempat khawatir jika kami tertukar ponsel. Maklum, kami sering menghadiri meeting bersama dan sering teledor menaruh ponsel. Kalau sampai tertukar, bisa-bisa terjadi perang dunia ke-3. Hehehe…

Pada saat kami membeli G502 harganya sudah turun ke Rp. 1.625.000. Berbeda saat di-review oleh Bro Mbelgedez yang masih seharga Rp. 1.740.000. Sedangkan saat tanya harga K530, rupanya ponsel ini masih manteng di harga Rp 1.550.000. Masih sama seperti saat saya beli beberapa bulan yang lalu.

Saya dan Bune kompakan beli ponsel karena alasan yang berbeda. Kalau Bune ingin mengganti ponsel lamanya yang ternyata tidak perform terutama dalam hal komunikasi suara, kalau saya lebih karena sudah bosen dengan formasi ponsel saya saat ini. Sebelum ini saya menggunakan Soner M600 dan K530i. Sebenarnya ini merupakan kombinasi yang keren. Cuma kondisi M600 memang sudah semakin buluk apalagi ditambah rasa bosan. Jadilah saya menukar M600 ini dengan ponsel baru.

Kalau pun pada akhirnya kami memilih Soner G502, alasan utamanya adalah karena fiturnya sudah termasuk canggih tapi harganya masih cukup terjangkau. Selain itu memilih ponsel Sony Ericsson lagi berarti kami menghemat charger dan handsfree karena cukup membawa 1 set untuk 2 ponsel.

Setelah beberapa hari memakai G502 dan mengeksplorasi fitur-fiturnya, saya semakin yakin bahwa pembelian G502 ini sungguh-sungguh tepat. Tidak salah saya merekomendasikan G502 ke Bune.

Kesan Pertama

Kalau boleh dikata, Soner G502 ini memiliki bentuk yang rada aneh. Tidak biasanya, terutama di bagian tombol navigasi dan keypadnya yang bergelombang. Kalau Soner K530 memiliki batasan yang jelas untuk tombol-tombol navigasi ini, maka pada G502 tombol kanan-kirinya kesannya terpisah. Formasi ini sejatinya sama saja dengan K530, tetapi permainan layout dan warna dan juga karena permukaannya yang bergelombang membuatnya menjadi agak beda. Kalau boleh dikata, ponsel-ponsel Soner memang sering memainkan bentukkan keypad ini. Pada beberapa produk malah menjadi trend setter bagi produsen lain.

Terus terang dengan bentuk baru ini, saya menjadi agak kagok saat menggunakan G502. Tetapi saya punya satu tip untuk mengatasi kekagokkan ini, yaitu dengan tidak melihat/memperhatikan bentuk/layout kedua tombol ini, niscaya kita tidak akan kagok lagi. Kalau perlu merem. Kalau nekad memperhatikannya, kita akan jadi terganggu dengan pemisahan kedua tombol ini, padahal sebenarnya tata letaknya sama saja dengan K530. Rupanya ada ilusi yang bermain di sini.

Menurut saya ponsel ini memiliki kombinasi bentuk dan warna yang keren. Walau pun bentukannya yang candy bar itu sudah merakyat, tapi Sony Ericsson mampu membuatnya menjadi tampak mewah. Minimalis tapi penuh kesan. Bune pun sependapat dengan saya.

Tapi lain ceritanya ketika ponsel ini dinilai oleh Ibu. Rupanya Ibu kurang suka dengan desain ini. Malahan dengan kejam Ibu bilang kalau bentuknya jelek. Mungkin karena Ibu sudah terlanjur suka dengan Nokia 5000 yang bentukannya lebih mudah diterima.

Fitur Unggulan

Ponsel Soner ber-genre “G” (Generation Web) ini sudah pasti mengunggulkan kecepatan koneksi ke internet. Dan G502 cukup mumpuni dengan koneksi 3.5G HSPDA-nya yang secara teoritis mampu menembus kecepatan 3.6 Mbps. Sayangnya saya hanya sempat mencoba dengan Axis yang baru memiliki jaringan 3G.

Fitur lain yang membuat saya ngebet membeli ponsel ini adalah layarnya yang sudah memiliki resolusi 240×320. Layarnya memang termasuk kecil, cuma 2 inchi. Tapi saya tidak terganggu dengan kecilnya layar karena tampilannya sangat cerah dan tajam. Setajam silet. Halah…

Yang membuat tambah berkesan adalah karena respons menunya sangat cepat walau pun sudah lebih kaya animasi. Ini membuat saya malas menggunakan K530 yang jadi tampak ketinggalan jaman.

Kamera

Walau pun dikhususkan bagi peselancar dunia maya, ponsel seri G ini sudah dibekali dengan kamera yang bagus. Jika dibandingkan dengan K530, tampak bahwa performa kamera G502 sangat superior walau pun sama-sama cuma mentok di angka 2 Megapixel.

Pengambilan foto dengan G502 termasuk sangat gegas. Jika kamera digerak-gerakkan, maka gambar yang tertampil di view finder tidak banyak mengalami keterlambatan. Hasil fotonya pun sangat tajam.

Pemotretan outdoor memberikan hasil yang maksimal. Tajam dan detail. Tapi tidak demikian saat digunakan untuk memotret indoor. Cukup banyak noise. Syukurlah ada fitur night mode. Mengaktifkan mode malam ini tidak mengurangi performa pemotretan. Rupanya G502 sudah dibekali prosesor yang mumpuni. Membandingkan penggunaan mode malam antara K530 dengan G502 sudah cukup untuk membuktikan gegasnya prosesor G502.

Tampilan menu kamera G502 mirip dengan seri Cyber Shot (C). Cuma saja fitur kamera di G502 dipangkas, selain resolusinya yang cuma 2 MP, autofokus dan lampu blitz absen.

Aplikasi Edit in Photo DJ cukup mudah digunakan untuk memperbaiki kualitas foto yang kita ambil. Atau kalau mau lebih gampang lagi, klik menu Photo Fix saat me-review foto, maka foto kita akan dikonfigurasikan secara otomatis terutama untuk brightness-nya. Usah khawatir foto asli tertimpa karena kita diberi opsi untuk menyimpan foto yang sudah diubah ke file baru.


(Hasil foto outdoor)

Kita juga bisa merekam video dengan G502. Resolusi maksimalnya 320×240 dengan frame rate 15 fps (frame per second). Ketika dimainkan ulang di ponsel hasilnya sangat bagus. Sayang ketika dinikmati di PC menjadi tampak kekurangannya. Saya rasa ini sudah mencukupi untuk pengambilan video secara dadakan dan kualitasnya cukup untuk di-upload ke Youtube tanpa rasa malu berlebihan.

Konektivitas

Soner G502 dibekali kemampuan berkoneksi dengan piranti lain via bluetooth plus kabel USB khusus. Sayangnya kabel USB ini absen dari paket penjualannya. Untungnya saya memiliki kabel USB milik K530 sehingga saya bisa menggunakan G502 ini sebagai modem.

Pemanfaat G502 sebagai modem sangat mudah dilakukan. Cukup mencolokkan kabel USB ke Ubuntu Linux 8.04, maka secara otomatis akan dikenali sebagai ethernet. Belakangan Soner memang lebih senang menggunakan metode ini.

Sayangnya memanfaatkan fasilitas ethernet emulator di Windows XP memerlukan pen-download-an driver karena CD driver juga absen dari paket penjualan. Secara native G502 tidak dikenali oleh Windows XP walau pun sebelumnya saya sudah pernah meng-instal driver K530. Rupanya driver keduanya dibedakan. Tapi saya yakin bahwa sebenarnya driver keduanya sama, hanya saja string identitas-nya saja yang berbeda.

Bluetooth G502 juga lancar-lancar saja saya gunakan, terutama untuk berkirim-kirim foto ke notebook dan ponsel lain. Oh iya, kita bisa memanfaatkan G502 sebagai remote mouse. Ini sangat bermanfaat saat kita melakukan presentasi dengan notebook karena kita bisa me-remote-nya.

Multimedia

Rupanya batasan-batasan yang dibuat oleh Soner seperti ponsel (W) Walkman, (C) Cybershot, (G) Generation Web, dan lain-lain sudah semakin kabur. Coba saja lihat masing-masing jenis ponsel tersebut, pasti semuanya sudah memiliki fitur yang lengkap. Pengurangan atas kemampuannya memang diberlakukan, tapi pada dasarnya semuanya sudah lengkap.

Malahan ada banyak hacker yang menyulap ponsel seri K menjadi W660 hanya via software sehingga ponsel memiliki fitur musik yang mumpuni.

Kali ini kita tidak perlu meng-hack G502 karena ponsel ini sudah dibekali fitur multimedia yang mumpuni. Menu “Media” yang notabene sebelumnya hanya ada di seri Walkman rupanya sudah ada di ponsel ini. Kita bisa mengorganisasikan dan memainkan file-file multimedia dengan sangat menyenangkan terutama karena animasi-animasinya yang keren.

Mendengarkan musik pun sudah setara dengan seri Walkman. Equalizer-nya sudah memiliki preset Mega Bass ™. Sangat memuaskan mendengarkannya via headset. Sedangkan speaker built-in-nya cukup lantang. Di bagian belakang ponsel tidak terdapat ornamen yang mengindikasikan adanya speaker built in ini. Rupanya lubang speaker cuma segaris panjang di atas kamera. Benar-benar minimalis.

Sebaiknya kita memang tidak terlalu berharap banyak kepada speaker built-in ini. Kalau mau lebih hebat, seharusnya kita membeli seri Walkman.

Saya kebetulan masih memegang headset Soner M600 yang memiliki sambungan di tengahnya sehingga saya bisa menyambungkan headset ke speaker aktif. Ketika equalizer saya set ke Mega Bass ™, suara bass-nya benar-benar berat. Saat saya naikkan volume-nya, sub woofer dari speaker aktif tidak cukup kuat menyalurkan energinya dan terdengar pecah. Tapi dengan headset suaranya cukup bagus.

Oh iya, kita juga bisa memainkan slide show dari foto-foto kita dengan X-Pict Story. Uniknya adalah slide show dimainkan dengan efek-efek animasi dan transisi yang keren ditambah dengan musik latar belakang. Kita bisa memilih expresi slide show yang akan ditampilkan, yaitu Silent, Sad, Romantic, Happy atau Energy. Benar-benar keren. Seandainya saja kompilasi ini bisa disimpan sebagai file movie, tentu saya sudah mengirimkan tayangan ini ke keluarga & teman-teman. Hehehe…

Ponsel ini juga sudah dibekali fasilitas Radio FM Stereo. Sudah ada fasilitas RDS dan Track ID. Lumayan untuk hiburan di kala perjalanan.

Google Maps Minus GPS Receiver

Tadinya saya mengira ponsel ini sudah memiliki modul GPS internal, tapi rupanya saya salah. Ponsel ini memang mendukung penggunaan GPS tapi harus ditambahkan dulu modul GPS receiver external yang dapat dihubungkan ke ponsel via bluetooth.

Untuk melengkapi kemampuan GPS ini, G502 sudah dibekali dengan aplikasi Google Maps. Supaya dapat menunjukkan lokasi yang tepat di peta, kita juga harus terhubung ke internet ke server Google Maps. Tanpa akses ke server Google Maps, kita hanya dapat mengetahui koordinat-koordinat saja.

Asyiknya aplikasi ini adalah karena kita melihat lokasi dalam mode peta mau pun dalam bentuk tampilan foto satelit.

Lain-lain

Ponsel baru, terpaksa saya harus mendownload aplikasi Gmail lagi. Dengan Axis 3G, saya hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk mendownload Gmail mobile di http://gmail.com/app. Tampilan juga lebih lapang, sangat nyaman untuk membaca email.

Oh iya, walau pun sudah ada program email client bawaan ponsel, saya jarang memanfaatkannya. Alasannya adalah karena saya lebih senang membaca email dan menyimpannya di notebook. Kecuali Gmail tentu saja yang tidak memerlukan proses download email ke ponsel.

Yang sedikit menyedihkan adalah Game-nya. Ponsel ini cuma dibekali 1 game, yaitu QuadraPop. Padahal K530 memiliki 2 game bawaan, yaitu Investigators dan Tennis Multiplay. M600 malah lebih banyak lagi dengan 4 game-nya. Tapi dengan adanya dukungan Java Virtual Machine membuat instalasi game dan aplikasi lain dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

Yang juga menarik adalah fitur alarm-nya. Bukan karena fasilitas 5 preset waktu alarm-nya, tapi karena adanya fasilitas picture untuk masing-masing preset. Kita bisa menampilkan gambar yang berbeda-beda untuk masing-masing alarm. Asyiknya lagi di pengaturan alarm sudah ada short cut untuk menuju ke kamera. Sekali jepret dan langsung jadi gambar di alarm.

Kalau bosan dengan bunyi alarm-nya, kita bisa mengeset agar alarm menyalakan radio. Hanya saja kita harus memasangkan headset di ponsel karena headset ini juga berfungsi sebagai antena.

Baidewei, eniwei, baswei, fitur 5 preset alarm plus foto dan radio ini juga ada di K530. Fitur yang menyenangkan.

Poin Minus

G502 memang termasuk ponsel yang bagus, tapi saya menjumpai sedikit poin minus selain lay out keypad-nya. Yang pertama adalah tidak adanya kamera secondary untuk video call. Dan benar, ponsel ini memang tidak bisa melakukan video call.

Yang kedua adalah peletakan kartu memori tambahan. Letaknya ada di dalam casing di bagian samping dekat baterai. Kita harus membuka casing baterainya dulu untuk dapat mengakses memori external. Masih keren K530 yang memiliki tutup terpisah untuk memori externalnya. Membuka-pasang tutup casing baterai juga memberikan kesan khawatir, soalnya ada kait di tengah yang cukup keras. Sewaktu dibuka bunyinya keras. Jadi khawatir akan merusakkan kait-kait casing berbahan plastik ini.

Yang ketiga adalah casingnya yang murni dibalut plastik di sekujur tubuhnya. Ketika diletakkan di meja jadi licin dan mudah bergeser. Ini sedikit merepotkan saat permukaan alasnya tidak rata, melainkan menurun. Dijamin G502 akan melorot dengan sukses.

Lagi-lagi saya harus membandingkan dengan K530 karena ponsel K530 sudah memiliki bagian kesat di bagian belakang sehingga kita tidak khawatir meletakkannya di tempat yang miring.

Yang keempat adalah tombol shutter (utk pemotretan) dan zoom (yang sekaligus untuk pengatur volume suara) yang sangat kecil di sebelah kanan body. Kurang nyaman dipencet karena terlalu kecil. Dibandingkan K530 memang lebih besar K530. Tapi tampaknya ukuran ini sama dengan K610.

Penutup

Wah, rupanya saya sudah cukup panjang menuliskan review ini. Oke deh, saya tidak akan menuliskan panjang lebar lagi karena fitur-fitur lainnya standar.

Singkatnya, saya tidak menyesal membeli ponsel ini. Sangat mumpuni dan menyenangkan untuk dipakai. Malahan saya jadi malas menggunakan K530 karena serasa ketinggalan jaman. Padahal K530 baru beberapa bulan saya pakai. Bisa-bisa bakal ganti lagi nih. Tapi kalau melihat kondisi keuangan saya saat ini, tampaknya saya harus menunda penggantian K530 paling tidak beberapa bulan ke depan. Hiks…

Link Terkait

Sekilas Pandang: Tinjauan Umum G502 (Sony Ericsson Indonesia)
Spesifikasi: G502 (Sony Ericsson Indonesia)
Dukungan: Dukungan G502
Panduan: Panduan Pengguna
Download: Software G502

~~~

Blogger’s Review
Review ini dilakukan secara independent. Bagi vendor yang ingin me-review produk/jasa-nya di blog ini dapat menghubungi Dewo (0819 3250 9003 atau 0818 77 2626) untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Iklan

142 pemikiran pada “Review: Sony Ericsson G502

  1. Soner G 502 emang top banget…

    Ndak salah kalok sayah jugak bilang, untuk urusan koneksi internet ndak ada lawaaan……..
    Bener-bener memuwaskeun….
    :mrgreen:

    ***coba njajal 3.5 G nya, boss. bakal tercengang…***

  2. Udah bisa 3.5G mas? tapi kalau CD pc suit sama kabel usb ga disertakan agak repot juga ya, jadi harus beli terpisah? weleh-weleh…kl usb kabelnya K530 saya sih ada, kl compatible ya bisa dipakai barengan, masalahnya kl pc suitenya beda dan XP ga ngenali ya percuma

  3. Selamat ganti HP baru Bos Dewo….
    M600 dah dilego? Kalau belum, saya siap merawatnya… 😀

    ** nunggu kiriman M600 dari bos Dewo ah…… 😀

  4. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here…

  5. mas …

    kabel datanya nya sama dengan K510 atau w200 ga yah, soalnya aku dah punya kabel data buat ponsel tersebut

    Kalau sama seh ga ragu buat beli, trus head set nya beda ngga ya sama yang w200

    Kemudian kalau setting buat modem dengan pc susah ngga

    Terimakasih atas jawabanya

    Salam

  6. kayaknya saya gk jadi beli ni HP stlh ngeBaca tulisannya mas Dewo.. hiks2
    padalahl udah di incer 2 mgu…

    ada saran gk sony ericsson sejenis G502 tp kabel USB n drivernya termasuk paket penjualan???

  7. @ Dear Mas Jarwadi,

    Kayaknya sama deh. Soalnya kabel data Soner sama semua. Kecuali yg lain. Hehehe…

    ~~~

    @ Dear Kimkim,

    Lho, kenapa ga jadi beli?
    Oh, tentang kabel & driver ya? Saya beli K530 sudah lengkap dengan kabel & driver.

    Salam.

  8. Aku juga pengguna SE G502
    memang sih tidak ada bawaan kabel data & cdnya. tapi semua itu bisa teratasi. kita bisa beli DCU nya ditoko2 kalo gak kliru DCU 65 , kalo pingin murah beli aja kabel produk cina harga di tempatku kisaran 35 s/d 50 ribu kabel tsb kompatibel dg seri K750,W800,W810, K310 dll . mudah kata asal colokannya sama bisa di pakai seperti halnya Chargernya. kemudian untuk software PC Suite bisa download dari website sony ericsson lewat PC dirumah/warnet. wong file nya kecil (dibawah 30 Mb)
    Kalo pingin praktis menurutku mending pakai Bluetooth. dan kalo pakai bluetooth kan tidak hanya bisa buat Sony aja.
    kali kali aja ada temen yang butuh bantuan tetep bisa dipakai.

  9. maaf mas.. aku coba konek internet pake hp ini kok gagal terus yah.. ud pake pc suitnya… pake blutut sama kabel data sama aja..gagal.

    tapi klo lagsung di hpnya bisa.. settingan dr indosatnya ud beres… ada saran??

    oh iya.. saya coba di XP sp2 sama di vista sama aja hasilnya…mungkin ada settingan lainnya yang saya blm tau.. mohon bantuannya….

  10. @ Dear Adi (#17),

    Kayaknya itu karena seting utk koneksi via USB belum diset. Coba masuk ke menu:

    Settings > Connectivity > USB > USB network > USB data accounts

    Kemudian pilih koneksi sesuai dengan operator selular Anda. Jika belum, maka buatlah profile koneksi sesuai setting operator selular Anda.

    Semoga berhasil.

  11. Mas..g502 gw klo mo brows yahoo kok agak susah ya,kadang bisa kdg tdk..
    Apa cm g502 gw doang yg bgini neh? Tlong infonya mas..thanks

  12. @ Dear Hans,

    Yahoo memang termasuk berat. Tidak hanya lewat ponsel, lewat internet-PC pun berat. Jadi Mas Hans tidak sendiri, karena banyak dari kita yang juga mengalami hal yang sama.

    BTW, koneksinya sudah pakai 3G/3.5G? Kalau kecepatannya sudah di atas 384 kbps seharusnya bisa browsing Yahoo dengan cepat.

    Salam.

  13. mas ,aq mo tny nic soal hp g502! q tertarik bngt ma hp ni! g502 ni mendukung flash theme nggak..?… seperti theme2 milik se seri w, yg bisa ngerubah tampilan menu utama jd beda2/berubah…! n gmn perbandingan kelantangan dan kwalitas suara dg hp k660i … mohon dijawab ya…! thanks

  14. Wah.. Sebagai pengguna G502 yg dah 3bln, jd tertarik nih buat ngepost.
    G502 ga ngedukung flash themes. Tp krn java machineny dah ok, themes2 yg terbaru pun bs d pake, mlh lbh keren, ni gw pake themes -xtero basic-,
    n game2 terbaru pun dngn nyaman bs d maenin + software2 java terbaru ga da mslh. Gw pake m2 1G, udah full, tp hp ga lemot. M2 ny up to 4G. Java machineny keren ABIS.
    Buat web, G502 keren abis.
    Gw pake im3, im3 + G502 = dahsyat!
    Ni ja gw post lewat hape tp pake browser mini opera 4.1.
    Buat setting web, klik aja setting > set up wizzard > setting down load, beres.
    1lg, hp ni bs update software hp lngsng dr hpny.
    Soal kabel data + driver, klo kata gw ga mslh.
    Soal yg laenny, bc ja posan yg pertama, tu bener banget.

  15. Lupa, gw paling gede download mp3 5M, n tu bntr bngt.
    Tp subuh2..
    Hehehe..
    Bnr2 HSDPA deh..
    Buat yg suka performen mesin, ya kt krnny ‘best price for best performence’, hp ni wajib msk salah satu pilihan.

    Tp W302 jg kayana keren.

    Wakakaka..

  16. emang bener nga ada kabel data dan pc suitenya ??? masa sih, bukan kebiasaan sony ericsson kalo emang bener begitu. jadi ragu, jangan2……..???????????????????

  17. mas maaf numpang nanya dikit.
    untuk navigasinya pake joystick apa keypad aja. aku juga sekarang pake SE,rencana pengen upgrade ke G502 ini, cuma aga sedikit kurang suka ma joystick nih.

    makasih ya

  18. Tmbol d-pad g502 BERWARNA SILVER..gampang LUNTUR.
    Tp selebihnya,its OK…
    Lyrnya mantap.
    Kamera,vdeo,mantap.
    Kamera mskpun 2mpx,tp cukup bwt N73 terbuang ke LAUT..
    Mp3 lwt hf SE walkman,dahsyat..
    Spker external kurang pedas.
    Spker external Msh gahar k610,k618,k530,w660.

  19. emang SE G5n2 top abis…
    tapi saya kesulitan tuk seting SE G502 tuk jadi mode internet,kalo bisa tolong dijelasin caranya n klo ada yang tau tlng kirim via email :rx135_edogawa@yahoo.com

    • bisa mas jok..
      Saya baru ganti front cover 145 rb
      kalo sekalian ama back covernya kira-kira 350 rb an..

  20. saya hanya ingin menyampaikan keluhan saya mengenai kurang bermutunya petugas service sony ericsson dalam menangani segala kerusakan Hp sony yg masih garansi seperti Hp Sony yg saya miliki, saya beli baru dan baru 1 bln beli dan rusak dan harus ganti mesin….perbaikan memakan waktu yang cukup lama sekali salama 2 bulan.apakah itu termasuk pelayanan yang memuaskan? apa sperpatnya beli di irak dulu makanya lama?
    trus apa arti slogan yg di buat sony yang berbunyi “melayani service dengan tehnologi tinggi dan cepat” dan apalah itu……..
    dan sudah banyak teman2 saya juga yang mengeluh mengenai produk Sony ericsson yang bermasalah dan pelayanan service nya mengecewakan sekali…..

    tolong di cermati…..

  21. @ Dear Joko (#40),

    Kok kayaknya tidak ada yang jual casing G502. Mungkin ada tapi saya belum tahu. Tetapi rasanya agak sulit mengganti casingnya. Saya belum tahu cara menggantinya.

    ~~~

    @ Dear Herianto Purba (#43),

    Kalau boleh tahu, Anda menservisnya di mana? Di kota apa? Tapi kasus ini cukup menjadi perhatian bagi kita, bahwa tidak semua pelayanan dari produk dengan merek ternama adalah bagus.

    Saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan Nokia dimana saya harus menunggunya selama 1 bulan dan terjadi 2x karena saya harus mengembalikannya lagi karena ada masalah yang belum terselesaikan.

    Tetapi selama memperbaiki Nokia, waktu itu saya dipinjami unit pengganti yang lebih murah (tentunya). Jangan ragu untuk meminjam unit pengganti jika servis memakan waktu lama.

    Salam.

  22. Dear Pak Emanuel, maaf ini ada titipan pertanyaan dari teman, apakah bisa memanfaatkan G502 sebagai modem menggunakan bluetooth saja? karena notebook teman sudah ada bluetooth terintegrasi, dan ia ingin membeli G502 untuk dimanfaatkan sebagai modem, daripada membeli usb modem hsdpa yang jelas-jelas hanya bisa untuk modem. terima kasih.

  23. Hebat reviewnya, boleh juga disebut pakar. Jelasejelasjelasnya.
    Buat produsen HP, beri Pak Tio pengetahuan ttg produkmu, ksh gratis produkmu biar dicoba, jadikan Pak Tio pionermu dgn gaji tinggi. OK?
    ————
    Aku dah mau beli nih… tapi ragu koq g autofocus ya…mangsutnye apaan tho? Trus ada yg tny pad-nya joy apa gak? blm dijawab, moga-moga bukan joy. Trims. Kutunggujawabmulimangmenitlagilho..

  24. @ Dear Ndess_Smg (#47),

    Wah, terima kasih atas pujian dan dukungannya.

    ~~~

    Iya, G502 tidak memiliki fitur autofocus. Pada ponsel seri K atau C, Soner telah menambahkan fitur autofocus. Gunanya adalah supaya foto hasil jepretan kita tidak kabur karena telah ditentukan titik fokusnya. Pada ponsel yg lebih canggih, kita dapat memilih satu dari beberapa titik fokus. Bahkan secara otomatis ponsel dapat mengenali wajah.

    Mengenai keypad, lama-lama terbiasa juga kok. Sekarang saya sudah bisa beradaptasi & dapat mengetik dengan cepat.

    ~~~

    Oh iya, maaf karena ternyata saya tidak bisa menjawab dalam 5 menit. Tapi semoga jawaban ini dapat mengobatinya.

    Salam.

  25. numpang clometan ya mas dewo, sekalian minta dibantu
    kalo menu my friend tuh buat apa ya?
    baca di manual katanya bisa buat chat ma temens

    trus bisa ngga ya kita YM-an or Gtalk-an via G502 ini?
    tulung dibimbing dong, maklum awamer nih 😉

    trus kemaren juga coba setting gmail via web nya,
    udah dapet sms, PIN dll, tapi begitu semua di-ok
    masi belum bisa jalan nih email, kira2 knapa ya?

    yg saya suka dari G502 ini
    -smart search
    -pilih menu pake keypad, ngga perlu d-pad
    -donlod2 games etc langsung via handset
    maklum, sebelumnya saya pake motorola e-398 😉

    makasih

    rgds,

  26. saya baru bli g502 neh…..
    udh install pc suit jga, tp koq gk bs jd modem yah….
    ubah di setingan hpnya jg udah….
    tp emg di manage windowsna sey, driver modemnya gk kebaca?
    apa harus download driver modem jg ya?

    makasih…..

  27. Salam Kenal.
    Thanks buat infonya…. saya baru beli SE G502, selama ini saya memakai P990i untuk jd modem ke laptop. tapi saya kebingungan untuk mengkoneksi G502 ke laptop krn PC Siute nya ternyata berbeda dengan P990 punya saya.
    Kalau mas punya PC Suite G502 tolong donk kirim ke saya.thanks b4.

  28. minta tolong nih sama temen2 yang ada di blognya bos dewo. apakah sama kabel usbnya dengan k800i ya.hari ini sih punya rencana membeli G502.apakh bisa dibuat vidio calling yooo bingung rek

  29. wah jadi pengen beli juga..
    tp masih bingung mo beli g502 atau k660..
    sama2 hsdpa soalnya, harga beda cuma 300rb doank..
    mungkin temen2 ada masukan..

  30. wah, mending k660
    agak lengkap tuh, klo 300rb ga jadi masalah..
    karena menurut gw 300rb mahal, jadi mending 502
    hihi.. jadi bingung ya?

    udah pilih k660 aja.. designnya TOP,ada autofokus dll
    emang beda tipis sih.. anggep aja 502 itu 90%, dan k660 itu 95%..

    kaga ada yang perfect…

  31. Mas Dewo, Numpang nanya
    Saya baru beli SE G502, tapi kok time & date nya selalu reset ke 00.00, 1 januari 2000, setiap kali baterenya di lepas, tidak seperti HP SE saya sebelumnya( saya pernah pake K618, M600, W660)yang retentif untuk date & timenya. Apakah memang seperti itu ataukah ada setingan yang nggak beres

    Terima kasih atas penjelannya

  32. @ Dear Junaedi,

    Iya, rupanya G502 jika dilepas baterainya akan mereset tanggal & waktu. Padahal K530 dan K610 tidak demikian. Kayaknya G502 tidak menyimpan seting tanggal & jam di memori ROM. Jadi ini bukan kesalahan seting dari Anda.

    Salam.

  33. Wah ruame juga penggemar G502, nggak salah rasanya aku mengeluarken uang Rp 1.2 jt untuk ponsel ini (mbeli punya temen nyang koundisine mangsih mulus and kwinyis2).

    Haha…

  34. gw maling hape ini di Citra Land semarang, jangan bilang bilang ya!!!

    Gw beli hape ini rela jual Nokia 3500 gw satu jeti plus ngutang duwit my sister.
    wahhh untuk fiturnya sih oks dah,

    gw beli di CL semarang dapet Rp. 1.475.000,- + 1.000 perak buat parkir & 5.500 buat beli ice cream.

    -internetnya kuwenceng <sayang kampung gw belum terkover 3G, *jadi musti turun gunung dl*
    -suaranya lumayan (tapi masi kalah menggelegar sm N3500c yang gw korbankan)
    -music player & radio (okelah tapi masi ribet, *lawong baru pake je*
    -layarnya top dah, lebih gede dari SE 530
    -fitur pemutar ada lagunya… asyikk.. tapi kok gak bisa liat semua ya, jadi harus liat satu per satu gitu…(kaya antreeeee gas LPG)
    -tapi yang gw sesalkan dari hape ini untuk handsfreenya, TANYA KENAPA?

    secara gw adalah komposer sekaligus vokalis dari ELEK YO BAND semarang yang sudah tenar seantero kampung, yang juga gila musik…

    handsfreenya gak bisa buat mindah lagu, atau chanel di FM radionya, hanya bisa buat terima telepon…(TERLALU…!!!!)

    jadi kalo mau ganti lagu harus mencet di keypad hape, bukan di handsfreenya…ALAMAAKKKK BETA KECEWA KALIII

    untuk jaringan 3.5 G alhamdulilah gw gak dapet, secara gw masi di kampung nan permai digunungpati,(namanya aja ada gunungnya PASTI PELOSOK!!)
    Tapi pas gw turun gunung, langsung dapet tuh 3,5G kalo kecepatannya lebih cepet dari gw nungguin Bus diHalte.

  35. wah..terimakasih atas review yang mengesankan. saya sudah tidak ragu untuk membeli ponsel SE G502 ini.
    Tapi saya masih bingung, kalo G502 dibandingkan dengan K810i atau K800i mending beli yang mana?
    terimakasih

  36. Waduh…
    Jadi bingung..
    Tadinya memang mau bli SE antara 2 HP ini… G502 dan K530… Malah dibandingkan…
    Jadi tambah bingung…
    Sempet mantap ke G502 karena kameranya dan 3.5G nya itu…
    Tapi ternyata sayang banget, gak bisa video call…
    Hmmm…
    Masalahnya mamaku udah punya K530 jadi udah tau kualitasnya… Makanya agak ngiler juga begitu tau kamera G502 lebih tajam..
    Tapi aku bukan penggemar berat internet sih, jadi mau 3.5 ato 3G sebenarnya gak begitu pengaruh…

    G502 ato K530 ya?
    Ada yang bisa kasih bantuan?
    Thx

  37. Mas, aku mau nanya nih. Soalnya akhir bulan mau beli g502. Hpku sekarang k530i. Waduh aku pengennya hp layar lebar+bisa internet ke laptop via usb. Masalahnya g502 ini ga ada kabel datanya ya?? Ada produk laen seperti k660i atau…? Yg lengkap deh pokoknya layarnya minimal qvga

  38. Mas, aku mau tanya.
    Kalo pake pc suite yang buat vista, kira2 bisa nggak ya buat G502 ? soalnya kemarn baru minta ke soner-nya yang buat vista.
    Terus, baterainya tahan berapa hari kira2 ?
    Soalnya k550i saya kok cepet habis ya..padahal normal pemakaiannya..
    Makasih ya sebelumnya.

  39. mas,mw tnya nih. cranya bkin G502 jd modem gmn sie?
    klo pke PC Switch kn gag dapet CDnya?
    blzNya lewat email aj yha mas.
    bingung nih, kn pengen internetan di rumah…
    heheheheee.

  40. halo lam kenal semuanya…
    seneng banget baca reviewnya mas dewo ini, lengkap bgt..
    kebetulan saya memang lagi mau beli HP soner
    cuma saya juga bingung nih K530i ato G502? 😀
    klo liat di websitenya soner sih, secara fitur
    K530 lebih lengkap, G502 ga ada voice recordernya, stopwatch n timer jg ga ada…tapi kualitas gbr lebih bagus…bingung benerrrr….need help neh…

  41. Waah.. ga nyesel deh baca review ini.. Thanks a lot ya Mas Dewo & salam kenal.. Tdnya aku sudah naksir berat sama K660i, tp pas di toko soner kt yg jual fiturnya mirip sm G502, cuma beda di video call.. harga selisih 500rban. Jdlah pindah hati ke G502 & lgs beli itu tanpa baca2 reviewnya dulu…
    Aku agak kecewa ktk motret pake G502. Hasilnya oke sih, tp obyek yg difoto harus bener2 diam ga bergerak, bahkan sesaat setelah bunyi ‘cekrek’ (ktk lg saving) Apa aku salah caranya or ngesetnya ya..? Ditunggu inputnya ya. Thanks a lot lg in advance…

  42. ao..
    mo tanya nih..
    knp kok aq ga bisa connect/terbaca ke pc suite via usb?apa perlu driver lg untuk usbnya?kalo ya,aq bisa download drivernya dimana?kasih tau dunkz..
    please..
    bales GPL
    hehehe

  43. okok.. hhe

    disini tmpt berbagi info g502 yah?
    biasanya di gsmarena.. hhe

    btw, 5 days using this phone, n my expressions:
    – battery only last 2 days!! not good enough.. although the signal strong/ full, 50% display brightness..
    – hmm, slow interface I think, compare to A100.. mine with 4GB mem..
    – my current software is 1203-8262 R1FA031 080512, should I upgrade it? or it is the latest one?

    tnx

  44. oiya, salam kenal yah mas Emanuel Setio Dewo.. hhe

    mau tanya lg, boleh tau cara setting email di n settingannya gmail buat g502?

    ud gt, cara meng charge hape yg bener gmn yah? apa musti sampe abs ato tinggal 30% batere di charge?

    soalny batere aku ngedrop nih, baru 6 hari dipake.. cm tahan 2hr gt.. pdhl 3g dimatiin, layar 50%..

    tnx yah

  45. Wah jadi ikutan tertarik buat beli ni hape.
    Tapi saya masi pingin tahu dengan kapasitas baterainya. trus saya juga sering nerima SMS penting dan ingin menyimpannya di hape. na G502 ni bisa nyimpen sampe berapa sms ya?
    Salam kenal

  46. Mudah2n mas Dewo sempat membaca imel saya. Untuk harga yang relatif ‘murah’, fitur G502 emang lumayan canggih. Sepertinya waktu pembelian G502 mas Dewo juga pada bulan yang sama dengan saya. Warna pilihannya – meski karena alasan yang berbeda – juga sama (kebetulan saya coklat maniak). Tapi kenapa ya, soner ini kok sering hang…? Awalnya saya fikir, cuma saya yang kena masalah ini, tapi temen saya yang beli sekon-nya juga begitu…, sering hang. Trus, utk konektivitas, saya menemui kendala untuk penggunaan Soner PC suite ver.4.006. Terutama untuk windows vista yg ada di laptop saya. Sementara untuk XP, masih juga ada komen error, tp kalo saya ignor, tetep bisa konek.. Padahal waktu saya unduh, katanya PC suite ini kompatibel buat XP & Vista…, bingung..Bisa tolong dibantu Mas Dewo…? Tks be4..

  47. Hmmm…boleh juga reviewnya, G502 salah satu kandidat yang pengen gua beli, cuma karena terpengaruh review akhirnya gua batalin, dan gua memilih SE W900i , ponsel yang udah discontinue namun memiliki fitur yang teramat sangat memuaskan, 3G (waktu peluncuran belum ada HSDPA) + 2 MP , Autofokus, Flash, Indoor maupun Outdoor jernih, apalagi ditambah modus malam, Plus kualitasnya menurut gua natural banget + Suara Musik, hehe jangan ditanya , salah satu seri W terbaik baik dari segi speaker maupun headset.Satu lagi, ini produk SE yang masih buatan jepang (hehe mang ngaruh ya?) 🙂

  48. Bagaimana cara setting equalizer yg baik buat k530 apa ada equalizer megabass yg bsa d donlot klo bsa ks donk linknya blz d nmr q aja yach 085657443026 aq tgu lo

  49. hihih…
    ngebahas ini juga ya mas?
    tapi ko heran saya pake ini pertama nya aja bagus.. kesana2 nya malah turun niy.. apa koneksi dari indosat 3g broadband kurang bagus di daerah saya. sekarang cuma dapet 5 kpbs?

    aduh… siapa yang udah ngetes pake provider lain pake hape g502, ?

    oh iya buat temen2 yang mo download software G502 silahkan ke blog saya, sekalian lihat artikel Sony Ericsson G502 di sini >> http://fajridet.blogdetik.com/2009/01/20/lagi-musim-broadband-mending-jual-hape-gprs/

    salam kenal semua nya

  50. salam…
    waah saya jadi ngiler jg dengan G502 ini. hehehe
    Kalau kabel datanya sama dengan tipe soner yg lain (terutama dengan yang W200), nimbang2 jg buat beli nih.. :).
    Kalau tidak ada kartu memorinya, saya tinggal pakai kartu memori yg nganggur, bekas upgrade memori. Jadi lumayan, ga perlu ada yg dibeli lagi.

    sedikit sharing buat post2 diatas
    @koneksi internet : ga perlu selalu lewat PC Suite untuk koneksi internet. PC Suite diinstall untuk instalasi drivernya saja (ini kalau kita ga mau pusing mengenali file driver yg cocok dengan HP kita). Setelah itu uninstall saja PC Suitenya dengan option ‘leave driver’. Ini kalau PC Suite nya yang single file(.exe).
    Kalau yg bawaan hape berbentuk cd, masukkan saja CD nya ke cd rom driver, lalu colok kabel USB, PC akan melakukan auto detect untuk tipe hape yg bersangkutan. Ada 2 tahap auto detect driver disini. Tahap Pertama pada saat kabel USB masuk ke PC (mungkin ini untuk instalasi driver modem). Tahap Kedua, kita tekan tombol untuk pilih ‘File Transfer’ di hape kita. Pada tahap kedua ini ‘auto detect’ akan menginstall driver untuk mengenal hape sebagai media
    memori.
    Saya baru melakukannya tadi malam, jadi masih fresh. Saya pakai PC suite untuk K810 yg (dulu pernah) saya download dari situs soner (berbentuk single file .exe .. saat itu saya download untuk mencoba PC Suite terbaru untuk K810). saya pakai PC Suite tsb untuk install driver untuk hape K810, K770, W200, dan 2 tipe W yang lain. Setelah itu saya uninstall PC Suitenya dengan menyisakan driver yang sudah terpasang di PC.
    Kebetulan keluarga saya mayoritas pakai soner. Supaya ga repot, saya install saja semua sekalian.

    Menurut saya PC Suite hanya menambah beban OS saja. Jadi koneksi internet langsung melalui hape sebagai modem.
    Untuk file transfer juga ga perlu PC Suite, asal sudah terinstall drivernya, memori hape dan kartu memori akan dikenali sebagai direktori. Kecuali tipe K770 (atau mungkin beberapa tipe soner lain) , hanya kartu memori hape yang dikenal oleh PC.

    @K810 : untuk ngenet, hape ini adem(ga panas). cuma masih 3G.
    ……..

    Thanks atas reviewnya Mas Dewo

  51. Saya juga pengguna G502. Mau sedikit menambahkan, kadang2 saat kita mengakses aplikasi Java (katakanlah eBuddy) tiba tampilan layar bagian atas menjadi hilang ror blank (tampilan petunjuk batre, sinyal dll). Biasanya ini terjadi bila kita sering minimize aplikasinya. Masih belum tau apa masalahnya, beberapa temen mengatakan mungkin firmwarenya yg perlu diupdate. Oh ya, firmware HP saya juga 1203-8262 R1FA031 080512, apakah ada update terbarunya???

  52. G502 memang unique dan keren, saya sudah mencobanya memang awalnya rada memingungkan dalam kombinasi padnya ;-), untuk dukungan HSDPA memang tidak mengecewakan ..mantaf! belum lagi dukungan themenya banyak bisa langsung di download ke dalam hpnya ..

  53. Salam Kenal

    Mas saya punya masalah dengan Hp G 502 saya, setelah saya mengupgrade memory saya dengan yang 2 Gb, sebelum nya tidak ada masalah selama 2 minggu pemakaian, tetapi hari ini tiba2 Memory g kebaca Hp…saya mencoba memformat ulang melalui PC tetapi tetap tidak bisa juga, apa yang harus saya lakukan yaa Mas..! Mohon pencerahannya

  54. G502 lumayanlah tapi ada sedikit yang saya permasahkan yaitu tampilan web ga spt hp pda umumnya,tampilannya kyak klo pake operamini,emang sich hmpir kya pc,tp kndalany plsa jd boros pdhl g download,krtu yang sya pke m3 saya bandingkan dngan hp biasa prbedaanny jauh bgt,

  55. g502 bagus kok apa lagi banyak sekali yg bisa di ubah atau di upgrade. mungkin kalian suka otak-atik hp ada contoh nya nih.

    mashardi.staff.uns.ac.id

  56. Waa…saya pake G502 + IM3,percuma tuh…walaupun dapet sinyal HSDPA ditandai logo huruf H di sudut kiri atas tapi IM3 kan gak bisa 3,5G. udah gitu koneksi GPRSnya lelet pula… tapi kalo pake kartu lain lumayan koq. Jadi percuma nih hape canggih tapi kartu keong…

  57. Week.
    Hp gampang restart.
    Tombol d-pad gampang luntur.

    Preet..
    😀
    Punya gw uda gw jual.
    Beli 1,6jetong laku 1,2jetong.
    Skrg dijual plg 800ribuan..
    Preet :p

  58. Sy pgna pk G502, yg sy tanyakan apakah penggunaan HP sbg modem bisa ngrusak batre? soalnya waktu pake tuk modem, indikator batre seperti pada saat di-recharge.

  59. sudah pernah menulis tentang SE G502 di ,a href=”http://aaslamdunk.blogspot.com/2008/12/sony-ericsson-g502-theme-creator.html”>aaslamdunk.blogspot.commerasa SE G502 sudah mumpunin untuk jenis hape seperti ini.
    harga sudah murah, tapi fasilitas maksimal.
    kebanyakan komplain dengan keypad yang bergelombang, padahal itu membantu kita, tanpa melihat cuma meraba saja sudah tahu pad apa yg kita pencet.
    oya saya belum sukses untuk memakain SE G502 s3bagai modem. intinya “TIDAK BISA KONEK INTERNET” apa ada yang salah?
    bagi yang tau hubungi saya slams_riyadi@yahoo.com

  60. Salam..

    Wah, cukup memberi info tambahan.. Jadi mudah2an ade’ saya ga rugi beli hape ini.. hohoho..

    OpenSource ?? Knapa Engga ?? ^^

    • Sayangnya tidak referensi berapa besar kapasitas kartu memori yg bisa dipakai dengan G502. Selama ini saya pakai 1 GB tidak ada masalah. Sebaiknya sebelum membeli yg 2 GB, sebaiknya kartu tersebut dicoba dulu di G502. Kalau bisa digunakan dengan baik baru dibeli.

      Salam.

  61. wah…. 😀 ulasan yg komplit menyeluruh &menyenangkan skli tuk d bca. jauh lbh baik drpd spec biasa.
    saya pny budget terbts &pngn bgt bli G502.
    kbtln hobi bgt main game java ukuran bsr &jg 3D. tolong bgt mas, ksi saya bny info ttg kemampuan game G502. apa jago game ky K800 ? kn mmg bny bgt game java khusus K800.
    -moga2 pny kontrol suara bwt game yah….
    -thx bgt, maaf merepotkan-

  62. Aku Pengguna G502 sebagai modem M2..
    tambahan review yah..
    + soal koneksi ( no comment ) its the best u cant get compare with others , dengan harga yang paling terjangkau.. ( HSDPA, Bluetoth v.20, dan usb 2.0) kurang apa lagi ya?? mungkin tinggal tambahin wifi dah jadi Henpon murah dengan fitur berlimpah yang pernah ada..
    + picture blogging >> ini fitur yang paling kusuka .
    + yap GPS ( jarang ada hape murah punya fitur ini)
    + push mail dan RSS reader ( bagiku juga penting, karna bisa selalu teruptodate mengenai berita)

    minus ( mudah mudahan jadi pengembangan berikutnya tanpa menaikkan harga)
    – internal memori yang kecil ( ini yang kadang membuat hape ku sering restar, untuk ngakalin nya semua file yang di phine memory aku swap di kartu… agar beban phone jadi kecil)
    – casing palstik nya yang membuat terlihat seperti hape yang ringkih ( andai casing nya kaya k800i , pasti lebih keliatan elit dan elegant)
    – camera 2 MP ( bagi ku kurang tajam hasil nya , coba lebih gede lagi MP nya tanpa merubah harga)
    tapi bila melihat semua fitur keunggulan di hape ini di banding dengan harga (ini meruoakan Hape terbaik menurutku)
    ” mobile modem” yang murah dan berkamera plus fitur2 hebat lainnya itu sebutanku…

  63. Sy coba connect G502 saya tapi koq lamaaaaa banget yach… kalo saya bandingkan dengan modem CDMA evdo saya masih jauh lebih cepet bahkan klo saya coba bandingkan dengan koneksi wifone masih lebih cepat wifone saya. Emang untuk browser di HP nya sendiri sy rasa masih nomor satu… tapi klo sebagai modem kayaknya nyebelin jg??? tolong penjelasannya. Tks GBU

  64. Udh terseting otomatis di menu PC suite nya UMTS (3G) dan sy cek di pojok kanan bawah tertulis speed max 460 an kbps. saya msh bingung ?? Klo Mas Dewo selama ini udh coba gimana hasilnya ?? tks

    • Coba cek di hapenya, apakah di pojok kiri atas ada lingkaran biru? Lingkaran biru petunjuk kalau hape mendapatkan sinyal 3G.

      Jika ada & yakin telah terkoneksi dengan jaringan 3G, coba lakukan pengecekan kecepatan koneksi di:

      http://speedtest.net

      Tools pengukur kecepatan ini cukup baik utk mengukur bandwidth & throughput jaringan kita. Untuk 3G UMTS kecepatan berkisar di angka 384 kbps. Namun dapat kecepatan 256 kbps sudah cukup oke.

      G502 support jaringan HSPDA yg secara teoritis kecepatannya mencapai 3.2 Mbps.

      Salam

  65. Tambah asyik lagi pake asesoris GPS ENABLER HGE-100, google mapnya jadi tambah sakti… Ga perlu lagi tersesat jalan, selain koordinat posisi juga informasi altitude (ketinggian) juga bisa di ketahui. Saya sudah ajak G502 + GPS ENABLER HGE-100 naik turun gunung, sangat membantu. Sejauh ini akurasi posisi dari modul GPS ini (memang tergantung sinyal dari jumlah satelit GPS yang ditangkep) antara 4 meter sampai 10 meter. Lumayan lah ga jauh-jauh amat.

    Selain sebagai GPS, modul ini juga bisa berfungsi sebagai handsfree, dengan kualitas suara yang dihasilkan dari headsetnya RUARBIASA, jauh dari headset bawaan kardusnya.

    Adapun software tambahan kalo kita pasang GPS HGE-100 adalah Tracker (buat tracking jejak dengan summary plus perhitungan berapa energi yang sudah dikeluarkan) dan GPS Location, untuk ngeliatin posisi kini di bumi ini. Kedua software ini akan ditanyakan untuk diinstal pada saat HGE-100 kita colokin. Biar lebih keren lagi coba software PosItMe (bisa diunduh di http://posit.me/sw), dengan software ini selain kita tahu letak posisi kita, tetapi juga bisa dikirim ke teman-teman melalui MMS lengkap dengan petanya. Asyik deh.

    Waktu saya beli di BEC Bandung harganya Rp. 580 ribu di toko khusus yang ngejual asesoris Soner.

    TIPS. Bila ponsel Soner anda (type apapun) ngehang, maka jangan dicabut batrenya, tapi cukup diemin 5-10 menit, ntar juga ngerestart lagi.

  66. Java virtual machine-nya udah MIDP 2.1 setara dgn Nokia S40v5. Apalagi bisa multitasking aplikasi kaya smartphone, asik loh. Biar ga ngehang, pake aja app memory up yg bisa didownload di getjar. Cukup minimize aja, jangan ditutup (close). Juga pada waktu ngejalanin app lain.
    Sayang di daerah sini, Belum ada network Axis 3G. Jadi saya browsing n download dgn kecepatan yg lambat.

    • Coba konek ke internet dari hape dulu. Kalau itu sudah bisa, berarti jika dijadikan modem dan tidak berhasil, mungkin ada yg salah dengan setting di komputer atau browsernya.

      Sistem koneksi G502 agak berbeda dengan hape Soner sebelumnya karena kompie akan mengenalinya sebagai network card. G502 akan melakukan koneksi secara otomatis.

  67. Mas, ada sedikit info nih, g503 d daerah saya (gorontalo) harganya dah anjlokkk-jlok-jlok k 1.300.000, langsung samber deh, hehe, emang bner, ga usah d flash ato d hack k sistem softwarenya, dah mantebb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.