FlexiSkul: Sistem Pemantau Murid

Ini adalah internal review untuk Sistem FlexiSkul™. Penjelasan detail mengenai sistem ini dapat dilihat di: “Apa Itu FlexiSkul?” dan “Cara Menggunakan FlexiSkul”. Kontak ke operator FlexiSkul dapat dilihat di: “Kontak FlexiSkul” atau hubungi langsung Mbak Desy di 021-32987149 atau 081380357622. Inquiry masalah teknis dapat langsung dilayangkan ke Dewo di 0819 3250 9003.

Hari Minggu (14/09/2008) kemarin saya mendapat kesempatan menjadi narasumber bagi acara e-LifeStyle di MetroTV dengan topik “SMS Pemantau Murid.” Sebenarnya topik “SMS Pemantau Murid” tersebut mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Terbukti dari banyaknya telpon yang masuk ke studio. Hanya saja waktu yang dicadangkan untuk acara ini boleh dibilang sangat kurang, yaitu cuma 30 menit sehingga tidak bisa menampung semua pertanyaan yang masuk. Kalau tidak salah saat itu hanya 3 atau 4 telpon yang dapat dijawab.

Oleh karena itu, perkenankanlah saya mencoba menuliskan apa-apa saja yang ada di balik teknologi “SMS Pemantau Murid” tersebut.

Kalau boleh diperluas, arti “pemantauan” dari sistem FlexiSkul™ (sistem yang menjadi latar belakang topik tersebut) lebih luas artinya dari pada sekedar mengetahui keberadaan atau pun info status dari murid/siswa. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai pemantau prestasi akademis dan non-akademis dari siswa. Selain itu sistem ini juga dapat dimanfaatkan sebagai penyalur informasi atau berita secara langsung kepada orang tua. Informasi/berita mengenai siswa secara langsung diterima di hadapan orang tua, yaitu di ponselnya.

FlexiSkul memiliki fasilitas pengiriman sms yang lebih baik dari pada sistem sejenis, yaitu karena FlexiSkul dapat mengirim sms ke multi-penerima sekaligus. Satu akun siswa dapat memiliki 1 sampai 3 nomer ponsel penerima sms. Penerimanya bisa saja nomer dari ponsel ayah, ibu atau bahkan juga ke siswa itu sendiri. Dengan demikian arus informasi dapat diterima sekeluarga sekaligus. Sangat efektif.

Sistem ini dibekali dengan antarmuka yang mudah digunakan sehingga pengiriman ke banyak akun siswa dapat dilakukan dengan cepat. Terhitung modul yang disediakan oleh FlexiSkul saat ini ada 4 modul, yaitu:
1. Modul SMS Absensi
2. Modul SMS Nilai
3. Modul Broadcast SMS
4. Modul Info/Berita Individual

Untuk dapat menggunakan layanan ini, sekolah tidak perlu melakukan investasi server mau pun aplikasi SMS gateway sendiri karena semuanya sudah disediakan oleh FlexiSkul™. Yang perlu dilakukan hanyalah registrasi dan submit data akun siswa (penerima dapat mencapai 3 nomer ponsel per siswa). Selanjutnya sekolah dapat mengakses semua fasilitas itu via komputer yang tersambung ke server FlexiSkul via internet.

Arah Pengembangan

Saat ini sistem FlexiSkul memang masih bersifat pasif alias satu arah. Aliran informasi masih sebatas dari sekolah ke orang tua. Tetapi menurut rencana pengembangan, FlexiSkul sudah direncanakan untuk dapat berinteraksi dengan orang tua. FlexiSkul lebih lanjut direncanakan dapat melakukan inquiry nilai siswa secara realtime. Tetapi untuk mewujudkannya harus ada integrasi antara sistem FlexiSkul dengan sistem informasi sekolah sehingga semuanya dapat dilakukan secara otomatis, bahkan tanpa campur tangan operator.

Sedangkan fitur lain yang juga sedang dikembangkan adalah adanya sistem inquiry status siswa secara realtime. Maksudnya adalah orang tua dapat melihat status anaknya saat itu juga. Sedang apakah dia? Apakah sedang berolah raga, extrakurikuler atau sedang belajar? Kalau sedang belajar, mata pelajaran apa yang sedang diikutinya?

Tidak cukup dengan itu, FlexiSkul juga direncanakan dapat menjadi ajang konsultasi, baik dari siswa kepada BP, mau pun antara orang tua kepada incharge di sekolah.

Sebenarnya sejauh ini FlexiSkul sudah dapat diotomasikan, terutama untuk fitur absensinya, yaitu jika FlexiSkul diintegrasikan dengan mesin absensi. Mesin absensinya dapat dipilih oleh sekolah, misalnya dengan FingerScan, Magnetic Card, Bar Code, atau dengan device pengenal lainnya. Prinsip kerjanya sederhana, yaitu jika dalam batas waktu tertentu siswa tidak melakukan presensi, maka siswa dianggap absen. Tapi jika dalam batas waktu terakhir ternyata datang, maka statusnya diset terlambat.

Dan secara otomatis FlexiSkul akan mengirimkan berita status absensi atau keterlambatan ini ke orang tua. Selanjutnya orang tua dapat memantau putera-puterinya dengan mekanisme inquiry status siswa.

Hambatan Yang Dihadapi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia komunikasi di Indonesia sedang carut-marut, mulai dari praktek-praktek kotor CP (content provider) penyedia layanan sms premium sampai ke hingar-bingar peperangan tarif selular. Semuanya memberikan imbas yang kurang baik bagi laju penetrasi layanan sms bagi dunia pendidikan.

Hal ini juga dialami oleh FlexiSkul. Curhat dari Mbak Desy paling tidak membuka kenyataan bahwa mengenalkan layanan FlexiSkul bukanlah perkara yang mudah. Tak jarang Mbak Desy bertemu dengan kerutan dahi dari para petinggi sekolah. Umumnya mereka sudah membentengi diri dengan kecurigaan bahwa layanan FlexiSkul adalah layanan sms premium alias layanan sms dengan biaya tinggi yang langsung didebet dari pulsa penerima.

Tetapi dengan sabar Mbak Desy menjelaskan bahwa FlexiSkul bukanlah sms premium. Mekanismenya bukan melalui sedot pulsa seperti sms premium, tapi dengan mekanisme quota. Tarifnya pun tidak mahal. Salah satu skema yang diterapkan kepada salah satu client-nya adalah dengan sistem iuran tahunan. Per siswa dikenakan biaya Rp 75.000 per tahun dengan batas maksimal 200 sms per siswa per tahun. Tentu angka ini jauh lebih murah dari pada tarif sms premium. Bahkan hanya sedikit di atas tarif sms normal.

Hambatan terbesar selanjutnya adalah masalah trafik sms itu sendiri. Seperti kita ketahui, perang tarif operator selular amat-sangat memperkeruh suasana. Trafik untuk telpon dan sms menjadi amat-sangat padat. Dengan pengiriman sms individual lewat ponsel saja bisa terlambat beberapa lama, yang bahkan ada juga yang dalam hitungan jam, apalagi jika pengiriman dilakukan dengan jumlah yang besar (bulk) seperti FlexiSkul?

Tidak dipungkiri bahwa pengiriman sms oleh FlexiSkul pernah mengalami keterlambatan sampai beberapa jam. Pengiriman yang dilakukan pagi hari baru diterima malam hari. Ini tentu sangat merugikan jika pesan yang dikirimkan termasuk pesan yang penting atau pun sensitif terhadap waktu. Tetapi belakangan setelah sistem di-upgrade, pengiriman sms dalam jumlah besar tidak terlalu banyak mengalami keterlambatan.

Bahkan ke depannya FlexiSkul akan mendukung teknologi multi-modem multi-operator. Pengiriman dapat dilakukan secara paralel sehingga dapat mempersingkat waktu pengiriman sms bulk.

Pentingkah? Perlukah?

Seringkali timbul pertanyaan strategis dari sekolah mengenai sistem FlexiSkul ini, yaitu: “pentingkah mekanisme ini diadopsi oleh sekolah?” atau “perlukah sekolah menerapkan sistem ini?” Jawabannya sungguh relatif. Tetapi saya yakin bahwa sekolah-sekolah yang sangat bertanggung jawab dan memperhatikan anak didiknya akan sepakat menyatakan bahwa sistem ini sangat penting dan sangat diperlukan oleh sekolah dalam mewujudkan rasa tanggung jawab kepada anak didiknya.

Sekolah wajib memberikan informasi status dan prestasi anak didiknya kepada orang tuanya. Baik secara berkala mau pun secara real time. Semuanya harus dilakukan dengan metode yang paling efektif dan efisien. Dan rasanya mekanisme yang diadopsi oleh FlexiSkul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan tugas mulianya.

~~~

Terkait:
» “FlexiSkul di E Life Style, Metro TV”
» “e-LifeStyle: SMS Pemantau Murid”

8 pemikiran pada “FlexiSkul: Sistem Pemantau Murid

  1. Hi hi, lama ndak maen kesini ternyata mas Dewo udah “Go Public”, masuk Ti Vi … 😀

    Semoga lekas bisa menggeser om Roy Suryo sebagai referensi publik soal TI

  2. Wah, sayang mas aku nggak sempat nonton. Padahal materinya (juga narasumbernya) bagus banget, untuk diaplikasikan di sekolah-sekolah.

    Sukses Mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.