Panduan Koneksi Sierra Wireless AirCard 875 Di Ubuntu 8.04 Versi 2

Kalau panduan koneksi sebelumnya dirasa sangat sulit, maka kali ini kita menggunakan pendekatan berbasis window (bukan Windows) yang lebih user friendly. Pada prinsipnya nyaris sama dengan panduan sebelumnya, tapi kini kita tidak menggunakan wvdial, tapi menggunakan “Network Settings” bawaan dari Ubuntu.

Aplikasi Network Settings ini bisa diakses di Panel atas dengan mengklik icon berbentuk 2 monitor yang terletak di sebelah Volume Control. Atau bisa juga diakses dari menu:

Tools > Administration > Network

Setelah itu akan timbul aplikasi Network Settings yang dimaksud. Untuk mengakses setting jaringan, kita perlu menggunakan hak akses Root (administrator) untuk membuka Lock aplikasi ini. Klik tombol “Unlock” dan masukkan password Root di situ.

Jangan lupa modem-nya ditancapkan di slot PCMCIA nobie (notebook) dulu. Untuk mendeteksi device apakah modem kita dikenali, kita bisa menggunakan perintah berikut di Terminal:

dmesg | grep tty

Atau kalau aku lebih suka menggunakan tail -f /var/log/messages karena bisa terdeteksi secara realtime. Caranya, cabut dulu modem. Kemudian jalankan perintah berikut di Terminal:

tail -f /var/log/messages

Kemudian tancapkan modem. Nah, proses penancapan ini akan tertampil di messages tsb. Pada nobie-ku, modem dikenali di /dev/ttyUSB0. Kalau sudah dikenali, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah.

Kembali lagi ke aplikasi Network Settings tadi, kemudian kita double click di “Point to point connection” yang terdapat di tab “Connections.” Setelah itu akan timbul dialog box “ppp0 Properties” seperti di bawah ini.

Bubuhkan centang pada “Enable this connection.” Pilih “GPRS/UMTS” pada field “Connection type.” Isikan “indosat3g” pada field “Access point name.” Selanjutnya isikan Username dengan “indosat” dan Password dengan “indosat.”

Sebentar, belum selesai. Masih ada beberapa parameter yang harus diisi. Sekarang masuk ke tab “Modem.” Isikan field “Modem port” sesuai dengan port hasil pendeteksian modem yang telah kita lakukan sebelumnya. Untuk nobi-ku, aku mengisikan /dev/ttyUSB0.

Nyaris selesai. Tapi sebelumnya kita perlu juga mengeset parameter di tab “Options.” Bubuhkan centang pada field “Set modem as default route to internet” dan juga di “Use the internet service provider nameservers.” Kalau perlu bubuhkan centang pula di field “Retry if the connection breaks or fails to start.” Opsi terakhir ini akan menjamin upaya koneksi ulang saat koneksi kita terputus.

Baru setelah itu kita bisa mencoba koneksi ini. Tekan tombol “OK” untuk mengaktifkan koneksi ini.

Saat balik ke window “Network Settings”, mungkin koneksi belum terjalin. Belum terjalinnya koneksi ini dapat dilihat dari tanda centang yang belum muncul di koneksi “Point to point connection.” Tidak apa-apa, tidak usah diapa-apakan dulu. Tunggu beberapa saat. Ketika koneksi dapat terjalin, maka tanda centang ini akan muncul sendiri. Saat pertama kali diset, aku harus menunggu beberapa saat sampai koneksi dapat terjalin. Maklum, untuk terkoneksi harus melakukan dial ke server terlebih dahulu.

Penutup

Cara koneksi ini lebih praktis karena tidak perlu selalu men-dial ketika ingin terkoneksi. Bahkan koneksi bisa otomatis aktif ketika nobie baru dinyalakan. Tentu modem harus sudah terpasang ketika nobie akan dinyalakan. Sekali setup koneksi bisa dinikmati seterusnya.

Asyik kan?

Satu pemikiran pada “Panduan Koneksi Sierra Wireless AirCard 875 Di Ubuntu 8.04 Versi 2

  1. kalo mo koneksi t sel ples gemana bos???

    ak dah coba pake indosat tapi masih gak mau konek neh…

    mohon pencerahan nya

    nb: aku baru pake ubuntu, jadi masih awammmmmm bgt
    tapi pengen bgt bisa pake ubuntu

    biar gak di kejar2 CIA gara2 pake windows bajakan 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.