Preview: Video Blogging Oleh Mantenboshi

Sore ini saya dan beberapa blogger diundang oleh Mantenboshi untuk menghadiri demo video blogging. Pendekatan layanan video blogging yang didemokan oleh Mantenboshi memang agak sedikit berbeda. Oleh karenanya tim Mantenboshi menyebutnya sebagai cara alternatif untuk video blogging.

Mekanisme yang digunakan oleh Mantenboshi adalah dengan memanfaatkan fitur video call pada jaringan 3G/3.5G. Untuk sementara ini baru pelanggan Indosat yang dapat menikmati fasilitas ini. Tapi dalam 2 bulan ke depan diharapkan pelanggan dari operator lain seperti Telkomsel akan dapat menikmati fasilitas ini.

diskusi_3g_mantenboshi

(Foto dari kiri ke kanan: Dewo, Prasetya M. Brata, Riri Satria, Christian, Enda Nasution, Gerald Hutagalung, dan Arnold Pandapotan)

Caranya mudah, pelanggan Indosat dapat menghubungi 686 melalui fitur video call. Setelah itu akan ada pemandu yang akan memandu kita untuk merekam, me-review dan meng-upload video yang kita buat. Selanjutnya video akan disimpan di server video (saat demo menggunakan YouTube) dan dapat diintegrasikan ke blog kita melalui fitur RSS Feed.

Tentu saja kemudahan membuat video blogging ini sangat bermanfaat bagi para blogger (atau jurnalis) yang ingin segera mem-posting suatu peristiwa melalui ponsel 3G-nya. Atau bagi para blogger yang malas menulis tetapi ingin menuangkan semua cerita dan unek-uneknya secara langsung. Ringkasnya, sasaran pengguna layanan ini adalah para jurnalis/blogger yang sangat mobile dan ingin segera mem-posting rekaman peristiwa yang dialaminya.

Selain untuk video blogging, layanan lain yang juga akan di-launch adalah layanan greetings alias video ucapan selamat. Video ucapan selamat bisa disebarkan langsung ke banyak penerima. Tentu saja akan lebih menyentuh perasaan jika ucapan langsung diucapkan oleh pengirimnya. Pasti yang menerima akan berbunga-bunga. *Halah*

Saat ini fitur video blogging ini sudah dimanfaatkan oleh beberapa artis. Hem… pas juga ya? Sedangkan saya sendiri berpikir seandainya fitur ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk dunia pendidikan. Pasti sangat asyik sekali.

Tapi sementara belum dapat memanfaatkan fasilitas ini, kita juga masih dapat melakukan video blogging dengan cara yang berbeda, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas “Send to blog” dari beberapa model ponsel Sony Ericsson. Kebetulan Soner G502 saya sudah memiliki fasilitas ini. Asyik kan?

Mau lihat hasil photo-blogging dan video-blogging saya? Silakan kunjungi: SetioDewo.blogspot.com. *Halah kok malah jadi promosi blog-nya sendiri*

~~~

Tulisan terkait:
» “3G Mobile Video Blogging” (Riri Satria)
» “Cuplikan Diskusi Mobile Video Bloggin Mantenboshi” (video) (setiodewo.blogspot.com)

3 pemikiran pada “Preview: Video Blogging Oleh Mantenboshi

  1. […] Dewo lebih banyak menyoroti teknologi alternatif dari apa yang dipresentasikan tadi, yaitu teknologi yang ditawarkan 3,5-G, di mana kemampuan yang hampir sama, yaitu posting ke blog memungkinkan untuk dilakukan. Setidaknya, untuk photo blogging, sudah bisa dilakukan. Dengan demikian, mobile video blogging berbasis 3-G ini harus menawarkan suatu positioning tersendiri. Dewo juga mengangkat isu teknologi wi-max sebagai alternatif ke depan. Silakan baca ulasan Dewo di sini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.