Review Singkat Ponsel 3G Smart

Siang ini daku berkesempatan menemani teman untuk membeli “HaPe 3G Modem Termurah” dari Smart. Beruntunglah kami karena ternyata di Mangga Dua Square ada counter yang menjualnya. Dan daku juga beruntung karena diberi kesempatan untuk me-review-nya.

Berapa harganya? Ternyata agak naik sedikit dari banderol resminya, dari yang seharusnya Rp 289.000 (sudah termasuk PPN) harus kami bayar Rp 300.000. Hiks… padahal sudah nawar plus merayu Mbak penjaga nan seksi itu tapi ternyata imannya si Mbak lebih kuat dari pada rayuanku. Kayaknya daku harus belajar merayu dari Si Mbel supaya dapat harga murah berhadiah mbaknya.

Setelah membeli, kami langsung memboyongnya ke kantor. Di sinilah kami memperkosa ponsel Smart ini habis-habisan. Pertama-tama kami telanjangi ponsel dari dusnya dan memeriksa semua perlengkapannya. Asyiknya adalah karena ponsel ini sudah dibekali kabel USB yang detachable dengan adaptornya. Dengan demikian kita bisa mengisi baterai langsung dari PC. Kegiatan berkoneksi ke internet pun tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena dengan tercoloknya kabel ini, maka ponsel akan secara otomatis terisi baterainya. Tapi kalau ingin mengisi baterai langsung dari listrik, maka colokkan kabel USB ini ke adaptornya dan tancapkan di outlet listrik. Hem… solusi yang praktis.

Sebelum mencoba mengkoneksikan ponsel ini ke nobie, daku menyempatkan diri mengeksplorasi menu-menu ponsel. Cukup unik karena ada thumbnail menu di sebelah kanan. Sedangkan icon di tengah berwujud animasi. Walau pun sederhana, tapi sudah mampu menarik perhatian.

Temanku sempat mengeluh saat pertama kali menggunakannya, yaitu karena proses unlock keypad agak ribet karena harus menekan tombol unlock yang kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol 1, 2 dan kemudian 3. Hihihi… memang sih agak ribet. Mengingatkanku pada ponsel ZTE bundel Fren yang pernah kubeli tempo hari.

Tibalah saatnya kami mencoba menggunakannya sebagai modem. Kali ini seting dilakukan di nobie Lenovo. Sungguh sangat disayangkan karena nobie Lenovo memiliki DVD model slot-in RAMBO yang hanya bisa menelan CD/DVD ukuran normal, sedangkan ponsel smart 3G ini dibekali CD ukuran mini. Terpaksa daku harus menyalin CD ukuran kecil ini ke flashdisk dengan bantuan nobie Acer.

Asyiknya ponsel ini sudah dibekali petunjuk tercetak untuk instalasi driver plus pembuatan koneksinya. Tidak seperti para pesaingnya yang cuma menyertakan petunjuknya secara softcopy di CD penyerta. Pekerjaan instalasi jadi sangat terbantu. Dan lagi semuanya berjalan dengan baik, modem langsung dikenali.

Tanpa basa-basi setelah semua proses instalasi selesai, daku langsung mencobanya untuk surfing ke beberapa situs. Tentunya ke WP juga dong… Kesan pertama cukupanlah. Tidak terlalu cepat, tetapi tidak terlalu mengecewakan. Yang bikin sedikit kecewa adalah karena setelah beberapa menit koneksi stall. Tidak ada arus data yang terjalin, padahal browser belum selesai menampilkan situs yang dimaksud. Sinyal Smart di kantor cukup bagus dengan tampilan 4 baris indikator sinyal.

Karena macet, daku harus memutuskan koneksi. Tapi diskoneksi berlangsung terlalu lama. Sempet bete sampai akhirnya kucabut kabelnya untuk memutuskan jalinan asmara datanya. Setelah itu malah proses koneksi jadi lebih sulit. Terpaksa daku mainkan setting kecepatan supaya nobie mereset koneksi sebelumnya.

Tadinya diriku ingin mencoba kecepatannya di SpeedTest.net. Namun test kecepatan tidak pernah sampai selesai. Sekali waktu malah membikin Lenovo blue screen dan langsung restart. Weks…

Kurang lebih 3× diriku mencoba mengetes kecepatannya namun tak kunjung berhasil. Yo wis, kapan-kapan lagi. Mungkin trafik data Smart sedang sibuk-sibuknya.

Acara pengetesan tidak berlangsung lama, terutama karena test tidak berjalan mulus. Sering stall dan test kecepatan selalu gagal. Lagipula si empunya itu ponsel sedang buru-buru mau pulang sebelum hujan turun. Hihihi… iya sih, kasihan kalo sampai kehujanan, maklum, beliau membawa banyak gadget yang tentu saja riskan kena air.

Woke, demikianlah review singkat ponsel Smart 3G. Walau pun berjejuluk 3G, namun kecepatannya masih di bawah 3G-nya GSM. Karena 3G-nya CDMA 1x dari Smart ini cuma memiliki kecepatan maksimal 153 kbps. Sedangkan 3G-nya GSM bisa mencapai 386 kbps. Namun jika kita menggunakan CDMA EVDO, maka kecepatannya bisa 2.4 Mbps (Rev. 0) sampai 3.1 Mbps (Rev. A). Kalau tidak salah Smart juga mengeluarkan paket data EVDO. Namun diriku belum menemukan informasinya di situs resmi Smart.

Menurutku ini adalah solusi yang cukup baik karena Smart memberikan gratis kuota 12 GB yang dibagi ke dalam 6 bulan. Jadi setiap bulan dapat gratis kuota 2 GB. Kelebihan pemakaian akan dihitung Rp 0.275/kb. Cukup murah? Antara iya dan tidak! Yang jelas bisa jadi menjebak, terutama bagi netter kelas berat. Tapi untuk kelas ringan solusi ini adalah yang terbaik.

~~~
Update: Paket dari Smart yang menggunakan teknologi EVDO adalah Jump. Review dari detikinet dapat dilihat di: Review: Mencicipi Jaringan EVDO Rev. A Smart

14 pemikiran pada “Review Singkat Ponsel 3G Smart

  1. Di surabaya banyak temen yang pakek smart juga. Kalo di tes sih lumayan stabil, kecepatan standar saja, cuman OK-lah kalau sekedar buat browsing..

    nah, mumpung masih ada promo, bisa diburu juga nih..

  2. Siyal…

    Keduluwan. Padahal kemaren ( kamis 18/12 ) di Ambassador sayah udah nimang-nimang mau mbeli.
    Tapi janji 152 Kbps ituh ternyata isepan jempol belaka.
    Mbuka detik ajah lama banget.

    Terus sayah ngetes Jump yang katanya versi EVDO yang konon 3 Mbps.

    Waktu dicoba di Speedtest, cuman sanggup di 861 Kbps.

    Sayah batal mbeli boss, sayang duit kalo mbeli modem se jeti cuman dapet kualitas segitu…..

    Menurutku, masih mendingan Indosat Unlimited 100 rebu/ bln….

  3. @ Dear Mbel,

    Kayaknya si Bos tidak level ngulas yg murah2 kayak gini. Seharusnya ngulas Netbook. Ayo dong review Netbook…

    ~~~

    @ Dear Nico,

    Iya bener. Selain buat mejeng, ponsel-nya bisa utk cadangan koneksi jika yg unlimited bermasalah.

    Salam.

  4. Awalnya gw pengguna Indosat 3.5G broadband pascabayar paket eco yang 110rb/bln. Tapi karena sinyal 3G kayak siluman kadang ada kadang nggak jadinya gprs doang, lemotnya minta ampiun. Trus gw nemuin Paket internet Smart yang gratis internet 12Gb selama 6 bulan (1 bulan=2giga) di pameran. Pertama beli sih kecepatannya lumayan, sama kayak starone. Pake maen CS online juga lancar. hari ke-3 sampai sekarang mulai lemot walau ga selemot indosat, coba telp ke operatornya katanya ga ada gangguan apapun. mungkin udah banyak yang pake jadi lemot. cuman dipake download mp3 masih cepet tapi udah ga bisa maen CS online. yah lumayan lah dapet hp cdma smart + gratis internet 6 bulan cuma 289rb dari pada pake indosat 3.5G 110rb/bln unlimit berarti 660rb tp g dpt apa2.

  5. wah mas Dewo aku baru liat review nya ini,
    bagian takut kena hujannya bikin yang baru ditraktir hape jadi malu 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.