Review: Communicator Hemat LG KT610

Rupanya sudah hampir satu bulan ini daku menggunakan LG KT610 namun belum juga menuliskan sesuatu tentangnya. Sungguh benar-benar keterlaluan! Hehehe…

Namun berbeda dengan biasanya, daku kali ini tidak akan menuliskan sebuah review teknis, melainkan sebuah review ringan berdasarkan pengalaman selama sebulan bersama LG KT610. Toh review dan data teknis yang lengkap bisa dilihat di situs lain. Jadi ceritanya daku mau menuliskan sesuatu tentangnya dari sudut yang lebih personal.

Woke, mari kita lanjut dengan latar belakang mengapa daku rela membelinya.

gps_lg_kt610

Semuanya dimulai ketika liburan Natal dan Tahun Baru tiba. Daku pun berlibur ke Semarang. Tentu saja daku ingin ini benar-benar liburan sekaligus menunggu detik-detik kelahiran puteri kami. Ini berarti daku tidak ingin mengerjakan tugas-tugas kantor. Kalau pun mengerjakan tugas paling tidak daku harus bisa mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. Maklum, selama liburan ini daku bakal ada dimana-mana, eh maksudnya bukannya daku ada banyak dan tercecer dimana-mana, namun bisa saja jam ini daku dimana dan semenit kemudian ada dimana. Pokoknya mobilitasnya tinggi deh.

Selain itu daku juga ingin tetap terkoneksi dengan internet. Entah itu untuk nge-blog, main game, email mau pun chatting. Tentu saja kriteria di atas, yaitu mobilitas tinggi tetap harus dijunjung tinggi. *Halah*

Tentu saja untuk memfasilitasi hal itu, daku memerlukan sebuah gadget yang tepat guna. Tadinya berpikir mau membeli Netbook untuk menggantikan peran Nobie. Tapi Netbook masih terlalu besar untuk memenuhi kriteria mobilitas tinggi. Lagi pula harganya masih mahal, terutama yang sudah memiliki modul HSDPA.

Sebenarnya niatku ingin membeli Nokia Communicator E90, namun kurasa terlalu mahal bagi kantongku. Sampai pada akhirnya daku memutuskan membeli LG KT610 yang lebih ramah kantong.

Sejak rilisnya di Indonesia, yaitu sekitar September 2008, sebenarnya daku sudah tertarik dengan komunikator pertama dari LG ini. Maklum, LG seolah menantang jajaran Communicator dari Nokia. Namun sebenarnya LG bukanlah penantang Communicator, LG KT610 adalah sebuah alternatif bagi pengguna yang menginginkan komunikator dengan harga yang terjangkau. Namun dengan harganya yang murah bukan berarti LG KT610 murahan. Malahan daku menilai bahwa apa yang kita dapatkan darinya lebih besar dari pada harganya. Singkat kata, rasio nilai per harganya sangat baik. Sungguh layak untuk dibeli.

Menurut pendapatku pribadi, memiliki KT610 seperti memiliki 2 buah ponsel sekaligus. Satu ponsel sederhana dan satu ponsel bisnis nan ciamik. Kita akan menemukan sebuah ponsel sederhana saat flip tertutup dan kita menggunakan interface luarnya. Maklum, selain layar eksternalnya yang mini dengan kemampuan menampilkan 3 baris teks/icon, kemampuannya juga cuma untuk menelepon dan SMS biasa. Kalau mau terima dan mengirim MMS harus menggunakan interface dalamnya.

Sejatinya kita bisa saja menggunakan interface luar ini untuk memainkan musik dan mengambil foto. Namun menurut hematku, akan lebih maknyos jika itu semua dilakukan dari layar internalnya.

Sedangkan ponsel kedua, yaitu ponsel bisnis ciamik bisa kita peroleh saat membuka flip-nya dan mendapati layar mungil dengan resolusi QVGA. Dari sinilah seluruh kemampuan LG KT610 dapat digunakan secara maksimal.

Fitur Unggulan: HSDPA + GPS

Dua fitur ini adalah fitur unggulan sebuah LG KT610. Jaringan data yang mumpuni plus GPS (global positioning system). Dua buah fitur yang cukup ciamik karena ketika sebuah aplikasi Google Maps hadir di sana, jadilah gadget ini sebuah gadget yang sangat keren yang sangat mendukung mobilitas kita. Kita jadi tahu sedang berada dimana. Cocok untuk diriku yang sering disorientasi dan kesasar-sasar. Hehehe…

Sebenarnya kita masih memerlukan sebuah aplikasi peta kota layaknya gadget GPS yang lain. Namun itu berarti akan menambahkan harga dari LG KT610. Sudah cukup baik karena LG memaketkannya dengan Google Maps. Paling tidak ini adalah solusi yang ekonomis. Toh kita dapat saja menginstal aplikasi peta. Tentu saja setelah kita membelinya. Hehehe…

Penggunaannya cukup mengasyikkan. Selain mudah, juga cukup interaktif. Peta di-update setiap detik. Bisa zoom in dan zoom out tergantung data yang tersimpan di server google earth. Kalau beruntung, kita bisa zoom in sampai kelihatan gedung dan mobil-mobil yang sempat ter-capture oleh server google earth dari satelit.

Yang lebih mengasyikkan adalah saat perjalanan pulang ke Semarang dengan kereta. Pergerakan kita akan nampak di peta secara realtime. Namun itu semua harus didukung koneksi yang gegas. Pantaslah jika LG KT610 ini menggunakan koneksi data HSDPA yang sangat mumpuni dalam urusan kecepatan data. Saat daku memperoleh sinyal 3G/3.5G, refresh peta dapat berjalan sangat cepat. Namun ketika hanya memperoleh GPRS/EDGE, penggambaran peta terjadi keterlambatan.

Seorang ibu di sampingku yang turut memperhatikan peta bertanya: “Tentara Israel pakai beginian juga ya?” Maklum, saat itu kami sedang berbincang ringan seputar perang Hamas versus Israel.

Browser Mumpuni

Koneksi gegas di LG KT610 rupanya dibarengi browser yang mumpuni. Maaf, nampaknya daku harus menyembunyikan Soner G502 dari LG KT610. Walau pun sama-sama gegas dengan HSPDA, juga walau pun sama-sama memiliki layar QVGA, namun Soner G502 jauh ketinggalah dibandingkan LG KT610 dalam hal browser.

Browser KT610 bisa menangani banyak format media internet. Flash pun eces dimainkan. Mau baca detik.com? Atau mau memainkan YouTube? Eceslah bagi KT610 karena gadget ini telah dibenami Flash Player. Player ini bisa dipanggil langsung dari browser saat dibutuhkan. Asyiknya adalah bahwa file video secara default ter-download di KT610. Jadi kelak bisa dimainkan lagi.

Selain itu kemampuan penampilan situs di browser LG KT610 sudah seperti layaknya browser di PC. CSS mau pun JavaScript dapat berjalan dengan baik sekali. Main game online sebangsa Travian pun jadi mengasyikkan karena mampu ditampilkan secara prima. Serasa main PSP atau pun Nintendo. Dan maaf, Soner G502 tidak mampu melakukannya dengan baik.

Suara Yang Mumpuni

Pertama kali mereview G502 daku menilai bahwa suara speaker G502 cukup diandalkan, namun nampaknya daku harus memberikan penilaian lebih pada LG KT610 di soal speaker built in-nya. Ini tidak lain karena KT610 telah mengusung speaker stereo. Kualitasnya pun bagus sekali. Kalau boleh dibilang, setingkat di atas Soner G502. *waduh*

Woke, seperti apa sih sebagus-bagusnya speaker bawaan gadget-gadget ini? Memang sih tidak akan mampu menyetarai sebuah speaker aktif, apalagi sebuah home theatre. Namun kualitas juga sangat mempengaruhi meskipun hanya didengarkan dengan volume yang kecil. Dan untuk urusan ini KT610-lah juaranya.

Kalau speaker stereonya sudah mumpuni, bagaimana dengan kualitas headset-nya? Hehehe… lagi-lagi daku harus mengacungi jempol untuknya. Suaranya mantap. Apalagi Music Player-nya memiliki 12 preset equalizer. Well, untuk urusan player, nampaknya Soner masih lebih unggul. Soalnya selain equalizer, Soner juga dibekali Stereo Widening plus MegaBass.

Aplikasi Email dan Office

Sebuah komunikator harus memiliki aplikasi email dan office yang mumpuni. Tidak terkecuali dengan KT610. Gadget ini telah dibekali aplikasi email yang mendukung fitur push email. Namun daku belum berhasil memanfaatkan fitur push email ini dengan baik. Mungkin ada beberapa hal yang belum diset? Ah, mungkin lain waktu akan dibahas secara terpisah saat berhasil kuset.

LG KT610 telah dipersenjatai dengan QuickOffice, sebuah aplikasi perkantoran bagi individu yang sangat mobile. Kita dapat membuka dan mengedit dokumen doc dengan QuickWord, xls dengan QuickSheet, dan ppt dengan QuickPoint. Cukup handy kan? Sayangnya aplikasi-aplikasi ini tidak bisa menangani dokumen yang kompleks. Jika tidak mampu, maka isinya yang kompleks tidak akan tertampil.

Sistem Operasi: Symbian S60 3rd Edition FP1

Ehm, nampaknya daku harus menuliskan secara lengkap sistem operasinya: Symbian S60 3rd Edition Feature Pack 1 (3.1). Ini artinya KT610 memiliki sistem operasi yang sama dengan Nokia Communicator E90 yang juga menggunakan Symbian S60.

Dengan demikian KT610 dapat menikmati aplikasi-aplikasi pihak ke-3 yang dibuat untuk Symbian S60. Oh iya, sistem operasi Symbian S60 ini sejatinya tidak hanya sistem operasi untuk komunikator, namun sudah banyak ponsel sejati yang menggunakan sistem operasi yang dikembangkan di bawah naungan Nokia ini. Selain ponsel Nokia sendiri, beberapa vendor ponsel lain mulai banyak yg menggunakannya. Taruh kata Soner yang telah memulainya beberapa tahun silam dengan Symbian UIQ-nya untuk ponsel-ponsel cerdasnya.

Namun jika itu dirasa kurang, LG KT610 sudah dibekali Java ME Environment: MIDP 2.0, CLDC 1.1. Banyak aplikasi java yang sudah beredar dapat dijalankan di KT610. Hehehe… terutama aplikasi java banyak yang berupa game ya? Jadi serasa main Nintendo deh.

Minusnya

Kalau di atas adalah kelebihan-kelebihan komunikator murah ala LG, maka kali ini daku akan membahas kekurangan-kekurangannya. Yang paling mencolok adalah ketiadaan modul Wifi. Seolah keluar dari pakem gadget bisnis saat modul Wifi absen. Walaupun demikian daku masih bisa memakluminya dan tidak mengurungkan niat untuk memilikinya. Toh daku lebih banyak terkoneksi dengan HSDPA dari pada Wifi. Belum banyak hotspot di sini, apalagi yang gretongan (baca: gratisan). Apalagi kalau di jalanan, lebih tepat menggunakan jaringan GSM. Toh daku langganan paket unlimited dari Indosat3G sehingga tidak khawatir kantong jebol.

Interface luarnya seperti ponsel sederhana jaman dulu karena hanya bisa untuk telepon dan SMS. Bisa juga untuk memainkan musik, namun lebih ribet. Lebih mudah langsung mengakses player dari interface dalamnya.

Kita bisa juga memfoto dari inteface luar, namun saranku, lebih baik jangan dari interface luar ini. Soalnya tampilan obyek terpotong oleh layar mininya. Meskipun demikian, ternyata memfoto bukanlah hal yang menyenangkan walau pun kita sudah membuka flip-nya. Ini karena lensa kamera ada di sisi belakang keyboard yang akan mudah sekali tertutup oleh tangan saat memegang KT610 ketika akan memotret. Hem… nampaknya ada yang salah dengan peletakan kameranya.

Namun kualitas kameranya yang 2 Megapixel ini memang kurang dapat diandalkan kualitasnya. Ini menambahkan deret alasan untuk tidak terlalu menggantungkan fungsi ini padanya selain karena minimnya fitur kamera dan videonya. Bagiku ini urusan yang harus diambil alih oleh Soner G502.

Kita juga dapat ber-video call dengan KT610, namun kita harus membuka flip-nya karena kamera video call ada di sisi dalam di sebelah kiri layarnya. It’s okay, karena kita bisa ber-video call tanpa memegangnya karena KT610 dapat duduk dengan manis saat flip terbuka.

Namun sebenarnya penggunaan interface luar ini memang jika kita hanya menggunakannya untuk tugas-tugas ringan semacam telpon dan SMS. Namun harus kuakui bahwa keypad luarnya sangat nyaman digunakan. Selain ukurannya besar-besar, juga karena empuk bahannya. Malahan mengetik pesan lebih asyik dari keypad KT610 dari pada Soner G502.

Penutup

Niatnya sih menulis yang ringan-ringan. Tapi kok ya serius juga jadinya. Sudah gitu panjang sekali dan membosankan. Hehehe…

Ya sudah, sementara sekian dulu tulisan pengalamanku dengan komunikator hemat ala LG ini. Kalau ada yang kurang pasti akan kutambahkan. Itu pun kalau ingat dan niat. Hehehe…

Iklan

99 pemikiran pada “Review: Communicator Hemat LG KT610

  1. Mas, saya mau tanya-tanya ttg LG KT610 ini. Maklum ayah saya baru beli, n dia bertanya terus ttg GPSnya yang ga aktif2, GPSnya harus ada preload mapsnya ? atau GPSnya pake google map ?

  2. @ Dear Aris,

    LG KT610 sudah membawa aplikasi Google Maps. Coba gunakan GPS di luar rumah, atau di luar gedung/rumah atau di lapangan. Seringkali sinyal satelit tidak tertangkap saat kita ada di dalam gedung/ruangan.

    ~~~

    @ Dear Bro J4p,

    Iya, pakai Symbian, sama seperti komunikator E90.
    Barunya memang 3 jutaan.

    Salam.

  3. Halo Pak Dewo, apa kabar?

    Udah lama saya ga mampir ke blog ini…

    Bulan Desember kemarin kebetulan mau milih antara Samsung i550w dan LG KT610 soalnya fitur dan harganya hampir mirip 🙂 di toko.

    Akhirnya saya milih Samsung karena ada Wifi nya sih… karena bisa dipakai Voip juga, pak…

  4. Hallo Mas Indra,

    Kabar saya baik. Semoga demikian pula dengan Mas Indra.

    Samsung i550w bagus & lengkap. Saya sudah baca tulisan Mas Indra tentang GPS. Sangat menarik.

    Mas Indra belum me-review Samsung i550w-nya ya? Direview dong…

    Salam.

  5. Mas, seperti mas aries, saya kok ga berhasik pake gps nya, padahal sudah di luar ruangan dan signal satelit bagus, tapi latitude dan longitude nya kosong.
    TKS.

  6. Mas tanya, PC suite LG KT610 enggak bisa di install di pc OS Xp , kenapa yaa..padahal pc suite yg lain sdh di remove/uninstall….

  7. @ Dear Mas Abdi Mulia,

    Bukanya langsung saja dari Google Maps. Atau buka GPS Data > Position > Satellite Status. Dari sini akan nampak apakah ada sinyal GPS atau tidak.

    ~~~

    @ Dear Budiwiyono,

    Pengen juga sih Om. Hehehe…

    ~~~

    @ Dear Gewe,

    Seharusnya bisa. Soalnya di nobie saya telah terinstal pula PC Suite milik Soner & Nokia. Mungkin ada step yang ketinggalan? Apakah ada pesan error saat instalasi?

    ~~~

    @ Dear Aji,

    Baterainya kalau penggunaan normal bisa 2 hari. Tapi kalau dipakai koneksi 3/3.5G bakal lebih boros. Paling boros sih 4-5 jam. Itu konek ke internet & digunakan terus.

    ~~~

    @ Dear Mas Indra Kurniawan,

    Wah, terima kasih link-nya. Sayangnya belum ada trouble shooting utk LG KT610 ya? Sampai sekarang saya belum berhasil. Hiks…

    Salam.

  8. saya tinggal di bandung,,saat ngecek harga di toko LG, KT610 hrganya 2,820jt baru!!!

    kalo ada yang berminat dan dekat dengan BEC (bandung electronic city) maen aja tu kesana,lantai 2 distributor LG….

    🙂

  9. Permisi Mas Dewo, mau tanya nih :
    1. ada kabel data juga kah di paket KT610 ini?
    2. bisa untuk dijadikan modem hsdpa kah? baik di lingkungan windows maupun linux (ubuntu khususnya)?
    3. aplikasi-aplikasi symbian yang didukung apakah sama dengan yg di nokia dll?
    Kepengen tuku,cuma belum ada duite..apalagi lihat di http://www.selularshop.co.id sudah drop ke Rp 1.999.000 ,-
    terima kasih, itu saja Mas Dewo

  10. @ Dear Bowo,

    1. Ada kabelnya kok.

    2. Bisa. Untuk Windows harus instal PC Suite-nya dulu. Sedangkan Linux belum ku-oprek, jadi belum tahu bisa atau tidaknya. Seharusnya sih bisa.

    3. Iya, aplikasinya sama dengan ponsel Nokia yg menggunakan sistem operasi Symbian S60 versi 3.1. Bisa juga diinstal aplikasi2 Java.

    Terima kasih juga. Salam.

  11. Ya perform si “kety” klu dibandingkan dengan harganya sudah bisa dikatakan untung. Klu mau dijadikan sebagai modem juga guaampang bgt.
    Btw, gimana cara jalankan IM hotmail pake “kety” ya? kira2 bisa bantu bang?

  12. sebagai penguna juga, saat ini emang sangat membantu, asyik deh, bisa push email, internetan, browsing, facebook..cpet lg, pakai matrix jg cepet dipakai sbg modem

  13. Tapi di saya kok browsernya sering macet ya?
    Terus di Ubuntu modemnya juga gak mau jalan.. padahal G502 saya lantjar djaja di Jaunty
    Wehehe… selera sama ya bos.. saya punya 3 hp : Nokia 6120 Classic, SE G502 dan LG KT610 ini

  14. @ Aruta,
    Banyak kok aplikasi tambahan utk KT610, karena KT610 menggunakan Symbian S60 3rd yang juga banyak dipakai di ponsel2 Nokia. Jadi banyak aplikasi Nokia yg bisa diinstal di KT610.

    Demikian juga karena ada JME yang berarti bisa diinstal aplikasi2 Java yang jumlahnya banyak sekali.

    ~~~

    @ Adi Cahyo Gunawan,

    Kadang kalau browsing situs berat memang macet karena kekurangan memori. Memori sistem KT610 memang kecil.

    Pakai KT610 sebagai modem di Ubuntu bisa kok. Ini saya menggunakan KT610 sebagai modem di Ubuntu 8.10. Coba ubah nomer dial-nya ke *99#

    Semoga berhasil.

  15. Konek di Ubuntunya pake apa bos?
    Saya pake networkmanager applet gak bisa jalan meskipun sudah kedetek via kabel data
    Pake bluetooth belum coba, soalnya wvdial gak ada kan?
    Oiya, firmware KT610 saya masih yg 10c

  16. aku penasaran klw lg kt610 quick office nya bisa di edit ngga? gimana excell nya jalan ga buat perhitungan aga rumit? bisa office nya copy paste ngga?
    kalau upgrade firmware nya ke versi lebih tinggi untuk apa?
    bisa buka dan edit file microsoft office 2007 ngga?
    gimana pdf reader nya?
    gimana bisa menjalankan hyperlink antar workshee di excell ngga?
    sorry ya nanya nya kebanyakan
    trims ya. en ditunggu jawabanya

  17. Kl lg kt 610 ini buat install aplikasi chat ebuddy bisa ngga y? Soalnya bnyk yg blg ga bs install ebuddy, kl nimbus bisa…
    Tlng infonya…
    Thx…

  18. saya barusan beli kt 610, Rp. 2.000.000,-. lumayan sih buat comunicator dengan harga segitu, cuman utk edit office nya caranya gmn yah??? or klo harus upgrade harus ngapain??
    kemudian untuk nyari installernya e buddy, pdfreader n ymtiny dimana yah??

  19. gw pengen bgt beli dah klo gt.. insya Allah bulan ini. Amin.. doain downkzz…

    soal kamera gpp. aku udah ada SE cybershot jd ga masalahh… yg utama itu qwerty nyaaaa.. hehehe… thx yah om..

  20. gw juga pengguna kt610 yang luar biasa cocok gw. hanya saja, apa firmwarenya tidak bisa di upgrade yah? kalo bisa, gimana caranya? soalnya gw lagi mau instal googlemap yang versi baru tapi dia detect yang bawaannya. ato ada yang tau cara lainnya? thnx b4.

  21. saya baru beli KT610 di bandung. cukup puas ama fiturnya jika dibanding dengan harga yang kurang dikit 2jt.

    saya mau nanya nih, gimana cara edit file2 office pake quickoffice yang udah di bundle di hape ini. dari kemaren bingung. gak ada menu editnya. jadi cuma bisa liat file2 office aja. apa perlu ada yang disetting lagi atau di upgrade aplikasinya? cara upgradenya gimana?

    thx

  22. Mas, membaca ulasannya aku jadi kepengen juga beli ponsel ini. Aku tinggal di Madiun, kalo di Jatim, beli dimana ya? Emang kt610 bener-bener se-fantastis yang Mas ceritakan? Oh ya, kalo memotret ga bisa pakai layar depan, trus pakai layar dalamnya gimana? Diberdirikan? repot ga, setingan emailnya?

    Thanks Mas ..

  23. Saya mau masukin pdf reader di kt610, gmn caranya?
    soalnya uda sy coba adobe reader LE tp gk bs baca file pdf. Apa ada aplikasi lain ? mohon infonya

  24. eh iya mw nanya. aku jg pyn kt610. tp begitu sambung gps nya tapi kok lamaaaaa bgt yah sambung nya?
    udah tanya k counter LG katanya ” emang gt, kl mau cpt hrs beli reciver pyn nokia”… apa benar begitu?

    trs keburukan yang sangat mencolok dari lG kt610..
    BATREI nya lemah banget lho… apalg kl buat nge-net bakal drop banget. gak sampai 1 hari hrs charge ulang.
    kata counter nya emang bat lg kt610 udah itu yg max, emang amper nya kecill dibanding pyn nokia.

    jd payah deh. kmn2 hrs bawa charge. takut kehabisan batrrei..T_T

  25. mau tanya dong.. di tulisan kamu sempat di bahas. bisa liat youtube dan secara otomatis langsung bisa di donload biar bisa di tonton kapan aja.. trus itu maksud nya kita tinggal browser dari opera mini.ke youtube dan videonya langsung bisa di putar gitu ?

  26. thanks mas reviewnya.
    pengennya sih punya komunikator harga 2jt lengkap ama Wifi n kamera yang bisa diandelin. klu mesti bawa cybershoot kemana2 kan susah.
    apa daya dana seadanya terpaksa nerima KT610 bukannya E90 😦
    sisi positifnya bisa selalu diatas garis (online) dimana aja…
    mudah2an ada LGKT610i (flus wifi, layar eksternal yg lebih mantap, kamera+flash dgn harga 2,5 jt..

  27. KT610 lumayan sehhh sesuai hrg lahhh.
    cuma batre aja masalahnya cepat habis jd jaga2 beli satu lagi batre deh, klo soal WiFi nggak masalah soalnya WiFi jg makan batre. HSDPA/3,5G cuma indosat yg punya(klo gak salah).
    klo mo tambah tema/wallpapper buka mobile9.com
    aplikasi/kamus bhs inggris/games getjar.com (sekedar masukan aja yg mau beli KT610).

  28. sudah 3 bulan ini saya punya ni hp. yang saya inginkan dari hp adalah kemampuan video call dan keyb yg QWERTY. selain kelebihan yang banyak disebutkan di atas ada beberapa kelemahannya yang lumayan mengganggu antara lain :
    – kemampuan kamera video call yang kurang pencahayaan, sehingga ketika kita pakai dalam ruangan meskipun pakai lampu, gambar kita kelihatan gelap, tapi untuk luar ruangan lumayan.
    – Lambat. untuk memutar video terasa putus2. tidak tahu apakah salah konversi video atau gimana
    – untuk memainkan game2 terasa patah2 mungkin karena graphicnya kurang bagus atau prosesornya yg lambat.

    Jika ada yg tahu untuk solusi permasalahan tersebut mohon disharing ya.
    bapakehasna.wordpress.com

    • Kalau ga salah ada fasilitas untuk meningkatkan brighness utk kamera (termasuk kamera video call). Atau agak didekatkan dengan wajah supaya autobrightness-nya bekerja.

      Prosesornya memang agak lambat untuk memainkan video dengan format tertentu. Coba di-convert ke MP4, apakah masih lambat?

      Iya, prosesornya memang kurang gegas, demikian pula dengan grafis-nya. Jadi agak terputus-putus saat memainkan game terutama yg 3D.

      Salam.

  29. Kelemahan komunktr ini
    1. Batere loyo satu hari bisa ngecas 2 x
    2. Megangnya agak susah’ keypad kecil tgn blkng kepejet kamera belkng terus.
    3. Browsernya lemot gak kayk opera
    4. Dikira orang lg ngitung beras “mirip karce” kwakkwakwakwka

    Kelebihan
    1. Fitur mak nyus
    2. Gps maksmal
    3. Suara sedap
    4. Keren dikit
    5. Harga miring
    6. Hp setara dgn nkia e90 hrga 5jtan klo lg cman 1.9 jtan

  30. Hp gw sudah ditambah opera + instal GPS Garmin XT dan peta Jawa BAli + ebuddy. Mantapsss.
    cuma itu Battery cepat habis,
    Kalau lagi Pakai gps di mobil harus di charge terus di mobil.

    Ada yang punya info Battery versi amp yg lebih besar?

  31. @elektrikgenset , mmg bener putus2 jd gak enak nih nontonnya.
    prosesornya emangnya brp ya? klo aq liat spesifikasinya ga’ tercantum prosesornya!!!!!

    KT610 payah klo mo pake tema, atau mo memasangkan program lain kebanyakan tertulis “sertifikat tdk terpercaya” symbiannya, bisa sih di paksain tp klo rusak HANCURRRRRRRRR.

  32. gw dah pakai blm 1 bln dan sdh sangat puas ma ni hp, harga yg ga mahal tp bs di bilang dah cukup komplit, walaupun pake quickoffice 6 trial..bisa buat dan edit affice 2007..mantap..(kpn2 kpingin full versinya), dan yg penting bisa push email yg ga usah susah2 cek email lewat browsing.. hp ini sangat membantu buat yang usaha pemasaran lewat internet… dengan koneksi 3,5G cepet coy…kamera lumayan…suara asik… apalagi ya.. keren lah ini hp… ga kalah ama hi tech tp awis … heu..heu..

  33. Mas Dewo, maaf bisa diajari untuk bisa pakai KT610 sebagai modem di Ubuntu Jaunty / Karmic? memang terdeteksi , settingan IM2 juga sudah benar karena sebelum nya pakai Samsung Z170 dan USB modem Icon 225 OK, tapi begitu di klik IM2 nya, tidak ada icon muter-muter seperti biasanya. Saya coba manual pakai gnome-ppp juga tetap gagal, padahal awal nya terdeteksi sebagai ttyACM0. Ada ide Mas Dewo? Thanks.

    • @Mas Mugi Prayogi Wibowo,

      Dulu saya juga pakai gnome-ppp tapi gagal. Kemudian saya pakai wvdial dan berhasil. Coba pakai wvdial saja. Saya berhasil pakai wvdial untuk koneksi dengan Soner G502, LG KT610 dan juga Nokia XM 5800.

      Coba deteksi port yang digunakan oleh ponsel. Soalnya bisa saja ttyACM0, ttyACM1 atau ttyUSB0, ttyUSB1.

      Cara ngeceknya:

      tail -f /var/log/messages

      Kemudian colokkan ponsel ke nobie/kompie via USB. Dari situ akan kelihatan port yang dipakai. Setelah tahu port yg dipakai, coba setting ulang konfigurasi wvdial.conf.

      Semoga berhasil.

    • Dear mas Ureh,

      Caranya gampang bgt mas. Syaratnya, pertama: mas harus aktivkan GPRS dulu ke operator (hubungi call center-nya, cara ativasi gprs masing2 operator beda), kedua: saat akan melakukan panggilan video call mas harus berada di daerah jangkauan 3g operator yang bersangkutan, ketiga: rekan yg akan di-video call juga harus sudah aktiv GPRS dan berada pada wilayah 3G.

      setelah syarat di atas komplit maka do next:
      1. masukkan nomer yg akan dituju,
      2. pilih Option > Call > Video Call

      selesei.

      jgn lupa, HP penerima juga udah harus 3g dong hehe…

      Salam.

      note: front cam hp ini (samping kiri bawah layar) kurang sensitive dgn cahaya, jadi kalo mau VC sebaiknya di tempat terang.

  34. saya tertarik ingin beli hp ini.. tapi ada yang ingin saya tanyakan ?
    1. apakah headsetnya bisa disambung dengan jack audio 3,5 mm ya..?
    2. Apakah GPS nya akurat & apakah bisa diinstal aplikasi Garmin ….
    3. apakah kualitas video , kamera dan audionya bagus…
    tolong di jawab ya mas dewo… thx

    • @Ony

      1. Headset-nya punya port proprietary. Tapi di tengah kabel headphone-nya (handsfree) ada fasilitas jack 3.5 mm. Jadi kabel handsfree-nya pakai yang asli, tapi di tengahnya bisa dicabut & diganti headphone 3.5 mm.

      2. GPS akurat. Inisialisasinya termasuk cepat. Saya belum coba instal aplikasi Garmin, jadi tidak tahu bisa atau tidak.

      3. Kualitas video, kamera & audio termasuk bagus. Cuma untuk merekam video atau foto ada sedikit lag. Tapi kualitas hasilnya termasuk bagus.

      Salam.

  35. thx atas jawabannya ya, saya sangat puas…
    tapi adapertanyaan yang lupa kemarin….
    1. LG KT610 ada fasilitas flv-nya gak ?? jadi lsg bisa liat video format flv ya…?
    2. trus utk youtube apakah langsung bisa di liat di hp dan bisa disimpan..?
    3. untuk rekam video berapa maks. ukurannya apakah melebihi uk. 176 x 144 / tipe format MP4 ?
    saya tunggu jawabannya mas…
    thx

  36. oeii tolong info tentang batrei LG yg ampere nya besar…
    itu puenting bangettt.aq pake LG uda hampir 8 bulan..tapi selalu takut pake program nya, krn takut kehabisan batrei…
    ada info ttg batrei yg baru ngak???

  37. Komentar anda tidak sesuai yg sy alami. Sy baru beli kurang satahun LG KT610 saya sdh mengalami masalah, koneksi sering putus2, mendadak mati, dan sekarang mati total. saat hidupinnnya seperti kokputer hang.
    Lebih parah lagi sy br ke tempat service yg cukup lumayan gede tdk bisa perbaiki, krn tdk ada aplikasinya
    apaa.. ini????? kl ngomong yg bener2 aja lah….

  38. Mas Dewo, saya sampai saat ini belum bisa pake IM nya, gimana Mas settingnya…?
    dan saya mau beli baterainya sampai sekarang belum dapat ? saya tinggal di Samarinda.
    Thanks atas infonya.

    • @Imam Santoso,

      Sejatinya parameter dalam setting bisa dilihat di website providernya (IM). Dan biasanya secara default sudah tersimpan di SIM card-nya.

      Coba Anda buka browser di LG KT610. Coba dari browser internalnya, apakah bisa terkoneksi ke internet. Jika bisa, maka selanjutnya akan lebih mudah. Jika belum, mungkin ada yg salah dengan parameter koneksi. Beberapa operator menyediakan setting OTA (over the air) sehingga Anda tidak perlu mengesetnya sendiri, namun cukup mengirimkan sms ke operator.

      Mengenai baterai, nampaknya memang sulit sekali mencari baterai after market utk LG KT610.

      Salam

  39. tolong saya dibantu……
    cd driver ga bisa kebaca jadi saya donlot pc suite nya, sudah bisa tapi buat konek internet ke pc gimana ya pak ?????
    niatnya sy beli supaya bisa jadi modem soalnya…
    terima kasih sebelumnya…..

  40. saya lagi nyari lcd LG KT610, karena lcd bagian dalam ponsel LG KT610 saya rusak… MOHON INFONYA jika ada yang jual atau paling tidak tau alamat yang jual lcd LG KT610…

  41. KT 610 ini bisa pake microsd HC ngga ya..? Kalo microsd biasa cuman sampe 2 gb,pengennya yang 4 ato 8gb sekalian,biar masuk banyak mp3nya..
    takutnya kalo udah beli yang microsd HC ntar ngga kompatibel sama KT 610..

    thx tanggapannya

  42. mas tolong bantuannya ada masalah pada HP LG KT610 saya….masalahnya gak bisa kirim sms tapi bisa trima…mohon bantuannya ya mas….

    • hal yang sama terjadi dg saya..itu masalah softwarenya…dulu aku instal ulang software di service center lg. biayanya kena Rp. 38.500,- saja.semoga membantu…

  43. saya kesulitan mencari batre nya dimana sya bisa mendapat kan nya …saya tingal di bengkulu klo ada tolong kabarin di no ne 081271747674

  44. sampai klenger cari batry lg kt160 gak kan nemukan, 1 minggu yg lalu d jkt yg kota besar z g ada pa lagi kota kecil, katanya sdh g d produksi lagi

  45. Hai mas dewo..
    Q ad kendala ni , tau kode KT610 g biar kembali kesetelan pabrik,,krna gps,dn wap tidak bisa d tampilkn gra” q reset jd g bsa d tampilkn tlng ksh tau mas,,tk tngu blsan’n thnks y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.