Review: Acer Aspire 2930-642G25Mn

Hai, daku bukannya ganjen kalau sekarang pakai batu permata. Tapi memang ini sudah suatu keharusan. Sekarang daku harus bekerja menggunakan batu permata. Tapi bukan berarti daku sudah tidak bekerja di dunia IT lagi, karena batu permata ini bukanlah batu permata betulan.

Seri Gemstone
Seri Gemstone

Batu permata yang kupakai ini adalah sebuah nobie dari Acer yang merupakan seri gemstone. Pertama kali pakai seminggu yang lalu memang kesannya mewah banget. Casingnya berkilau seperti kaca. Kalau nobie dinyalakan, maka tulisan Acer di belakang layar akan menyala. Sudah begitu cat-nya ada gradasi hitam ke biru metalik. Dan berkilau seperti sebuah batu permata. Keren deh.

Seri nobie dari Acer ini adalah Acer Aspire 2930-642G25Mn. Nobie ini sudah dipersenjatai dengan prosesor nobie baru dari Intel, yaitu Core2 Duo T6400 yang menggunakan fabrikasi 45 nm alias lebih kecil lagi dari jajaran Core2 Duo sebelumnya yang menggunakan fabrikasi 65 nm.

Penggunaan fabrikasi 45 nm ini diklaim akan menjadikan prosesor hemat listrik sekaligus lebih dingin dari yang 65 nm. Selama seminggu menggunakannya rasanya klaim tersebut terbukti. Paling tidak nobie ini tidak sepanas nobie Acer-ku sebelumnya (TM 6292-100512Mi, TM 3045WTMi). Dan juga lebih tahan lama digunakan untuk bekerja ketika menggunakan baterai. Paling tidak 2,5 jam sudah terlampaui sampai akhirnya charger dicolokkan ke outlet.

gemstone1
Spec Sheet

Seri gemstone haruslah mewah, semewah batu permata. Dan ini dipenuhi oleh Acer yang dengan mewah mempersenjatai nobie ini dengan beberapa fitur unggulan. Sebut saja soundcard-nya yang keren dengan Dolby Home Theater dan Virtual Surround Sound. Ada colokan untuk S/PDIF juga untuk sambungan ke instalasi home theatre dengan kabel optik.

Tidak kalah seru adalah layarnya yang dijuluki CrystalBrite. Kurasa layarnya memang lebih cerah dari nobie-nobieku sebelumnya, termasuk juga Lenovo 3000 Y400 yang sampai sekarang masih mendampingiku di kegiatan experimen dan blogging di rumah.

Terkait dengan urusan penampilan, nobie ini menggunakan graphic media accelerator 4500MHD yang mampu dialokasikan RAM sampai 732 MB. Tapi sayangnya tetap share dengan RAM utama. Kali ini daku belum sempat mengetes performanya. Mungkin lain waktu ya.

RAM bawaan cukup besar, yaitu 2 GB DDR2. Harddisk juga lega dengan kapasitas 250GB. Secara default harddisk ini sudah dibelah 2 sama besar. Satu untuk sistem operasi bawaannya yang Microsoft Windows Vista Home Premium dan yang satunya kosong. Cukup lega untuk menyimpan semua data kita.

Lihatlah Kilau Casingnya
Lihatlah Kilau Casingnya

Oh iya, ada webcam-nya juga. Kamera yang bertajuk Crystal Eye ini cukup bagus digunakan untuk chatting dengan resolusi maksimal HD 720p. Dan ketika digunakan di ruang yang memiliki penerangan minim pun masih bisa menangkap gambar dengan baik walau pun masih ada noise-nya juga, tapi nyaris tanpa lag. Beda dengan webcam di nobie-nobie sebelumnya yang seringkali menjadi lambat karena harus memproses gambar yang ditangkap dan membuatnya lebih terang.

Untuk urusan koneksi juga cukup mumpuni. Nobie ini sudah dibekali port ethernet gigabit, wifi 5100ABGN, dan bluetooth menjanjikan koneksi dapat menggunakan berbagai alternatif. Kalau pun masih kurang, nobie ini sudah dibekali port PC Express untuk koneksi yang dapat di-upgrade. Sayangnya Sierra Wireless AirCard 875-ku jadi tidak bisa digunakan untuk nobie ini.

Nobie ini juga dilengkapi dengan 3 port USB untuk berkoneksi dengan berbagai piranti lain. Cukuplah ya?

Nampaknya sekarang semakin banyak nobie yang dibekali piranti pembaca FingerPrint. Termasuk juga nobie ini. Mungkin biar nobie lebih aman ya? Eh, bukan nobie-nya yang aman, tapi data dan aplikasinya. Soalnya proses verifikasi user bisa digantikan dengan pengenal sidik jari ini.

Jadi kalau mau hilang, ya hilang saja. Tapi data dan aplikasi tetap aman. Padahal kalau dioprek harddisk-nya ya bisa saja dibaca. Hehehe…

Nobie dengan Windows Experience Index 3,1 ini nampaknya cukup gegas walau pun mengusung Windows Vista. Memang sih Vista yang diusung cuma Vista Home Premium yang sudah dipangkas fitur-fitur eksotis dari Vista. Tapi daku memang kurang suka dengan Sidebar yang boros memori dan prosesor itu.

Menemani Vista Hompre (Home Premium maksudny), nobie ini sudah diinstal dengan MS Office 2007 Trial 60 days yang harus diaktivasi secara online. Habis masa trial kita harus membelinya atau Office akan terkunci dan tidak bisa dipakai.

Sudah seminggu ini daku menggunakan nobie berbobot 1,85 kg ini termasuk untuk tour of duty. Dan sampai sekarang belum ada masalah.

36 pemikiran pada “Review: Acer Aspire 2930-642G25Mn

  1. Aduh keren … dalemnya hitem … punyaku Aspire 5920 dalemnya putih … ngak boleh lethekan!!! Apaboleh buat semua aspire di Perancis sekarang ini dalemnya putih semua!!!

  2. hmmmm… klo dari spec processor na siy sama ma dell na iit T6400 cuma si iit layar na masih gurem minus web cam ram sama 2GB en no windows available 😀

  3. karena mo ngambil nb ini juga, mo nanya nih bung dewo :
    1. di dalam paket penjualan dapatnya apa aja
    2. dapat cd recovery windowsnya gak ya, sukur sukur dapat cd vistanya
    3. ada stiker yg tertempel di bagian bawah laptop sebagai tanda mengunakan ms windows asli ?
    4. tetap no problem kan sampai hari ini ? hehehe

  4. @ Bro Dani,

    1. Dalam paket: charger, tas, dus, hem… apa lagi ya? Rasanya itu aja.

    2. CD Recovery tidak ada karena Windows (dan semua drivernya) sdh pre-instal. Tapi kita bisa bikin DVD recovery/backup sendiri.

    3. Ada stikernya.

    4. Sampai sekarang tidak ada problem.

    Salam.

  5. Bro Tpe ini bedanya nya apa yah ama ACER Aspire 4935-642G25Mn selain ukurannya .
    Bagusan ambil yg mana yah Bro ?
    Soalnya takutnya kalo ambil type 2930 ukuran layernya terlalu kecil kalo ambil yg 4935 juga males pake laptop yg gede2 ^^.

  6. @ Dear Hendra,

    Kayaknya bedanya cuma di ukuran-nya. Yg satu 12″ sedangkan yg satunya lagi 14″.

    Tergantung kebutuhan Bro Hendra. Kalau sering mobile, paling enak emang yg 12″. Kalau banyakan stay di kantor & kerja berlama2 paling enak pake 14″

    Salam.

    • Tidak bisa dibandingkan langsung dgn Acer Aspire One, Bro. Soalnya beda jenis, yang satu notebook & lain netbook. Pemilihannya tergantung kebutuhan. Kalau ingin mobile dengan tugas2 ringan, lebih baik memilih Acer Aspire One. Tapi kalau tugasnya cukup berat (membutuhkan lebih banyak tenaga prosesor & RAM yg besar) lebih baik memilih notebook.

      Salam.

  7. harga barunya skrg brapa ya?
    nyari2 di rakitan.com n viraindo.com gk ada, kadang klo bhinneka hrganya kurang akurat, agak mahal
    cuz tmen ad yg jualin 2nd 5,9jt
    kira2 ambil gk ya??
    pengen punya yg 12″ sih.. n_n
    thx

    Regards,

    arabe

  8. aku pakai acer seri aspire 2930 tapi ramnya cuma 1 gb sudah itu aku pakai 3 minggu sudah rusak diservis ke singapore selama 1,5 bulan capek deh nunggunya, itu bagaimananya, apalagi sekarang bluetooth lagi bertingkah alias rusak.

    • @Raja Baharuddin:

      Kayaknya nobie Anda cacat produksi. Kalau diservis tetap bermasalah, mendingan minta ganti unit baru. Atau minta ganti motherboard sekalian. Mumpung masih garansi.

      Salam.

  9. HEIII…GUEADASEDIKIT MASALAH MENGENAI KEYBOARD ACER ASPIRE 2930 GUE…BISA KSH INFO GAK BELINYA DIMN DAN HARGANYA BRP? TLG SMS AJA YG TAU KE NO GUE 085753819999 A/N : BOOGLE
    THANKS YA FREEEENNNDDD….

  10. Bos itu pake sierra bisa ko,yg saya Acer 2930 yg sama bsa memakai Sierra tersebut…
    Coba instal manual,pake cd bawaan yg versi baruu….
    mudah2n bsa sob….

  11. Ak punya 2930 k0k ram_nya cuma 1 Gg,,
    udah gitu kal0 pertama masuk d (key pasw0rd) kib0rdnya harus d tekan lama,,
    kal0 nga d tekan lama angka/huruf yg d maksud nga akan muncul,,,
    bs dibenerin nga??
    Caranya??
    udah gitu kal0 mbuka flash disc. Kal0 lama nga kebuka trus d end n0w layarnya langsung blank(p0l0s screen sever)
    knp ya??
    Bls aj d
    anamfrizzy@yahoo.com
    trim’s 4 bantuanya,,
    @_6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.