Hati-hati Gadget Meledak Atau Terbakar

Berita gadget meledak atau kebakar memang sudah sering. Tidak hanya ponsel, tapi juga notebook, dan lain-lain. Memang sih paling sering adalah ponsel yang meledak. Kebanyakan kasus gadget meledak atau terbakar ditengarai karena baterai yang sedang di-charge. Mungkin karena baterai overcharge atau ada masalah di pengisiannya atau kemungkinan yang lain. Atau seringkali dicurigai karena baterainya palsu alias abal-abal sehingga tidak bisa bekerja dengan baik.

Baterai Yang Membengkak
Baterai Yang Membengkak

Nah, daku mengalami suatu peristiwa buruk dengan baterai gadgetku. Tidak sampai meledak atau pun terbakar sih. Tapi baterai Soner G502i-ku menjadi gembung sampai-sampai tutup baterai tidak bisa tertutup dengan sempurna.

Memang sih, baterai yang kupasang sudah bukan baterai asli bawaan Soner. Karena satu dan lain hal, daku sudah membeli baterai baru pengganti baterai aslinya. Baterai pengganti seharga 150 ribu ini katanya si penjual asli. Sedangkan yang palsu harganya setengahnya. Pernah juga aku tanya di sentra penjualan resmi Soner, harga baterai aslinya ternyata seharga 450 ribu. Hem… mahal bener yak?

Pertanyaannya adalah, dengan harga 150 ribu tersebut, apakah baterai yang kubeli memang asli? Setelah diamati dengan seksama dengan membandingkan dengan aslinya, ternyata baterai pengganti tersebut memang mencurigakan. Cetakan tulisan tidak terlalu jelas dan rapi dibandingkan dengan aslinya. Performanya pun tidak terlalu menggembirakan. Baterai dapat menyuplai tenaga ke ponsel rata-rata 1 sampai 1,5 hari untuk pemakaian normal. Padahal dengan baterai asli bisa sampai 2 hari lebih dikit.

Nah, suatu ketika daku mengisi baterai semalaman. Besoknya ternyata baterai ngedrop dengan cepat. Casing belakang sudah tidak dapat tertutup rapat karena baterai menggembung. Langsung saja daku lepas baterai. Setelah itu daku tidak menggunakan baterai ini lagi.

Masalahnya daku belum sempat membeli baterai penggantinya. Ya sudah, sementara Soner G502 diistirahatkan dulu. Sementara daku cukup menggunakan komunikator hemat plus ponsel merah genit.

8 pemikiran pada “Hati-hati Gadget Meledak Atau Terbakar

  1. .
    Walaaah,,,,
    Ngomongin batre bunting, kok yang dipotret acer,,,,,

    Piye to,,,,???

    Lagian, ndak pantes situh mbeli batre palesu. Paling sip adalah begitu udah ngedrop, segera mbeli gadget pengganti. Lebih ekonomis,,,, 😉

  2. @ Dear Mbelgedez,

    Hehehe… namanya juga numpang nampang Acernya.
    Weh, sayangnya sedang tidak punya budget untuk mbeli gadget baru jee…

    ~~~

    @ Dear Mbak Puak,

    Hem… berapa ya? Sampe ngga kehitung nih. *halah*
    Hehehe, cuma becanda kok. Saat ini cuma 2 plus 1 modem.

    Wah, kemarin habis kulemparin juga sih. Tapi ngga ke arah Mbak Puak. Hehehe…

    ~~~

    @ Dear Mbak Chocovanilla,

    Hehehe… Kena charging semaleman jadi bengkak.

    Salam.

  3. mungkin tu HP sering dipake sebagai modem kaleee
    karena banyak temen gw yang mengalami kasus tersebut
    dikarenakan digunakan sebagai modem dalam waktu yang sering dan waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.