Mogok Pertama Skywave

Setelah kurang lebih 4 hari tidak digunakan, rupanya Skywave-ku ngambek. Pagi ini tidak bisa di-starter. Starter elektrik tidak mampu menyalakan mesin. Mungkin aki tidak kuat ngangkat motor starter. Tapi kok lampu rem masih bisa nyala terang ya?

Alhasil daku ngengkol sambil dongkol sampe gempor. Dan tidak mau nyala juga. Satpam yang baik hati, tidak sombong & gemar menabung pun sudah membantu diriku ngengkol sampai menyerah karena Skywave ngambek tidak mau nyala. Tanya Bos Mbel dan dijawab untuk mengengkol, padahal daku sudah sampe gempor ngengkolnya. Akhirnya saran pamungkas dilontarkan: “dibawa ke bengkel.” Hiks…

Punya motor matic memang agak sedikit repot, terutama kalau ada masalah seperti yang daku alami ini. Terutama karena tidak bisa di-starter model gelinding atau didorong. Belum lagi kalau ada masalah dengan ban belakang yang untuk membongkarnya pun perlu kunci L yang kadang kala tukang tambal ban tidak punya. Tapi kalau tidak ada masalah pakai motor matik asyik kok. Hehehe…

Ya sudah, terpaksa hari ini daku ke kantor naik Taruni dan kutinggalkan Skywave tergolek merana. Lagian kok ya pake acara ngambek tho? Secara baru beberapa bulan gitu loh! Masak harus beli aki baru? Ada cara lain yang praktis selain pergi ke bengkel atau beli aki baru gak ya?

Iklan

21 thoughts on “Mogok Pertama Skywave

  1. .
    Tidak benul motor matik susah start pagi hari….

    Kuncinya adalah perawatan berkala, sehingga kerenggangan klep tetap terjaga. Akan memudahkan untuk starter…

    Kalo soal accu yang ngambeg, saat ini bisa di strumin aja dulu…

    SPIN sayah dari baru sampe hari inih hampir 3 taon accu nya masih oke. Padahal dari baru pula yang namanya Kick Starter sayah copot….

    Kebayang kan, beratnya accu menghela mesin dingin di pagi hari…

    • Iya, biasanya setiap pagi oke-oke aja tuh. Servis juga rajin. Cuma ga nyala sama sekali beberapa hari saja sih.

      Kayaknya emang harus dipancing/di-charge dulu. Padahal lampu rem masih nyala terang loh! Apa mungkin ada kabel lepas? Atau dinamo-starter-nya bermasalah?

      Sampe sekarang belum kupancing akinya. Hiks…

    • Hihihi pertanyaannya kok unik gitu tho?

      Ga tahu deh harus didongkrokin berapa hari. Sebenarnya pernah juga didongkrokin 4 hari tapi masih bisa hidup. Tapi kali ini kok sudah mogok. Jadi tidak ada hitungan pasti berapa harinya supaya sukses mogok.

      Emang nitipin motor di penitipan sampai berapa hari mas Guh?

  2. Salam kenal Mas Dewo,,

    Barangkali masalah yang dihadapi Mas Dewo karburator banjir. Skywave gampang mas, karbunya keliatan dari luar (satu2nya matic yang keliatan karbunya!) tinggal buka pake obeng plus n buang bensin, tutup lagi, start dech. Soalnya dulu saya punya Shogun 110 juga gitu kalu uda lama gak pake. Mdh2an bisa. Masih lebih baik Skywave daripada Vario yang saya pake distart mau eh mogoknya dijalan… Hal ini sering saya dan pengguna Vario lainnya alami. Mas bisa surfing di yahoo untuk membuktikanomongan saya.

    • Salam kenal juga Mas Iman.

      Ternyata yg saya alami adalah karena switch pengaman di standard samping. Switch ini tidak tertekan dengan sempurna oleh standard samping sehingga mesin terproteksi dan tidak bisa distarter.

      Terima kasih Mas Iman.

    • O gitu,,saya bersyukur tidak pernah ada masalah dengan switch standar samping. Vario saya juga terkadang bermasalah mungkin gara2 saya pernah mengadopsi filter udara ori honda tiger dalam vario dengan maksud filter busa bisa dicuci jadi lebih hemat. Mudah2an ok terus ya Mas skywavenya.. Keep riding 🙂

  3. O gitu,, vario selama ini standar samping baik2 saja. Mudah2an kedepan ok terus skywavenya mas. Vario juga bagus koq, barangkali terkadang bermasalah gara2 saya pernah ganti filter udara pake punya hoda tiger tipe busa dengan maksud bisa dicuci jadi lebih hemat. Keep riding Mas..

  4. skywaveku tarikan pada kecepatan dibawah 60 kadang denger suara tret tet tet gitu 60 ke atas halus. apa yang punya skywave juga begitu

  5. bos minta petunjuk dunk!
    Skywave wa ngadat,gara” abis didosmir.
    Gejala awalnya lampu depan mati,tapi lampu yg laennya hdp.eh hari keduanya gag mau distater.terakhir nih pas di gas ky gag ada tenaganya.
    Knp tuh bos?

  6. sky wave sy juga pernah mati tapi lampu2 masih nyala. Di engkol sampe gerah ga bisa2. Ternyata setelah di bongkar ada kabel pada switch stander yang putus di makan tikus. Peristiwa serupa juga di alami teman saya. Jadi kalo mau parkir skywave cari yang aman dari tikus. Sekedar info, sebentar lagi skywave new model akan di luncurkan.

    • @Alfred,

      Pada kasus Skywave saya, ternyata yg bermasalah adalah switch pada standard samping. Seperti kita tahu, standard samping Skywave memiliki switch proteksi yang akan mencegah starter pada saat standard samping ini menyangga.

      Setelah standard sampingnya dibuka & ditekuk ulang dengan agak keras, switch ini non-aktif dengan sempurna. Motor pun bisa distarter dengan normal.

      Kalau akinya tidak ngangkat, maka skywave bisa distarter dengan starter injak. Kalau tidak bisa juga, mesti dicek switch di standar samping. Mungkin masalahnya kayak skywave saya.

      Semoga membantu. Salam.

  7. motorku skywave 125, aku sudah menganti aki tapi g mau distarter kadang-kadang mati senua seperti ngak ada listriknya kira-kira apa penyebabnya ya…………..please help me………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s