Mengganti Senar Gitar Ber-bridge Floyd Rose

Gitar baru belum tentu bisa langsung asyik dipakai. Terutama jika snar-nya sudah tidak baik lagi. Maklum, gitar baru bukan berarti siap pakai, karena jika lama dipajang di toko, atau malah lama tersimpan di gudang, maka snar-nya bisa berkarat. Demikian juga dengan gitarku.

Sebenarnya saat akan merakit kembali Yamaha SE 211 daku sudah menyiapkan snar gitar 1 set. Namun kemudian tidak terpakai karena daku memutuskan beli gitar Cort X-6 saja. Nah, mendapati snar Cort X-6 sudah tidak baik lagi, maka sudah tepat sekali jika snar tadi dipasang ke X-6.

Masalah kemudian timbul saat akan memasangnya karena daku tidak tahu cara masangnya! Hayah… rupanya Cort X-6 yang memiliki bridge Floyd Rose ini memiliki konfigurasi yang unik yang belum pernah kupelajari sebelumnya. Hehehe… Yamaha SE 211 memiliki bridge up-down bertipe floyd rose versi Yamaha, tapi tidak serumit Floyd Rose yg ada di Cort X-6 ini. Alhasil daku harus googling mencari tahu cara mengganti senar gitar yang memiliki bridge Floyd Rose.

Syukurlah banyak sekali panduannya. Termasuk video cara menggantinya. Rupanya video cara mengganti senar ini cukup besar juga. Itu pun ada 4 bagian. Weks… Sekarang daku pun mencoba mendownload ke-4 video tersebut dengan koneksi pas-pasan. Kayaknya bakal lama nih. Yowis, ganti senarnya ditunda sampai download video-nya kelar dulu. Hehehe…

Link terkait:
~ How To Change Strings on a Floyd Rose Bridge Part 1 of 4 (Youtube)
~ How To Change Strings on a Floyd Rose Bridge Part 2 of 4 (Youtube)
~ How To Change Strings on a Floyd Rose Bridge Part 3 of 4 (Youtube)
~ How To Change Strings on a Floyd Rose Bridge Part 4 of 4 (Youtube)
~ How to Change Strings on a Floyd Rose (guitar.about.com)

Iklan

5 respons untuk ‘Mengganti Senar Gitar Ber-bridge Floyd Rose

  1. Kalo udah oke, segera bikin band. Aku bersedia kok jadi vokalis, dengan gaya musik “R&B” (rok en blus) huhahahaha………

    Sapa tau lagunya jadi RBT trus dpt duwit milyaran….

  2. […] Semenjak punya Gitar Pendiam (Yamaha Silent Guitar), saya jadi belajar main gitar lagi. Sayangnya string Si Gitar Pendiam yang bawaan toko itu berkarat karena lama dipajang di toko. Bikin sakit jari, sulit tuning-nya dan suaranya jadi tidak enak. Lalu saya mencoba main dengan gitar lama, yaitu Cort X-6. Lha kok kemudian string-nya putus ketika sedang saya tune. Sepertinya memang sudah lama sekali string ini terpasang. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.