Membuat Efek Gitar Sendiri

Selain main gitarnya sudah karatan, rupanya keterampilanku berelektronikaku pun sudah karatan. Sudah tidak seteliti, secermat & sesabar dulu lagi. Maklum, kedua hobi ini sudah kutinggalkan selama belasan tahun.

Bermula ketika daku menemukan skema efek gitar yang tidak terlalu rumit dan semua komponennya tersedia di pasaran (tepatnya toko elektronika di Tangerang), yaitu MXR Distortion Plus yang bila dimodif sedikit bisa menjadi DOD 250. Wah menarik sekali. Dan kurasa daku bisa membuatnya. Langsung saja daku belanja semua keperluan untuk membangunnya.

Komponen MXR+
Komponen MXR+

Namun ternyata apa yang nampaknya sederhana itu tidak selamanya mudah untuk direalisasikan. Apalagi saat daku memilih cara hacker alias jalan pintas, yaitu membangunnya dengan menggunakan Perf Board (perforated board). Sekedar informasi, Perf Board ini adalah PCB yang sudah berlubang-lubang tapi tidak memiliki sambungan antar komponen. Untuk menyambungnya, kita perlu membuatnya sendiri, bisa menggunakan kawat kecil, kabel, atau sejenisnya.

Dan walau pun komponennya sedikit, tapi menyambungkannya tidak mudah. Apalagi jika tata letak komponennya berdekatan, misalnya untuk kaki-kaki IC. Ironisnya semua itu kulakukan saat diriku sudah tidak muda lagi, sudah tidak teliti dan secermat dulu lagi. Tentu sudah bisa ditebak, proyek kecil-kecilanku tidak berhasil. Hihihi…

Sudah gitu daku sudah males ngoprek untuk memperbaikinya. Soalnya solderannya pun berantakan. Belum lagi kabelnya yang sliwar-sliwer. Ruwet. Seharusnya sih dicek pakai multimeter. Tapi multimeterku waktu jaman SD sudah hilang entah dimana. Beli lagi? Hem… kayaknya bulan depan saja. Maklum, budget untuk hobi sudah habis. Malah sudah menggerus budget yang dialokasikan untuk lain-lain. Hihihi…

Bener-bener heboh. Ada flying board-nya segala. Hahaha...
Bener-bener heboh. Ada flying board-nya segala. Hahaha...

Membangun dengan Perf Board memang amat-sangat tricky. Jadi kemarin daku memutuskan untuk membuat PCB beneran dengan menggunakan teknik sablon. Dalam bayanganku, semuanya sangat sederhana. Lha wong tinggal fotocopy dan disetrika ke papan board polos. Beda dengan jaman daku SD-SMP dulu dimana daku harus pakai karbon atau menggambarnya secara manual dengan spidol permanen.

Kali ini daku dibantu oleh Bro Yus dalam mengerjakan prakarya ini.

Dan lagi-lagi daku meleset. Ternyata beda antara bayangan dengan kenyataan. Lagi-lagi semuanya tidak semudah itu.

Bermula dari mengikuti petunjuk dari sebuah situs yang menyarankan penggunaan kertas biasa untuk menyablon. Ternyata gagal total walau pun sudah disetrika lama banget. Mungkin saja daku salah menggunakan kertas, soalnya kertas yang kupakai memang agak tebal. Atau bisa saja karena setrikanya kurang panas atau malah kurang lama menyetrikanya? Tapi sudah nyaris 1 jam setrika yang diset pada posisi terpanas itu meniduri PCB+kertas. Namun gambarnya belum nempel di PCB. Mungkin seharusnya sampai gosong ya? Berapa jam tuh?

Seandainya pun bisa, rasanya tidak masuk akal jika untuk menyablonnya saja butuh waktu selama itu. Padahal tugas lain menanti. Untunglah di dekat rumah Bro Yus ada tukang foto copy. Langsung saja daku memfotocopy layout ke plastik (kertas transparan atau biasa disebut transparansi) seperti yang biasa dipakai untuk presentasi.

Dan ternyata memang lebih mudah menyablon pakai kertas transparan ini karena layout cepat menempel di board walau pun menyetrikanya tidak lama. Tapi karena belum pengalaman, kami tetap saja gagal melakukannya. Pertama kertas transparannya bergeser sehingga miring. Upaya kedua juga gagal karena garis-garis pinggiran tidak tersablon sempurna alias putus-putus. Upaya ketiga berhasil dengan baik. Hore…

Board ke-2 yang beberapa jalurnya terputus itu bisa ditebalkan dengan spidol permanen. Sedangkan board ke-3 yang sukses perlu ditebalkan juga di beberapa jalur yang tipis, terutama di bagian lubang komponen.

Yang unik adalah karena kami tidak punya FeCl (ferri cloride) untuk melunturkan PCB. Sebelumnya daku nyari di toko elektronik tapi tidak ada. (Hem… aneh) Dan kebetulan daku sudah kemalaman dan tidak menemukan toko bangunan yang masih buka. Jadi proses pelunturannya terpaksa tertunda. Padahal semangatnya pas menggelora. Hiks…

Tapi proses pembelajaran telah berlangsung. Kalau pun daku tidak tahu malu menuliskan semua pengalaman tsb di blog (terutama yg gagal-gagal), itu karena proses pembelajaran yang kulalui ada baiknya dicatat supaya jika kelak bertahun-tahun kemudian daku ingin mengulanginya lagi, daku bisa membaca & mempelajarinya lagi. Hehehe…

Iklan

139 respons untuk ‘Membuat Efek Gitar Sendiri

  1. wah hebat bisa buat PCB double layer….hehehehe..
    saya pernah buat yg seperti itu(MXR) hasilnya memang bagus suaranya bersih dan sempurna tapi kurang panjang efeknya

    • @Wekekeke,

      Hahaha… ini sih double layer jadi-jadian. Bukannya atas-bawah, tapi melayang. Hehehe…

      Iya, MXR D+ memang keren. Gainnya cukup besar dengan noise minim. Hem… sustainnya kurang ya? Menurutku sih cukupan lah.

      Salam.

    • @Danny MH,

      Kalau punya bekal pengetahuan & pengalaman elektronika pasti tidak sulit untuk merakit efek gitar sendiri. Di internet banyak tersedia skema & layout PCB untuk clone efek gitar. Salah satunya yang paling sering dijadikan acuan adalah tonepad – FX Projects (URL).

      Untuk membuat efek metal analog seperti yang dimaksud, bisa mengacu ke clone Marshall Guvnor (URL). Sedangkan untuk NoiseGate bisa mengacu ke clone MXR Noise Gate (URL). Kalau mau dijadikan 1 bisa kok dirangkaikan seri dalam 1 box. Istilahnya 2-in-1.

      Semoga berhasil. Salam.

    • @Anjhy,

      Tidak sulit kok. Bisa belajar sendiri dgn bantuan situs2 elektronika. Di Tonepad juga ada cara membuat PCB dan menyolder komponen elektronikanya.

      Atau kapan2 kalau sempat aku posting cara bikin efek yg mudah deh. Hehehe…

      Salam.

  2. wah saya juga sudah sekitar 5 tahun meninggalkan hobby oprek elektronika, padahal saya meniti hobby ini sejak kelas satu smp, (doh) sayang banget.

    barusan minggu kemarin terpaksa bongkar bongkar power amp yang rusak milik teman, senang masih bisa sedikit trouble shooting hehe

  3. wah,,,,, lumayan agak sulit nto,,,! gw kan lom terlalu mahir dalam merakit2 gto,,, pi klo masalah merakit cewek,,, ntose gw bangeth….. he…he……

  4. mas,,aq kq bkn clone ts808 komponennya sama persis kaya yang di tonepad..
    tapi kq tu efek mlh jd nangkep sinyal radio gt y???
    help me plisss..

  5. saya baru slesai buat efek smacam MXR itu, cuma saya sederhanakan. saya ambil rangkaian dasar penguat tak membalik dengan op-amp dengan penambahan beberapa komponen. maksud saya, cuma mo bikin pre-amp aja kok, bukan efek distorsi. setelah selesai dan 2 hari nyoba-nyoba, ternyata jadilah pre-amp/distorsi (karena klo gain-nya diperbesar sampe puol, jadi bunyinya kasar kayak efek nya BOSS hehehe…. cacat yg membawa hikmah).
    kmudian saya coba” ternyata lebih gampang pake CA3140 daripada LM741, baik untuk catu tunggal/ganda.ada yang punya pengalaman serupa???
    masalah yang paling besar, dengungnya kok gede banget ya? sudah saya kasih box dari logam. di speaker komputer sih bagus,tapi klo di tape deck dengungnya gede banget. saya blm coba di ampli gitar beneran. Mas Setio dan kawan” lain ada saran??? juga gimana mencatu LM741 klo pake catu tunggal (baterai)???

    • @Citox,

      Benar, salah satu karakter amplifier pada puncak penguatannya biasanya adalah clipping & menjadikannya distorsi. Tentu kalau amplinya 200 W bakal bikin tuli kalau mau mengejar distorsi. Untuk itulah dibutuhkan efek gitar yang mampu membuat clipping/distorsi tanpa mesti ke puncak penguatannya.

      Apakah dengungnya itu karena memakai CA3140? Bagaimana jika menggunakan LM741? Apakah masih dengung juga?

      Dengung yang Anda dengar itu hum atau noise?

      Kalau mau pakai baterai tinggal mengganti catu dayanya dengan baterai. Koneksinya tetap sama seperti kalau pakai adaptor.

      Kalau mau pakai dual, maka harus memakai jack-switch. Jadi kalau pakai adaptor bisa mem-by pass baterai, supaya baterainya awet.

  6. dengung yang dominan adalah bunyi hum nya. pake 741 sering tidak nyala klo pake baterai. klo pun nyala, bunyinya jadi seperti efek fuzz tapi lebih gak jelas (parah kan?. ada saran untuk jenis op-amp lain yang lebih sesuai untuk kperluan audio macam gini mas?

    • @Citox,

      Hem… kayaknya ada yg tidak beres dengan komponennya tuh. 741 bagus kok. Mungkin ada kapasitor/elko yang rusak atau tidak sesuai spesifikasi sehingga menjadikan hum. Harus dicek 1-1 sih.

  7. Untuk memindahkan gambar ke PCB sudah tersedia transfer paper di toko komputer dan toko elektronika. Gambar diprint secara terbalik, kemudian ditempelkan di PCB dan disetrika. Harga transfer paper masih tergolong mahal. Sekitar setahun lalu, seorang teman melakukan eksperimen menggunakan kertas yang biasa untuk ngeprint foto yang harganya jauh lebih murah. Hasilnya, setumpuk PCB dengan gambar yang tidak jelas dan tidak dapat dipakai, gagal total. Setelah diskusi dengan saya, saya buat alat pengepres seperti alat pres ban dengan 2 buah pemutar dengan landasan plat besi 3mm. Kertas foto yang sudah dibasahi air sampai benar-benar meresap ditempelkan pada PCB dan kemudian dipress dengan posisi kertas di bawah. Setelah itu, panasi di atas kompor gas/minyak/listrik selama kira-kira 15 menit. Setelah itu buka presnya dan masukkan di air agar dingin dan basah lagi. Kertas foto digosok dengan sikat cuci pakain sampai bersih. Tinggalah PCB yang sudah bergambar dan siap untuk dibor dan dilarutkan. Pemanasan fungsinya melelehkan toner. Pengepresan bertujuan melekatkan toner ke PCB. Hasilnya, sudah lebih dari 30 PCB dibuat dengan alat tersebut dan kegagalan hanya 5-10 persen saja, itupun karena anak-anak masih belajar membuat PCB untuk pertama kalinya.
    Terimakasih dan salam eksperimen.

  8. thanks ya mas. tapi kapasitor yg mana mas yang paling berpengaruh pada tingkat humming: yg terhubung pada input – op-amp(berhubungan dengan umpan balik), yg terhubung pada input + op-amp (berhubungan dengan penguatan) atau yang di output op-amp? barangkali pernah coba?

  9. mas mau nya nich…sya pngen buat mxr d+ tpi bingung ma bacaan di layoutnya trutama bacaan ‘GND’ PADA layoutnya.
    itu nyambung kmana…?(maklum pemula di dunia elektro)
    plis jawabanya….trima kasih

  10. @QOdar,

    Saya pernah lihat skema boss overdrive, distortion dan metal zone. Sayang tidak saya catat. Silakan googling utk mencarinya. Banyak kok referensinya.

    Salam

  11. mas, maaf tolong rinci dong komponennya apa aja, biar saya bisa buat… please, soalnya aku pengen banget punya efek. secara aku gak ada duit kalo beli… trimz

    • mz aku dah bikin MXR D+ penguat akhir pake radio tape karaoke, tapi suaranya kurang memuaskan atau gak seperti suara rock. jd seperti suara gitar biasa, maklum gitarnya pake gitar biasa. gimana yah mas… tolong..

    • @Chard Gitar,

      Kalau banyak noise, kayaknya perlu diperbaiki groundingnya. Atau sambungan antar komponen & kabel kurang bagus.

      ~~~

      @Ali,

      Kalau suaranya kurang terdistorsi, mungkin karena tidak menggunakan potensio yg sesuai 500 KOhm utk distorsi. Di skema pot ini menggunakan reverse log.

      Salam.

  12. mz dewo ?, kalau skema sound/ampli yg bagus buat efek gimana skemanya yg sederhana, kalau bisa kira2 komponennya yang gampang di cari.

  13. oh ya mz dewo setiap aku bikin rangakaian efek, kok feedbacknya gede banget kalau volume di bersarin. tolong dong cara ngilangin feedback gimana.

    • @Ali,

      Hem… kalau feedback sih karena penguatannya terlalu besar & antara pickup gitar dgn speaker ampli berhadapan muka sehingga timbullah feedback. Pada beberapa ampli gitar ada fitur anti feedback-nya.

      Untuk kasus Mas Ali, lebih baik gitarnya tidak langsung berhadapan muka dengan amplifer/speaker-nya.

  14. wah, persis banget sama saya mas. hehehe. awal mulanya saya belajar bikin efek jga bikin mxr dist+ dri tonepad dan pke pcb bolong. tapi punya saya langsung jadi . hehehe. saya masih sma jadi masih lihai tangannya.
    sekarang saya udah berhasil buat 4 project dari tonepad dan hasilnya sangat memuaskan untuk barang rakitan. maju terus mas. pantang menyerah. ramaikan dunia per-efekan indonesia. jadilah DIYers sejati.

  15. ndak mudheng elektronik blas mas, kalo saya mending donlot software efek gitar, install, siap pake. jeleknya ada delay, mungkin karena saya ndak punya soundcard tambahan, dipetik setengah detik kemudian baru keluar suaranya 😆

    • @Mas Stein,

      Kayaknya bisa pakai driver ASIO di Windows untuk mengurangi latency. Mesti dicoba tuh. Konon di linux pakai driver JACK bisa realtime juga. Sayangnya saya belum nyobain.

      Salam.

  16. hahahahhaaaa….
    dari yang seriuus saya baca kok lama2 jadi ketawa2 sendiri liat bahasan di atas.
    ;p

    Mas,
    sampean bikin buku sekalian wae, dengan bahasa Guyon kaya di atas (biar yang baca gak stres),,
    kalo perlu retelling story kegagalan2 yang udah2 juga biar rame.

    *di luar sana masih banyak orang yang butuh materi gini.

  17. ya ilah kita emang dituntut untuk kerafitas lah karena mereka ide kereatafitas mereka yg di tuntut lah kalu enggak kerafita ya mana bisa membuat efek gitar lah ya ya sih ya lah ya yayay sih ya yg kerfits lah ya sih mana yg sarjan gak mungkin kerafitas gak punay talenta bakat sama ide tersu ketrampilan harsu di asah jangan bisa kopi mastel mana yg s3 cuam bisa nyontek kali ya lah masa iya sih ya rumah juga mau banjir kali ya

  18. itu ambil dari tonepad yo mas? hehe
    kalo gak salah itu juga bisa jadi mxr microamp juga mas..
    btw, beli komponen2 buat itu dimana ya?
    di kotaku susah2 gampang cari komponen nya..

  19. mantap mas. thanks untuk infonya.
    mau cari info dulu tentang ada gak komponennya di kotaku.

    selama ini pakai efek dari PC… kurang greeeeng hehehe

  20. Mas, saya lihat gitar vokalis MUSE, itu pake efek gitar apa ya ??? kayaknya keren banget, untuk mengaktifkan efek tinggal sentuh area yang berwarna (kelap-kelip) di area gitar…

  21. Mas.Mau nanya. Saya bikin digital delay di tonepad=>fx projects.Jadi tapi kok fedback trus hum noise+gema krg panjang(ap emgang segitu sy itung 12 kali*)apa ya penyebabnya teman saya nyaranin pake kabel koaksial.Trus grounding krg bgs .Bantu ya maklum masi h smp.Belajar elektro secara otodidak.Trims bnyak klu bisa skalian tanya alamat rumah&no hp<3

  22. mas aku bikin efek blues baker tapi aku bingung pas beli kapasitornya
    ada 200 mikro
    0,002 mikro farad
    0.1 mf
    aku bingung pas di tayain berapa volt
    maang makenya berapa volt mas
    tolong informasinya

  23. saya pertama kali bikin efek tahun 2001 krn baca buku “elektronika untuk musisi” karangan andri saepudin, terbitan gramedia tahun 1997 (belinya tahun 2001), isinya cm skema elektronika doang. Hasilnya? tangan melepuh gantian telapak tangan kanan kiri kena solder, bikin efek jg gagal, ga bunyi. Kapok? nggak. Trus sy dpt buku pny temen, warisan bapaknya, buku terbitan tahun 1989, tentang fuzzbox. Nah ini yg penting, sy belajar dr majalah Elektron terbitan tahun 1987-1989 cara bikin pcb, mengetahui kaki transistor,ic op amp kayak 741, dll. Hasilnya? OK! Saya bisa bikin efek fuzz. Meskipun gagal bbrp kali tp sy bisa bikin pcb sendiri pake spidol bukan transfer paper. Jd, kl elektronika ga pernah basi, buku thn 1989 aja msh sangat berguna.

  24. nice trying…awesome links..diy stompbox, amz, run groove, free stompbox, schematic heaven,…masih banyak lagi. bagi yg seneng metal sgt rugi kalo tak buat randall rg100es (preamp as fx)..lebih nendang drpd kloning boss mt-2 dan dod fx86 deathmetal sy..
    cheers..

  25. sabar bos dewo! namanya juga merakit sendiri jelas ada kesulitan dan kepuasan tersendiri (surya 16 citra ekslusif hehehehe).
    saya juga pernah buat waktu itu saya buat smash distortion pake ic LM 368 dan distotion + pake ic 741
    pengen mass production sih, tetapi saya punya kendala untuk bikin box dan sakelarnya (stomp switch).
    saya sempat putus asa dan mendelete file2 gambar skema efek. lihat artikel mas saya kok kepengen lagi (mumpung masih muda!)
    kalau beli box jelas mahal (katanya di glodok ada) dan kalau dijual mungkin sulit dapet laba!
    ada ide gak, maksudnya buat box pake apa?

  26. mas…. ane mau tanya.. suara yang bunyi’nya panjaanng banget tuh pake efek apa ya?? truz suara yang biasa dipake di music reggae tuh efek apa ya?? makasih mas,

  27. om ngilangin noise dari efek distorsi gmn caranya. Terutama kalo level nya di putar sampe jam 10, suara noise nya gede bgt, aku bikin sansamp gt2, trus klo treble nya di putar sampe jam 12, suaranya ancur kotor bgt, tolong dong kasih ilmunya… Thanks ya…. Aku tggu pencerahannya

    • Noise atau hum? Biasanya sih dari grounding atau pengkabelan yg tidak sempurna. Coba cek dengan menggunakan baterai. Kalau pakai baterai bermasalah juga, mungkin ada masalah di komponen atau solderannya. Gunakan komponen yg bagus.

      Salam

    • Kalo saya agak tricky.
      Biasanya saya cari persamaan komponennya.
      Saya udah bikin efek boss sd-1.

  28. maaaaaaaaaas menurut saya yang baru tahu tentang efek kurang jelas mas oh ya emang lokasinya ada dimana sih sapa tahu bisa belajar langsung dari mas

  29. bicara skill elektro ~_~…
    gw gak punya dasar cuma bisa bongkarrr dan akhirnya tuh barang jadi bangke …
    tapi pas liat tutorial pake pic mudah di baca,
    bikin penasaran nih mau coba2 rakit barang yang udah jadi bangke
    (Rusak Parah alias berantakan total) bisa di bilang dah amburadul. kali aja bisa kembali hidup. U_U

    Sobat sekalian udah bikin gw penasaran dan mau coba rangkai lewat tutorial kalian. semoga bisa jadi manfaat. alias jadi betul lagi
    dan mohon doanya aja ..
    @_@ biar rakitanya gak gagal.

    sebelomnya mo bilang makasih pada lo semua Sobat yang baik ^_^
    semoga info yang di bagikan sobat sekalian bisa betul2 manfaat dan menjadi ladang pahala nantinya amin.

    salam sukses buat semua sobat baik.
    terima kasih ^_^

  30. gan, kalo tegangan yang mengalir dr ampli ke jack gitar brapa ya..?
    mau bikin footswitch + LED merah nya..tapi gatau brapa voltnya..

  31. mang, aye udah bikin guitar effect stombox sendiri (wampler triple wreck), udah berhasil & mantab sih soundnya… cm yg ane pengin nambahin suara treeblenya (suara bassnya kegedean) buat nambahin / ngurangin apa cukup utak-atik capacitornya aja yah… plisss

  32. fungsi dioda di rangkaian itu buat clipping kan? kemarin Aku pake 1N4148 (asal :p) pas kabel dari output fx dicolokin ke input power ampli, langsung mati tuh power ampli-nya, hehe
    apa gara2 dioda itu y? germanium itu yg warnanya hitam kan?
    trus potensio pake B, bener gak?

  33. gan dewo di banyuwangi untuk ukuran kapasitor yang di maksud ga ada semua..
    ada solusi kah??? & apa pakai ukuran 16 volt smua kapasitor nya?????
    mohon penjelasanipun. . .

  34. dioda 4148. pot pke log 100k & 500k . d maximalkan gmn gan? or ada yang salah dr sambungan jack k pcb? soalnya q bingung koq ground nya cuma 1. jd q jumper langsung emale jack nya. 😦

  35. aq udah bikin mas bro, hasilnya oke, mungkin lebih oke lagi klo dimodifikasi tapi aq ga tau hehehe..tonenya agak sedikit crunch gmn…asyik jg buat bawain lagu2nya andra n the back bone hehehe >.<

    • Oke mas,
      oya numpang tanya, gimana ya cara ngilangin noisnya, saya ada efek rakitan tapi ada noisnya yg sangat mengganggu & suara hilang ketika di nada tinggi?
      Mohon pencerahannya

    • Biasanya noise terjadi karena beberapa faktor:

      1. Karena grounding yang tidak sempurna

      2. Kebocoran di capasitor (mungkin mutunya kurang)

      3. Faktor amplifikasi (mungkin kebesaran, atau IC Op Amp mutunya kurang bagus)

      4. Dll.

      Coba dicek satu per satu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.