Vox AmPlug AC30

Dulu tahun 1990 daku pernah membuat amplifier kecil seukuran kotak kartu nama. Bekalnya cuma skema amplifier mini plus kotak kartu nama bekas. Namun sudah kubekali speaker kecil dan ada port untuk headphone. Jadi jika tidak ingin berisik, daku bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan permainanku yang amburadul. *jujur kok, emang amburadul mainnya, hehehehe*

Seperti Daud dan Goliath

Seperti Daud dan Goliath

Amplifier mini ini sempat menemaniku beberapa waktu. Terutama saat daku menunggu ayah yang opname beberapa waktu di rumah sakit. Dulu daku termasuk norak ya? Mosok nungguin ayah di RS sambil main gitar? hehehe… Habis bete banget jaga malam di tempat yang sunyi sepi sendiri.

Namun sekarang amplifier mini dan supermini sudah banyak bertebaran dengan kualitas yang sangat baik dan harganya terjangkau. Dari yang memerlukan headphone untuk mendengarkannya sampai yang sudah ada speaker mininya. Dan salah satu incaranku sejak lama adalah produk dari VOX, yaitu VOX amPlug.

Amplifier mini alias portable ini memang fungsinya untuk kepraktisan saat kita memainkan gitar elektrik di mana saja kapan saja. Tidak perlu repot karena amplifier ini sangat ringkas. Bisa diselipkan di kantong gig bag. Tidak perlu repot dengan kabel listrik karena amplifier ini dicatu dari baterai. Bahkan tidak perlu kabel dari gitar ke amPlug karena amPlug sudah dibekali jack yang menyatu sehingga tinggal dicolokkan saja ke port gitar. Yang diperlukan hanyalah headphone. Jadi kita bisa main gitar di mana saja tanpa ribet.

Sebelum membeli Fender Frontman 15G, daku sempat nyari amPlug ini, tapi belum nemu. Dan saat baru-baru ini daku rajin memantau kaskus, akhirnya kutemukan beberapa amPlug 2nd yang dijual dengan harga miring. Langsung saja daku beli 1.

Sebenarnya ada 2 pilihan, yaitu amPlug AC30 atau Metal. Tapi akhirnya daku memutuskan membeli yang AC30. Pertimbangannya adalah:

1) Harga AC30 lebih murah Rp 30.000 dari yang Metal. Kalau baru sih harganya sama untuk semua varian.

2) Sudah termasuk ongkir. Tidak usah repot ambil barang. Tinggal nunggu dateng saja. Asyik kan?

3) Kelak kalau punya kelebihan uang lagi akan beli yang Metal atau Lead.

Seorang sobat pun bertanya mengapa aku beli yang AC30? Padahal kan lebih asyik jika beli yang Metal atau Lead. Seperti biasa, dengan noraknya daku menjawab:

Apa pun gitar atau alatnya, mainnya tetap metal amburadul. Hahaha…

Setelah dicoba, Gain-nya memang besar, tapi tidak sampai membuat suara ter-distorsi selayaknya amplifier solid state modern yang umumnya sudah ada fasilitas distorsi. Tapi memang seperti itulah karakter amPlug AC30 yang merupakan simulator dari amplifier VOX AC30 yang pernah sangat populer di eranya. Sangat cocok untuk nge-blues atau nge-rock. Tapi belum cukup untuk ber-metal ria.

Ditambah efek metal jadi bisa metal-metalan

Ditambah efek metal jadi bisa metal-metalan

Tapi usah khawatir atau pun kecewa karena fungsinya bisa kita murnikan sebagai amplifier biasa. Set gain ke posisi rendah dan volume secukupnya saja sehingga suara gitar benar-benar clean dan asyik buat petikan. Lalu kita pasangkan efek distorsi atau metal kita. Dalam hal ini daku menggunakan Danelectro Fab Metal. Jadilah latihan gitar kita senyap tidak terdengar oleh orang lain. Padahal headphone di telinga kita menyuarakan suara death metal. *halah, benar-benar lebay*

Hem… kok rasanya bulan ini boros banget nge-GAS-nya?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Efek Gitar, Gitar, Musik, Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Vox AmPlug AC30

  1. alfarolamablawa berkata:

    Pertamaxxxx
    wah…gitaris yah mas…mantap bgt nich…

  2. Iksa berkata:

    Wah bertambah terus nih koleksinya …. he he selamat Mas Dewo

  3. bangaip berkata:

    Mas Dewo, keren tuh ampli kecilnya. Di pasaran ada yang jual Mas?
    Saya pakai Behringer USB supaya bisa ke netbook. Tapi bosen juga karena harus nenteng ampli (tuh behringer) dan netbooknya. Kalau kecil gitu kelihtannya enak juga. Istri sama anak nggak bete ngedenger saya main amburadul. Hehe.

  4. Robinson Agus Sihotang berkata:

    Selamat Natal buat mas Dewo dan keluarga terkasih. Semoga Natal thn ini membawa kebahagiaan yg cukup berarti bagi harapan dan tujuan hidup kita semua dalam menyongsong tahun baru yang akan datang. SEMOGA

    Shalom Alelujah

    Kel R A Sihotang

    • @Bro Robinson Agus Sihotang,

      Terima kasih Bro.

      Dan selamat Natal juga untuk Bro Agus dan keluarga. Semoga damai & sejahtera dari Tuhan selalu beserta kita semua. Amin.

      Tuhan memberkati.

  5. bangaip berkata:

    Sori kalau pertanyaannya terlalu melebar. Saya pikir ada di toko-toko musik Jakata. Tapi syukurlah sudah ketemu, Mas. Di amazon banyak rupanya http://bit.ly/5L4Yj5 🙂

    terimakasih
    bangaip

  6. Dewo berkata:

    @Bang Aip,
    Maaf baru jawab. Saya sdh tanya teman, amplug dijual di Chic Music. Dulu saya jg nyari2 di bbrp toko musik tp tdk nemu.

    Alamat Chic Musik:
    Jalan Pemuda No 65
    Rawamangun, Jakarta Timur

    Semoga dpt membantu.
    Salam

  7. Ping balik: Gitar Blank « Emanuel Setio Dewo

  8. Adhi berkata:

    Kaskus is de best

  9. Ping balik: Mengganti Potensiometer Tone Push Pull Gitar | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s