Potentiometer Reverse Log

Akhirnya potensiometer pesananku tiba juga setelah beberapa minggu menanti. Pots (singkatan dari potensiometer) yang daku pesan ini termasuk langka di Indonesia, yaitu bertipe reverse log atau biasa dikodekan sebagai C. FYI, kode A adalah utk potensiometer tipe logaritmis dan B untuk linear.

Potensiometer Reverse Log
Potensiometer Reverse Log

Pots bermerk Alpha dengan ukuran C500k ini memang seringkali dipakai untuk membuat efek dan juga untuk volume/tone gitar. Sifatnya memang agak unik dan seperti halnya tipe logaritmis, pembuatan pots jenis ini relatif lebih sulit dari pada yang jenis linear biasa. Makanya harga pots ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan yg linear atau pun logaritmis. Jika digambarkan, efek dari pot ini grafiknya terbalik dari yang tipe logaritmis. Kalau logaritmis memiliki bentuk lengkung parabola ke atas, maka yang ini lengkung parabolanya menghadap ke bawah.

Rencananya pots ini akan kugunakan untuk membuat efek clone MXR Dist+ (hem… belum bosen dgn MXR Distortion Plus ya?) bersama dengan switch 3PDT yang tempo hari daku beli dari Mas Aji (K.S. Aji Toneworkshop).

Yang lebih asyik adalah saat daku membelinya dari GGG (General Guitar Gadgets) ada opsi untuk mendapatkan Holy Bible secara gratis. Hehehe… dasar orang Indonesia yang doyan gratisan, daku centang saja opsi ini. Dan dalam paket yang kuterima, ternyata tidak hanya Holy Bible yang kuterima, tapi juga CD Audio berjudul “The Uniqueness of Christianity.” Wow… Isinya keren loh!

Bonus: Holy Bible & CD Audio
Bonus: Holy Bible & CD Audio

Jadi kalau ada yang beli-beli dari GGG, lebih baik mencentang opsi ini walau pun mungkin Anda bukan seorang Kristiani. Dan jika Anda tidak membutuhkan Holy Bible dan CD Audio ini, lebih baik diberikan kepada orang lain atau teman yang beragama Kristen. Karena ini sangat penting bagi mereka.

2 pemikiran pada “Potentiometer Reverse Log

  1. potensio yg anda cari C500k ada manufactur di Jakarta, spesial product potensio & switch gitar. HP 081319991000

  2. mas. . .mau tanya. . ! apakah potensio bisa dibuat sendiri di rumah? trus komponen apa aja yg ada di dalam potensio tersebut? maklum aku pemula. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.