Misa Digital Guitar

Dapat info tentang gitar digital dari Bro Yus, maka langsung saja daku mencari tahu tentangnya di internet. Tersebutlah Misa Digital Guitar yang merupakan gitar digital asli. Gitar yang sejatinya adalah MIDI controller yang berwujud gitar ini disebutkan oleh penciptanya tidak untuk menggantikan gitar elektrik mau pun akustik. Karena ranahnya berbeda. Seperti halnya gitar elektrik yang tidak menggantikan gitar akustik sampai sekarang.

Asyiknya adalah karena gitar digital ini diotaki oleh kernel Linux 2.6.31 (Gentoo) yang open source. Oleh karenanya desain interface dan pengembangan lebih lanjut akan dapat dilakukan dengan mudah.

Seperti layaknya gitar elektrik, gitar digital ini memiliki 24 fret. Namun tidak memiliki snar (string). Tangan kiri bisa langsung diletakkan di fret seperti halnya memainkan gitar biasa. Sedangkan untuk memetiknya membunyikannya, kita bisa menyentuh touchscreen dengan tangan kanan. Touchscreen ini memiliki tingkat sensitivitas bergantung dengan kuat penekanan dan luas area tekan atau dengan menggeser jari. Dengan cara ini pulalah efek-efek suara dihasilkan. Asyik tho?

Sayangnya gitar ini memerlukan piranti yang mampu MIDI karena sejatinya gitar digital ini adalah MIDI controller. Namun usah khawatir karena bisa saja piranti ini dihubungkan ke kompie/nobie dan menggunakan suara synthesizer dari soundcard. Atau kalau punya keyboard yang mendukung MIDI, maka bisa langsung dicolokkan via port MIDI.

Sayangnya gitar yang dibuat oleh Misa Digital yang berbasis di Sydney, Australia, ini belum dirilis dan belum dijual ke umum. Tapi bisa kok kalau mau pesan mulai dari sekarang.

Kalau mau lihat demonya, silakan kunjungi situsnya: www.misadigital.com. Atau langsung ke youtube di: sini.

2 pemikiran pada “Misa Digital Guitar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.