Fiat 850 Sport Coupe

Di sekitar tahun 1998-1999 saat daku kuliah S2 di UGM dulu, daku sangat terobsesi dengan sebuah mobil yang menurutku sangat keren, yaitu Fiat 850 Sport Coupe tahun 1972. Gara-garanya adalah saat daku melintasi sebuah jalan kemudian melihat mobil ini melaju dengan kerennya. Langsung saja seharian itu daku pun terbayang-bayang mobil ini.

Sejak saat itu daku beberapa kali memergoki mobil ini di jalan. Sempat juga mergokin mobil ini mogok. Hihihi…

Sampai suatu ketika daku pun memberanikan diri bertanya-tanya dengan si pemilik mobil ini. Kebetulan mobil ini berhenti di suatu gallery. Daku pun memperkenalkan diri dan kami pun ngobrol-ngobrol panjang. Rupanya si pemilik adalah seniman lukis yang cukup beken di kota gudeg ini.

Sejak saat itu daku pun kalau melintas dan ketemu dengannya selalu melambaikan tangan. Dan daku lebih sering ke kampus dengan lewat galeri-nya. Padahal ada jalan lain yang lebih deket ke kampus.

Yang ironis adalah saat daku memperlihatkannya ke mantan pacarku (sekarang sudah jadi istri, hihihi), karena mantan pacarku ini kontan mentertawakannya. Walau pun kadang-kadang dia tidak terang-terangan mentertawakannya demi menjaga perasaanku, tapi tetap aja kelihatan kalau baginya mobil itu sangat lucu.

Ya iya sih… Tampangnya emang jadul banget, secara mobil ini sama umurku pun sama. Sudah begitu kami pernah menjumpainya mogok. Hehehe…

Namun daku sudah terlanjur terobsesi sama mobil ini. Sampai suatu ketika daku pun tergoda untuk menawarnya. Walau pun sebenarnya tidak dijual, tapi ketika melihatku sebegitu terobsesinya, akhirnya keluarlah sebuah angka, yaitu 12 juta. Hehehe… yang penting si pemilik sudah memberi lampu hijau untuk dijual. Padahal sebelumnya banyak juga yang menawar tapi tidak pernah digubris olehnya.

Sayangnya saat itu daku tidak punya uang segitu. Hiks… Dan mulailah daku menawar-nawar dengan uang seadanya, yaitu 8 juta. Mungkin kurang lebih sebulanan daku melancarkan aksi tawar menawar sambil sesekali waktu saat lewat galery-nya mampir untuk berbasa-basi.

Tibalah saatnya di suatu hari daku mendapat telpon darinya yang menyatakan dia mau melepas mobil ini 8 juta khusus untukku. Waks… daku yang saat itu baru bangun bobok siang langsung melongo kayak monyet keselek pisang, setengah percaya setengah tidak. Antara senang dan tidak senang. Senangnya adalah penawaranku nembus. Tidak senangnya adalah karena sebulan lagi daku akan nikah dan uang tabunganku jelas-jelas harus dialokasikan ke sana semua.

Apalagi tidak ada yang mendukungku beli mobil antik ini. Wah… akhirnya dengan sangat menyesal daku pun membatalkan membeli mobil ini. Itu pun daku harus meminta maaf langsung ke sang seniman dengan perasaan mengharu-biru.

Sebulan setelah menikah daku tidak lagi melihat mobil ini. Bahkan tidak pernah lagi. Padahal daku sengaja selalu lewat galeri itu. Mungkin sang seniman telah menjualnya ke orang lain.

Dan untuk mengobati rasa penasaran, daku pun membeli Fiat 131 Mirafiori tahun 1981 seharga 11,5 juta. Sayangnya walau pun body-nya istimewa dan interiornya utuh, tapi mesinnya jago mogok. Sampai pada akhirnya karena kesal daku pun menjual Fiat ini. Tapi untung kok njualnya. Hihihi…

Dan ketika malam ini daku surfing menjumpai foto Fiat 850 Sport Coupe ini, daku pun terbawa lagi ke suasana saat itu dimana daku begitu mengidamkan mobil ini. Tentu saja tidak lupa kutuangkan cerita antik ini ke blog tercinta.

~~~

Catatan: Foto diculik secara semena-mena dari wikipedia.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Hobi, Jalan-jalan, Otomotif, Personal dan tag , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Fiat 850 Sport Coupe

  1. j4p berkata:

    Kalo aku dulu SMP, paling demen sama Vitara / Escudo. Maklum tahun 91 dulu Vitara gencar banget iklannya di TV3 Malaysia. Taon 2002 aku akhirnya kesampaian beli Escudo thn 95. Tapi ternyata ini mobil banyak cacat design-nya. Dari air radiator yang musti sering2 nambah, olie mesin yang harus musti ditambah setelah 1000km & konsumsi bensinnya yang agak boros. Tapi buat kenyamanan & interior-nya sangat memuaskan hasratku.
    Tahun 2004 aku jual & beli mobil keluarga, maklum kalau pergi2 kayak orang pindahan. Satu lemari masuk ke mobil semua… 😀

    • @Bro J4p,

      Wah, dulu aku juga pernah merasakan Sidekick full accessories punya mertuwa. Salah satu cacat pabrik yang kerasa banget adalah shock belakangnya yg sering bubrah saat melewati jalan rusak. Apalagi kalau kecepatan tinggi.

      Kalau radiator sih kayaknya ngga bermasalah. Yang masalah itu olie mesin. Tapi kayaknya karena ada yg bocor gitu deh.

      Kalau kenyamanan & interior memang top deh.

  2. Dandi berkata:

    Wah, qita sama neh, terobsesi sama mobil ini..hehehe… Saya nekat hunting sampe Malang, alhamdulillah dapet… Jangan lupa tengok blog saya di http://dandid.multiply.com, disana ada cerita saya memboyong F850 dari Malang ke Jakarta…

    • @Bro Dandi,

      Wah, dapat warna putih ya?
      Keren…
      Dulu yang saya taksir warnanya merah maroon. Di beberapa bagian cat-nya sudah hilang dan hanya menyisakan warna besi mengkilat. Jadi benar-benar orisinil.

      Salam.

  3. j4p berkata:

    Escudo punyaku shock belakang kayaknya sudah dimodif sama owner sebelumnya, jadi ndak begitu problem.
    Air radiator sering berkurang karena thermostatnya dilepas sama owner sebelumnya supaya mesin lebih dingin. Jadi begitu distater, air langsung bersikulasi dari mesin ke sirip radiator. Design aslinya, kalau air masih dingin air tidak akan dibawa ke radiator, tunggu air agak panas baru dialirkan ke radiator.
    Untuk olie yang selalu berkurang bukan karena bocor, tapi karena ada olie yang rembes di ruang bakar & ikut terbakar. Semua bengkel mengakui kalau cacat-nya escudo emang yang satu ini & ndak bisa diobatin.

    • @Bro J4p,

      Oh iya, kalau sudah dilangsungin begitu ya mesti sering nambah air. Shock belakang dimodif seperti apa? Atau diberi stabilizer?

      Kalau olie rembes ke ruang bakar berarti berasap knalpotnya ya? Warna putih?

      Dulu Sidekick mertua mesinnya ada rembes olie juga, makanya mesti nambah terus.

      Salam.

  4. Hari Setiawan berkata:

    850 sport sih emang model keren tapi si jago mogok deh akupun masih punya yg model Salon. Tapi ada sih Tip untuk ngatasi Over Headnya aku dah coba hasil OK

  5. Dandi berkata:

    @Mas Hari, mau dijual gak F850-nya? Heee…

    • Hari Setiawan berkata:

      kalau dijual sih kagak tapi mau lihat dan sering masalah Fiat 850 sih ok aku juga ada Fiat 600 datang aja ke Bandung Jl Riung Permai 142 Bandung kalau pas ke Bandung ada juga Citroen soalnya aku juga Fiat Mania setelah Coba Citroen ee tertarik juga wah enak banget suspensinya

  6. dwijatmoko berkata:

    Fiat 850 persis ada di rawamangun warna krem, entah masih ada ndak ya…lumayan mulus…. ,
    Kalu punyaku mau tak jual :
    FIAT 125 SPECIAL HUB: 086549587323 / 0354-392048 WARNA HITAM, MESIN TOKCER BODY MULUS.FULL ORIGINAL JOK INTERIOR, VELG CROMODORA. HARGA 15 JT NEGO, PLAT B – SURAT LENGKAP-PAJAK TELAT, LOKASI DI KEDIRI JATIM

  7. Ping balik: IIMS 2017, Sekali Lagi Bernostalgia… Fiat Sport 850 | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s