SEMINAR SOLA SCRIPTURA 2010

Dunia sempat geger saat ditemukan Naskah Laut Mati (dead sea scrolls) di gua-gua Wadi Qumran. Mungkin naskah yang diperkirakan berusia sebelum tahun 100 Masehi ini bakal tidak heboh dan dianggap biasa saja jika tidak menyangkut sebuah agama terbesar di dunia.

Kok bisa bikin heboh tho? Bahkan sampai-sampai ada teori konspirasi? Memangnya isi naskah ini apa? Apakah berpengaruh terhadapa keimanan Kristiani?

Amat-sangat menarik! Dan semuanya akan dibahas dalam Seminar Sola Scriptura 2010 yang diselenggarakan oleh Perkantas Jawa Timur. Sedangkan seminar ini di Jakarta diselenggarakan pada hari Sabtu 13 Maret 2010, pukul 09.00 – 14.00 WIB di Auditorium Manggala Wanabhakti.

~~~
SOLA SCRIPTURA – Annual Lectures on Biblical Studies adalah rangkaian acara tahunan, dalam bentuk seminar, kuliah yang bersifat inter-denominasi dan terbuka bagi seluruh komunitas Kristen, para intelektual Kristen (dosen dan mahasiswa teologia maupun intelektual lainnya) serta para pendeta/penginjil dan pimpinan/aktivis gereja.

Kegiatan ini telah dimulai tahun 2008 dengan mengundang Prof. Ben Witherington III, Ph.D., seorang pakar Perjanjian Baru dari Asbury Theological Seminary, Wilmore, KY, USA, untuk memimpin rangkaian seminar dari tanggal 17 sampai 19 Mei 2008. Rangkaian seminar perdana SOLA SCRIPTURA ini membahas topik seputar injil yang bukan Perjanjian Baru dan Yesus yang bukan Kristus. Beryukur atas berkat Tuhan yang melimpah bagi sekitar 1300 peserta Seminar Publik, 400 peserta Seminar Akademis dan 200 peserta Seminar Biblika yang datang dari berbagai latar belakang gereja dan profesi.

Tahun 2009, tepatnya tanggal 12-14 Maret yang lalu, SOLA SCRIPTURA menghadirkan Prof. Darrell L. Bock, Ph.D., seorang pakar Perjanjian Baru dari Dallas Theological Seminary, USA, untuk menguak berbagai pandangan tentang Yesus. Topik “CHRISTianity or JESUSanity?” dibahas secara mendalam di Seminar Publik yang dihadiri sekitar 1700 peserta dan topik “The Historical Jesus” dibahas secara detil di Seminar Akademis yang dihadiri sekitar 600 peserta dari berbagai latar belakang gereja dan profesi.

Meneruskan acara tahunan ini, tahun 2010 yang akan datang, SOLA SCRIPTURA akan menghadirkan Prof. Craig A. Evans, Ph.D., D.Habil.seorang Profesor Perjanjian Baru dari Acadia Divinity College, Canada yang akan mengurai topik seputar Dead Sea Scrolls (Naskah Laut Mati). Rangkaian seminar SOLA SCRIPTURA tahun 2010 ini tidak hanya diselenggarakan di Jakarta tetapi juga di Surabaya.

Adapun rangkaian acara SOLA SCRIPTURA untuk tahun 2010 adalah sebagai berikut:

SEMINAR AKADEMIS

Tema: Dead Sea Scrolls and The Christian Faith
Jakarta: Kamis & Jum’at/11 & 12 Maret 2010
Surabaya: Senin & Selasa/15 & 16 Maret 2010 (Pk 08.00–16.20 WIB)

SEMINAR PUBLIK

Tema: Dead Sea Scrolls: Alternative Bible?
Naskah Laut Mati dan keSAHIHan Alkitab

Jakarta
Hari/Tanggal : Sabtu/13 Maret 2010
Waktu : Pk 09.00–14.00 WIB
Tempat : Auditorium Manggala Wanabakti,
Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta
Surabaya
Hari/Tanggal: Rabu, 17 Maret 2010
Waktu: Pk 16.00–21.30 WIB
Tempat : Convention Hall, Tunjungan Plaza,
Surabaya, Jawa Timur

12 pemikiran pada “SEMINAR SOLA SCRIPTURA 2010

  1. Seingatku sih Sola Scriptura ditolak Katholik Mas Dewo…Hi Hi Hi … 🙂

    Kalo seminar begituan mah memang iklannya selalu bombastis, tapi kalo bicara goyang menggoyang, saya sungguh skeptis ada seminar apapun atau isi naskah apapun yang bisa menggoyang agama2 besar yang terbukti telah melewati kerasnya jaman berabad-abad. Ya paling biar seminarnya laku sajalah 🙂

    SALAM Mas

    • @Mas Lovepassword,

      Hihihi… iya Mas. Karena Gereja Katholik tidak hanya mendasari keimanan kepada Kitab Suci, tetapi juga tradisi suci.

      Tetapi diskusi tentang Kitab Suci tetap menarik, karena bukankah Gereja Katolik juga mengimani Kitab Suci yang sama? Walau pun tidak hanya itu, karena Katolik juga mengimani Tradisi Suci.

      ~~~

      Anda benar banget…
      Kayaknya tidak bisa menggoyang. Hihihi… Tapi pengetahuan & studi tentang Kitab Suci tetap menarik.

      Salam.

  2. Tapi sebenarnya yang Islam hampir 100% juga nggak percaya Nabi Isa menikah. 😀 Tapi terkadang para ilmuwan seringkali menipu dengan memberikan pernyataan palsu seperti Teori Darwin salah satunya.

  3. Sayang banget deh mas… andai waktu dan pas ada rezeki mungkin saya usahakan akan bisa mengikutinnya. Mudah2an ada lain waktu aja deh….
    Saya suka mengikutin seminar spt itu , seminar debat agama dan seminar pendalaman kitab suci agama manapun.
    Saya sangat mencintai Kristus, jadi dgn adanya sumber2 ketrg baik resmi ataupun tidak resmi kecintaan saya pdNya tetap saja hangat dan bergelora….

    • @Bro Robin,

      Saya juga menyayangkan ngga bisa ikut. Soalnya weekend ini sedang banyak urusan. Saya juga senang dengan wacana-wacana seperti ini. Sangat menarik, karena menyangkut idola saya, yaitu Yesus Kristus.

      Pasti asyik jika suatu saat kita bisa ngobrol bersama dan menghadiri acara-acara seperti ini. Saya pasti akan banyak belajar dari Anda.

      Salam.

  4. seminar ini telah menguatkan pengertian kekristenan saya dan semoga memberi bahan perenungan baru bagi saudara-saudara yang berbeda iman, mari kita semua selalu mencari kebenaran dengan jujur, seperti jujurnya pemaparan tentang DSS

  5. Salam kenal semua, terima kasih Mas Dewo, yang sudah cantumkan seminar ini di blog anda. Kalau kemaren teman2 pada ga bisa ikut, ini ada materinya jadi bisa di download untuk tetap belajar:

    Klik untuk mengakses Lecture.1.public%20(Bilingual).pdf

    Klik untuk mengakses Lecture.2.public%20(Bilingual).pdf

    Yang mungkin perlu penjelasan kalau DSS itu hanya berisi naskah2 perjanjian baru (NB: Tidak pernah ada naskah yang menceritakan kehidupan Yesus, Early Christianity spt jemaat mula-mula, dan naskah perjanjian baru).

    Naskah Alkitab yang kita pegang sekarang ini berumur 1000M (kode MT), sedangkan DSS berumur 200SM (Kitab Yesaya ditulis 700SM), jadi penemuan DSS ini benar2 memperkuat keabsahan Alkitab kita karena naskah yang terpaut 1200 tahun tidak terjadi perubahan sama sekali (yang banyak diperdebatkan kalau salinan Alkitab kita banyak dirubah dan ada konspirasi). Inilah yang paling menguatkan dan bagaimana providensia Allah dalam memelihara naskah2 ini.

    Semoga materi2 ini boleh semakin menguatkan kepercayaan kita akan iman KeKristenan kita. GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.