Pencurian Pulsa Indosat

Rupanya Indosat tidak kalah menyebalkan. Setelah beberapa kali dijebak XL, tadi malam daku dijebak oleh Indosat. Secara tiba-tiba daku mendapat 3 sms sekaligus dari Indosat berisi:

3151
HEMAT Buatlah list belanja untuk mencegah pembelian barang diluar rencana

Kemudian SMS ke-2:

3151
HEMAT Masa akhir tahun adalah waktu yg tepat utk berbelanja karena banyak Mall dan toko yang menawarkan diskon akhir tahun

Disusul SMS ke-3:

3151
Anda tlh bergabung di HEMAT. Km Dp sms tips Smart shopping, discount dan mengatur keuangan 2sms/hr 2rb/sms, Stop ketik UNREG HEMAT kirim ke 3151 CS: (021)780-7533

Padahal daku tidak merasa berlangganan. Dan tidak ingin berlangganan sms HEMAT ini. Ironisnya dengan diterimanya sms ini berarti daku sudah dicuri Rp 4,000. Belum lagi registrasi yg tidak pernah daku lakukan yg biasanya juga nyedot pulsa.

Ya jelas daku UNREG saja. Untung caranya disertakan, yaitu dengan mengirim sms berisi UNREG HEMAT ke 3151. Kayaknya proses UNREG ini juga nyedot pulsa. Artinya daku sudah kecolongan pulsa. Sayangnya daku tidak tahu berapa total pulsa sebenarnya yang dicuri karena daku berlangganan pasca bayar. Hiks…

3151
Anda telah berhenti dari layanan content berlangganan HEMAT, terima kasih atas partisipasi anda. Video rahasia Dewi Persik Gratis? Ktk REG ARTIS ke 3151

Hem… rupanya modus operandi pencurian pulsa ini semakin marak dilakukan oleh operator. Atau mungkin dilakukan oleh CP (content provider) jahat nakal? Rasanya percuma menelpon CS-nya karena jelas-jelas ini praktek nakal, buat apa memprotes ke CS-nya?

Oh iya, peristiwa PENCURIAN pulsa ini juga dilakukan oleh operator terbesar di negeri ini, yaitu Telkomsel. Dan Telkomsel berjanji mengembalikan pulsa pelanggan yg dicurinya. Syukurlah BRTI cukup tanggap dengan masalah ini dan segera memanggil telkomsel untuk dimintai keterangan. Ya jelas saja harus begitu, lha Telkomsel mengakui telah mengirim sms ini ke 5 juta pelanggannya. Dengan dalih pelanggan terpilih, ke-5 juta orang ini telah dicuri kredit pulsanya.

Hem… jika saja 5 juta orang itu dicuri Rp 2,000 maka modus operandi ini menghasilkan pencurian Rp 10 M. Hebat? Licik, tepatnya!

26 pemikiran pada “Pencurian Pulsa Indosat

  1. hemmm… selalu saja bisa menemukan cara untuk menghasilkan uang. korupsi udah ga’ jaman kali mas… ini metode yang sama di pakai buat retribusi parkir yang ga’ ada gunanya kali.

  2. Hm.. mirip kejadian yang dialami beberapa pelanggan telkomsel kemarin. Tiba-tiba mereka dikatakan telah berlangganan NSP gratis selama sebulan dan akan automatis diperpanjang jika tidak berhenti langganan. Parahnya, kalau pengen berhenti langganan ternyata harus sms semacam unreg ke Telkomsel dengan biaya 2000 perak 🙂

    Lagi musim kali ya?

  3. Gw juga kejebak nih sama SMS 3151, Kan kalo kita buka browser dr hp biasanya halaman awal adalah homepage dari operator. Nah kemaren ngak sengaja ngelik banner di itu homepage. Biasanyakan kalo dari komputer kalo kita ngeklik banner akan dibawah ke halaman lain yg menjelaskan banner lebih detail, nah yang terjadi kemaren adalah gw langsung dapat SMS dari 3151 yang menyatakan gw udah berhasil registrasi yang isinya seperti SMS ke 3 diatas.

    Sialan….., begitu gw sadar gue kejebak, gw langsung mengirimkan sms Unreg dengan harapan ngak menerima SMS lainnya. Tapi harapan tinggal harapan, dasar operator sucks, sebelum gue menerima SMS terakhir diatas mereka mengirimkan SMS seperti No.1 & 2 diatas.

    Gue udah laporin ke BRTI sih soal masalah ini, jadi kalo ada yg lain yg merasa kejebak silahkan ikut melaporkan ke BRTI di email pengaduan@brti.or.id atau SMS 0815-893-0000. Tapi gw lebih prefer pake email, soalnya SMS centrenya punya Indosat, gw coba ngadu pake SMS, ngak delivered-delivered. Siapa tahu dengan banyaknya yang ngadu maka BRTI akan memaksa pihak Indosat mengembalikan pulsa yang udah mereka rampok.

  4. memang taik tuh indosat!!! gk tw cara cari duit yang halal!!!!
    jgn nambah2in org2 bejat di INDONESIA…
    kasihan tuh org tua kita yg sudah nyekolahkan kita dari kecil…

  5. menurut saya, kita juga musti ngelihat dari kacamata yang berbeda, yaitu dari sisi perusahaan operator seluler itu sendiri.

    Di belahan dunia manapun, operator pasti bekerja sama dengan banyak sekali perusahaan2 content provider (yang menyediakan games, ring tone, wallpaper, applikasi, dll). Karena gak mungkin itu dihandle sendiri.

    Jadi, content provider menyediakan content-nya, operator yang menyiapkan sarana prasarananya seperti *123*sekian sekian#. tentu keduanya sama2 punya kepentingan untuk meraup untung. nah, disini yang perlu kita perhatikan. bahwa, seringkali ada content provider yang “nakal” yang menggunakan segala cara seperti memasang iklan jebakan tsb dengan membawa nama besar operator bersangkutan. Yaa, yang namanya ribuan content provider, gak semuanya baik2 kan.

    Nah, inilah yang kemudian dipersepsikan oleh konsumen yang “terjebak” bahwa ini adalah murni dari operator. Bukan hal yang aneh, karena memang citra operator di Indonesia memang belum sepenuhnya baik (gara2 banyaknya syarat dan ketentuan berlaku 🙂 mungkin ya).

    Saya bisa bilang seperti ini karena saya pernah langsung menangani hal seperti ini. Dan yang perlu dicatat, melacak dan menertibkan content provider yang nakal di media yang semakin “belantara” ini bukan hal yang mudah lo. 🙂

    Salam,

  6. Sy sbg pegguna Indosat,mrs ditipu&dirugikan oleh tndkn salah satu penyedia konten(phk ketiga dlm hal ini),dgn nama Program TOP no.9599.Krn hr ini sy mndpt sms dr 9599,bhw sy msh trdftr di program TOP& sy hrs ketik sms UNREG TOP& krm ke 9599 utk berhenti langganan.Padahal sy merasa&sdh mencek dr hp sy& tdk prnh sy mndftr ke program TOP.Utk Indosat, mgp hal itu bs trjd?Krn itu sy menganggap suatu tindakan yg merugikan sy sbg konsumen.(Apa salah kl sy ktkn sbg tndkn penipuan?)Akhirnya berdampak buruk ke Satelindo sbg salah satu provider di Indonesia.Krn Si Penyedia konten2 trsbt terikat krjsm dng Indosat bukan?Mk itu tlg diklarifikasi ke penyedia konten tsb & menuntut pertanggung jwbn kpd pihak ke3 tsb.Krn tndkn sprt itu namanya penipuan kpd konsumen.Apa mgkn Indosat tutup mata trhdp tndkn sprt itu.Shgg nantiya akan timbul opini bhw Indosat ikut bkrjsm dg pihak ke3 utk menipu konsumen?krn membiarkan tindakan2 itu&pdhl sdh menerima komplainan sprt ini!Dan apakah utk mncr profit prshn dilegalkan tindakan2 sprt ini!bukankah snggh tdk pnts,memalukan&sngt merugikan konsumen byk.
    Dan ada lg menyangkut pencurian pulsa sy,sblm hal diatas trjd!Sy jg mengalami pemotongan pulsa scara sepihak dr Indosat,Krn sdh beberapa kali trjd (lbh dr 2 kali),pulsa sy scr tiba2 salah satunya berkurang Rp.6000,&yg lainnya bervariasi berkurangnya.Krn paginya pulsa sy sdh berkurang& prnh trjd smp batas limit yaitu sekitar Rp.345,pdhl sblmnya sdh sy cek pulsa sy terakhir sekitar diatas Rp.15.000.Nah kl yg seperti ini apa nama tindakannya?mnrt sy bukannkah namanya tindakan pencurian?krn hal ini sngt2 merugikan konsumen indosat tentunya.Sy ykn hal sprt ini pst tdk hny trjd pada saya seorang tentunya!Kl hal ini trjd pd 5000 org pelanggan Indosat,brp keuntungan yg bs diraih Indosat dr tindakan merugikan pelanggan sprt ini!Sy sdh cek sblm pemotongan pulsa scr sepihak oleh Indosat.Sy sdh pastikan&sy yakin tdk prnh ikut salah satu program kontent,walaupun NSP&akses internet sekalipun. Hal ini telah trjd dlm 1 bulan ini. Mohon tanggapan,klarifikasi dan tanggung jwb(bl benar trjd kesalahan dr pihak Indosat).
    No sy utk diklarifikasi: 08159372800.
    Kiranya sy sbg pelanggan Indosat, tentunya mempunyai hak utk menuntut penjelasan dr Indosat mengenai hal2 yg tdk jelas dan malah merugikan menurut sy sbg pelanggan bukan. hal ini jg utk memperbaiki kualitas Indosat jg sbg salah satu provider di Indonesia,yg jg sdng dlm rangka meningkatkan jmlah pelanggan dan pelayanan thdp ke semua pelanggannya di Indonesia.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    ttd

    Lamria Siahaan

  7. Yup saya setuju sekali dgn Lamria Siahaan..
    Saya juga mengalami hal serupa, dan ini yang kedua kalinya….
    Pertama kali saya mengalami hal tersebut sudah saya komplain secara keras kepada pihak customer service indosat, dan seketika itu diberhentikan semua sms content yang (katanya) teregistrasi atas nomer saya. Yang saya heran, dengan komplain saya yang keras tersebut, Indosat masih membiarkan saja hal serupa terjadi ke nomer saya untuk kedua kalinya. Saya rasa praktek2 tersebut sudah tidak bisa dibiarkan terus… bagaimana praktek tersebut agar bisa dibawa ke ranah hukum…? Bukan masalah pulsanya, tp sudah menyangkut praktek pencurian/penipuan yang bahkan sangat terang2an dilakukan….

  8. saya Chyntia Artha Viena nomor telepon 08158847373 saya penguna Indosat Mentari sejak tahun 2001 saya pelanggan setia Indosat hingga tahun 2011 ini saya masih menggunakan nomor yang sama. tapi baru beberapa hari ini saya merasa pulsa hp saya berkurang dengan tidak wajar akhirnya saya baru menyadari bahwa hampir tiap hari saya mendapatkan sms dari 9293.
    -sms dari 9293 sudah sejak tanggal 3 juni 2011 dan tidak pernah saya balas. namun kemarin tgl 1 juli 2011 atas saran teman saya utk mengirimkan sms dgn tulisan UNREG dikirim ke 9293 namun terdapat balasan printah sms tdk di kenal.

    – saya menghubungi pihak call center bebayar Indosat mentari di nomor 100 (layanan ini berbayar tapi pelayanan mah jauh dari harapan) saya mendapat indo bahwa utk berhenti layanan ketik nya STOP kirim ke 9293.

    – saya coba balas dgn anjuran cs indosat itu tapi setiap saya tulis dan kirim, maka balasannya adalah service temporary unavailable. aneh sekali padahal beberapa saat kemudian saya dikirimi lagi sms promo dari 9293. kok kalo 9293 kirim ke saya bisa tapi kalo saya balas utk stop kok keterangan lagi gak bisa. ANEHHHH

    – entah harus bagai mana saya sudah hopless apa saya mesti ganti hp saja karena hal ini saya sangat TIDAK NYAMAN Dengan PELAYANAN INDOSAT

    – saya sdh hub cs indosat tapi tetap tidak membantu cs yang namanya IVAN benar benar tidak membantu. dari rekaman suaranya mungkin anda bisa mendengar bahwa tidak ada itikad baik dia utk bantu customer. dia selalu bilang BAHWA DIA SDH BANTU INFO KAN CARA BERHENTI. ya iyalahh tugas dia kan emang bantu in customer, dia di gaji kan buat membantu.

    MOHON DENGEN SANGAT DI BErhentikan LAYANAN TSB. SAYA AKAN MASUKAN KORAN KOMPAS !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Bu Chyntia, saya turut prihatin atas pengalaman Anda. Untuk menyampaikan keluhan dan protes ke operator yang gagal membantu dan juga ke khalayak luas memang perlu dimuat di surat kabar nasional semacam kompas. Semoga berhasil.

      Dewodroid

  9. saya juga mengalami hal seperti chintya
    ini perlu dikabarkan di media cetak maupun media elektronik
    bahwa indosat pencuri pulsa terbesar dan secara terang2n….
    detik ini saya akan berhenti menggunakan yang namanya sim card indosat BaNGSAT…

  10. wah saya sama, dapet sms dari 9293, pantes pulsa sering banget habis, makanya sementara pulsa sengaja dikosongin, karena setiap kali isi pulsa, pasti sms dari 9293 masuk terus sampe pulsa habis.. total pulsa terpotong kurang lebih 100rb rupiah, kurang ajar memang..
    sudah coba ketik STOP, UNREG, tetep gak bisa, sudah telpon ke CS masih gak membantu..
    mau ganti nomor, ini nomor sudah lama saya pakai..

  11. idem jg, indosat/cp emg taik. tiap ada kasus spt ini gk pernah ada tindak lanjut jgn2 memang kongkalikong indosat/cp/brti. klw 3 sms perhari x 2200/3300/…. x ? juta pelanggan = ?*&%$@ weleh2 cpt kaya tu smwnya

  12. Akhir akhir ini saya sering kehilangan pulsa setelah ketahuan malingnya layanan sms no 9293 brengsek bangat itu manusia

  13. sama nih nomer gw jg kena sm sms 9293…CS’nya ga membantu banget….temen2 yg sudah dpt solusinya tolong di share yah..trimsss….

  14. halo smuax pkbr,.?INDOSAT MEMANG PENCURI+PENJILAT+PEMBOHONG.npa sm pelanggan bgto kasih yg enk jgn brbuat yg bukan2,,Indosat shruzx kasih grtisan k smua pelanggan,bikin pelanggan senang jgn smpe pulsa org d curi truz….emg dia Bangsat pulsa…

  15. INDOSAT BAJINGAN PENCURI PLZ TRUZ-TRUZAN….GA PIKIR DIA ORG GA PNYA YG PNTING BISA CURI PULZANY..ANJING?PEDAHAL PLZ IDAMAN BWT TLP K IBU NY EH MALAH D CURI AMA LAYANAN 9293,1315 DASAR BAJINGAN….

Service temporarily unavailable GebyarPULSA tiada henti tebar PULSA,hari ini pengundian! Hot nadasambung JIKUSTIK balas http://b.redboks.com/g813722665_98675.

  16. banyak sekali content yang masuk salah satu diantaranya 7887, saya sudah pernah ke sedot ulsa hampir setiap kali mengisii pulsa, setiap isi pulsa langsung di kirim kontent downlad games, 2 bulan kemarin telp cs indosat ga ada respon katanya harus manual tulis stop, dan masih terus penyedotan pulsa dari 7887 berlangsung katanya sudah stop malah ngga ada jawaban, padahal yang namanya nomor ini hanya untuk bisnis dan telp penting ngga pernah iseng2 pake acara reg2an, eh la kok malah saya dituduh pernah mendaftar, semenjak 1 minggu yang lalu santer diberitakan di televisi tentang pencurian pulsa, akhirnya pihak indosat dengan mudahnya menstop layanan 7887, csnya menjawab : “baiklah pa akan kami stop dari pihak provider kami ditunggu 1×24 jam nanti akan ada balasan, dan bapak jangan pernah mengirimkan reg atau balasan apapun apabila dari pihak 7887 mengirimkan sms, atau langsung hapus saja sms tersebut” (nah berarti ini merupakan indikasi dari provider itu sendiri dan itu merupakan hak perogratif dari pelanggan serta provider, mana kontent yang pelanggan tidak inginkan maka provider harus mau menyetopnya, bukan begitu)
    untuk 9339, 9393, hanya ketik unreg
    selain itu saya juga dapat dari 3151
    semuanya saya laporkan ke cs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.