Lagu Perjuangan, Lagu Penyemangat

Apakah Anda punya lagu favorit untuk pembangkit semangat? Mestinya ada ya? Atau malah tidak punya?

Daku jadi ingat masa-masa remaja terutama di hari-hari menjelang hari peringatan kemerdekaan RI yg diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Saat itu kami sering sekali menyetel lagu-lagu perjuangan. Dari yang lagu mars menghentak-hentak (bumi) sampai lagu-lagu perjuangan nan mendayu-dayu. Dari lagu “Garuda Pancasila” sampai lagu “Sepasang Mata Bola.”

Efeknya sangat bagus. Semangat jadi terkatrol. Pokoknya jadi semangat banget deh. Serasa semangat maju perang. Terutama saat mendengarkan lagu mars. Wuih…

Mungkin demikian pula saat jaman perang dulu ya? Rakyat begitu bersemangat & disemangati dengan lagu-lagu ini. Dan mereka pun maju perang dengan penuh semangat! Dengan motto “MERDEKA atau MATI!!!” mereka maju perang pantang menyerah.

Tapi kalau kita amati dewasa ini, kok rasanya jauh beda ya? Kini yang dimainkan saat peringatan kemerdekaan kok lagu-lagu pop atau melayu nan mendayu-dayu? Atau malah lagu dangdut yang tidak mencerminkan perjuangan?

Lalu bagaimana dengan semangatnya? Jadinya malah bersemangat nyanyi & joged. Hahaha…

Kini daku rindu mendengarkan lagu-lagu perjuangan itu. Baik lagu-lagu nasional mau pun lagu-lagu bertema perjuangan. Ah… nanti sepulang kantor mau googling dulu ah… siapa tahu nemu lagu-lagu perjuangan.

Atau Ompakmas mau mengaransemen lagu-lagu perjuangan? Kalau daku sih kepikiran mengaransemen lagu-lagu tersebut dalam tema heavy metal. Tentu yg sopan, sebangsa lagu-lagunya Manowar. Hehehe…

Iklan

6 pemikiran pada “Lagu Perjuangan, Lagu Penyemangat

  1. Saya terima ajakannya … hehehe
    kebetulan sekali kemarin baru aja bikin …
    Minggu lalu saya juga sudah bikin 2 … dan aku kirim ke Pak De Cholik …

    Segera Tayang …
    (halah)

    salam saya Mas Dewo …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.