Inspirasi Hari Ini: Terima Kasih

Berapa kali dalam sehari kita mengucapkan kata “terima kasih”? Dalam konteks apa kita mengucapkan kata “terima kasih”? Kepada siapa kita mengucapkan kata “terima kasih”? Atau malah seringkali kita lupa mengucapkannya?

Bagi sebagian orang, mengucapkan kata “terima kasih” adalah suatu hal yang sulit. Bagi sebagian yang lain, ucapan “terima kasih” hanya diberikan kepada seseorang yang telah memberikan uang atau kado kepadanya. Atau diucapkan ketika orang lain berhasil membantu kita secara profesional.

Namun apakah kita mengucapkan “terima kasih” untuk ibu/istri yang telah menyiapkan makan pagi kita? Apakah kita mengucapkan “terima kasih” pada ibu/istri yang membangunkan kita pagi ini sehingga kita tidak terlambat pergi bekerja atau ke sekolah? Atau malah ngomel? Hihihi…

Apakah kita mengucapkan “terima kasih” kepada tukang ojek atau sopir angkot yang telah mengantarkan kita dengan selamat sampai tujuan? Apakah kita mengucapkan “terima kasih” kepada ibu kantin yang telah menyediakan kita makan?

Kita memang telah membayarkan sejumlah uang ketika kita memperoleh apa yang kita perlukan dari orang lain. Kita memang sudah membayar ongkos angkutan. Kita memang sudah membayar sejumlah uang untuk makanan yang kita makan.

Dan kita sudah memberikan penghasilan kita kepada istri atau keluarga dan menafkahi mereka dengan baik.

Namun itu tidak cukup.

1) Ucapan “terima kasih” memberikan nilai tambah yang mulia bagi orang yang menerimanya. Karena itu adalah bentuk penghargaan bagi orang lain yang bahkan nilainya jauh lebih tinggi dari pada uang yang mereka terima. Saya yakin bahwa si penerima akan dengan senang hati menerima ucapan itu.

2) Ucapan “terima kasih” juga dapat menguatkan penerimanya sehingga mereka akan termotivasi untuk berbuat atau memberi dengan lebih baik lagi.

3) Ucapan “terima kasih” juga merupakan suatu ungkapan kerendah-hatian kita sebagai bentuk suatu pengakuan atas jasa atau pemberian orang lain.

4) Ucapan “terima kasih” merupakan pengakuan atas penerimaan sebentuk “kasih” dari orang lain. Orang yang telah memberikan “kasih”-nya perlu kita balas dengan suatu pengakuan.

5) Ucapan “terima kasih” juga merupakan suatu bentuk syukur atas apa yang kita terima, baik dari orang lain mau pun Tuhan.

6) Sungguh, walau pun cuma sesederhana mengucapkan “terima kasih”, tapi dampaknya luar biasa. Resapi maknanya, dan kita akan menemukan kekuatannya.

Mungkin dalam sehari ini kita belum dapat mengucapkan kata “terima kasih” kepada orang lain. Mungkin kita belum merasa mendapatkan apa yang kita peroleh. Atau belum merasa perlu mengucapkannya untuk orang lain, karena merasa apa yang mereka berikan atau lakukan adalah suatu yang semestinya atau seharusnya.

Namun kita mesti mulai belajar mengucapkan “terima kasih” setiap hari kepada Tuhan, yang telah memberikan kesempatan hidup kepada kita hari ini; yang telah memberikan matahari yang bersinar untuk menerangi hari ini; yang telah menyiapkan orang-orang lain untuk membantu aktivitas dan hidup kita hari ini; yang… yang… yang…

Ah, betapa banyak & besarnya rahmat & berkat Tuhan yang telah kita terima setiap detiknya.

Terima kasih Tuhan.

9 pemikiran pada “Inspirasi Hari Ini: Terima Kasih

  1. Terimakasih ya mas..udah mengingatkan kita utk selalu berterimakasih 🙂 karena terimakasih dapat memberikan kelegaan dan kesukacitaan hati bagi org yang menerimanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.