Inspirasi Hari Ini: GOD Bless You

Kalau kemarin kita mengulas kerendah hatian dalam bentuk ucapan terima kasih, maka hari ini kita akan mengulas kemurah hatian dalam bentuk ucapan “God Bless You” (Tuhan memberkati Anda).

Mungkin tidak banyak orang yang mengucapkan “God Bless You” atau yg sering kita singkat sebagai GBU. Dan kita jarang mendengar kata GBU. Namun GBU ini sudah sangat populer sekali di kalangan Kristiani. Dan saya rasa setiap orang seharusnya juga mengucapkan GBU kepada orang lain.

Mengapa?

1) Kita bisa memberi kalau kita mempunyai. Kita bisa memberi dengan “kelimpahan” kalau kita mempunyai “kelimpahan” itu. GBU adalah suatu pengakuan bahwa kita mendapatkan “kelimpahan” berkat dari Tuhan, dan kita berkenan membagikannya kepada sesama.

2) Tuhan ingin agar berkat-Nya yang diberikan kepada Anda tidak hanya berhenti dan terkumpul pada diri Anda sendiri. Ketika Anda terlalu dipenuhi berkat, maka berkat akan luber dan terbuang percuma. Dan Tuhan ingin berkat yang telah diberikan kepada Anda dengan melimpah itu hendaknya dibagikan kepada sesama.

3) Seandainya berkat dari Tuhan kepada Anda luber dan terbuang percuma, bukannya tidak mungkin kalau Tuhan mengurangi berkat kepada Anda. Jadinya malah berkat yang Anda terima semakin berkurang. Supaya berkat Tuhan tidak pernah berkurang Anda terima, akan lebih baik jika kita mengosongkan wadah kita dengan membagi-bagikan berkat yang kita terima kepada sesama. Dengan demikian Tuhan tidak akan mengurangi aliran berkat-Nya kepada kita.

4) Ucapan & doa GBU selain sebagai saluran berkat dari Tuhan bagi sesama kita, juga merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan yang berkenan melimpahkan berkat dan rahmat-Nya kepada kita.

Bagaimana?

Lalu bagaimana kita membagikan berkat Tuhan? Apakah semudah mengucapkan GBU kepada setiap orang?

1) Ini benar-benar terjadi, mengucapkan GBU kepada orang lain sungguh sulit bagi sebagian orang. Entah mengapa. Apakah karena ketinggi hatiannya, keegoannya, penyangkalannya, atau memang karena dia tidak merasa mendapatkan berkat dari Tuhan?

Pengakuan terhadap penerimaan berkat Tuhan harus dibarengi dengan kemurahan hati untuk bersedia membagikannya kepada sesama. Minimal dalam bentuk ucapan & doa seringkas ucapan GBU.

2) Inti dari GBU adalah kemurah hatian, dimana berkat Tuhan yang kita terima bisa dalam wujud apa saja, termasuk materi, rohani, pengetahuan, keterampilan, kesehatan, pertolongan, keselamatan, dll. Jadi setiap kali kita membagikan semua berkat Tuhan itu kepada sesama, hendaknya kita dengan rendah hati memaknainya sebagai penyaluran berkat dari Tuhan. Tentu saja jangan lupa ucapkan GBU, karena apa yang Anda berikan adalah berkat dari Tuhan. Dan dengan senang hati Anda menyalurkannya.

3) Ucapan GBU yang sederhana ini selain wujud penyaluran berkat, juga merupakan doa dari Anda kepada penerimanya. Sudahkah Anda menyalurkan berkat dan mendoakan sesama?

Tuhan memberkati Anda semua (GBU)

7 pemikiran pada “Inspirasi Hari Ini: GOD Bless You

  1. Mengajarkan kpd kita agar tidak egois..betul sekali..dng membagi berkat dan menjadi saluran berkat bagi orang lain berarti kita menunjukkan kepedulian dan kemurahan hati kita sendiri 🙂 nice sharing..

  2. saya malah nemu kesamaan ungkapan GBU ini pada sodara kita pemeluk Buddha “Sabbe satta bhavantu sukhitatta”, semoga semua makhluk berbahagia…dalam berkat tuhan tentunya kan?…

  3. Didalam agama Timur Kuno yang primitif berkat dan juga kutukan merupakan objek kepercayaan dalam struktur kerohanian mereka. Berkat dipahami sebagai sesuatu yang baik dan berguna bagi hidupnya sedangkan kutukan merupakan pembalasan dari perbuatan jahat. Mengenai berkat agama primitif percaya bahwa seseorang yang memiliki kekuasaan dan kesaktian dapat memberi dan mendatangkan berkat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.