Mulai Menjaga Kesehatan

Suatu hari di liburan panjang kemarin tiba-tiba daku memeriksakan diri. Entah apa yang menggerakkanku, kemudian daku menghampiri sebuah stand pemeriksaan di mall dan melakukan pemeriksaan. Suatu hal yg terlambat memang, mengingat hasil pemeriksaan ternyata buruk sekali.

Hiks… ternyata trigliserid-ku amat buruk. Di atas 500 (*angka tepatnya pasti membuat kita semua bergidik. hiks*). Sedangkan pemeriksaan kolesterol membuat alat pemeriksaan menyerah karena hasilnya di atas 300, di atas ambang kemampuan alat. Melihat trigliserid yg di atas 500, si pemeriksa bilang kalau kolesterol bisa jadi di atas 500an juga.

Puji Tuhan, gula darah sewaktunya 83. Agak melegakan, mengingat ibu & kakak-kakak gula darahnya termasuk tinggi. Sedangkan tekanan darahku normal.

Namun tingginya trigliserid & kolesterol membuatku sangat sedih. Karena nilai pemeriksaan yg daku peroleh amat-sangat buruk. Sungguh, ini bahaya sekali! Karena tingginya trigliserid dan kolesterol adalah penyebab serangan jantung dan stroke.

Setiap kali mengingat hasil pemeriksaan tersebut, setiap kali pula daku mengucapkan puji syukur kepada Tuhan. Karena ternyata daku masih diberi kesempatan untuk hidup. Puji Tuhan karena daku masih diberi kesehatan dan masih dapat bekerja & beraktivitas. Puji Tuhan karena daku masih bisa mendampingi keluarga tercinta sampai saat ini.

Namun, ucapan syukur atas berkat kesehatan yang Tuhan berikan tidaklah cukup! Daku harus menghargai berkat Tuhan ini dengan menjaganya! Ya, daku harus menjaga kesehatanku. Daku harus mulai mengubah pola hidup dan pola makan. Daku harus mulai rajin olah raga dan diet.

Betapa tololnya diriku, karena selama ini daku mengabaikan kesehatanku sendiri. Padahal kesehatan ini merupakan berkat Tuhan yang luar biasa besarnya. Banyak orang menghabiskan jutaan, bahkan miliaran rupiah demi kesehatan. Namun mengapa daku tidak bisa menjaganya?

Sebenarnya alarm tubuh sudah berbunyi sejak lama. Dari sekedar keluhan mudah capai, mudah mengantuk, leher pegal, sering pusing hingga rasa nyeri di bahu dan dada. Namun seringkali pula daku mengabaikannya. Memang sih, tidak berapa lama kemudian rasa tidak nyaman itu hilang setelah olah raga ringan atau dengan pijat atau dioles minyak angin. Namun sebenarnya alarm tubuh itu sudah seharusnya daku perhatikan sejak dulu!

Selain alarm tubuh, daku juga sering mendapatkan warning dari ibu, kakak, mertua dan tentu saja istri. Dan lagi-lagi daku mengabaikannya. Daku hanya berpikir kalau daku cuma masuk angin. Padahal… parah!

Hari ini daku bangun lebih pagi. Olah raga kecil. Berangkat kerja lebih pagi. Naik ke lantai 6 (lantai 5 tepatnya) lewat tangga. Menulis blog. Bekerja lebih giat (dan smart) dan berharap bisa lebih produktif. Tidak lupa tentu saja menjaga makanan dan minuman.

Sebagai catatan, setelah beberapa hari menjaga makanan, olah raga kecil dan minum obat, daku merasakan perbedaan besar. Daku merasa lebih bugar, bisa lebih konsentrasi dan tidak ngantukan. Mestinya daku bisa merasakan kenikmatan ini sejak dulu. Dan berharap lebih banyak lagi produktivitas dalam hidup!

Terima kasih Tuhan atas kesehatan & kehidupan yang telah Engkau berikan kepadaku. Semoga daku tetap bisa sehat dan bisa bekerja dan berkarya lebih baik lagi, demi keluarga tercinta dan sesama.

Salam

Iklan

26 pemikiran pada “Mulai Menjaga Kesehatan

    • @Mbak Devi,

      Iya, serem banget. Daku aja ngeri banget… Ayuk tukeran menu diet. Tapi aku belum punya menunya, hehehe… Sementara ini sih daku cuma jalan, naik turun tangga & sepedaan. Ngga bisa renang soalnya.

      Terima kasih

  1. Wah emang tinggi itu mas-saya belum cek lagi nich.
    saya dikasih obat herbal judulnya “Biji Hitam”, katanya kalau habis makan gulai otak langsung nguntal 2 butir pil itu dijamin otaknya hilang ha ha ha ha, yaa supaya tidak kolesterol kayanya.

    Sudah beberapa lama saya tidak jelan cepat nich.

    Semoga sehat,sejahtera dan bahagia mas
    salam hangat dari Surabaya

    • @Pakdhe,

      Wah, daku harus nyari juga tuh “Biji Hitam”. Siapa tahu kelak tergoda makanan berlemak & bisa segera menguntalnya. Hihihi…

      Yuk kita jalan cepat. Tadi sore daku sempat jalan cepat sedikit di kompleks.

      Terima kasih Pakde atas doanya. Semoga demikian juga dengan Pakde dan keluarga, semoga diberi kesehatan, kesejahteraan & kebahagiaan. Amin.

      Salam hangat juga dari Tangerang

  2. kesadaran utk memeriksakan diri & deteksi penyakit sejak dini itu sdh merupakan hal yg sangat baik… terutama utk pencegahan. seandainyapun belum berkembang menjadi penyakit, pencegahan yg tepat terutama olahraga teratur, diet makanan dan menghindar stress sangat bermanfaat, apalagi buat mereka yg berasal dari keluarga “punya bakat” penyakit tertentu.
    sekedar sharing,
    ini bisa dimulai olahraga 3x seminggu @30 menit (yang menguras keringat dan memacu jantung lebih aktip bekerja), serta diet rendah kalori, kolesterol serta tinggi serat dan protein merupakan pilihan yg tepat. juga hindari stress, rokok, dan selalu berfikir positip.
    salam om, semoga tetap sehat selalu
    😆

    • @Mr. Sectiocadaveris,

      Terima kasih atas share-nya, Bro. Sangat bermanfaat & memicu kita untuk hidup lebih sehat dan terus sehat. Dan terima kasih atas dukungan doanya.

      Salam sehat

  3. Ya Tuhan, semoga langkah Mas Dewo dapat berhasil!

    sungguh, memang harus menjaga kesehatan. ^,^

    tetap sehat, tetap semangat, biar bisa makan-makan *lho? kebiasaan pak bondan nih….ha ha ha

  4. […] ♫ Dewo ♪ Menggarami dunia… Lompat ke isi BerandaKeluargaKoleksiKoleksi GitarKoleksi LainLagukuLowongan PekerjaanLowongan IT Koordinator & Support PekanbaruLowongan Pekerjaan Programmer PHPLowongan Pekerjaan YamahaTentang ← Mulai Menjaga Kesehatan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.