Generasi Transisi

Kalau boleh dibilang, daku ini termasuk generasi transisi dan termasuk generasi yang beruntung. Apa sebab? Karena daku termasuk generasi yang mengalami 2 era sekaligus, yaitu analog dan digital. Oke, jaman sekarang pun piranti analog masih tetap dipakai (ngelirik TV & radio), namun kini piranti digital sudah begitu mendominasi kehidupan kita ini.

Daku teringat dulu ketika SD ortu menelepon menggunakan telpon yang harus diengkol dulu. Kemudian beralih ke telpon analog yang harus diputar angka-angkanya. Sampai kemudian memasuki dunia komunikasi digital ketika membeli henpon generasi awal yang segede batu bata. Atau ketika bentuknya mulai modis seperti pisang itu.

Itu baru contoh di dunia telekomunikasi. Di dunia otomotif pun sudah semakin canggih dengan semakin banyaknya piranti digital yang dibenamkan di mobil atau motor. Sebut saja piranti injeksi, ECU (engine control unit), GPS (global positioning system), dll (dan lain-lain, hayaaaah).

Mungkin anak-anak yang lahir setelah tahun 1990 tidak akan menjumpai peralihan dunia analog ke digital semasive itu. Yang ada sekarang adalah semakin canggihnya piranti, semakin kecilnya bentuk piranti dan semakin banyak aspek kehidupan yang dibantu dengan teknologi digital. Dan mungkin kini anak-anak generasi setelah 90an hanya dapat menikmati piranti analog di museum. Hehehe… lebay sih, tapi dimana coba kita bisa menikmati telepon engkol selain di museum? Ehm, mungkin di kolektor ya?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Internet, Opini, Personal, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Generasi Transisi

  1. bundadontworry berkata:

    hihiih…jadi ketauan deh kapan Mas Dewo ini lahirnya 😛
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s