Optimasi Software ke Tablet PC

Rupanya daku sudah lama tidak nulis tentang pekerjaan di blog ini, terutama yang berkenaan dengan pemrograman. Jadi perkenankanlah daku menulis sedikit tentang pekerjaan di blog ini. Mohon maaf jika bahasanya teknis banget.


{Gambar diambil dari Mbak Wiki}

Belakangan ini piranti bergerak sudah begitu merakyat, termasuk di antaranya adalah Tablet PC. Terima kasih pada Apple iPad yang walau pun bukan pemain pertama di ranah Tablet PC namun telah menyumbangkan kepopuleran hingga kini Tablet PC bukan lagi barang yang aneh di masyarakat. Nah, berkenaan dengan semakin memasyarakatnya Tablet PC ini, maka daku pun berinisiatif untuk mengoptimasi beberapa modul dalam SIM untuk digunakan dengan Tablet PC. Terutama karena para user SIM semakin dinamis pergerakannya sehingga membutuhkan piranti yang praktis untuk mengakses sistem.

Sebenarnya banyak opsi bahasa pemrograman yg bisa digunakan untuk pengembangan sistem yang optimal dipakai di Tablet PC, namun daku memilih menggunakan PHP dengan diperkaya Javascript. Nampaknya ini solusi yang praktis mengingat solusi lain lebih spesifik ke OS dan piranti tertentu. Sedangkan PHP + Javascript lebih luas pemakaiannya termasuk di ponsel sekalipun karena syaratnya cuma browser yang memiliki kemampuan javascript.

Pemaduan yang seimbang antara Server Side Scripting dengan Client Side Scripting membuat sistem lebih gegas dan tentu saja lebih hemat bandwidth. Di samping tentu saja meningkatkan kinerja karena interaksi antara pengguna dengan sistem semakin baik. Karena server tidak bekerja sekeras jika mengandalkan Server Side Scripting saja, maka diharapkan usia pakai server bisa meningkat.

Untuk tahap awal ini kami akan membuat modul khusus untuk dokter. Selain untuk input pelayanan dan tindakan kepada pasien, modul ini juga untuk memasukkan obat ruang, resep online, diagnosa, rujukan, dan catatan medis. Tantangannya adalah karena program dioptimasi untuk Tablet PC yang berarti harus mempertimbangkan metode interaksi user dengan sistem di samping desain antarmuka yang praktis. Pengguna Tablet PC tentu kesulitan jika harus mengakses menu dropdown atau jika harus mengetik banyak. Di samping tentu saja kemampuan sistem untuk memvalidasi input jika user salah atau tidak tepat.

Asyiknya, walau pun modul ini dioptimasi untuk digunakan di Tablet PC, namun sistem tetap dapat berjalan dengan baik di PC biasa atau pun notebook. Jadi pengguna sistem bisa memilih menggunakan modul biasa yang memang didesain digunakan dengan PC atau menggunakan modul yang telah dioptimasi di Tablet PC yang tampilannya lebih ringkas dan mudah diakses.

Ermmm… tentu sudah pada males bacanya ya? Ya sudah, daku akhiri dulu dobosan tentang pekerjaan. Salam…

~~~

Note: Hiks, Steve Jobs resign dari Apple.

Iklan

3 respons untuk ‘Optimasi Software ke Tablet PC

  1. […] Hore… akhirnya kami memiliki Samsung Galaxy Tab 10.1. Walau pun sudah disetujui pembeliannya oleh BOD, tapi eksekusi pembelian baru bisa dilakukan hari Senin 26/09/2011 karena berbagai alasan. Dengan demikian kami bisa meneruskan pengembangan modul dokter yang dioptimasi untuk menggunakan Tablet PC. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.