Tahu Pong Semarang

Daku pernah membahas Tahu Gimbal di beberapa posting terdahulu (#1 dan #2) dan nyaris saja daku menuliskan lagi perihal makanan yang boleh dikata makanan favoritku ini (*hayah tenane*). Entahlah, daku memang menyukai masakan ini. Ngangenin soalnya. Dulu pernah ada penjual Tahu Gimbal di Tanjung Duren. Tapi entah mengapa keberadaannya menghilang begitu saja bagaikan ditelan angin sehingga perlu ditanyakan pada rumput yang bergoyang (*bletaaak*).

Tahu Pong

Tahu Pong

Namun supaya tidak bosen dengan ulasan Tahu Gimbal, kini daku akan memposting makanan yang tidak kalah asyiknya. Bahan baku utamanya sama, yaitu TAHU. Makanan yang termasuk khas Semarang ini dijuluki “Tahu Pong.” Entah mengapa diberi julukan Tahu Pong. Mungkin karena tahu yang dimasak ini menjadi gembung dan tengahnya melompong-pong-pong seperti kepompong kosong. Jadilah namanya Tahu Pong. Jelas ini pengawuranku saja, Saudara-saudara. Hehehe…

Ada warung Tahu Pong yang cukup terkenal di Semarang, yaitu Tahu Pong Semarang. Lokasinya di Jl. Gajah Mada. Ehm, nomer berapa ya? Lupa… Maaf ya, Saudara-saudara. Kalau mau makan di sini mending mendahului jam-jam makan. Soalnya rame banget. Bisa-bisa antre karena kapasitas warung kurang. Padahal sudah ditingkat juga.

Boleh juga kalau ke sananya setelah jam makan lewat. Tapi jangan kecewa kalau kehabisan.

Tahu Pong tidak terlalu mahal kok. Harganya berkisar Rp 8,000 sampai 14,500. Tergantung komposisinya. Kita bisa memilih Tahu Pong + Gimbal. Bisa juga ditambah telor. Ada juga yang menjadikan Tahu Pong ini lauk alias menjadi temennya nasi atau lontong.

Soda Gembira

Soda Gembira

Tahu Pong dan pernak-perniknya ini disajikan dengan bumbu kecap + lombok + acar. Enak? Ya jelas dong. Apalagi ditambah minuman Soda Gembira. Jadilah wisata kuliner ini gembira ria (*hayah*).

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Celoteh, Dewo, Jalan-jalan, Makan-makan, Mudik, Personal dan tag , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Tahu Pong Semarang

  1. Lidya berkata:

    tahu gimbal kesukaanku mas.kalau ada yang jual didaerah bekasi dan sekitarnya kasih tau saya ya 🙂

  2. nh18 berkata:

    Tahuuuu …
    Saya histeris kalau mendengar makanan ini

    Ini jenis makanan yang Teeth Friendly …
    You know what I mean lah … hahaha

    Salam saya

  3. Devi Yudhistira berkata:

    Emang enak yooo…tapi aku lbh suka tahu petis mas…
    Lebaran kemaren, ga sempet wiskul di Semarang, nggak ada waktu *hayah*

  4. Arman berkata:

    kalo setau gua sih tahu pong itu kependekan dari tahu kopong. kopong itu kalo buat orang jawa artinya kosong. 😀

  5. didta7 berkata:

    enak makan tahu pong sama samabal kecap

  6. bundadontworry berkata:

    tahuuuuu…..makanan favorit sepanjang masa deh ,Mas Dewo
    pokoknya kalau tahu, gak ada matinya … 😀 😀 😀
    (hedeh hedeh ….segitu excitingnya) 😀 😀
    salam

  7. aslim berkata:

    wah…bentuk tahunya kok kayak yang di jual di terminal2 ya………
    lam kenal ya ….alangkah senangnya kalau anda mau berkunjung di blog saya ini
    http://blog.umy.ac.id/putra/

  8. Berbeda lagi dengan kawasan simpang lima yang dulunya ramai sekali dengan penjual berbagai makanan kini ibaratnya kosong mlompong. Setelah dari simpang lima kita melanjutkan perjalanan menuju ke taman KB disana terdapat shelter yang menjual makanan khas semarang yaitu tahu gimbal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s