FB dengan Interface Baru

Bagi saya, tampilan FB yang baru sangatlah menarik. Walau pun setelah menikmatinya beberapa saat, saya menjumpai browser menjadi lambat. Dan nampaknya FB baru membutuhkan bandwidth yang cukup supaya bisa beroperasi dengan baik. Bisa jadi bumerang bagi fakir bandwidth nih.

Dari hasil diskusi dengan beberapa teman, terbetik kesimpulan kalau FB baru ini adalah langkah antisipatif terhadap kelahiran Google+. Namun kalau kita coba menggunakan Google+, nampaknya Google+ belum bisa menjadi pesaing berat FB. Hingga saya pun berkesimpulan kalau FB baru ini mungkin bertujuan untuk membunuh twitter.

Dan bisa jadi kesimpulan saya ini benar karena FB membuat beberapa fitur baru yang sebenarnya idenya berasal dari twitter. Seperti misalnya feed status (timeline) yg realtime dengan tampilan minimalis di sisi sebelah kanan (sidebar). Kini untuk mengomentari status orang lain bisa dilakukan juga lewat side bar ini. Praktis.

Fitur baru yang lain adalah kemampuan seseorang untuk memantau status (timeline) dari orang lain tanpa perlu menjalin pertemanan. Syaratnya adalah orang yang ingin diikuti harus meng-enable fasilitas ini. Setelah itu setiap orang dapat mengikuti statusnya tanpa perlu resmi jadi teman. Ini twitter banget.

Pertanyaan selanjutnya adalah: apakah FB sanggup menggerus twitter? Menurut pendapat saya, bisa jadi belum. Alasannya sederhana, yaitu karena twitter itu menekankan aspek kesederhanaannya. Justru itu yang menarik penggunanya untuk setia menggunakan twitter. Sedangkan FB dengan fasilitas twitter justru membuat FB tidak bisa menjadi lebih sederhana lagi. Justru semakin kompleks dan membutuhkan komputer & bandwidth yang lebih tinggi lagi.

Jadi twitter belum akan tergerus pangsanya oleh FB baru. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Facebook, Internet, Opini, Personal, Software, Tech Talk, Teknologi dan tag , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke FB dengan Interface Baru

  1. julie berkata:

    saya menggunakan dua2nya baik fb dan twitter bahkan google plus
    tapi sepertinya google plus tidak akan mampu menyaingi fb apalagi dengan menu game onlinenya
    sementara untuk twitter justru belakangan makin banyak diminati dan sebagian aktivis fesbuk sudah banyak yang pindah ke sana hehe

  2. Devi Yudhistira berkata:

    Baru mau liat…..komen nyusul yaaaa

  3. Lidya berkata:

    twitter makin eksis kok

  4. bundadontworry berkata:

    punya akaun twitter, tapi gak pernah update, cuma buat promosi artikel dowang ,Mas 😦
    jadi nya , ya sebagai pengguna , seneng2 aja dgn muka baru si muka buku ini 😛
    salam

    • Sama, Bunda. Twitter, FB, G+ bisa menjadi tools yg tepat utk promosi, termasuk promosi artikel. Tapi sebagai jejaring sosial yg utuh, nampaknya FB paling mengasyikkan. Ditambah tampilan baru yg mempermudah namun haus bandwidth.

      Salam

  5. Sinauw berkata:

    kayaknya ranah sosial media tetap di kuasai facebook deh untuk saat ini.

  6. jarwadi berkata:

    kalau yang koneksi nya hanya kecepatan gprs atau edge, pasti pusing deh, btw kenapa facebook tidak menyediakan fitur untuk tetap menggunakan interface lama, kan tidak semua orang merasa ngeh dengan interface yang baru 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s