Emulasi Android di PC

Walau pun daku tidak sedang mengembangkan sistem/aplikasi khusus untuk sisop Android yang berbasis Java, tapi daku tetap merasa perlu menguji kompatibilitas SIM RS di lingkungan operasi Android. Hanya saja sayangnya Tablet PC pesanan belum sampai ke tangan sehingga daku pun perlu putar otak untuk bisa segera menguji di lingkungan operasi yang sedang naik daun ini. Dan akhirnya mau tidak mau daku pun menginstall Android SDK yang menyediakan emulator sisop Android.

Android SDK tersedia untuk sisop MS Windows, Linux, dan Mac OS X. Silakan download di sini (klik). Jangan lupa instal Java sesuai dengan sisop yang Anda gunakan. Karena saya menggunakan Ubuntu, saya bisa menginstall Open Java yang tersedia di Ubuntu Software Center. Setelah Android SDK berhasil diinstall, kita bisa menginstall platform-platform Android, mulai dari versi 1.5 sampai dengan 3.1. Masalahnya tidak semua platform ini bisa diemulasi dengan baik. Ada saja masalah, mulai dari lambatnya emulator sampai ke hal yang menyebalkan, yaitu munculnya error-error yang mengganggu.

Kayaknya sih terpengaruh oleh kernel Linux & hardware PC, karena saat saya mencoba platform 2.2 (Froyo) di PC desktop hasilnya loyo, sedangkan di nobie bisa berjalan dengan baik, hanya saja jalannya agak-agak lambat. Saya sempat mencoba mengemulasikan layar dengan resolusi yang tidak standard, misalnya 600×600 ternyata tidak bisa berjalan dengan baik karena selalu menimbulkan pesan error setelah unlock screen.

Hal lain yang mengecewakan adalah karena tidak tersedianya Android Market. Ehm, ini memang sudah diberitahukan di website-nya kalau memang tidak disediakan Android Market di SDK. Oleh karena itu saya mencoba mengakses market dari website Android Market. Namun rupanya tidak bisa menginstall aplikasi juga, padahal proses login sudah berhasil.

Jadi memang Android SDK ini hanya untuk mengembangkan aplikasi kita saja dan tidak bisa digunakan untuk mencoba fungsionalitas sisop Android secara penuh, termasuk aplikasi-aplikasi lain di Android Market. Ya jelas saja karena tidak tersedianya modul komunikasi, camera, voice, dll.

SDK memanfaatkan koneksi internet PC sehingga browser dan aplikasi email bisa terkoneksi ke internet. Namun notifikasi email tidak muncul walau pun ada email baru.

Untuk sekedar mencoba lumayanlah.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Gadget, Internet, Notebook, Opini, Personal, Sistem Informasi, Sistem Operasi, Software, Tech Talk, Teknologi dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Emulasi Android di PC

  1. Asop berkata:

    Untuk latihan sebelum pakai hape android asli. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s