Layar 5, 7, 8.9, 9.7 atau 10.1

Judul yang aneh, hehehe… Deretan angka di judul adalah ukuran diagonal layar Tablet PC yang umum. Mungkin ada juga ukuran di luar deret ini. Perbedaan ukuran ini bisa juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan penjualan Tablet PC. Kita simak saja Apple iPad yang didaulat sebagai Tablet PC terlaris. Pada saat lirisnya, iPad sangat berjaya dengan ukuran layar yang lebar, 9.7″. Pada saat itu kebanyakan Tablet PC berukuran di bawah 7″. Namun semenjak iPad sukses besar, para produsen pun mulai meramaikan pasar Tablet PC berukuran besar.

Jangan lupakan Samsung yang menjajakan Tablet PC dengan 3 pilihan ukuran, mulai dari 7″, 10.1″ dan kemarin mulai menjual versi 8.9″ di Indonesia. Masalahnya adalah dengan demikian banyaknya pilihan pasti malah membuat bingung calon pembelinya. Mau pilih ukuran berapa?

Berbeda dengan memilih TV yang tentu saja akan dipilih besaran layarnya sesuai kantong, Tablet PC mesti mengedepankan unsur mobilitas. Persepsi ini yang dilindas oleh Apple yang mengedepankan Tablet PC dengan display besar namun memiliki berat yang ringan dan ketebalan yang tipis. Kemudian keunggulan ini dikalahkan oleh Samsung Galaxy Tab 10.1″ yang pada akhirnya mampu memiliki ukuran layar lebih lebar, lebih tipis dan lebih ringan. Bedanya tipis banget sih.

Selain urusan mobilitas, ada juga pendapat bahwa ukuran tertentu lebih mudah diterima oleh wanita. Misalnya Galaxy Tab 8.9″ yang konon dinilai feminin dan lebih cocok untuk wanita profesional. Nah loh… Padahal daku lihat sepintas biasa saja bentuknya. Tidak beda dengan versi 7″ atau 10.1″-nya. Hehehe…

Namun terlepas dari itu, dari gejala yang timbul, nampaknya orang mulai menyukai ukuran display lebih besar. Dengan ukuran yang semakin tipis dan semakin ringan, lebarnya layar ini bukan menjadi halangan lagi bagi mobilitas. Tentu saja karena membaca ebook, browsing, BW, main game dan menonton video akan lebih menyenangkan dengan layar yang lebih besar.

Anda akan memilih Tablet PC dengan ukuran berapa inchi?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Android, Dewo, Gadget, Opini, Personal, Tech Talk dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Layar 5, 7, 8.9, 9.7 atau 10.1

  1. pelancongnekad berkata:

    wuahhh..saya lagi pengen banget nih sama Galaxy Tab 10.1
    tapi blum ada duit untuk beli
    hehehehehe

    salamkenal!
    😉

  2. nDaru berkata:

    kalok pake layar segitu ya mataku pece gasik 😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s