Mobil ESEMKA (SMK)

Belakangan marak sekali pemberitaan tentang mobil ESEMKA karya anak-anak SMK, misalnya Kiat ESEMKA (SMK di Solo), ESEMKA Patua (SMK Negeri 2 Surabaya), dan lain-lain. Cukup bagus dan patut diapresiasi positif.

Terlepas dari cibiran dan tuduhan politisasi, kebangkitan karya-karya ini patut diacungi jempol, karena kita semua tersadar bahwa mengandalkan pemerintah saja tidak cukup, bahkan mungkin terlalu lama untuk ditunggu peran serta dan prestasinya. Sehingga wajar jika secara sporadis muncul karya-karya dari elemen masyarakat yang kemudian “mengejutkan” (dalam tanda petik yaaa).

Namun ini semua kemana arahnya? Di sinilah perlunya penentu kebijakan (a.k.a pemerintah) yang harus secara jeli menentukan kebijakannya. Seandainya saja pemerintah memiliki naluri bisnis yg kuat, tentu saja banyaknya potensi yang belakangan mencuat ini tidak akan dibiarkan begitu saja.

Jangan biarkan potensi-potensi ini hidup sebentar untuk kemudian redup dan mati seperti yang sudah-sudah. Harus ada langkah kongkret untuk menjadikannya besar dan terus hidup berkesinambungan. Jika perlu diadakan standarisasi mobil nasional dan dilombakan. Bukan hanya dari faktor desain, tapi juga strategi bisnis dan kesinambungannya. Jadi jika elemen masyarakat ini punya strategi bisnis yg bagus, dialah yang harus didukung habis-habisan. Atau dipadukan antara satu dengan yang lain untuk menjadikan sinergi yang hebat.

Jika perlu, mungkin pemerintah perlu memfasilitasi penggalangan dana CSR untuk membuat pabrik otomotif nasional? Ayo maju, maju… Ayo maju-maju… Ayo majuuuu-majuuuuu (loh kok malah nyanyi?)

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Dewo, Opini, Otomotif, Personal, Usaha. Tandai permalink.

11 Balasan ke Mobil ESEMKA (SMK)

  1. leukemia berkata:

    iya nih,anak-anak ESEMKA emang udah pada pinter

  2. monda berkata:

    iya.. maunya terus dikembangkan lagi ya.., mumpung di atas angin

  3. Lidya berkata:

    sudah seharusnya didukung bukannya cibiran yg didapatkan

  4. Agung Rangga berkata:

    ya, semoga aja pemerintah benar2 serius men-support pembuatan mobil esemka ini~ 🙄

  5. nh18 berkata:

    Mudah-mudahan Impian untuk menciptakan Mobil Buatan Indonesia segera terwujud ,,,

    (dan itu harus laik jalan … dan memenuhi kaidah keselamatan yang berlaku …)

    salam saya Mas Dewo

  6. las artes berkata:

    Teman…. untuk menjadi pemenang kehidupan, seringkali kita harus TULI. FOKUS saja pada IMPIAN dan terus BERGERAK Jangan berhenti apalagi mundur sedikitpun jika mendengar cemoohan orang lain dan ketidakpercayaan mereka terhadap kita.

  7. Atasan si engineer belakangan masih menyewa mobil di tempat kerja pak S, tetapi ga pernah mau kalo pak S yang jadi sopirnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s